6 Perbedaan Clover Honey dengan Madu Biasa Beserta Manfaatnya

4 min membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Meski sama-sama madu, namun ternyata perbedaan clover honey dengan madu biasa cukup banyak. Kamu bisa melihatnya dari warna, tekstur, dan cita rasa clover honey yang sangat berbeda dari madu pada umumnya.

Semua perbedaan clover honey dengan madu biasa tersebut, tentunya berasal dari sumber madu itu didapatkan, beserta kandungannya.

Jika kamu penasaran apa saja perbedaan clover honey dengan madu biasa secara lengkap, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Sekilas tentang Clover Honey

Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu clover honey? Sebagai jenis madu yang tengah populer di masyarakat, clover honey pada dasarnya merupakan madu yang berasal dari sari bunga tanaman semanggi atau clover plants.

Oleh karena itu, madu yang satu ini memiliki warna yang sangat berbeda, dari jenis madu lainnya yang biasa kamu temukan, yaitu warna cokelat.

Madu clover honey sendiri, jika dilihat dari tampilannya memiliki warna kuning terang. Bagaimana, dari satu aspek saja sudah terlihat sangat berbeda, bukan?

Sebagai informasi tambahan, tanaman semanggi (clover plants) bisa ditemukan di mana saja dan kapan saja, baik itu saat musim hujan, musim panas dan lain sebagainya.

Maka dari itu, tidak heran apabila ketersediaan clover honey selalu banyak, dan tidak pernah sepi di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

(Baca Juga: Manfaat Clover Honey)

Perbedaan Clover Honey dengan Madu Biasa

Setelah kamu mengetahui sekilas informasi tentang clover honey, maka kini saatnya untuk kamu mengetahui perbedaan clover honey dengan madu biasa.

Mungkin di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui, kalau perbedaan clover honey dengan madu biasa bisa dilihat dari warnanya.

Yang mana, warna clover honey lebih terang dibandingkan madu pada umumnya, yang memiliki warna kecoklatan.

Namun selain itu, masih banyak perbedaan clover honey dengan madu biasa yang perlu kamu ketahui, di antaranya yaitu:

1. Sumber madu didapat

Sumber didapatkannya madu, merupakan hal utama yang bisa dijadikan indikator, untuk melihat perbedaan clover honey dengan madu biasa.

Pasalnya dari namanya saja sudah terlihat, kalau clover honey merupakan madu yang dipanen dari lebah, yang mengumpulkan nektar dari tanaman semanggi (clover plants).

Sementara, madu biasa dipanen dari lebah yang mengumpulkan nektar dari sari bunga berbagai jenis tanaman.

Maka dari itu, cita rasa yang dimiliki clover honey sangat khas, dan berbeda dari madu-madu jenis lainnya.

2. Kandungan nutrisi

Berikutnya, kamu juga bisa melihat perbedaan clover honey dengan madu biasa, dari kandungan nutrisinya.

Sebenarnya, jika dilihat secara umum baik clover honey maupun madu biasa memiliki kandungan nutrisi yang tidak jauh berbeda, yaitu memiliki kandungan karbohidrat, lemak, protein, vitamin C, kalsium dan lain sebagainya.

Namun menariknya, clover honey diklaim memiliki bee pollen, yang terdiri dari kandungan asam amino, protein, mineral serta enzim yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Belum lagi kandungan air yang dimiliki clover honey, ternyata jauh lebih sedikit dari madu biasa, yaitu kurang dari 20 persen.

Sehingga, dengan sedikitnya air yang terkandung dalam clover honey, maka risiko masuknya berbagai jenis bakteri ke dalam madu sangat rendah, karena sulit.

3. Tekstur madu

Selain dari sumber madu didapatkan dan kandungannya, perbedaan clover honey dengan madu biasa juga bisa dilihat dari teksturnya.

Kamu mungkin sering mendengar, kalau tekstur clover honey cenderung lebih kental dari madu biasanya.

Hal itu tentu saja dikarenakan, rendahnya kandungan air dalam clover honey, yang disebut kurang dari 20 persen.

4. Warna madu

Jika berbicara tentang warna, kamu pasti sudah tahu kalau warna yang dimiliki clover honey, jauh lebih terang dibandingkan madu biasa yang berwarna coklat.

Di awal pembahasan telah disinggung, kalau clover honey memiliki warna kuning terang, bahkan ada juga yang berwarna putih bening.

5. Cita rasa madu

Selanjutnya jika dilihat dari cita rasa, perbedaan clover honey dengan madu biasa tentu sangat signifikan.

Bagaimana tidak, pasalnya clover honey memiliki rasa yang lebih kompleks dan pekat dibandingkan gula pasir.

Oleh karena itu, tidak heran apabila madu yang satu ini banyak digunakan untuk pemanis pada kopi, teh, bahkan bahan makanan manis lainnya.

6. Proses kristalisasi madu

Perbedaan clover honey dengan madu biasa yang terakhir, yaitu proses kristalisasinya. Di mana, clover honey akan mengkristal lebih cepat dari jenis madu lainnya, karena memiliki kadar glukosa yang lebih tinggi dari fruktosa.

Dengan begitu, apabila clover honey dibiarkan begitu saja dalam waktu yang lama, maka ia akan memiliki butiran kristal yang terasa saat dimakan.

Manfaat Clover Honey untuk Kesehatan

Sepertinya, mengetahui perbedaan antara clover honey dan madu biasa saja tidak cukup. Kamu juga perlu mengetahui sejumlah manfaat clover honey, yang diberikan untuk kesehatan.

Sebab, manfaat clover honey yang bisa dirasakan sangat banyak, apalagi untuk kesehatan tubuh, di antaranya yaitu:

  • Mampu mengatasi gangguan pencernaan
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mengurangi gejala flu
  • Mencegah stres
  • Mempercepat proses penyembuhan luka
  • Mengatur kadar diabetes
  • Menjaga kesehatan gigi
  • Memelihara kesehatan mulut
  • Mengatasi masalah kulit lainnya.

(Baca Juga: Rekomendasi Beli Madu Secara Online)

Itulah beberapa perbedaan clover honey dengan madu biasa, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Tidak hanya perbedaannya saja, kamu juga sudah mengetahui informasi dasar tentang clover honey, serta manfaatnya untuk kesehatan.

Dan semua manfaat tersebut, tentu bisa kamu dapatkan apabila clover honey dikonsumsi secara rutin.

Namun, agar kesehatan tubuh semakin terjaga dengan maksimal, maka kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan.

Sebab, apabila sewaktu-waktu kamu sakit, maka asuransi kesehatan akan menjamin biaya pengobatan dan perawatannya hingga kamu sembuh.

Sehingga, nantinya kamu tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan yang harus dibayarkan, karena sudah ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Jadi, buat kamu yang juga ingin mendapatkan proteksi lebih, bisa segera melindungi diri dengan asuransi kesehatan, dan mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani