Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta, Jangan Salah Sebut!

5 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari pada

Bagi para pelaku bisnis, mungkin istilah wirausaha dan wiraswasta sudah tidak asing terdengar. Tapi bagi orang awam, mungkin kedua istilah tersebut adalah hal yang sama. Jika masih menganggap hal tersebut sama, sepertinya kamu perlu tahu perbedaan wirausaha dan wiraswasta berikut ini!

Meski sama-sama berawalan “wira”, bukan berarti istilah tersebut sama ya guys. Nah, jika kamu masih bingung dengan perbedaan wirausaha dan wiraswasta, lebih baik simak penjelasan detail berikut tentang kedua istilah ini.

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Untuk mengetahui perbedaannya, mari simak pengertiannya dari masing-masing istilah berikut ini.

A. Wirausaha

Apa itu wirausaha? Biasa disebut sebagai tukang jualan, ternyata wirausaha bukan cuma asal jualan loh! Nyatanya, seseorang yang bisa disebut sebagai wirausaha adalah orang yang lebih menciptakan sebuah produk, menentukan bagaimana cara produksinya, menyusun operasi hingga perencanaan produk baru, hingga mengatur modal bahkan ke strategi pemasarannya.

(Baca Juga: 8 Ciri-ciri Wirausaha Sejati, Bikin Bisnis Gak Gampang Mati)

Jadi, ada banyak hal yang dilakukan seorang wirausaha, yang mungkin jika dilihat dari luar, mereka hanya seorang pedagang.

Selain itu, tidak hanya berdagang suatu barang, pasalnya ada banyak jenis dan sistem bisnis, yang dilakukan oleh seorang wirausahawan.

Mulai dari memperdagangkan produk, jasa, inovatif, ide, keahlian, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, adapun, wirausaha sendiri juga lebih identik dengan sebuah sikap kemandirian dan kekreatifan.

Arti Wirausaha dari Segi Bahasa

Jika arti wirausaha di atas lebih ke arti secara umum, berikut arti wirausaha jika ditelaah dari arti bahasanya. Sehingga, di sini kamu bisa memahami perbedaan wirausaha dan wiraswasta.

Kata wirausaha sendiri berasal dari dua suku kata, yakni “wira” dan “usaha”. Adapun “wira” memiliki arti pejuang, pahlawan, berbudi luhur, manusia unggul, berwatak agung dan gagah berani.

Sementara kata “usaha”, mengandung arti yang lebih menunjukkan kegiatan atau amalan, berbuat sesuatu dan bekerja, yang bisa memberikan hasil.

Jadi, jika digabungkan, arti dari wirausaha secara harfiah makna, adalah sebuah pejuang dalam melakukan suatu pekerjaan.

Wirausaha Menurut KBBI

Namun, jika kamu masih bingung, kamu bisa cari arti kata wirausaha di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Di KBBI, kata wirausaha memiliki arti orang yang pandai atau berbakat, di bidang bisnis.

BIcara soal pandai dan bakat di bidang bisnis, meski ia dalam kondisi finansial yang minim, mereka tetap bisa membangun usaha, dengan ide dan cara mereka.

Karena, perlu kamu ketahui bahwa tidak, tidak semua orang yang memiliki kesempatan dan uang, bisa menjalankan wirausaha dengan baik. Jadi, semua kembali kepada orang itu sendiri, apakah memiliki jiwa wirausaha atau tidak.

Ciri-ciri Wirausaha

Bagaimana cara melihatnya, bahwa seseorang bisa disebut sebagai wirausahawan sejati, sekaligus bisa membangun bisnis hingga berhasil? Berikut ciri-cirinya:

  • Memiliki Sifat Jujur
  • Disiplin Terhadap Waktu dan Segala Hal
  • Memiliki Kecerdasan Finansial
  • Memiliki Keyakinan dan Komitmen yang Tinggi
  • Memiliki Jiwa yang Kreatif dan Inovatif
  • Memiliki Sifat Mandiri dan Realistis
  • Pintar, Pandai, dan Berprestasi
  • Futuristik
  • Memiliki Keterampilan

Adapun, seseorang yang berniat untuk menjadi wirausaha, berarti ia sudah memiliki tujuan, dan siap untuk mengabdi pada dirinya sendiri, keahliannya, dan juga kepada orang lain (yang bisa disebut sebagai pelanggannya).

Tujuan wirausaha yang dimaksud, bisa menyangkut tujuan pribadi dan tujuan lainnya. Yuk, intip apa saja tujuan dari berwirausaha berikut ini:

  • Membantu menyebarkan pengaruh wirausaha yang baik, sehingga banyak orang yang tertarik ingin berwirausaha, jadi bukan saling sikut, tapi bersaing secara sehat.
  • Dengan wirausaha, kamu bisa membangun karakter wirausahawan, sehingga yang tadinya malas, jadi semakin disiplin, semangat, bahkan bisa memotivasi orang lain.
  • Untuk dirimu sendiri, juga bisa menjadi tertantang, sehingga bisa membangun kompetensi diri, untuk menjadi wirausaha yang berkualitas. Sehingga, dengan banyaknya pesaing wirausaha, membuat Anda terpacu dan yang bertahan adalah para wirausaha yang berkualitas.

B. Wiraswasta

Sudah puas membahas wirausaha, kini saatnya membahas arti wiraswasta, untuk bisa mengetahui perbedaan wirausaha dan wiraswasta.

Sebenarnya, seorang wiraswasta bekerja tidak hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga bekerja untuk perusahaan. Jadi, jika ia memiliki sebuah usaha, usaha tersebut bisa dibilang hanya sebagai sampingannya saja.

Hal tersebut ia lakukan, karena seorang wiraswasta tidak bisa melepaskan pekerjaan tetapnya. Berbeda dengan wirausaha, yang mengabdikan dirinya hanya untuk bisnisnya, tanpa memiliki pekerjaan utama.

Jadi, wiraswasta memiliki dua kegiatan, yakni keahlian dalam membangun jaringan lapangan pekerjaan, sambil bekerja untuk pekerjaan utamanya.

Intinya, wiraswasta bekerja untuk dirinya sendiri di sebuah perusahaan, namun, juga melayani berbagai pekerjaan atau perdagangan.

Hampir sama dengan wirausaha, wiraswasta juga memiliki karakter ulet, rajin, dan pandai, terlebih dalam memasarkan produk dan layanan.

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta dari Segi Lingkup, Fokus, Karakteristism, dan Visi

Yuk, lebih mengenal perbedaan wirausaha dan wiraswasta, dari segi lingkup bisnis, fokus, karakteristis, hingga visi.

  • Perbedaan wirausaha dan wiraswasta dari segi lingkup bisnis

Wirausaha lebih bebas memiliki beragam jenis bidang usaha, terlebih karena ia tidak memiliki pekerjaan utama, dan bisa punya banyak waktu untuk bisnisnya. Misalnya, kamu ingin bangun bisnis kuliner dan fashion.

Sedangkan, wiraswasta memiliki pekerjaan utama sehingga ia hanya bisa memiliki bisnis di lingkup atau satu bidang saja. Misalnya, hanya di lingkup kuliner saja, jadi hanya bidang itu saja yang ditekuni.

  • Perbedaan wirausaha dan wiraswasta dari segi fokus Bisnis

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa wirausaha hanya memiliki waktu untuk usahanya, tanpa memiliki pekerjaan utama. Jadi seluruh waktunya hanya untuk mengurus bisnisnya.

Sedangkan wiraswasta, berbisnis hanya ketika memiliki waktu senggang, atau hanya dijadikan sambilan, jadi fokusnya terbagi dua, antara bisnis dan pekerjaan utama.

  • Perbedaan wirausaha dan wiraswasta dari segi karakteristiknya

Wirausaha, cenderung lebih mandiri, karena ia mampu untuk membangun usahanya sendiri.

Sementara wiraswasta, lebih memiliki karakteristik ulet dan pekerja keras, jadi ia mampu untuk mengerjakan dua pekerjaan sekaligus.

  • Perbedaan wirausaha dan wiraswasta dari segi visi kedepannya

Wirausaha memiliki visi yang selalu update, inovatif, dan idenya selalu fresh, memanfaatkan teknologi yang ada, untuk menjaring pelanggan.

(Baca Juga: Wirausaha atau Karyawan, Mana yang Lebih Cocok untuk Kamu?)

Sedangkan wiraswasta lebih memiliki visi yang pragmatis, yakni selama usahanya masih menghasilkan keuntungan, maka mereka akan selalu puas, dengan hasilnya.

Nah, itu dia guys, perbedaan wirausaha dan wiraswasta. Setelah kamu mengetahui perbedaanya, kamu lebih cocok menjadi wirausaha atau wiraswasta?

Nah, apapun pilihannya, tentunya sebuah bisnis harus memiliki modal usaha yang memadai.

Di mana kamu bisa mendapatkan dana modal usaha, atau hanya sekadar dana tambahan? Tak perlu khawatir, karena mendapatkan modal usaha kamu bisa lakukan melalui CekAja.com.

CekAja.com juga banyak menyediakan produk pinjaman, seperti kredit tanpa agunan (KTA), dari berbagai bank ternama Indonesia.

Jadi, yuk segera ajukan pinjaman KTA terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com, dan jadilah wirausaha dan wiraswasta yang memiliki visi.