7 Tips Ajukan Kartu Kredit untuk Mahasiswa Agar Disetujui Bank

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Kartu kredit kini ditubuhkan oleh siapa saja, termasuk mahasiswa. Tips ajukan kartu kredit untuk mahasiswa perlu diketahui agar pengajuan bisa langsung disetujui oleh pihak bank. Simak informasi lengkapnya berikut ini!

Di zaman sekarang, memiliki kartu kredit tidak lagi dipandang dengan pandangan negative karena dianggap menambah utang. Hal ini terbilang lumrah, sebab manfaatnya dibutuhkan orang banyak.

Mahasiswa yang umumnya hidup merantau jauh dari orang tua tentu memiliki sederet kebutuhan. Dengan memiliki kartu kredit, segala kebutuhan itu lebih mudah dicukupi.

Saat ini, sudah banyak produk kartu kredit cicilan ringan dengan bunga yang terjangkau bahkan tanpa bunga sama sekali (bunga 0 persen). Serta bonus gratis iuran kartu di tahun pertama.

Sehingga nasabah kartu kredit lebih diuntungkan, karena hanya perlu membayar iuran tahunan saja.

Maka dari itu,tidak ada salahnya memiliki kartu kredit, asalkan kamu memilih produk yang tepat serta menggunakannya secara bijak.

Mahasiswa yang belum memiliki pendapatan tetap juga bisa lho mengajukan kepemilikan kartu kredit.

Hanya saja, pastikan kamu mengetahui tips ajukan kartu kredit untuk mahasiswa yang tepat, agar pengajuan bisa langsung disetujui oleh pihak bank.

Manfaat Kartu Kredit untuk Mahasiswa

Mahasiswa dapat memanfaatkan berbagai layanan kartu kredit untuk memudahkan transaksi. Berikut beberapa manfaat kartu kredit untuk mahasiswa:

Dapat memenuhi kebutuhan mendesak

Manfaat yang pertama yakni dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya mendesak. Terkadang, waktu pengiriman uang jajan dari orang tua mengalami keterlambatan.

Di saat ini, kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan darurat yang harus segera dibeli.

Bisa tarik tunai kapan saja

Dengan memiliki kartu kredit, mahasiswa juga bisa melakukan penarikan uang tunai kapan saja saat dibutuhkan.

Mudah berlangganan layanan khusus

Beberapa layanan khusus seperti e-commerce luar negeri, aplikasi nonton film atau musik streaming online hanya menerima pembayaran konsumen dengan kartu kredit.

Maka dari itu, memiliki kartu kredit akan memudahkanmu dalam menikmati layanan jasa ini.

Bisa beli barang idaman dengan sistem cicilan

Alih-alih menabung dalam waktu yang cukup lama, lebih baik kamu membeli barang idaman seperti gadget atau produk fashion terbaru dengan cicilan.

Cicilan ringan dari kartu kredit yang terjangkau menawarkan selisih harga produk yang tidak jauh berbeda. Sehingga kamu masih diuntungkan.

(Baca Juga: Daftar Kartu Kredit Pertama untuk Pemula Paling Direkomendasikan)

Tips Ajukan Kartu Kredit untuk Mahasiswa

Kunci utama dari penyetujuan kepemilikan kartu kredit adalah dengan membuat pihak bank yakin padamu sebagai nasabah yang akan taat membayar tagihan.

Maka dari itu, walaupun berprofesi sebagai mahasiswa, kamu juga harus memiliki citra dan profil finansial yang baik di mata pihak bank.

Mulai tertarik untuk mengajukan kepemilikan kartu kredit? Simak tips ajukan kartu kredit untuk mahasiswa berikut ini:

1. Pilih Bank yang Sama dengan Tempat Menabung

Tips ajukan kartu kredit untuk mahasiswa yang pertama adalah memilih produk kartu kredit dari bank yang sama dengan tempatmu membuat rekening tabungan.

Pihak bank akan lebih mudah mengecek transaksi di rekening tabunganmu. Sehingga profil finansial berpeluang dinilai baik oleh pihak bank.

Pastikan setiap bulannya selalu ada transaksi yang dilakukan pada kartu debitmu, namun juga tetap menyisakan saldo.

2. Ajukan Saat Ada Promo

Banyak bank yang biasanya membuat stand di mall atau berpartisipasi dalam event tertentu, sambil menawarkan pengajuan produk kartu kreditnya.

Nah, agar peluang diterimanya pengajuan lebih besar, kamu bisa memanfaatkan promo ini. Jadi, ajukan kartu kredit pada saat-saat seperti ini, ya.

Sales akan membantumu mengurus pengajuan, sehingga syarat lebih mudah dan prosesnya lebih cepat.

3. Pilih Kartu Kredit Berjaminan

Bagi calon nasabah yang belum memiliki pendapatan tetap seperti mahasiswa, jenis kartu kredit berjaminan atau secured credit card (SCC) bisa menjadi pilihan tepat.

Sebab, tips ajukan kartu kredit untuk mahasiswa ini membuat pengajuan kepemilikan SCC lebih berpeluang langsung disetujui pihak bank.

Kartu kredit berjaminan adalah kartu kredit yang kepemilikan membutuhkan jaminan uang yang nilainya setara dengan limit kartu kredit.

Jadi, misalnya jika kamu memilih produk kartu kredit dengan limit Rp3 juta, maka kamu juga harus menyetorkan uang jaminan ke pihak bank dengan nilai yang sama.

Uang jaminan ini akan tertahan selama penggunaan kartu kredit. Bila terjadi kredit macet, maka sebagian atau seluruh nilai uang itu akan menjadi hak pihak bank.

4. Jadi Pemegang Kartu Tambahan

Tips ajukan kartu kredit untuk mahasiswa yang selanjutnya adalah menjadi pemegang kartu tambahan.

Jika orang tua, kakak, atau teman terdekatmu sudah memiliki kartu kredit, kamu bisa meminta bantuannya untuk memilihmu menjadi pemegang kartu kredit tambahan.

Pemegang kartu kredit tambahan juga bisa menikmati segala fasilitas kartu kredit yang sama dengan pemegang kartu utama.

Namun, tidak sembarang orang bisa ditunjuk sebagai pemegang kartu tambahan. Hanya mereka yang memiliki riwayat kredit dan profil finansial yang bagus.

Makanya, harus orang terdekatlah yang menunjukmu sebagai pemegang kartu tambahan.

(Baca Juga: 5 Cara Membuat Kartu Kredit Tanpa Slip Gaji yang Mudah)

5. Manfaatkan Fasilitas Member Get Member

Pihak bank juga biasanya memiliki fasilitas Member Get Member (MGM), yakni layanan penerimaan saran calon nasabah kartu kredit baru dari nasabah lama.

Jika kamu memiliki anggota keluarga atau teman yang memiliki kartu kredit, kamu bisa memintanya untuk merekomendasikanmu sebagai calon nasabah baru.

Dengan begitu pihak bank akan lebih yakin untuk menerima pengajuan kartu kreditmu. Tips ajukan kartu kredit untuk mahasiswa ini layak banget dicoba.

6. Pilih Kartu Kredit Cicilan Ringan

Kemudian, tips ajukan kartu kredit untuk mahasiswa lainnya adalah dengan memilih produk yang tepat. pilihlah kartu kredit yang menawarkan cicilan ringan, bunga terjangkau, dan iuran tahunan yang murah.

Dengan begitu, segala biaya tambahan dari penggunaan kartu kredit tidak akan memberatkan. Sehingga kamu masih sanggup membayarnya.

Menjaga riwayat kredit adalah hal yang penting, agar pengajuan kepemilikan kartu kredit atau pinjaman lain di masa depan bisa kembali diterima.

7. Sisakan Saldo Tabungan

Tips ajukan kartu kredit untuk mahasiswa yang terakhir adalah menyisakan saldo mengendap di rekening tabungan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, calon nasabah yang belum memiliki pendapatan tetap seperti mahasiswa bisa meyakinkan pihak bank dengan memiliki jumlah tabungan yang meyakinkan.

Setidaknya, kamu harus memiliki tabungan dengan nilai yang sama dengan limit kartu kredit yang diinginkan.

Dengan begitu, pihak bank akan menilaimu sebagai calon nasabah yang peduli dengan pentingnya memiliki tabungan dana darurat, dan dijamin mampu membayar tagihan.

Itulah beberapa tips ajukan kartu kredit untuk mahasiswa yang bisa menjadi persiapanmu agar pengajuan diterima pihak bank.

Jika kamu masih bingung memilih produk kartu kredit yang pas dengan kebutuhan dan profil finansialmu, cek saja perbandingannya melalui sistem canggih di CekAja.com.

CekAja.com adalah perusahaan financial technology (fintech) yang bisa memberi layanan perbandingan berbagai produk finansial, serta membantu proses pengajuannya.

Kamu bisa mendapat rekomendasi kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan, kemudian mengajukannya secara online.

Petugas kami akan membantu proses pengajuan lebih lanjut, sehingga kamu tidak perlu datang langsung ke kantor cabang bank di masa pandemi ini.

Yuk, segera cek perbandingan produk kartu kredit dan ajukan hanya melalui CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah