Pilihan 5 Koin Kripto Yang Bagus Untuk Jangka Panjang, Sudah Tahu?

Cryptocurrency yang awal kemunculannya dibuat untuk memudahkan pembayaran dan pengiriman uang tanpa melibatkan pihak ke-tiga manapun, sekarang sudah mulai merambah sebagai instrumen investasi.

Pilihan 5 Koin Kripto Yang Bagus Untuk Jangka Panjang

Dalam beberapa waktu terakhir, orang yang membeli Ethereum, Bitcoin dan sejenisnya pasti ingin menghasilkan cuan. Hal itu sama sekali tidak mengejutkan, karena memang banyak orang bisa menghasilkan keuntungan fantastis dari jual beli mata uang kripto.

Sebagai orang awam, memilih koin kripto yang bagus untuk jangka panjang merupakan ide terbaik. Sebab, Anda belum mengetahui dasar-dasar trading yang umumnya berdagang dalam jangka waktu pendek.

Bitcoin Indonesia adalah platform yang bisa Anda manfaatkan untuk mulai membeli koin kripto pilihan. Tanpa panjang lebar, bagaimana kalau langsung menyimak pembahasan berikut.

Rekomendasi Koin Kripto yang Bagus Untuk Jangka Panjang

1. Bitcoin

Bitcoin adalah cryptocurrency pertama yang hadir di dunia dan sampai sekarang masih menjadi koin terbesar. Kepopuleran BTC ditengah-tengah investor maupun trader cryptocurrency sangatlah bagus, bahkan cenderung meningkat setiap tahunnya.

Penggagas Bitcoin adalah Satoshi Nakamoto dan diluncurkan pada tahun 2009. Pertama kali kemunculannya ia memiliki kapitalisasi pasar mencapai US$752 miliar.

Di tahun 2012 lalu, harga per keping Bitcoin masih berada di angka Rp. 45 ribu – Rp. 63 ribu. Namun, pada awal 2021 kemarin harganya sudah mencapai Rp. 930 jutaan. Bagaimana, cocok untuk investasi jangka panjang bukan?

(Baca juga: 8 Aset Kripto yang Paling Diminati)

2. Ethereum

Setelah Bitcoin, mata uang kripto yang memiliki fundamental bagus berikutnya adalah Ethereum atau ETH. Ini merupakan platform blockchain dan cryptocurrency dengan aplikasi potensial yang sudah cukup populer. Salah satu produknya yaitu NFT (token non fungible).

Pergerakan angka Ethereum dari tahun 2020 sampai 2021 mengalami peningkatan hingga 10x lipat. Jika di tahun 2020 lalu Anda bisa membeli ETH senilai Rp. 3,2 juta, maka tahun 2021 harganya mencapai Rp. 40 jutaan. Kapitalisasi pasar Ethereum sendiri mencapai 520 miliar US dollar.

3. Binance Coin

Di urutan nomor tiga ada BNC atau Binance Coin dengan kapitalisasi pasar sekitar 88 miliar US dollar. Koin kripto satu ini memiliki fundamental bagus dan fungsi utamanya adalah sebagai koin perdagangan di platform Binance.

Investor dan trader cryptocurrency pasti sudah paham apabila Binance adalah platform perdagangan kripto terbesar di dunia. Selain perdagangan, Binance Coin juga bisa dipakai untuk pengaturan perjalanan dan pembayaran di merchant.

Pada tahun 2017, Binance Coin dijual seharga 0,1 US dollar saja. Harganya meroket sampai 530 US dollar di bulan Oktober 2021 lalu.

(Baca juga: Tips Investasi Aset Kripto untuk Pemula)

4. Cardano

Investasi jangka panjang juga bisa Anda pilih dengan membli Cardano yang kapitalisasi pasarnya sebesar 66 miliar US dollar. Koin ini membantu validasi bukti kepemilikan dengan mengurangi pemakaian energi sekaligus mempercepat transaksi. Pada akhirnya membantu proses transaksi lebih ramah lingkungan.

Disisi lain, Cardano juga bisa mengaktifkan kontrak pintar serta aplikasi terdesentralisasi yang didukung teknologi ADA. Sistem kerja ini mirip seperti Ethereum. Muncul pada tahun 2017 lalu, harga awal hanya 0,02 US dollar saja.

Namun, harga Cardano per keping saat ini mencapai 2,01 dollar AS.

5. USD Coin

USDC adalah koin kripto yang diluncurkan Coinbase dan termasuk stable coin. Harganya selalu setara dengan 1 US dollar dan stabil. Koin ini biasa dipakai untuk pembayaran, perdagangan dan investasi. Nah, apabila Anda tertarik mempertahankan uang 1 dollar di masa mendatang bisa memilih USD Coin ini.

Itu tadi adalah lima pilihan koin kripto yang bagus untuk jangka panjang. Pertimbangkan kembali sebelum membeli, pastikan memakai uang dingin dan tidak mudah panik menjual aset ketika harganya turun. Ingatlah tujuan Anda yaitu mencari keuntungan jangka panjang.