7 Tips Agar Video Masuk FYP TikTok dan Viral! Yuk Langsung Coba!

6 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari pada

Para penggemar aplikasi TikTok, pasti penasaran bukan, bagaimana tips agar video masuk fyp TikTok, dan jadi viral? Yuk, kita mengenal lebih dalam terkait fyp beserta tips mudahnya, berikut ini!

TikTok, Aplikasi yang Digandrungi Semua Kalangan

Tidak hanya Instagram dan Facebook, kini TikTok juga ikut menjadi aplikasi, yang banyak digandrungi banyak kalangan, mulai dari yang muda hingga tua.

Aplikasi TikTok sendiri merupakan aplikasi yang menyediakan media video, sebagai hiburan di dalamnya.

Dengan TikTok, para pengguna bisa membuat video-video kreatif, dengan berbagai tema.

Bahkan, untuk pengguna TikTok yang tidak aktif membuat video, juga bisa terhibur dengan berbagai video lucu, kreatif, dan bikin ketawa-ketawa sendiri.

Bahkan, tanpa kamu mencari video yang viral dan views tinggi, kamu bisa menikmati video-video yang berhasil masuk fyp atau “for you page“.

Maka tak heran, jika banyak pengguna TikTok ingin tahu, bagaimana tips agar video masuk fyp TikTok.

Apa Itu For You Page (FYP)?

Sebelum mengetahui tips agar video masuk fyp TikTok, yuk ketahui dulu pengertian istilah fyp, yang populer di TikTok ini?

FYP atau For You Page adalah halaman rekomendasi, pada aplikasi TikTok yang akan muncul pertama kali, setiap pengguna membuka aplikasi TikTok.

(Baca Juga: Kumpulan Lagu TikTok Paling Hits 2020, Bikin Kamu Auto Joget!)

Tidak hanya satu video yang direkomendasikan, untuk masuk halaman fyp. Namun, akan ada banyak sekali video yang menjadi rekomendasi untuk ditonton.

Mengapa jika video masuk fyp, berkemungkinan viral? Hal tersebut dikarenakan, akan ada banyak orang yang melihat video kamu, tanpa harus mencarinya di halaman pencarian.

Sehingga, di halaman fyp ini lah, seseoran bisa terbantu untuk menjadi viral. Jika salah satu video dari akun TikTok seseorang, sudah pernah masuk fyp, maka kemungkinan besar, video selanjutnya bisa kembali masuk fyp.

Maka tak heran, mengapa banyak pengguna, yang ingin videonya bisa ingin masuk halaman fyp, di TikTok.

Bukan video biasa, yang berhasil masuk halaman fyp. Karena, halaman fyp hanya menampilkan video-video berdasarkan kepopuleran.

Sehingga, video dengan konten apa saja, bisa muncul di fyp. Mulai dari video lipsing, dance, challenge, video masak, hingga curhat, jadi tidak selalu video yang menjadi minat kamu saja.

Faktor-faktor Agar Video Bisa Masuk FYP

Tidak mudah agar video bisa masuk fyp TikTok, karena semuanya harus dibuat dengan niat dan matang. Bahkan, dilansir idntimes.com dari Later, TikTok sendiri merilis faktor-faktor, yang bisa menentukan video bisa masuk fyp.

Adapun faktor-faktor, yang bisa membuat video muncul di fyp setiap pengguna, di antaranya adalah:

  • Interaksi pengguna: video tersebut sesuai dengan apa yang kamu sukai, yang kamu komentari, akun yang kamu follow, dan konten yang kamu buat;
  • Informasi video: meliputi caption, audio yang digunakan, dan hashtag;
  • Setelan akun: meliputi preferensi bahasa, negaramu, dan tipe perangkat yang kamu pakai.

Jangan khawatir, jika kamu ingin videomu masuk fyp, maka kamu perlu tahu tips agar video masuk fyp TikTok, berikut ini.

Tips Agar Video Masuk FYP TikTok

1. Memilih konten yang bisa meningkatkan engagement

Tips agar video masuk fyp TikTok yang pertama adalah dengan memilih konten yang bisa meningkatkan engagement.

Di sini, kamu harus mengeluarkan segala ide dan kreativitasmu, dalam memilih konten yang tepat dan membuatnya bisa diterima oleh banyak orang.

Pastikan ide kontenmu unik, berbeda dari yang lain, dan memiliki ciri khas. selain itu, perhatikan juga pengambilan gambar atau angle, serta penerangan.

Upload video-mu ke TikTok dengan resolusi dan kualitas tinggi. Kamu bisa mengambil gambar menggunakan kamera smartphone, hingga mirrorless sekalipun.

2. Mengikuti tren dan challenge

Tidak hanya membuat dari ide yang kamu miliki, tips agar video masuk fyp TikTok, juga bisa dilakukan dengan cara mengikuti tren atau challenge, yang banyak diikuti orang.

Namun, kamu perlu membuat tren tersebut dengan ciri khas kamu sendiri. Jadi, jangan terlalu menirukan gaya orang lain.

Misalnya, saat ini sedang tren dance challenge Kopi Dangdut, karena tren tersebut berada di list teratas pada halaman pencarian. Kamu bisa membuat video challenge tersebut, dengan hal yang unik dan berbeda.

Seperti mengajak ibu bapak, atau memilih lokasi dance yang tidak biasa, seperti di dapur, dan hal unik lainnya.

Untuk mencari tren atau challenge lain, sebagai rekomendasi, kamu bisa cari di halaman pencarian.

3. Perhatikan pembuatan caption

Sama seperti media sosial lainnya, caption juga penting di aplikasi video yang satu ini. Maka tak heran, jika membuat caption menjadi tips agar video masuk fyp TikTok.

Akan lebih baik, jika kamu membuat caption yang menarik dan diusahakan isi caption benar-benar mewakili isi video TikTok, yang kamu upload.

Agar lebih menarik perhatian pengguna lain, kamu bisa membuat caption, dalam bentuk pertanyaan.

Pasalnya, dengan banyaknya interaksi, karena pengguna lain ikut berkomentar, maka videomu berkemungkinan bisa muncul di halaman fyp.

4. Perhatikan pemilihan hastag

Tidak hanya caption, hastag juga menjadi bagian penting digunakan, sebelum kamu upload video TikTok. Bahkan, pengaruh hastag sangat tinggi, dalam tips agar video masuk fyp TikTok.

Jangan asal pilih hastag, pastikan kamu menggunakan hashtag yang sedang trending. Namun, tidak hanya trending, tapi juga harus relevan dengan video kamu.

Selain itu, hashtag juga bisa membantu pengguna TikTok lain, untuk memudahkan pencarian.

Untuk hastag wajib setiap video (selain hastag yang trending), kamu bisa gunakan hastag #fyp, # foryou, atau #foryoupage. Karena hastag-hastag tersebut, dipercaya mampu tingkatkan kepopuleran video kamu.

5. Menggunakan lagu, yang viral atau populer di TikTok

Tips agar video masuk fyp TikTok selanjutnya adalah dengan menggunakan lagu, yang viral atau populer di TikTok.

Seperti yang diketahui, bahwa lagu atau musik sangat penting dalam sebuah video. Jadi, jika video tanpa musik, mungkin akan terlihat flat.

Namun, kamu tidak perlu susah payah mencari lagu dari luar aplikasi, karena TikTok juga menyediakan banyak pilihan lagu.

Bahkan, TikTok menyediakan banyak pilihan lagu, agar pengguna tidak terkena copyright, ketika menggunakannya.

Nah, agar videomu bisa masuk fyp, maka usahakan cari lagu yang sedang viral atau trending. Di situlah, TikTok akan membaca kontenmu, untuk menawarkan ke fyp pengguna lain, yang selera musiknya sama, dengan kamu.

6. Perhatikan waktu upload video

Tips agar video masuk fyp TikTok berikutnya adalah memperhatikan waktu upload video. Seperti yang diketahui, bahwa setiap media sosial memilih waktu terbaiknya sendiri-sendiri.

Pembagian waktu-waktu ini, dilihat dari seberapa banyak orang sedang menggunakan aplikasi tersebut. Nah, di situ kamu bisa memanfaatkan waktu, agar videomu bisa dilihat oleh banyak orang.

Berikut rata-rata waktu terbaik upload video di aplikasi TikTok. Jam 12.00 – 13.00 siang, jam 16.00 sore, dan jam 19.00 – 23.00 malam (prime time).

7. Perbanyak interaksi dengan pengguna lain

Tips agar video TikTok masuk fyp yang terakhir adalah, dengan memperbanyak interaksi, dengan pengguna lain.

Jika videomu tidak cukup banyak yang memberikan like atau komen, mungkin bisa dimulai dari kamu sendiri.

Cobalah untuk memberikan like, hingga komentar di video pengguna lain. Meski hanya sebuah emoticon, namun hal tersebut bisa mempengaruhi engagement.

Sesekali, kamu ajak ngobrol, hingga lawan bicaramu membalas komentarmu. Sehingga, ia pun jadi penasaran dengan konten milikmu, dan ikut menyuarakan pendapatnya di kolom komentar milikmu.

Jadi, bisa saling menguntungkan bukan? Bagaimana? Sudah siap untuk membuat video menarik, berhasil masuk fyp, dan viral?

(Baca Juga: Aplikasi TikTok Makin Hits! Gini Cara Bikin Videonya)

Nah, itu dia beberapa tips agar video masuk fyp TikTok. Agar TikTok-an lancar, pastikan jaringan dan kuota kamu memadai.

Karena, pembuatan video TikTok, harus menggunakan jaringan yang maksimal, agar hasilnya sesuai harapan.

Belum lagi, kamu harus mengedit filternya, sound effect, text yang ingin disematkan, dan masih banyak lagi. Karena hal tersebut memerlukan tenaga ekstra.

Kamu bisa bayangkan, ketika sedang mengedit, sinyal putus-putus, hingga kuota habis. Pastinya, bikin bad mood!

Maka dari itu, siapkan kuota andalan kamu, sebelum membuat video TikTok! Tidak perlu cari counter pulsa, kini kamu bisa dengan mudah isi pulsa dan kuota, di e-commerce langgananmu.

Agar lebih praktis lagi dan hemat, kamu bisa beli kuota menggunakan kartu kredit loh. Dengan kartu kredit, kamu bisa berkesempatan mendapatkan berbagai promo menarik.

Mulai dari diskon, cashback, rewards, bahkan hingga cicilan nol persen. Kuota kamu bisa sampai dengan cepat, dan kamu bisa lanjut bikin video TikTok.

Bagaimana Kalau Belum Punya Kartu Kredit?

Jangan khawatir, karena kamu bisa mengajukan kartu kredit, kapan saja, di mana saja, melalui CekAja.com, secara online!

Selain itu, di CekAja.com, kamu juga bisa mendapatkan produk kartu kredit, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan, secara online.

Tidak hanya satu, tapi ada banyak pilihan kartu kredit yang disediakan CekAja.com, dari berbagai bank ternama di Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com, dan beli kuota internet kamu sekarang, agar editing video TikTok-mu lancar!