10 Tempat Ngabuburit Gratis di Jakarta yang Gak Bikin Kantong Jebol

Tempat ngabuburit gratis di Jakarta tentunya akan selalu ramai dikunjungi tiap memasuki bulan suci Ramadhan. Nah, buat kamu yang juga ingin ngabuburit, yuk langsung datangi beberapa tempat di Jakarta berikut ini.

Advertisement

Ngabuburit menjelang waktu berbuka puasa memang paling asyik jika bepergian ke luar. Bukan cuma dengan mencari takjil saja lho.

Ngabuburit pun bisa dilakukan dengan mengunjungi beberapa tempat seperti taman, untuk sekedar menikmati aingin sore atau berbincang dengan kerabat.

(Baca Juga: 11 Tempat Ngabuburit di Jogja Paling Asyik)

10 Tempat Ngabuburit Gratis di Jakarta

Nah, buat kamu yang berdomisili di Jakarta, CekAja mau berbagi rekomendasi tempat ngabuburit gratis di Jakarta yang tentunya asyik, dan dijamin enggak bikin kantong jebol. Let’s go!

1. Kota Tua

Tempat ngabuburit gratis di Jakarta yang pertama untuk dikunjungi adalah Kota Tua.

Kawasan ini memang sedari dulu populer, gak hanya di kalangan warga lokal saja namun juga wisatawan.

Di sana, kamu bisa menghabiskan waktu untuk hunting foto, jalan-jalan, atau sekedar duduk-duduk menikmati pemandangan kawasan Kota Tua.

Nah, di saat menjelang waktu Maghrib, kamu pun bisa berkeliling di kawasan tersebut untuk membeli jajanan berbuka puasa. Harga jajanannya juga murah, dan pastinya enggak bikin kamu boros.

Alamat: Taman Fatahillah Nomor 1, Kawasan Kota Tua, Taman Sari, Jakarta

2. Monumen Nasional

Siapapun yang berkunjung ke Jakarta pasti akan langsung penasaran mengenai kawasan Monumen Nasional atau biasa disebut Monas.

Nah, kawasan tersebut seperti halnya Kota Tua yang sering didatangi oleh wisatawan maupun masyarakat lokal.

Tempat ngabuburit gratis di Jakarta yang satu ini, menawarkan berbagai hal menarik dan tentu momennya bisa kamu abadikan dengan kamera ponsel.

Mulai dari Relief Sejarah, Ruang Kemerdekaan, sampai Pelataran Puncak dan Api Kemerdekaan.

Hanya saja, untuk berkunjung ke tempat-tempat tersebut, khususnya kunjungan ke museum dan cawan, serta puncak, kamu perlu membeli tiket masuk.

Tenang, harga tiket masuknya masih tergolong murah kok. Untuk kategori dewasa atau umum, pengunjung dikenai biaya Rp5-Rp15 ribu saja, tergantung tempat yang dituju.

Alamat: Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat

3. Hutan Kota GBK

Tempat ngabuburit gratis di Jakarta yang berikutnya adalah Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK).

Semenjak pandemi, kawasan ini jadi area piknik kekinian, terutama di kalangan anak muda.

Menariknya, sebelum dikenal sebagai Hutan Kota GBK, dulunya tempat tersebut adalah area lapangan golf Driving Range.

Namun kini, area seluas 4 hektare itu telah ‘disulap’ menjadi ruang terbuka hijau untuk masyarakat.

Nah, di sana, kamu bisa menggelar tikar dan bersantai dengan keluarga ataupun teman.

Lalu, menjelang waktu berbuka, kamu pun bisa berkunjung ke salah satu coffee shop yang masih terletak di area GBK.

FYI, Hutan Kota GBK sendiri bisa diakses dari berbagai pintu masuk. Bagi pengunjung yang datang tanpa kendaraan pribadi, mau tak mau harus berjalan kaki terutama dari pintu masuk GBK.

Kalau ingin yang lebih dekat ke Hutan Kota GBK, kamu bisa mencoba pintu masuk dari FX Sudirman atau paling tidak pintu masuk di area sebrang Pacific Place.

Alamat: Komplek Gelora Bung Karno, Tanah Abang, Jakarta

4. Taman Suropati

Selain ke Hutan Kota GBK, kamu bisa lho berkunjung ke Taman Suropati. Tempat ngabuburit gratis di Jakarta ini menyuguhkan pemandangan yang asri.

Di sana, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru yang pastinya akan membuat kamu lupa kalau sedang berpuasa.

Mulai dari memberi makan burung merpati, berswafoto, menghirup udara segar sembari membaca buku, hingga berolahraga.

Kamu juga tak perlu repot membawa bekal takjil, karena biasanya menjelang Maghrib, di sekitar kawasan Taman Suropati sudah banyak pedagang yang menjajakan jualannya.

Alamat: Jalan Taman Suropati Nomor 5, Menteng, Jakarta Pusat

5. Masjid Istiqlal

Mau ke tempat ngabuburit gratis di Jakarta bertemakan keagamaan? Tentu Masjid Istiqlal alternatifnya. Di sana, kamu bisa melakukan aktivitas religi menunggu waktu berbuka puasa.

Namun, yang perlu kamu tahu, untuk Ramadhan 2021 ini, pihak pengelola Masjid Istiqlal tidak menggelar buka puasa bersama, guna mencegah kerumunan di masa pandemi Covid-19.

Jadi, sekiranya menjelang waktu Maghrib, kamu mesti mencari takjil atau pergi ke restoran terdekat untuk berbuka puasa ya.

Alamat: Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Jakarta Pusat

6. Taman Ayodya

Tempat ngabuburit gratis di Jakarta lainnya yang dapat kamu kunjungi di momen Ramadhan ini adalah Taman Ayodya, yang dulunya disebut pula Taman Barito.

Di taman ini, terdapat sebuah danau dengan luas kurang lebih 1.500 meter persegi. Nah, saat sore hari, kamu bisa menghabiskan waktu untuk bersantai ataupun berolahraga.

Bukan cuma itu saja, di sana pun kamu dapat mengerjakan tugas atau sekedar membaca buku secara online, karena fasilitas internetnya yang cukup kencang.

Alamat: Jalan Lamandau III, Kramat Pela, Jakarta Selatan

7. Galeri Indonesia Kaya

Tempat ngabuburit gratis di Jakarta ini cocok banget untuk didatangi oleh kamu yang gemar mempelajari tradisi budaya Indonesia.

Bertempat di salah satu mall ternama ibu kota, Galeri Indonesia Kaya merupakan ruang edutainment persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation.

Di sana, kamu dapat mempelajari budaya Indonesia yang dikemas dalam konsep modern, dan pastinya gratis untuk semua kalangan.

Fasilitas yang disuguhkan berupa auditorium berkapasitas 150 untuk pengunjung yang tertarik menonton seni panggung, musik, sampai workshop bertema budaya.

Alamat: Grand Indonesia, West Mall Lantai 8, Jalan M.H. Thamrin Nomor 1, Jakarta

8. Setu Babakan

Siapa yang penasaran akan tempat ngabuburit gratis di Jakarta ini? Nah, Setu Babakan atau disebut Danau Babakan, sebenarnya adalah kawasan wisata di mana terdapat perkambungan budaya Betawi.

Kamu bakal disuguhkan banyak wisata seru yang bisa dicoba. Mulai dari wisata budaya, wisata agro, sampai wisata air.

Untuk wisata budaya, pengunjung biasanya akan disuguhkan pagelaran seni musik, tari dan teater tradisonal. Atraksi wisata dan prosesi budaya seperti ngederes atau sunatan juga bisa dilihat secara langsung.

Sedangkan, pada wisata agro, pengunjung dapat melihat lokasi perkebunan yang menariknya tidak berada di areal khusus, melainkan di halaman rumah penduduk dalam wilayah perkampungan tersebut.

Lalu, untuk wisata air, pengunjung bisa menikmati beragam aktivitas seru, seperti sepeda air, olahraga kano, menaiki perahu naga, serta memancing.

Alamat: Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan

9. Taman Cattleya

Puas berkunjung ke Setu Babakan, esok harinya kamu bisa kok kembali ke tempat ngabuburit gratis di Jakarta berkonsep taman nan asri. Ya, kamu dapat berkunjung ke Taman Cattleya.

Terdapat banyak sekali pepohonan besar di Taman Cattleya, sehingga pantas saja jika taman tersebut merupakan salah satu taman paling rindang di ibu kota.

Bagi warga lokal, taman ini paling cocok dikunjungi saat weekend sebagai pelepas rasa penat dari lelahnya bekerja.

Di taman ini, pengunjung biasanya melakukan aktivitas-aktivitas seru, seperti memancing, olahraga, sampai hanya sekedar duduk-duduk dan berswafoto.

Alamat: Jalan Letjen S. Parman Nomor 99, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat

10. Tribeca Park

Terakhir, tempat ngabuburit gratis di Jakarta yang bisa kamu kunjungi terutama saat weekend adalah Tribeca Park.

Taman tersebut berada di kawasan pusat perbelanjaan, yakni Mall Central Park. Memang sih, aktivitas yang bisa kamu lakukan di Tribeca Park cukup minim, ya paling hanya duduk bersantai atau berswafoto saja.

Namun setidaknya, setelah merasa penat, kamu bisa langsung masuk ke dalam Mall Central Park, untuk sekedar melihat-lihat, berbelanja, atau bahkan buka puasa.

(Baca Juga: 6 Kartu Kredit Terbaik untuk Promo Dining Restoran)

Nah, itu dia beberapa tempat ngabuburit gratis di Jakarta yang sudah bisa kamu kunjungi selama bulan Ramadhan ini.

Selain ke tempat-tempat tersebut, kamu yang mungkin ingin menghabiskan waktu dengan mendatangi restoran, baiknya sih cek dulu beragam promo menarik, khususnya promo kartu kredit.

Promo kartu kredit untuk dining restoran cukup menggiurkan lho, apalagi jika penawaran yang diberikan berupa potongan harga atau cashback.

Kalau belum punya kartu kredit, bisa kok terlebih dulu mengajukannya di CekAja.com. Tak hanya mengajukan, di CekAja juga kamu dapat mencoba layanan perbandingan kartu kredit.

Semua aktivitas yang ingin kamu coba, entah mengajukan atau membandingkan kartu kredit, bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja lewat CekAja.com.

Yuk, buruan cek produknya dan ajukan langsung di CekAja untuk mendapat beragam promo menarik setiap bulannya.

Advertisement