11 Perusahaan Asuransi Terbesar di Dunia Berdasarkan Laba Bersihnya

Perusahaan asuransi terbesar di dunia biasanya dilihat dari total laba bersih yang dimiliki. Nah, buat kamu yang ingin tahu siapa saja perusahaan asuransi besar tersebut, berikut ini jawabannya.

Perusahaan asuransi jadi salah satu ladang bisnis menjanjikan di zaman sekarang.

Sebab, kesadaran masyarakat akan kebutuhannya yang beragam, menjadi faktor utama produk finansial tersebut kian digemari.

Meskipun tidak semua produk asuransi dimiliki masyarakat, namun beberapa diantaranya seperti asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, hingga asuransi kendaraan masih menjadi primadona.

Ketiga produk asuransi tersebut umumnya ditawarkan sekaligus oleh suatu perusahaan asuransi. Preminya juga beragam, yang pasti menyesuaikan dengan kondisi finansial nasabahnya.

Nah, buat kamu yang ingin membeli polis asuransi atau masih kepengin tahu apa saja perusahaan asuransi terbesar di dunia dengan pelayanan terbaik, berikut ini CekAja rangkum informasinya khusus untuk kamu.

Daftar Perusahaan Asuransi Terbesar di Dunia

1. Berkshire Hathaway

Perusahaan asuransi terbesar di dunia yang pertama CekAja bahas adalah Berkshire Hathaway.

Bermarkas di Omaha, Amerika Serikat, perusahaan asuransi yang didirikan oleh Oliver Chace ini memiliki laba bersih hingga Rp 7.334 triliun.

Perolehan labanya sendiri didapat bukan hanya dari penjualan asuransi, namun juga investasi yang dilakukan di berbagai lini bisnis seperti transportasi, properti, hingga manufaktur.

(Baca Juga: 5 Asuransi Kesehatan Premi Terjangkau Terbaik)

2. Ping An Insurance

Bergerak di sektor finansial, perusahaan asuransi terkemuka yang berasal dari Tiongkok ini juga termasuk salah satu perusahaan asuransi terbesar di dunia.

Pada 2020 lalu, perusahaan asuransi ini sukses merangkak naik ke posisi 21 dalam daftar Global 500 versi Fortune.

Keberhasilannya tak lepas dari pendapatan yang diraih yakni mencapai USD184,2 juta dengan laba bersih senilai USD21,6 juta.

3. UnitedHealth Group

Selain Ping An Insurance, perusahaan asuransi yang bermarkas di Amerika Serikat ini juga berhasil masuk dalam daftar perusahaan asuransi terbesar di dunia. Perkiraan laba bersihnya mencapai Rp 3.156 triliun.

UnitedHealth Group Inc menawarkan beragam produk penuh asuransi kesehatan, baik untuk individu, pensiunan, lanjut usia, keluarga, pegawai kantor, hingga prajurit militer.

4. China Life Insurance

Perusahaan asuransi terbesar di dunia yang berikutnya adalah China Life Insurance.

Perusahaan asuransi jiwa terbesar di RRC ini, diketahui memegang 45 persen pasar negara dengan total aset sekitar USD580,33 miliar.

Keberhasilannya dalam mencatatkan aset yang besar, turut membuat China Life [masuk dalam Global 500 versi Fortune, pada peringkat 51.

5. Allianz

Perusahaan asuransi terbesar di dunia yang lainnya adalah Allianz Insurance.

Perusahaan yang berkantor pusat di Munchen, Jerman ini memang sudah terkenal di berbagai negara, termasuk pula Indonesia.

Di Indonesia sendiri, total laba bersih yang didapat oleh PT Asuransi Allianz Life ialah senilai Rp1,17 triliun.

Nilai labanya merangkak naik sebesar 48,66 persen year on year, yang mana ditopang pula dari pendapatan investasi senilai Rp2,48 triliun.

6. AIA Financial

Beralih ke Allianz, berikutnya yang termasuk dalam daftar perusahaan asuransi terbesar di dunia adalah AIA Financial.

Berdiri sejak 1919, perusahaan asuransi yang juga beroperasi di Indonesia ini, pertama kali didirkan di Singapura dan berkantor pusat di Hong Kong hingga sekarang. Total laba bersihnya mencapai Rp 1.025 triliun pada kuartal kedua 2020.

Berdasarkan laporan Keuangan Kontan, laba bersih yang diperoleh AIA Financial sendiri bergerak naik sebesar Rp763 miliar jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yakni hanya Rp262 miliar.

7. AXA

AXA S.A yang juga dikenal sebagai salah satu perusahaan asuransi terbesar di dunia.

Didirikan sejak 1816 silam, perusahaan asuransi global yang berpusat di Prancis ini memiliki laba bersih sekitar 1,4 miliar Euro.

Namun, perolehan laba yang didapat nyatanya mengalami penurunan drastis hingga 39 persen akibat penurunan aset dan klaim terkait virus corona.

Dengan begitu, pihaknya kembali merivisi akan target pertumbuhan perusahaan sekaligus membatalkan pembagian dividen kepada masing-masing pemegang saham.

(Baca Juga: Cara Apply Asuransi Perjalanan AXA Mandiri melalui CekAja)

8. Prudential Plc

Prudential Plc adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa finansial yang berbasis di London.

Pada 2020 lalu, perusahaan ini mampu membukukan laba bersih sekitar USD2,18 miliar.

Di Indonesia, Prudential dengan nama perusahaan PT Prudential Life Assurance berhasil mencatatkan aset sebesar Rp65,3 triliun per kuartal I 2020.

9. Anthem, Inc

Salah satu perusahaan asuransi terbesar di dunia, Anthem Incorporated termasuk perusahaan yang terus menunjukkan peningkatan dari sisi laba bersihnya.

Pada 2020 lalu, perusahaan asuransi asal Amerika Serikat ini, mengalami kenaikan pendapatan sebesar 13,1 persen. Di mana, nilainya menjadi USD104,21 miliar dengan perkiraan laba bersih sekitar USD4,80 miliar.

10. Cigna

Sebagai perusahaan asuransi terbesar di dunia, Asuransi Cigna di tahun lalu nampaknya panen cuan berlimpah dengan total laba bersih senilai USD5,1 juta.

Laba yang didapat pihak perusahaan nyatanya menanjak naik hingga 94 persen, dan mengantarkan Asuransi Cigna masuk dalam Global 500 versi Fortune dengan perolehan posisi naik 197 peringkat.

Asuransi Cigna sendiri merupakan asuransi kesehatan kelas dunia yang berkantor pusat di Amerika Serikat.

Selain unggul dengan produk asuransi kesehatannya, Cigna pun juga menawarkan asuransi jiwa, kecelakaaan, hingga asuransi kecacatan dan gigi.

11. Munich Re

Perusahaan asuransi terbesar di dunia yang terakhir adalah Munich Re.

Bermarkas di Jerman, perusahaan asuransi dengan total 5 ribu nasabah ini sukses mencatatkan pendapatan hingga USD72,53 miliar pada 2020 lalu.

Sementara untuk laba bersihnya sendiri, Munich Re termasuk salah satu perusahaan asuransi yang mengalami kenaikan sebesar 11,8 persen menjadi USD3,04 miliar.

Nah, itu dia sebelas perusahaan asuransi terbesar di dunia. Beberapa diantaranya beroperasi di Indonesia seperti Allianz, AXA, Cigna, AIA, hingga Prudential.

Kalau kamu ingin mengajukan asuransi dari salah satu diantara kelima perusahaan asuransi tersebut, bisa langsung melalui CekAja.com.

CekAja menghadirkan produk asuransi Cigna, AXA, dan beberapa asuransi lainnya yang pasti berkualitas.

Kamu dapat mengajukannya secara online kapanpun saat dibutuhkan, sehingga enggak perlu repot lagi mendatangi kantor CekAja maupun perusahan asuransi terkait.

Tidak hanya mengajukan lho, lewat CekAja.com pun kamu dapat membandingkan dulu seluruh produk asuransinya, baik asuransi kesehatan maupun asuransi kendaraan.

Dengan membandingkan, tentu saja kamu akan mendapatkan produk asuransi yang bagus sekaligus sesuai dengan kebutuhan maupun biujetmu.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung cek produk asuransi di CekAja.com, dan ajukan kapanpun ketika kamu membutuhkannya.