Tips Aman Belanja Online Untuk Ramadhan Saat Pandemi

Beberapa tips aman belanja online untuk Ramadhan saat pandemi memang sangat penting, karena belanja salah satu kebutuhan, tetapi juga harus tetap aman. Mengingat virus Covid-19 belum hilang.

Advertisement

Pandemi Covid-19 masih berlangsung sampai saat ini. Keadaan yang mengharuskan masyarakat membatasi aktivitasnya ini membuahkan kebiasaan baru.

Diantaranya adalah aktivitas berbelanja. Sekarang kegiatan jual beli secara online meningkat pesat. Selain karena banyak yang hanya berdiam di rumah saja juga untuk menaati peraturan social distancing.

Dalam satu tahun masa pandemi ini memenuhi kebutuhan secara online sudah menjadi sebuah kebiasaan walaupun masih ada yang melakukannya secara langsung. Datangnya bulan Ramadhan juga berpengaruh terhadap aktivitas jual beli.

Kita sudah pasti akan belanja untuk memenuhi kebutuhan saat berpuasa nantinya. Maka dari itu belanja online untuk Ramadhan bisa saja meningkat berkali-kali lipat.

(Baca Juga: Tes Covid Pakai GeNose, ini Faktanya)

Kali ini kita akan bagikan tips aman belanja online untuk Ramadhan saat pandemi yang bisa dilakukan. Jadi jangan lewatkan informasi tentang tips aman belanja online untuk Ramadhan saat pandemi ya!

Tips Aman Belanja Online Untuk Ramadhan Saat Pandemi

Di Indonesia sudah ada banyak e-commerce yang bisa memenuhi segala kebutuhan kita sehari-hari. Ada banyak barang yang dijual disana mulai dari produk fashion, barang mewah, barang elektronik dan lainnya.

Belanja online memang menawarkan banyak kemudahan tapi bagi yang belum pernah pasti merasa was-was. Nah kali ini tips aman belanja online untuk Ramadhan saat pandemi akan kita bahas seperti dibawah ini:

1. Tentukan dulu barang yang akan dibeli

Mencatat dulu apa yang akan kita beli berlaku juga saat kita akan belanja online. Tips aman belanja online untuk Ramadhan saat pandemi yang satu ini dibuat agar selain waktunya efisien juga agar tidak membobol anggaran.

Belanja online masih tetap butuh perencanaan yang baik agar sesuai dengan anggaran. Jangan malah belanja online membuat kita boros karena tak sadar apa yang dimasukkan ke keranjang online.

Bisa-bisa tagihan melonjak saat bayar pake kartu kredit. Belanja online dibolehkan asal sesuai dengan rencana anggarannya.

2. Pilih e-commerce yang terpercaya

Dengan kemudahan belanja online juga menjadikan banyak kesempatan tertipu. Pastikan untuk membeli di e-commerce atau website atau toko online yang sudah terpercaya.

Ini agar kita tidak kecewa saat barangnya datang. Tips aman belanja online untuk Ramadhan saat pandemi dengan memilih e-commerce atau toko yang terpercaya yang juga menjamin pelayanannya serta barang-barangnya.

Pilih toko online yang ter-autorisasi seperti di Shopee, Tokopedia, Lazada atau Blibli. Setiap marketplace pasti sudah ada tanda bahwa toko itu sudah dijamin asli. 

3. Pastikan reputasi toko di marketplace

Tips aman belanja online untuk Ramadhan saat pandemi berikutnya adalah dengan memastikan reputasi toko saat belanja online di marketplace. Karena saat ini semua barang bisa dijual secara online banyak orang yang menjual barang palsu.

Nah biar tidak tertipu dengan penjual nakal kita bisa membaca review dari pembeli yang sudah pernah membeli barang di toko tersebut. Dengan review itu kita bisa menilai apakah reputasi toko itu baik atau buruk.

4. Teliti baca deskripsi barang

Sebelum membeli barang secara online kita harus teliti membaca deskripsi barang yang akan dibeli. Ini untuk mencegah adanya kesalahpahaman dari barang yang akan kita beli.

Selain deskripsinya kita juga harus cermat melihat fotonya. Tentu kita tak mau kecewa dengan barang yang dikirim ke rumah kita ternyata tidak sesuai ekspektasi kita.

Selain melakukan tips aman belanja online untuk Ramadhan saat pandemi yang seperti ini kita juga harus pastikan kita pilih tempat belanja dengan metode yang terpercaya termasuk metode pengirimannya ya!

5. Rencanakan waktu belanja

Tips aman belanja online untuk Ramadhan saat pandemi berikutnya adalah merencanakan waktu untuk berbelanja online.

Menurut sebuah studi pada saat bulan Ramadhan waktu-waktu menunggu jam berbuka sekitar pukul 16.00 – 17.00 adalah waktu yang banyak digunakan masyarakat untuk mengunjungi berbagai marketplace.

Selain itu jam 3 pagi juga menjadi waktu alternative lain untuk berbelanja online sembari menikmati sahur. Di jam-jam ini juga banyak pelaku e-commerce yang memberikan promo menarik.

Jadi jangan lupa untuk atur waktu dulu untuk berbelanja agar tidak mengganggu untuk aktivitas lainnya.

6. Bayar non-tunai saja

Tips aman belanja online untuk Ramadhan saat pandemi selanjutnya adalah memilih cara membayar non-tunai saja. Sekarang sudah banyak e-commerce yang melakukan pembayaran dengan cara non-tunai dengan bekerjasama dengan bank-bank besar.

Ada juga yang bisa memakai program e-pay sendiri jadi tidak perlu ke bank untuk transfer. 

7. Terima paket tanpa kontak

Tips aman belanja online untuk Ramadhan saat pandemi yang terakhir adalah saat menerima paket usahakan tidak ada kontak dengan kurir.

Kita bisa meminta kurir untuk meletakkan saja di pagar atau depan pintu. Ada baiknya kita berkoordinasi dulu dengan kurir.

Ini agar baik kurir maupun kita aman dari kontak yang beresiko penularan virus. Pastikan untuk semprot desinfektan dan segera cuci tangan setelah membuka paket.

Nah itu dia tips aman belanja online untuk Ramadhan saat pandemi yang bisa kita lakukan. Dengan mengikuti tips di atas kita tidak usah takut lagi untuk belanja online untuk Ramadhan tahun ini ya.

Memang ada berbagai macam cara agar penularan virus bisa terhenti dan kita terhindar dari Covid-19. Selain itu juga kita harus melakukan cek kesehatan secara rutin dan mengkonsumsi multivitamin agar sistem imun kita kuat.

(Baca Juga: Asuransi Kesehatan Terbaik dengan Premi Terjangkau)

Dan tak ada salahnya dimasa seperti sekarang ini, kita memiliki asuransi kesehatan. Karena asuransi kesehatan dapat menjadi salah satu solusi jika tiba-tiba kita terserang penyakit.

Tentu saja, selain mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik, dengan adanya asuransi kesehatan ini, kondisi finansial kita tetap aman dan tidak terganggu.

Untuk memperoleh asuransi kesehatan terbaik yang diterima oleh banyak rumah sakit, kita bisa mendaftar melalui CekAja.com. Layanan ini akan mempermudahmu memperoleh asuransi kesehatan untuk dirimu sendiri dan keluarga.

Dengan proses yang cepat, mudah dan aman, pengajuan asuransi kesehatanmu di CekAja.com juga dijamin resmi dan transparan. Karena CekAja.com sudah diawasi oleh OJK dan juga BI.

Jadi tak perlu ragu lagi, dapatkan asuransi kesehatan terbaik melalui CekAja.com.

Advertisement