Tarik Tunai Kartu Kredit atau Ajukan Pinjaman Online? Ketahui Dulu Ketentuannya!

Saat mengalami masalah keuangan, untuk mengatasinya dengan cepat lebih baik tarik tunai kartu kredit atau ajukan pinjaman online

Manusia hidup, tak luput dari masalah. Termasuk masalah keuangan yang seringkali muncul dan harus kita hadapi. Karena tak semua orang terlahir sebagai sultan.

Beruntung jika ada tabungan yang bisa kita gunakan sewaktu waktu sebagai dana darurat. Jika tidak, kita bisa menjual aset yang ada, jika tidak ada aset tentu saja pinjam sana sini menjadi satu solusi terakhir yang bisa kita lakukan.

Namun sekarang, meminjam uang pada teman atau kerabat bukanlah solusi yang tepat. Jika tak beruntung, justru ini hanya akan menimbulkan masalah baru yang memperkeruh suasana kekeluargaan dan pertemanan.

Nah, saat kita tiba-tiba butuh uang dengan cepat. Terkadang kita pasti pernah kan terpikirkan untuk tarik tunai kartu kredit atau ajukan pinjaman online.

Keduanya dapat memberikan solusi bagi kita yang membutuhkan uang disaat darurat. Tapi tunggu dulu ya karena dua hal ini punya perbedaan yang harus kita pahami dulu sebelum memutuskan mau tarik tunai kartu kredit atau ajukan pinjaman online.

Masing-masing pasti memiliki untung ruginya. Nah agar kita bisa memanfaatkan dengan maksimal dan mendapatkan solusi terbaik untuk masalah finansial kita, maka kali ini kita akan membahas untung ruginya tarik tunai kartu kredit atau ajukan pinjaman online.

Simak terus disini ya!

(Baca Juga: Kenali Dana tunai Kartu Kredit)

Mau Tarik Tunai Kartu Kredit atau Ajukan Pinjaman Online?

Mau pilih tarik tunai kartu kredit atau ajukan pinjaman online saja tentu kita harus tahu ketentuan-ketentuan yang diberikan oleh bank penerbit kartu kredit.

Layanan Tarik Tunai Kartu Kredit

Menarik uang dari kartu kredit pada dasarnya sama seperti menarik uang dari kartu debit. Hanya saja jika kartu debit yang ditarik adalah uang kita yang ada di dalam saldo tabungan, sedangkan kartu kredit terbilang uang hutang yang harus kita kembalikan.

Nah ketentuan-ketentuan apa saja yang membedakan tarik tunai dari kartu kredit itu? mereka antara lain:

  • Nominal Uang yang Diambil

Untuk kartu kredit saat menarik uang hanya dibolehkan sebanyak 40% sampai 60% saja dari limit yang didapatkan. Kalau limit kartu kredit kita sedikit maka nominal uang yang bisa diambil juga makin sedikit.

Makanya tarik tunai kartu kredit akan susah jika menjadi solusi masalah finansial yang kamu alami butuh uang dalam jumlah yang banyak.

  • Proses Penarikan Uang Cepat

Kapanpun kita membutuhkan uang kita bisa memakai kartu kredit untuk tarik tunai. Ini menjadi kelebihan bagi penggunanya karena tidak harus menunggu waktu dari pemberi dana.

Kita bisa langsung mendapatkan uang tunai begitu kita ambil di ATM. Sedangkan pinjaman online, mau tak mau harus melalui proses beberapa hari.

  • Suku Bunganya Relatif Kecil

Suku bunga yang dibebankan kepada pengguna kartu kredit sudah diatur oleh Bank Indonesia. Dan dalam aturan itu suku bunganya memang relatif kecil.

Tapi beberapa penyedia kartu kredit juga memberikan bunga yang beragam. Kalau dibandingkan dengan pinjaman online tentu ini lebih menguntungkan.

Jika kebutuhan kita bisa dipenuhi dengan tarik tunai kartu kredit maka kita bisa menjadikannya pilihan utama.

  • Tidak Ada Pinjaman Lain

Jika kita memikirkan mau tarik tunai kartu kredit atau ajukan pinjaman online, kita sebelumnya harus tahu dulu bahwa pada kartu kredit tidak ada pinjaman jenis lainnya selain tarik tunai dan bertransaksi. Kita hanya bisa mendapatkan uang tunai saja dan tidak dalam bentuk lain.

  • Tenor Bervariasi

Lama waktunya kita untuk melunasi hutang atas tarik tunai sedikit lebih fleksibel. Pinjaman kartu kredit bahkan bisa dicicil sampai 5 tahun. Jadi ini sangat membantu sekali .

  • Minim Resiko

Sangat jarang terjadi penipuan jika kita melakukan pinjaman ke kartu kredit. Karena kartu kredit hanya diterbitkan oleh lembaga keuangan resmi.

Jika ada kesalahan atau pelanggaran kita bisa minta bank penerbit untuk memblokirnya.

Ketentuan Pinjaman Online

Nah itu dia ketentuan dari tarik tunai kartu kredit yang mesti kamu tahu. Bedanya tarik tunai kartu kredit atau ajukan pinjaman online selanjutnya adalah mengenai pinjaman online. Ketentuannya antara lain:

  • Bisa Mengajukan Sesuai Limit

Kita bisa ajukan pinjaman online dengan nominal maksimal limit yang diberikan penyedia pinjaman. Asal syaratnya terpenuhi kita bisa mendapatkan dana segar dengan jumlah yang banyak.

Jika lancar dalam mencicilnya kita bisa dapatkan tambahan limit untuk pinjaman berikutnya.

  • Dana Cair Sampai 1 Hari

Memikirkan tarik tunai kartu kredit atau ajukan pinjaman online bisa dipertimbangkan melalui kecepatan kita mendapatkan uang tunai. Untuk pinjaman online dibutuhkan waktu untuk menunggu apakah pinjaman kita bisa cair setidaknya 1 hari.

Meski ada juga yang dalam hitungan jam kita bisa mencairkannya tapi umumnya pinjaman online masih harus menunggu beberapa waktu.

  • Suku Bunga Sudah Ditetapkan

Suku bunga pinjaman online memang lebih tinggi dari pinjaman lainnya. Apalagi kalau kita terjerat pinjaman online illegal. Pastikan dulu kalau pinjaman online itu terdaftar dan berizin OJK ya!

  • Ada Beberapa Jenis Pinjaman

Pinjaman online memiliki banyak jenis. Ada yang harus memberikan jaminan, harus punya kartu kredit, p2p dan lainnya. Jadi kita masih bisa memilih pinjaman mana yang cocok sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita.

  • Pelunasan Ketat dan Resiko Besar

Untuk pinjaman online sistem pelunasan harus tepat waktu. Sedang tenor yang diberikan biasanya sangat cepat.

Jika kita gagal bayar pada tanggal jatuh tempo maka akan ada dendanya. Jika masih bandel untuk membayarnya kita bisa ditagih oleh debt collector loh.

Saat kita memikirkan tarik tunai kartu kredit atau ajukan pinjaman online dan kita memilih pinjaman online pastikan mereka legal dan sudah terdaftar di OJK agar resikonya tidak besar atau ditipu.

Nah itu dia bedanya tarik tunai kartu kredit atau ajukan pinjaman online yang mesti kita tahu. Memilih kartu kredit atau pinjaman online juga perlu hati-hati.

(Baca Juga: Pinjaman Online Dengan Masa Cicilan 12 Bulan)

Jangan sampai tarik tunai kartu kredit atau ajukan pinjaman online malah menambah masalah finansial kita. Gunakan dengan bijak ya!

Memiliki kartu kredit memang dapat memberikan banyak manfaat. Asalkan kita menggunakannya dengan benar, karena tak jarang memiliki kartu kredit pun dapat mendatangkan banyak masalah keuangan baru.

Karena sifat konsumtif manusia yang kadang tidak bijak dalam menggunakan kartu kredit dan mengatur keuangan. Justru yang ada adalah tagihan kartu kredit yang menumpuk karena pembelian barang barang tak berguna.

Namun, jika telah mempertimbangkan semuanya dan berniat membuat kartu kredit. Kita bisa membuatnya langsung melalui CekAja.com.

Melalui CekAja.com kita bisa melakukan perbandingan dan analisis dulu sebelum menentukan kartu kredit apa yang mau kita ambil. Jadi tunggu apa lagi!