7 Perubahan Fisik yang Terjadi Setelah Usia 30 Tahun, Beserta Cara Mengatasinya

4 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani pada

Mengingat akan ada banyak perubahan fisik yang terjadi setelah usia 30 tahun, maka penting bagi kamu untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Tentunya tidak hanya dengan olahraga rutin, tetapi juga mengonsumsi makanan sehat dan mengubah pola hidup sehat.

Perlu diketahui, perubahan fisik yang terjadi setelah usia 30 tahun ini, tidak hanya untuk wanita, namun juga berlaku untuk pria.

Daripada penasaran, apa saja bentuk perubahan fisik yang terjadi setelah usia 30 tahun, di bawah ini CekAja.com akan langsung mengulas beberapa bentuk perubahan fisik, secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Perubahan Fisik yang Terjadi Setelah Usia 30 Tahun

Jika berbicara tentang perubahan fisik, sebenarnya baik pria maupun wanita akan mengalami perubahan fisik setelah masuk usia 30 tahun.

Perubahan fisik yang terjadi ini tentunya sangat beragam. Sehingga, kamu perlu tahu sejak kini, apa saja bentuk perubahan fisik yang terjadi setelah usia 30 tahun, agar bisa mengatasinya.

Maka dari itu, di bawah ini CekAja.com telah merangkum beberapa bentuk perubahan fisik yang terjadi setelah usia 30 tahun, yang di antaranya yaitu:

1. Kekebalan tubuh menurun

Perubahan fisik pertama yang terjadi pada pria dan wanita, setelah masuk usia 30 tahun, yaitu menurunnya kekebalan tubuh.

Ini merupakan hal yang mutlak yang sudah pasti terjadi, di mana seiring bertambahnya usia, maka sistem imun tubuh pun akan semakin menurun.

Hal yang juga disebut dengan immunosenescence ini, sebenarnya adalah sebuah kondisi ketika sistem imun tubuh lupa atau hilang ingatan, terhadap cara menangkal serangan penyakit.

Nah menurunnya kekebalan tubuh, menjadi peluang besar untuk virus, bakteri dan parasit menyerang tubuh, dan membuatnya rentan terkena penyakit.

(Baca Juga: Penyebab Penuaan Dini pada Wajah)

2. Muncul berbagai macam masalah kulit

Munculnya berbagai macam masalah kulit, juga menjadi salah satu bentuk perubahan fisik yang terjadi setelah usia 30 tahun.

Karena umumnya, pria maupun wanita yang sudah memasuki usia 30 tahun ke atas, akan mulai kehilangan elastisitas kulit, serta muncul keriput dan kerutan.

3. Terganggunya sistem pencernaan

Selain terjadi perubahan dalam dua hal di atas, orang yang sudah memasuki usia 30 tahun juga kerap mengalami gangguan sistem pencernaan.

Sebagian orang mungkin berpikir, kalau gangguan sistem pencernaan bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Namun khusus orang yang sudah berusia 30 tahun, mereka akan lebih sering mengalami gangguan sistem pencernaan, karena salurannya menjadi lebih keras, kaku dan jarang berkontraksi.

Perubahan-perubahan semacam itulah, yang memicu timbulnya sakit perut, sembelit serta mual-mual.

4. Kondisi jantung berubah

Siapa sangka, kalau ternyata memasuki usia 30 tahun atau lebih, membuat kondisi jantung seseorang menjadi berubah.

Maksudnya, perubahan fisik yang terjadi setelah usia 30 tahun ini, membuat jantung menjadi semakin membesar, detak jantung yang menurun, hingga mampu memsbuat dinding jantung mengalami penebalan.

5. Tulang menjadi lebih tipis dan rapuh

Perubahan fisik yang terjadi setelah usia 30 tahun satu ini, sepertinya sudah menjadi rahasia umum.

Pasalnya, setelah usia 30 tahun tulang akan menjadi lebih tipis dan rapuh, khususnya pada wanita.

Sehingga, kondisi tersebut dapat membuat seseorang mengalami tulang rapuh, atau yang dikenal dengan sebutan osteoporosis.

6. Gigi rentan berlubang

Memasuki usia 30 tahun, kamu harus waspada kalau kondisi gigimu tidak akan sebaik dan sekuat, seperti pada usia-usia sebelumnya.

Karena pada usia tersebut, enamel keras yang melindungi gigi dari berbagai risiko kerusakan, akan mulai hilang.

Hal itu yang membuat gigi jadi rentan berlubang, dan penyakit gusi pun akan lebih sering menyerang.

Dengan begitu, maka gigi harus dijaga dan dirawat sebaik mungkin, agar semakin sehat dan kuat.

7. Tubuh menggemuk dan berkurangnya massa otot

Perubahan fisik yang terjadi setelah usia 30 tahun, yang terakhir yaitu tubuh jadi lebih mudah gemuk dan berkurangnya massa otot.

Hal tersebut bisa terjadi, karena setelah usia 30 tahun, metabolisme tubuh akan semakin melambat, bahkan hampir mencapai lima persen.

Tubuh pun setiap harinya membakar 100 kalori lebih sedikit, dibandingkan ketika usia masih 25 tahun.

Dan tidak hanya itu, semakin tua dan bertambahnya usia, maka kamu juga akan semakin kehilangan massa otot.

Perlu diketahui, kalau berkurangnya massa otot mulai terjadi ketika seseorang menginjak usia 30 tahun, dan seterusnya.

Cara Mengatasi Perubahan Fisik

Nah, setelah mengetahui sejumlah perubahan fisik yang terjadi, kamu mungkin akan lebih waspada dan melakukan berbagai aktivitas produktif, yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh.

Selain berolahraga, kamu juga harus mengimbanginya dengan mulai merubah pola hidup yang sebelumnya tidak sehat menjadi lebih sehat.

Kemudian, imbangi juga dengan konsumsi makanan sehat, dengan kandungan gizi seimbang, agar tubuh selalu bugar dan terpenuhi semua nutrisinya.

Yang paling penting dari semua itu adalah kamu harus selalu bahagia, dan menerima semua perubahan fisik yang terjadi dengan lapang dada.

Sebab, hal itu yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, agar selalu kuat dan terhindar dari segala jenis penyakit berbahaya.

(Baca Juga: Olahraga Aman untuk Penderita Penyakit Jantung)

Tetapi, jika tubuh ingin lebih sehat dan terjaga, maka kamu bisa mengonsumsi susu. Karena, susu dapat melindungi semua organ tubuh dari serangan radikal bebas.

Bahkan menariknya, susu juga mampu mencegah penuaan dini, menjaga kesehatan tulang, serta menjaga massa otot.

Semua manfaat itu bisa kamu dapat dari susu, asalkan susu yang kamu pilih mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan.

Seperti misalnya kamu ingin menjaga massa otot dan menangkal radikal bebas, maka kamu bisa memilih susu yang mengandung kalsium tinggi, vitamin D, protein dan antioksidan.

Apabila semua hal di atas sudah kamu lakukan, namun merasa kesehatan tubuh masih belum terlindungi dengan maksimal, maka itu saatnya untuk kamu melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan, selama kamu sakit.

Sehingga, apabila nantinya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada kesehatanmu, maka kamu tidak perlu lagi khawatir soal biaya, karena sudah ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Untuk itu, buat kamu yang hingga saat ini belum melindungi diri dengan asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuan asuransi kesehatan di CekAja.com pun cepat, mudah dan aman, karena CekAja.com sendiri sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani