Penjelasan Mengenai Reksadana Syariah serta Keuntungannya!

Menjadi salah satu alternatif bagi investor yang mengedepankan prinsip syariah Islam, penasaran gak sih mengenai apa itu reksadana syariah dan keuntungan? Yuk simak!

Penjelasan Mengenai Reksadana Syariah serta Keuntungannya!

Produk investasi reksadana sangat cocok untuk para investor yang memiliki banyak keterbatasan seperti waktu, dana, informasi, dan pengetahuan mengenai investasi. 

Selain reksadana konvensional, terdapat pula reksadana syariah yang cocok bagi kamu yang mencari investasi halal tanpa riba.

Apa Itu Reksadana Syariah?

Reksadana syariah merupakan instrumen investasi yang memegang prinsip keuangan sesuai dengan kaidah dan prinsip syariah Islam.

Pada dasarnya, cara kerja reksadana syariah tidak terlalu jauh berbeda dengan reksadana konvensional. Dimana pengelolaan keuangan akan dipercayakan pada manajer investasi.

Dalam hal ini, manajer investasi akan menempatkan dana di instrumen keuangan ke berbagai efek di pasar modal pada produk yang tidak melanggar ketentuan syariat Islam dan tidak mengandung riba. 

Salah satu contohnya, reksadana syariah tidak menempatkan portofolio pada perusahaan seperti rokok atau minuman beralkohol.

(Baca juga: Yuk, Mengenal Produk Finansial Syariah, agar Lebih Berkah!)

Keuntungan Reksadana Syariah

1. Unit Penyetaraan Terjangkau 

Keuntungan reksadana syariah pertama yaitu investor dapat membeli penyetaraan mulai dari 10 ribu dengan pilihan produk reksadana yang beragam sesuai dengan tujuan investasi mu.

2. Diversifikasi Investasi 

Produk reksadana syariah ini merupakan kumpulan berbagai efek atau portfolio, sehingga diversifikasi efek dapat menekan risiko penurunan nilai.

Selain itu, diversifikasi investasi juga mampu mengurangi resiko kerugian saat kinerja salah satu efek mengalami penurunan.

3. Dikelola oleh Manajer Investasi 

Investor tidak perlu memiliki kemampuan analisis pasar modal kerja, karena manajer investasi akan mengelola portofolio reksadana. 

Selain itu, manajer investasi  juga akan memperoleh lisensi dari OJK, sehingga produk investasi ini sangat cocok untuk pemula yang ingin berinvestasi sesuai dengan prinsip syariah Islam.

4. Hemat Biaya dan Waktu

Reksadana syariah memiliki biaya investasi yang relatif lebih rendah dan tidak perlu pemantauan efek karena telah dikelola oleh manajer investasi.

5. Return Reksadana yang Optimal 

Return dari reksadana syariah akan menyesuaikan jangka waktu dan jenis produknya, sehingga kamu akan memperoleh imbal hasil yang optimal dan mencapai tujuan investasi mu.

6. Praktis dan Aman

Kamu dapat mencairkan hasil investasi dengan mudah sehingga likuiditas terjamin. Selain itu, proses pencairan dana juga mudah dan pengawasan terhadap produk reksadana dari OJK juga akan menjamin keamanannya.

7. Menggunakan Prinsip Syariah 

Dengan kegiatan reksadana yang mengacu pada prinsip syariah dan telah mendapatkan fatwa dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), investasi ini cocok untuk kamu yang menginginkan investasi yang halal.

Mulai dengan Tabungan Syariah

Jika kamu belum siap untuk mulai melakukan investasi dengan reksadana syariah, kamu bisa memulainya dengan menabung melalui tabungan syariah.

Tentunya, kamu pasti sudah tidak asing dengan produk bank yang satu ini. Tabungan syariah biasanya akan dipilih bagi nasabah yang ingin simpanannya bebas riba. 

Hal utama yang menjadi ciri khas dari tabungan ini adalah pengelolaan dana nasabah yang dilakukan dengan prinsip syariah Islam. 

Selain itu, tabungan syariah juga tidak mengenal bunga. Dimana keuntungan dari tabungan ini diambil dari pembiayaan bisnis atau pendapatan pihak bank, dengan kata lain bagi hasil yang bergantung pada untung rugi bisnis tersebut. 

Buka Tabungan Syariah melalui CekAja.com

Tidak perlu bingung memilih tabungan syariah, terdapat dua produk tabungan syariah yang bisa kamu ajukan dengan mudah dengan CekAja.com, diantaranya:

1. iB OCTO Savers dari CIMB Niaga

Tabungan syariah dari CIMB Niaga ini menawarkan banyak keuntungan, mulai dari bebas biaya administrasi bulanan, 20x bebas biaya transfer, 20x bebas biaya tarik tunai di semua ATM dan 20x bebas biaya top up e-wallet.

Jika kamu tertarik untuk mengajukan tabungan ini, berikut persyaratan dan biaya yang akan dikenakan:

  • Berusia 17 – 58 tahun
  • Minimal pendapatan Rp2 juta per bulan 
  • Saldo awal Rp100 ribu
  • Saldo minimum Rp50 ribu 
  • Biaya saldo minimum Rp17,5 ribu per bulan (rata-rata saldo di bawah Rp2 juta)
  • Biaya lainnya Rp5 ribu (biaya dorman, apabila tidak ada transaksi lebih dari 180 hari)

Selain itu, kamu akan mendapatkan keuntungan tambahan berupa cashback hingga Rp500 ribu, jika membuka tabungan iB OCTO Savers melalui CekAja.com.

(Baca juga: Cara Buka Tabungan Digital OCTO Savers, Dapat Cashback hingga Rp500 Ribu!)

2. Danamon Save iB 

Tabungan dengan prinsip syariah yang selanjutnya ada dari Danamon Save iB dengan pilihan akad Mudharabah (bagi hasil) dan Wadiah (titipan).

Beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan tabungan syariah ini, mulai dari persyaratan pembukaan tabungan yang sangat mudah, bebas biaya administrasi bulanan dan masih banyak lagi.

Berikut persyaratan dan biaya yang akan dikenakan bagi kamu yang tertarik untuk mengajukan tabungan ini:

  • Berusia 17 – 65 tahun 
  • Minimal pendapatan Rp100 ribu perbulan
  • Saldo awal Rp1,055 juta 
  • Biaya penutupan rekening Rp50 ribu

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan lain jika melakukan pembukaan tabungan dengan CekAja.com. 

Mulai dari cashback hingga Rp500 ribu dengan pendanaan awal sebesar Rp3 juta selama 3 bulan dan cashback hingga Rp200 ribu jika menggunakan kode referral SAVEC88 saat registrasi di halaman danamon. 

Menarik sekali kan promo dan keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan membuka tabungan dengan CekAja.com. 

Proses pengajuan melalui CekAja.com juga sangat praktis dan mudah, sehingga bisa kamu ajukan tabungan syariah mu dari rumah. 

Yuk mulai menabung sejak dini, dengan ajukan tabungan syariah mu melalui CekAja.com sekarang!