Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Resep Agar Masa Pensiun Orang Tua Lebih Membahagiakan

by Ariesta on 24 Mei, 2016

pensiun sejahtera - CekAja.com

Sudahkah kita memiliki impian pensiun macam apa yang akan ingin dijalani nanti? Apakah pensiun asyik hingga bisa keliling dunia, pensiun sambil bersantai-santai di rumah, atau pensiun sambil merawat cucu-cucu yang lucu?

Tabungan atau dana pensiun merupakan hal penting yang harus disiapkan demi menghabiskan masa tua dengan sejahtera. Tapi ini bukan satu-satunya yang harus dipersiapkan lho. Karena meski sudah miliki kendaraan dan rumah pribadi, serta tabungan pensiun sudah memadai, banyak orang yang justru merasa stres. Alasannya karena mereka yang terbiasa produktif tidak tahan dengan kebosanan tanpa aktivitas berarti.

Agar masa tua tidak jenuh, berikut aktivitas-aktivitas untuk mengatasi kebosanan saat pensiun.

Kursus

Coba ingat-ingat, keterampilan apa yang ingin dikuasai tapi tidak sempat dipelajari karena alasan sibuk? Ya, masa pensiun merupakan waktu yang tepat untuk menekuni minat. Seperti kata pepatah, hidup hanya sekali. Jangan sampai kamu meneyesal karena tidak pernah menekuni apa yang disenangi. Jadi, jangan ragu untuk mengikuti kursus keterampilan atau bahasa. (Baca juga: Mau Tahu Berapa Kebutuhan Hidup Kita Saat Pensiun? Ini Cara Menghitungnya)

Dengan mengikuti kursus, otak tetap aktif sehingga pikun pun bisa dicegah. Kita pun terhindar dari bosan karena bisa bersosialisasi dengan orang-orang baru. Kursus keterampilan seperti menjahit, merajut, atau mengolah barang bekas bisa juga mendatangkan penghasilan tambahan jika sudah terampil.

Kuliah lagi

Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Inilah yang dilakukan Bertie Gladwin. Kakek asal Inggris tersebut meraih gelar master dari Universitas Buckingham bidang intelejen militer di usia 91 tahun. Yang mencengangkan, ternyata ia sempat putus sekolah. Gladwin hanya bersekolah sampai usia 14 tahun. Tapi di masa pensiunnya, dia benar-benar tekun belajar demi mendapatkan gelar sarjana meski teman-teman sekelasnya berusia awal 20-an. Tak puas sampai di situ, Gladwin kembali belajar hingga mendapatkan gelar master.

Tentu saja apa yang dilakukan Gladwin membuat masa pensiunnya jauh dari bosan. Selain mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru, Gladwin mendapatkan kembali apa yang seharusnya dia rasakan sewaktu muda: kehidupan kampus yang seru dan menyenangkan. Kalau pernah bercita-cita mendapat gelar master namun selalu urung karena tidak mau meninggalkan pekerjaan, mungkin saat pensiun adalah waktu yang tepat untuk mewujudkannya.

Memelihara binatang

Bagi mereka yang sudah mempersiapkan dana pensiun sejak jauh-jauh hari, pensiun akan terasa menyenangkan. Ini karena kita tidak perlu bekerja, tidak perlu mencari uang, tidak perlu memusingkan anak karena masing-masing sudah mandiri. Namun masa-masa tenang ini tetap mendatangkan momok yang menakutkan: kesepian.

Anak-anak pastinya sudah tinggal terpisah dan sibuk dengan hidup masing-masing. Mereka juga tidak bisa berkunjung setiap saat karena tinggal di luar kota bahkan luar negeri. Begitu juga dengan teman-teman lama tidak bisa dihubungi setiap saat. Untuk mengusir kesepian, bagaimana kalau memelihara binatang?

Berbagai penelitian telah mengemukakan manfaat memelihara binatang. Salah satunya yang dilakukan Universitas California. Ikatan yang terjalin di antara pemilik dan hewan peliharaan dapat mengobati depresi dan rasa kesepian. Memelihara hewan dapat membuat kita tetap aktif, bertanggung jawab, dan sehat. Kalau kita tipe orang yang tidak begitu terbiasa dengan hewan, cobalah hewan yang mudah dipelihara seperti ikan mas koki atau kura-kura.

Menekuni hobi

Saat masih bekerja, akhir pekan pasti jadi momen yang ditunggu-tunggu. Alasannya tidak lain karena hanya saat libur kita bisa melakukan hobi. Entah itu memancing, berkebun, olahraga, memasak, atau sekedar membaca buku seharian. Kalau sekedar melakukan hobi saja tidak cukup, coba kamu ikut kompetisi. Misalnya kompetisi memancing, merangkai bunga, atau menuliskan resep lalu diposting di blog. Berolahraga selain membuatmu tidak bosan juga membuatmu terhindar dari penyakit-penyakit yang biasa menjangkiti orang di usia lanjut. (Baca juga: 4 Tips Kelola Duit Secara Pintar di Masa Pensiun)

Inti agar terhindar dari kebosanan adalah tetap menyibukkan diri. Setiap kali kita merasa jenuh, cobalah ingat kerja keras yang kamu lakukan demi menikmati masa pensiun dengan tenang.

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami