Pentingnya Membeli Asuransi Untuk Ruko

8 min. membaca Oleh Maria Nofianti on

Ruko adalah tempat yang memiliki banyak fungsi. Ruko sendiri singkatan dari rumah toko. Fungsinya bisa untuk tempat tinggal dan untuk tempat usaha. Bagi para pemilik usaha ruko ini adalah tempat yang sangat penting. Karena tempat untuk usaha ini bisa memberikan penghasilan kepada pemiliknya, maka tidak heran ada banyak perusahaan asuransi yang melirik produk asuransi bagi ruko. Bagi para pemilik usaha seberapa pentingkah untuk membeli asuransi untuk ruko ini? Apakah penting? Simak terus tulisan ini ya.

asuransi untuk ruko

Asuransi properti untuk ruko

Asuransi bagi ruko sejatinya masuk ke dalam asuransi properti. Karena ruko sendiri adalah bagian dari properti bersama rumah, gedung dan lainnya. Ruko ini memiliki fungsi tempat usaha yang bisa melindungi aset usaha dari risiko kebakaran, bencana alam, kerusakan dan lainnya. Asuransi untuk ruko mengambil aturan dari Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI) yang dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Nah dengan adanya polis standar ini menjadikan perusahaan-perusahaan asuransi tidak memberikan standar yang berbeda.

Tak hanya untuk rumah saja, asuransi pun ada yang ditujukan untuk ruko, atau bangunan komersial. Saat ini ada beberapa jenis polis asuransi bangunan. Jika kamu membangun rumah sendiri, asuransi pembangun melindungi kamu dari masalah yang terjadi selama pembangunan. Jika kamu tinggal di Inggris atau negara Persemakmuran lain, kamu mungkin memerlukan asuransi bangunan untuk rumahmu, berbeda dengan Indonesia, mayoritas asuransi rumah dimiliki oleh rumah perumahan. Asuransi ini terpisah dari asuransi yang mencakup isi rumahmu. Selain itu, jika kamu memiliki properti komersial, seperti ruko, kios, atau bangunan komersial lainnya, maka kamu bertanggung jawab untuk mengasuransikan bangunan eksterior, bahkan jika penyewa ruko memiliki asuransi sendiri untuk menutup properti pribadi mereka.

Ada beberapa cara yang diambil oleh seseorang untuk memiliki asuransi ruko. Misalnya dengan membeli asuransi secara langsung saat pembangunan ruko. Pertama kamu harus bisa mengidentifikasi jumlah pertanggungan yang sesuai untuk membatasi kerugian finansial jika terjadi hal yang tak diinginkan. Asuransi bangunan komersial ini melindungi kamu dari segala kerugian yang akan kamu alami jika terjadi kesalahan selama proyek konstruksi. Kebijakan ini melindungi dari risiko, terlepas dari apakah kamu sedang membangun ruko baru atau merenovasi struktur yang ada.

Misalnya, jika kecelakaan konstruksi menyebabkan kerusakan pada fondasi bangunan, asuransi bangunan ini akan melindungi kamu dari kerugian tersebut dengan menutupi bahan pondasi dan biaya untuk membangun kembali fondasi yang rusak.

(Baca juga: Pentingkah Asuransi Properti Saat Ini?)

Asuransi bangunan komersial terbatas pada ke enutupi kerugian yang ditimbulkan kontraktor.

Beberapa polis asuransi bangunan komersial juga akan menanggung kerugian yang terjadi jika proyek konstruksi tertunda. Misalnya, jika kamu sedang membangun ruko baru dan harus membuka toko terlambat satu bulan karena keterlambatan konstruksi, risiko asuransi mungkin menanggung kerugian itu.

Jadi jika asuransi untuk ruko milikmu sudah ada sejak awal membangun, semua tentu akan lebih mudah. Jangan lupa untuk melakukan konfirmasikan mengenai apa saja yang dicakup asuransi kontraktor yang kamu pilih. Karena ketika kamu menyewa seorang kontraktor untuk membangun ruko atau bangunan komersial, bahkan rumah pribadi, kamu berhak meminta mereka untuk memperlihatkan salinan polis asuransi mereka. Jadi lihat dengan hati-hati aspek bangunan apa yang ditanggung oleh asuransi kontraktor.

Beberapa kontraktor umum mungkin sudah memiliki asuransi pembangun. Namun, jika kontraktor umum terdaftar sebagai tertanggung pertama, itu berarti mereka dapat mengubah atau membatalkan polis kapan saja, dan kerugian yang ditanggung polis adalah kerugian mereka, bukan kerugian klien.

Jadi, langkah selanjutnya adalah mencari agen asuransi properti atau bangunan komersial terdekat. Banyak perusahaan asuransi nasional menawarkan asuransi properti komersial. Namun, kamu mungkin mendapatkan persyaratan yang lebih baik dan premi yang lebih rendah dari perusahaan asuransi lokal yang lebih kecil. Tanyakan kepada pemilik ruko atau bangunan komersial lain di daerah mu, apakah mereka memiliki perusahaan asuransi yang akan mereka rekomendasikan.

Perlindungan asuransi properti all risk

Biasanya asuransi ini dijaminkan dengan paket asuransi properti all risk. Dalam asuransi properti all risk ini akan memberikan perlindungan kepada objek secara menyeluruh dari risiko seperti di bawah ini:

  • Kerusuhan/pemogokan/huru-hara/perbuatan jahat
  • Angin topan/badai/banjir/kerusakan karena air
  • Tsunami/letusan gunung berapi/gempa bumi
  • Pergerakan tanah/tanah longsor.

Jaminan atas risiko ini juga bisa diperluas seperti asuransi lain pada umumnya. Kita bisa memperluasnya untuk menjamin juga semua aset di dalam ruko. Jadi barang-barang berharga yang berada didalam ruko bisa dilindungi selain melindungi bangunan ruko itu sendiri.

Pentingnya Asuransi Untuk Ruko

Asuransi properti menjadi sangat penting bagi pemilik usaha yang menjadikan usaha tersebut sebagai penghasilan utamanya. Setiap usaha pasti memiliki risiko. Risiko-risiko ini juga ada yang tidak bisa kita hindari. Bayangkan saja bila terjadi hal yang tidak diinginkan pada ruko kita. Tentu ini akan sangat mengganggu kondisi finansial kita. Bisa saja ruko itu tidak bisa lagi menjadi tempat usaha kita bahkan tempat tinggal. Maka dari itu membeli asuransi untuk ruko adalah hal penting.

Manfaat yang kita dapatkan dari membeli asuransi untuk ruko Antara lain:

  • Melindungi bangunan

Seperti sudah diketahui bahwa melindungi tempat usaha dan tempat tinggal kita adalah wajib. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian dari risiko-risiko yang mungkin terjadi. Bangunan rumah toko menjadi hal yang krusial mengingat itulah tempat di mana kita tinggal dan usaha.

  • Melindungi aset dalam ruko

Selain melindungi bangunannya, asuransi untuk ruko juga bisa melindungi aset-aset berharga yang berada di dalamnya. Pada beberapa perusahaan asuransi bahkan semua barang-barang di dalam ruko baik barang berharga pribadi maupun barang dagangan bisa dilindungi. Ini untuk menjaga agar saat terjadi hal yang tidak diinginkan ada biaya ganti rugi yang bisa kita terima.

  • Merasa tenang

Memiliki asuransi tentu artinya kita memberikan perlindungan atas apa yang diasuransikan. Jika kita mengalami kerusakan atau kehilangan sesuatu yang diasuransikan tersebut maka kita akan mendapat ganti rugi dari perusahaan asuransi. Dengan begini kita akan lebih tenang dalam melakukan usaha karena ingat semua ini sudah diasuransikan. Setidaknya ada bantuan finansial saat kita mengalami peristiwa tak terduga.

Asuransi ini membuat kita tidak was-was jika suatu saat terkena musibah. Tidak hanya uang pertanggungan mengenai bangunan dan asetnya loh. Asuransi properti untuk ruko ini juga memiliki manfaat sampai ke biaya atas pembersihan puing, arsitek dan surveyor untuk membangun kembali ruko tersebut. Maka dari itu memberikan perlindungan untuk ruko sangat bermanfaat loh.

Pada umumnya polis asuransi untuk ruko berlaku untuk satu tahun dan bisa diperpanjang setelah itu. Polis juga harus sesuai dengan apa kebutuhan kita. Semakin tinggi risiko yang akan ditanggung maka biaya preminya juga akan semakin tinggi. Kita juga akan membayar premi sesuai dengan tingkat risikonya. Premi asuransi untuk ruko banyak yang mengatakan bahwa itu mahal. Padahal kalau dihitung biaya perbaikan ruko yang tidak diasuransikan tentu lebih mahal.

(Baca Juga: Tips Investasi Properti yang Aman)

Perhitungan premi asuransi untuk ruko biasanya tidak sampai 2 per mil /per 1000 dari total nilai aset. Misalnya saja kita mempunyai aset senilai Rp500 juta, maka preminya hanya Rp1 juta setiap tahunnya untuk yang cakupannya all risk. Jadi hanya dengan membayar Rp1 juta saja kita bisa memperoleh jaminan atas aset senilai Rp500 juta. Kalau menurut Polis Standar Kebakaran nilainya malah jauh dibawah angka itu yaitu hanya 0,5 per mil/per 1000 dari jumlah menyeluruh nilai aset kita.

