Rekomendasi Susu untuk Lansia yang Bagus dengan Kandungan Nutrisi Terlengkap

6 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Selain mengonsumsi makanan bergizi, orang lanjut usia juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan mengonsumsi susu untuk lansia. Produk susu ini bisa dibeli di pasaran dengan harga yang beragam, dan sudah diformulasikan khusus dengan tambahan kalsium, vitamin D, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh orang tua lansia.

Rekomendasi Susu untuk Lansia yang Bagus dengan Kandungan Nutrisi Terlengkap

Manfaat Susu untuk Lansia

Memenuhi kebutuhan nutrisi tidak hanya bisa didapat dari mengonsumsi makanan saja. Sebab, di usia yang tak lagi muda, seseorang butuh asupan cadangan untuk membuat tubuhnya tetap sehat dan bugar, salah satunya dengan mengonsumsi susu.

Dengan meminum segelas susu rutin setiap hari, mereka yang dikatakan lanjut usia dapat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuhnya. Sehingga berbagai masalah kesehatan yang kerap terjadi terutama diusia lanjut, bisa diminimalisir sedini mungkin.

Tidak cuma itu saja, faktanya masih ada banyak lagi manfaat susu untuk lansia seperti yang dilansir dari KlikDokter, berikut penjelasannya.

  • Mengurangi risiko alzheimer

Alzheimer atau pikun merupakan penyakit yang wajar sekali terjadi pada lansia. Akibatnya sendiri karena sebagian sel otak tidak lagi berfungsi dengan baik, sehingga kemampuan otak menjadi lebih menurun.

Untuk mengurangi risiko alzheimer ini, dibutuhkan asupan cadangan, salah satunya seperti susu untuk lansia yang dikenal mengandung antioksidan tinggi untuk melindungi otak dari penyakit alzheimer.

  • Menyehatkan jantung

Tidak bisa dipungkiri, kesehatan organ tubuh pada orang lansia makin lama akan makin mengalami penurunan, terutama pada organ jantung. Untuk itu, dibutuhkan asupan susu yang bisa diminum saat pagi ataupun malam hari agar jantung tetap terlindungi. Karena dalam satu gelas susu mengandung kalium dan potassium yang baik untuk kesehatan organ tubuh.

  • Menjaga massa otot

Massa otot bisa diartikan sebagai ukuran otot, yang mana seiring dengan bertambahnya usia massa otot akan mengalami penurunan. Maka dari itu, biarpun usia semakin menua, seseorang juga mesti menjaga massa ototnya karena peranannya yang penting, yakni untuk menjaga metabolisme tubuh.

Cukup dengan imbangi mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya nutrisi, seperti susu sekaligus melakukan aktivitas fisik, maka massa otot akan tetap terjaga meski dimasa lanjut usia.

(Baca Juga: 5 Manfaat Susu Kurma untuk Kesehatan)

Produk Susu untuk Lansia yang Paling Bagus

Di Indonesia sendiri, sudah banyak produk susu untuk lansia yang diformulasikan khusus menjaga kesehatan tubuh dan tulang. Berikut ini CekAja sajikan rekomendasi produk susunya untuk orang tua lanjut usia.

1. Anlene Gold Plus

Anlene Gold Plus - Rekomendasi Susu untuk Lansia yang Bagus dengan Kandungan Nutrisi Terlengkap

Kisaran Harga: Rp27 ribu

Membahas tentang produk susu untuk lansia yang bagus, satu nama yang pastinya sudah sering kali didengar adalah Anlene. Produk ini sudah sejak dulu wara-wiri di televisi sebagai salah satu produk susu yang punya banyak manfaat baik untuk kesehatan tulang, terutama pada orang tua lanjut usia.

Anlene sendiri punya banyak varian, namun salah satu yang bisa dicoba adalah Anlene Gold Plus. Ini merupakan varian terbaru keluaran Anlene yang diklaim rendah kolesterol dan lemak jenuh, sekaligus memiliki protein tinggi.

Anlene Gold Plus telah dilengkapi dengan kandungan kalsium, kolagen, ekstra magnesium, zinc, dan formula beatplus yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sehingga susu untuk lansia ini tak cuma menjadi sumber nutrisi untuk kesehatan tulang saja, namun juga organ jantung.

2. Appeton 60+

Appeton 60+ - Rekomendasi Susu untuk Lansia yang Bagus dengan Kandungan Nutrisi Terlengkap

Kisaran Harga: Rp289 ribu

Selain Anlene Gold Plus, produk susu untuk lansia yang enggak kalah bagus namun memang harganya cukup pricey adalah Appeton 60+. Produk susu yang mengandung proteplex, kromium, mikronutrien, dan makronutrien ini nyatanya punya banyak manfaat baik untuk tubuh.

Mulai dari untuk membantu meningkatkan nafsu makan, membantu penyerapan protein, menambah berat badan, menjaga kadar gula darah, memenuhi kebutuhan nutrisi harian, menyehatkan sistem pencernaan, hingga menjaga kesehatan ginjal.

Dengan mengonsumsi 2 hingga 3 kali segelas susu Appeton 60+ dalam sehari, orang lanjut usia bisa memenuhi kebutuhan tenaganya, sehingga tidak gampang lelah ketika beraktivitas.

Selain itu, dalam segelas susu untuk lansia ini juga diyakini bisa menangkal penyakit diabetes, hipertensi, dan mencegah pengeroposan tulang alias osteoporosis.

Untk aturan mengonsumsinya, bisa dengan cara menambahkan 5 sendok takaran Appeton 60+ dengan 200 ml air hangat, atau bisa juga sebagai pengganti makanan dengan cara dikonsumsi 6 sampai 8 kali sehari sesuai anjuran ahli gizi.

3. Entrasol Gold

Entrasol Gold - Rekomendasi Susu untuk Lansia yang Bagus dengan Kandungan Nutrisi Terlengkap

Kisaran Harga: Rp64 ribu

Entrasol Gold hadir sebagai salah satu produk susu untuk lansia terbaik yang diyakini punya kandungan kalsium tinggi dan profit formula untuk orang tua yang berusia di atas 50 tahun.

Susu Entrasol Gold ini termasuk susu hi-calsium yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus melindungi tubuh dari penyakit jantung koroner, osteoporosis, dan rematik.

Selain itu, keunggulan lainnya dari susu ini adalah kandungan lemaknya yang relatif lebih rendah, tanpa gula tambahan, dan bebas kolesterol. Sehingga tidak akan membuat penggunanya mengalami kondisi gula darah tinggi.

Dengan harga yang jauh lebih ekonomis, Entrasol Gold hadir dengan dua varian rasa yakni vanilla dan cokelat, yang katanya enggak bikin enek karena kadar gulanya yang rendah. Bahkan dianggap memiliki rasa yang cenderung tawar. Jadi sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang suka dengan rasa susu tidak terlalu manis.

Namun yang perlu diperhatikan, susu Entrasol Gold ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh lansia yang menderita penyakit diabetes.

Sementara itu, untuk saran penyajiannya sendiri, susu ini bisa dikonsumsi sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari dengan takaran 4 sdm yang dilarutkan dalam 200 ml air hangat.

4. Nestle Nutren Boost Optimum

Nestle Nutren Boost Optimum - Rekomendasi Susu untuk Lansia yang Bagus dengan Kandungan Nutrisi Terlengkap

Kisaran Harga: Rp242 ribu

Nestle merupakan salah satu produsen makanan dan minuman terbesar di dunia yang telah memiliki lebih dari 1 ribu merek. Nah, perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Vevey, Swiss ini juga mengeluarkan produk susu untuk lansia yang mungkin namanya belum setenar susu Anlene ataupun Entrasol, yakni Nestle Nutren Boost Optimum.

Meski begitu, produk susu tersebut termasuk salah satu susu terbaik yang banyak direkomendasikan di berbagai situs di mesin pencarian Google lho.

Kehebatannnya sendiri terletak pada kandungan yang ada di dalamnya, yaitu vitamin E, vitamin B6, vitamin B12, protein Whey, vitamin D, lemak nabati, dan rendah laktosa sekaligus tanpa penambahan gluten.

Nah, selain cocok dikonsumsi oleh lansia, ternyata Nestle Nutren Boost Optimum juga sangat bagus untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang dalam kondisi kurang zat gizi, punya aktivitas yang padat sehingga cenderung tidak sempat makan, kurang istirahat, sedang menjalankan program diet, dan pasien dalam kondisi pemulihan.

(Baca Juga: 10 Manfaat Susu Kambing Etawa)

5. Ensure Fos

Ensure Fos - Rekomendasi Susu untuk Lansia yang Bagus dengan Kandungan Nutrisi Terlengkap

Kisaran Harga: Rp243 ribu

Rekomendasi susu untuk lansia berikutnya adalah Ensure Fos. Susu formula yang dilengkapi dengan kandungan kalsium, antioksidan, zinc, serta selenium ini bagus untuk melancarkan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga mempertahankan kepadatan tulang agar tak mudah keropos.

Susu Ensure Fos tersedia dalam dua varian rasa, yaitu vanilla dan cokelat. Untuk cara penggunaannya, bisa dikonsumsi dengan melarutkan 6 sendok Ensure Fos dengan 200 ml air hangat.

Apabila meminum yang rasa vanilla, bisa menambahkan 3 sendok makan sirup strawberry agar cita rasanya tak hambar, dan konsumsilah sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Sementara untuk aturan penyimpanannya sendiri, susu untuk lansia ini bisa disimpan dalam suhu ruangan dan jauhkan dari paparan cahaya, serta hindari menyimpan Ensure Fos ke dalam kulkas.

6. Diabetasol

Diabetasol - Rekomendasi Susu untuk Lansia yang Bagus dengan Kandungan Nutrisi Terlengkap

Kisaran Harga: Rp190 ribu

Selain mengonsumsi makanan yang tepat, penderita diabetes pada usia lanjut sangat dianjurkan untuk memenuhi asupan tambahannya dengan meminum segelas susu setiap hari. Salah satu merek susu untuk lansia yang bisa dikonsumsi khusus penderita diabetes ini adalah Diabetasol.

Susu Diabetasol merupakan susu formula yang punya 3 keunggulan utama, dianataranya:

  • Memiliki nilai gizi terlengkap dan seimbang sebagai pengganti makanan,
  • Punya kandungan vitadigest untuk menurunkan kenaikan gula darah setelah makan
  • Memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga bisa diserap tubuh secara perlahan.

Untuk sekarang ini, susu Diabetasol tersedia dalam tiga varian yakni cappuccino, vanilla, dan cokelat. Cukup dengan mencampurkan 4 sendok takaran susu Diabetasol dengan 200 ml air hangat, maka susu ini bisa dikonsumsi sebanyak 2 gelas per hari.

Selain Mengonsumsi Susu, Lengkapi Perlindungan dengan Asuransi Kesehatan

Itu tadi rekomendasi merek susu untuk lansia terbaik yang bisa dicoba. Selain dari mengonsumsi susu, kamu juga bisa melengkapi perlindungan untuk orang tuamu dengan asuransi kesehatan.

Sebab, adanya asuransi kesehatan bisa meminimalisir masalah kesehatan yang memang tidak bisa kita prediksi kapan terjadinya.

Sehingga, kamu enggak perlu cemas jika sewaktu-waktu orang tuamu memerlukan tindakan medis, karena cakupan perlindungan dari asuransi kesehatan yang sangat luas. Nah, ngomong-ngomong mengenai asuransi kesehatan, kamu bisa membelinya di CekAja.com.

Lewat CekAja, kamu bisa mendapatkan produk asuransi kesehatan terbaik dengan perlindungan super lengkap dan bantuan klaim cepat. Bahkan, di sini pun kamu bisa membandingkan dulu produk asuransi dari mitra terbaik CekAja, sehingga nantinya asuransi kesehatan yang digunakan benar-benar sesuai dengan kebutuhan kamu dan keluarga.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk ajukan asuransi kesehatan sekarang juga dan nikmati berbagai manfaatnya.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri