Ini Dia Rekomendasi Asuransi Pengiriman Barang Terbaik

7 min. membaca Oleh Maria Nofianti on

Di era sekarang ini, orang berbelanja tidak harus pergi keluar rumah, bahkan jika ingin membeli produk dari luar negeri pun dengan mudahnya bisa kita lakukan dari rumah saja. Hal ini karena kehadiran beragam e-commerce sebagai media jual beli online. Teknologi memang memiliki peran besar dalam memudahkan aktivitas masyarakat, tak terkecuali dengan berbelanja.

asuransi pengiriman barang terbaik

Namun ada salah satu perbedaan antara e-commerce dan bisnis lainnya adalah bahwa e-commerce sepenuhnya bergantung pada pihak ketiga, yakni pengiriman. Dan jasa pengiriman juga adalah bisnis yang memiliki kendala untuk dihadapi, seperti cuaca, kondisi jalan, kecelakaan, dan sebagainya. Namun saat ini, sebagian besar pengiriman mereka kualitasnya lebih dari memuaskan dan selesai tepat waktu.

Sayangnya, mungkin juga terjadi bahwa paket kamu hilang, dicuri atau rusak saat proses pengiriman. Berdasarkan pengalaman, kita tahu bahwa dalam kasus seperti itu pasti ada, dan pelanggan berharap bahwa paket mereka cepat diganti atau menerima produk pengganti, bahkan mungkin menerima diskon atau penawaran kompensasi yang lebih baik.

Nah, untuk alasan ini, perusahaan jasa pengiriman menawarkan asuransi pengiriman untuk “nilai yang dinyatakan untuk pengangkutan”. Namun, haruskah kamu berlangganan secara otomatis?

Sebenarnya tidak jadi asuransi ini bisa kamu ambil dengan mempertimbangkan risiko kerusakan barang yang akan dikirim. Misal paket yang hilang atau rusak bisa sangat mahal untuk diganti atau dikirim lagi, terutama jika itu adalah barang bernilai tinggi. Jadi sebelum memutuskan apakah kamu harus berlangganan atau tidak ke asuransi pengiriman, pikirkan produk yang kamu kirim nilainya berapa.

Selain itu, ada beberapa jenis paket lebih cenderung dicuri. Contoh utama dari ini adalah produk yang dapat dijual kembali, seperti perhiasan, smartphone, barang elektronik berharga, pakaian merek, dan sebagainya. Karena produk canggih dan bernilai mahal cenderung dicuri, meski ini sudah jarang terjadi, namun tak ada salahnya berjaga jaga, jadi kamu harus menghitung biaya penggantiannya (termasuk pengiriman) jika kamu tidak membayar untuk pertanggungan tambahan.

(Baca Juga: Rekomendasi Asuransi Pengiriman Barang Terbaik)

 Jadi nilai produk yang akan kamu beli dari salah satu e-commerce itu memiliki nilai tertentu yang terbilang tinggi, maka akan lebih bijaksana untuk memastikan bahwa proses pengiriman memiliki asuransi pengiriman untuk mengatasi situasi yang tak diharapkan.

Saat menyiapkan kiriman, jangan lupa cantumkan nilai setiap paket sehingga operator pengiriman tahu jumlah pertanggungan yang diperlukan jika ada klaim. Dan jujurlah ketika menuliskan nilai paket karena jasa pengiriman akan memerlukan bukti jika ada klaim. Jangan lupa, pastikan untuk mematuhi standar yang ditetapkan oleh jasa pengiriman saat mengemas produk untuk menghindari klaim yang ditolak.

Pastikan produk yang akan kamu kirim dapat diasuransikan dengan detail polis. Setiap jasa pengiriman pasti memiliki dan membuat daftar produk yang akan dan tidak akan ditanggungnya, apakah itu barang bawaan, cairan, bahan berbahaya, atau perak. Konsultasikan syarat dan ketentuan pengiriman untuk detail lengkap.

Selain itu, saat memilih jasa ekspedisi pun kamu bisa membandingkan tarif pertanggungan antara satu jasa pengiriman dengan yang lainnya, biasanya mereka menerapkan harga yang berbeda dan cukup bersaing.

Beberapa bisnis membuat pilihan untuk tidak membayar pertanggungan tambahan, karena lebih murah untuk mengganti produk daripada membayar asuransi untuk setiap barang. Namun, jika kamu mengirimkan banyak produk bernilai tinggi, asuransi pengiriman barang menjadi menguntungkan. Mengingat aktivitas pengiriman barang adalah salah satu aktivitas yang selalu berhubungan dengan jual beli.

Ketika proses jual beli sudah deal maka selanjutnya adalah pengiriman barang ke tempat tujuan. bagi para penjual dalam skala besar maupun kecil tidak dapat menghindari proses ini. pengiriman barang memiliki banyak risiko. Maka dari itu para pemilik usaha harus tahu dan memahami bagaimana pentingnya memiliki asuransi pengiriman barang yang tepat. Jadi untuk tahu asuransi pengiriman barang terbaik yang mestinya kamu punya sebagai pemilik usaha, baca terus tulisan ini sampai akhir!

Asuransi pengiriman barang

Asuransi pengiriman barang memang tidak seterkenal asuransi jiwa, kesehatan ataupun kendaraan. Tapi bagi para pemilik usaha asuransi pengiriman barang adalah hal yang wajib dimiliki. Asuransi pengiriman barang adalah asuransi yang memberikan jaminan atas risiko terhadap pengiriman suatu barang ke tempat tujuan. pengiriman barang ini memiliki risiko atas jenis moda transportasi yang dipakai, kondisi sosial tempat tujuan dan bencana alam yang tak terduga.

Pada umumnya orang berpikiran bahwa saat pengiriman barang jika terjadi kerugian atau kerusakan bahkan sampai hilang maka itu adalah tanggung jawab dari pihak jasa ekspedisinya. Ternyata ini adalah pemahaman yang keliru loh. jasa ekspedisi ini tidak akan menanggung bila ada kerusakan, kerugian atau kehilangan suatu barang. Maka dari itu diperlukan asuransi pengiriman barang agar risiko kerugian, kerusakan bahkan kehilangan bisa ditanggung.

Lalu siapakah yang bertanggung jawab untuk memakai asuransi pengiriman barang ini? biasanya pihak yang mengirim barang yang akan mengurus asuransinya. Asuransi ini yang akan menjamin barang sampai ke tempat tujuan dengan selamat. Asuransi pengiriman barang sering juga disebut asuransi pengangkutan barang. Asuransi pengiriman barang ini juga dibagi menjadi 3 kelompok yaitu:

  • Asuransi pengiriman barang laut : asuransi yang memberikan perlindungan atas bahaya dari laut saat proses pengangkutan terjadi melalui laut.
  • Asuransi pengiriman barang udara : asuransi yang memberikan perlindungan atas bahaya dari yang berasal dari udara yang sifatnya accidental saat proses pengiriman barang melalui udara.
  • Asuransi pengiriman barang darat : asuransi yang memberikan perlindungan atas bahaya dari darat saat proses pengiriman berlangsung melalui darat.

Nah kali ini kita akan memberikan informasi mengenai rekomendasi asuransi pengiriman barang terbaik yang patut kita tahu. Beberapa daftar asuransi pengiriman barang terbaik itu adalah:

1. Asuransi JNE

Asuransi JNE adalah asuransi yang memberikan perlindungan untuk barang-barang yang dikirim agar tidak terjadi risiko. Asuransi JNE ini akan memberikan jaminan kerusakan, kerugian, dan keterlambatan dalam penerimaan barang di tempat tujuan. dengan memakai asuransi JNE maka keselamatan barang-barang itu lebih terjamin. Asuransi pengiriman barang terbaik ini pas sekali dipakai saat akan mengirim barang-barang berharga. Sedang yang dimaksud barang berharga antara lain:

  • Suatu barang yang nilainya melebihi dari Rp1 juta.
  • Suatu barang yang nilainya mempunyai nilai lebih besar 10 kali lipat  dan juga ongkos kirimnya
  • Dokumen-dokumen yang dianggap berharga

Bagaimana sih perhitungan biaya asuransi JNE ini? Yuk simak berikut ini ya.

(0,2% x harga barang) + biaya admin Rp5.000

Harga barang ini adalah harga beli barang yang diklaim oleh pengirimnya.

Nilai pertanggungan dari dokumen-dokumen yang dianggap berharga juga diatur oleh asuransi JNE ini seperti:

  • BPKB mobil : maks Rp3,5 juta/buku
  • BPKB motor : maks Rp2,5 juta/buku
  • STNK mobil : maks Rp2 juta/lembar
  • STNK motor : maks R1 juta/lembar
  • Ijazah : maks Rp200.000
  • Sertifikat tanah asli : maksimal Rp2 juta
  • Paspor : maks Rp500.000
  • Dokumen berharga lainnya : maks Rp2 juta

Cara klaim asuransi JNE ini harus melengkapi beberapa dokumen seperti bukti resi pengiriman yang asli, bukti resi asuransi yang dimiliki, form klaim dengan identitas yang berlaku, bukti asli pembelian barang tersebut. Setelah melengkapi semua dokumen itu kamu tinggal ke kantor agen JNE terdekat.

2. Asuransi Pengiriman Barang AXA Mandiri

AXA Mandiri adalah salah satu perusahaan asuransi yang sudah dipercaya sejak lama. Maka dari itu tak heran jika asuransi pengiriman barang AXA Mandiri ini menjadi salah satu asuransi pengiriman barang terbaik di Indonesia. Asuransi ini bisa menanggung pengiriman barang dari jalur laut, udara maupun darat. Asuransi ini bisa dipakai untuk pengiriman jarak dekat seperti dalam kota, antara kota hingga antar pulau serta pengiriman jarak jauh seperti untuk ekspor dan impor.

Asuransi pengiriman barang AXA Mandiri ini didukung oleh agen survey yang tersebar di seluruh dunia sehingga kenyamanan pelayanannya terjamin. Dengan begini para pemilik usaha menjadi lebih tenang. Manfaat yang bisa didapatkan dari asuransi ini antara lain:

  • Perlindungan barang yang dikirim atas risiko kecelakaan saat proses pengiriman barang
  • Perlindungan barang atas risiko bencana alam seperti gempa bumi, banjir, letusan gunung api, badai laut dll
  • Perlindungan barang yang dikirim terhadap risiko dari pencurian atau perampokan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab

Asuransi pengiriman barang AXA Mandiri ini menawarkan produk perlindungan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta jenis barang apa yang diasuransikan.

3. Asuransi Tokio Marine Indonesia

Asuransi pengiriman barang terbaik selanjutnya adalah asuransi Tokio Marine Indonesia. Asuransi ini hampir sama seperti asuransi pengiriman barang pada umumnya karena akan melindungi secara finansial atas kerugian barang yang dikirimkan melalui darat, laut dan udara. Produk asuransi Tokio Marine ini cocok bagi kamu yang berprofesi sebagai eksportir/importir, produsen, pengusaha logistic, pembeli/penjual yang terlibat dalam perdagangan lokal maupun internasional.

Manfaat yang bisa didapatkan dari asuransi pengiriman barang Tokio Marine ini tentu saja perlindungan atas risiko yang mengancam keselamatan barang-barang yang diasuransikan. Risiko-risiko tersebut antara lain seperti tabrakan kapal laut, kapal yang tenggelam/terdampar/terbalik. Besarnya premi juga berbeda-beda tergantung dari kebijakan yang diambil oleh perusahaan asuransi Tokio Marine. Lalu apa yang tidak dijamin oleh asuransi Tokio Marine ini? Berikut contohnya:

  • Kerugian karena kesalahan disengaja
  • Kebocoran, susutnya berat/volume barang yang diasuransikan
  • Kondisi transportasi yang tidak layak
  • Pengemasan yang tidak memadai
  • Keterlambatan
  • Penggunaan senjata perang,
  • Pemogokan, dll.

4. Asuransi Adira Insurance

Adira Insurance juga menawarkan produk asuransi untuk pengiriman barang. Asuransi ini akan memberikan perlindungan untuk pengiriman barang yang dikirimkan melalui angkutan darat, laut dan udara. Adapun risiko-risiko yang muncul yang akan dijamin oleh asuransi Adira ini antara lain:

  • Kecelakaan
  • Tenggelam atau karam
  • Kebakaran
  • Ledakan
  • Lepasnya rel kereta
  • Pencurian, kecerobohan
  • Kecelakaan saat memasukkan/menurunkan muatan
  • Gempa bumi, letusan vulkanis dan petir.

Nah itu dia rekomendasi asuransi pengiriman barang terbaik yang mesti kamu tahu. Sebagai seseorang yang mengambil peran dalam aktivitas perdagangan memilih asuransi pengiriman barang harus lebih teliti. Karena kebanyakan asuransi pengiriman barang ini tidak sesederhana asuransi lainnya karena banyak faktor yang membuatnya lebih dinamis. Karena itu saat akan memilih asuransi pengiriman barang ini kamu dituntut untuk lebih memahami detail dari kebijakan asuransi itu. kebijakan-kebijakan ini bisa mencakup risiko yang mungkin terjadi, risiko yang tidak akan dijamin, cara klaim hingga bahan apa yang bisa diasuransikan. Pastikan untuk selalu membaca polisnya dan memahaminya agar memiliki asuransi pengiriman barang terbaik. Jadi sudah tahu mau asuransi pengiriman barang yang mana?

Tentang kami

Maria Nofianti

Maria Nofianti