Tidak hanya mengacu pada hal di atas, tinggi rendahnya premi juga dipengaruhi oleh kualitas bangunannya. Berikut ini 3 kategori konstruksi bangunan yang menjadi dasar yaitu:

  • Kelas 1 yaitu bangunan tahan api
  • Kelas 2 yaitu bangunan relatif tahan api
  • Kelas 3 yaitu bangunan rentan terkena risiko kebakaran.

Risiko yang lebih rentan atau kelas 3 maka preminya juga akan lebih tinggi daripada kelas 1 atau 2 karena risikonya yang lebih tinggi. Untuk menilai dalam kelas mana bangunan yang akan kita asuransikan maka perusahaan konstruksi yang akan menilainya.

Nah setelah kita tahu bagaimana pentingnya asuransi properti ruko kali ini akan kita berikan rekomendasi asuransi yang menawarkan produk untuk ruko. Cek di bawah ini ya!

1. Simas Ruko (Asuransi Sinarmas)

Ini adalah asuransi yang akan memberikan perlindungan kepada ruko atas risiko yang mungkin terjadi. Objek pertanggungan yang bisa ditanggung oleh Simas Ruko ini antara lain:

  • Bangunan ruko/kantor/toko yang memiliki konstruksi kelas 1 dan maksimal ada 4 lantai, bukan termasuk kios di pasar dan shopping mall, tidak ada proses produksi didalamnya, tidak pada keadaan kosong/tidak dihuni, ada setidaknya 1 pemadam ringan, tidak pernah rusak karena gempa bumi.
  • Isi/perabot ruko seperti peralatan yang sering digunakan dalam rumah tangga (tv, kulkas, AC, DVD player) dan bukan yang bisa dibawa seperti laptop, handphone, iPad, kendaraan bermotor serta tidak berupa barang stok seperti LPG, bahan kimia yang mudah terbakar, perhiasan, voucher HP.

Jaminannya meliputi risiko atas kebakaran (FLEXAS), huru-hara, kerusuhan, terorisme dan sabotase, gempa bumi (pilihan/perluasan), kebanjiran (pilihan) dan tertabrak kendaraan.

2. Asuransi Toko ACA

Asuransi untuk ruko dari ACA ini akan memberikan perlindungan dari risiko atas petir, kebakaran, kejatuhan pesawat terbang, ledakan dan asap, santunan atas gangguan operasional usaha, kerugian akibat pengangkutan barang, kehilangan uang,  asuransi kecelakaan diri selama jam kerja. Toko atau ruko yang diasuransikan harus memiliki syarat konstruksi kelas 1 dengan bahan beton dan permanen. Suku premi dari asuransi untuk ruko ini per tahunnya adalah 2 per mil untuk toko dan 3 per mil untuk restoran. Asuransi toko ACA bisa menjamin toko dan ruko yang berada di pasar, toko yang juga untuk tempat tinggal atau toko itu sendiri.

3. Asuransi MAG

Asuransi untuk ruko selanjutnya adalah asuransi MAG. Asuransi ini memberikan jaminan perlindungan atas risiko kerugian karena kebakaran, asap, kejatuhan pesawat terbang, ledakan, petir. Nilai pertanggungannya dihitung berdasarkan nilai aset saat penutupan. Kita juga bisa memilih perluasan perlindungan seperti perampokan, kebongkaran, tanah longsor, terorisme dan sabotase.

4. AXA Mandiri

Perlindungan yang diberikan oleh asuransi AXA Mandiri ini hampir sama dengan asuransi untuk ruko lainnya. Kita bisa membayar premi hanya dengan sebesar Rp50.000 saja. Premi yang dibayarkan juga bisa untuk bangunan yang usianya cukup tua maksimal 40 tahun. Dengan premi yang kompetitif, manfaat yang besar menjadikan asuransi AXA Mandiri dipercaya banyak orang.

5. Allianz

Asuransi Allianz juga menawarkan produk perlindungan untuk ruko. Jaminan yang ditawarkan meliputi jaminan FLEXAS seperti kebakaran, asap, petir, ledakan dan kejatuhan pesawat terbang. Pencurian, kerusuhan, kerusakan karena kecelakaan juga bisa ditanggung Allianz. Pihak asuransi juga telah menetapkan harga minimum pertanggungan sebesar Rp500.000 untuk ruko, toko, rukan dan sejenisnya.

Nah itu dia asuransi untuk ruko yang bisa kamu pilih serta pentingnya asuransi ini bagi para pemilik usaha. Sebelum memilih asuransi mana yang cocok untuk ruko kita sebaiknya cari informasi sebanyak-banyaknya untuk membandingkan mana yang paling baik. Jadi dalam memilih asuransi untuk ruko memang tidak boleh asal-asalan ya.

Tentang kami

Maria Nofianti

Maria Nofianti