6 Tips Bangun Bisnis Sop Buah Modal Rp2 Juta, Apa Saja?

Jika kamu ingin menjalankan bisnis sop buah, namun dana yang dimiliki sedikit, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu tips bangun bisnis sop buah modal Rp2 juta. Sebab, dengan modal yang tidak seberapa ini, kamu bisa menjalankan bisnis sop buah sederhana yang menjanjikan.

Seperti yang diketahui, sop buah merupakan salah satu bisnis rumahan yang bisa dibilang keberadaannya selalu dicari masyarakat.

Hal itu karena, sop buah merupakan panganan yang menyegarkan dan kaya akan nutrisi. Terlebih, sop buah juga dijual dengan harga yang terjangkau, sehingga mampu menjangkau semua kalangan.

Karena mampu menjangkau semua kalangan itulah, bisnis sop buah ini menjadi salah satu bisnis kuliner yang menjanjikan.

Dan untuk bisa membangun bisnis sop buah, ternyata kamu tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup dengan Rp2 juta, kamu sudah bisa membangun bisnis sop buah yang sederhana.

Namun tentu saja, dibutuhkan tips khusus agar bisnis sop buah bisa berjalan lancar. Jika ingin tahu apa saja tips bangun bisnis sop buah modal Rp2 juta, pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Peluang Bisnis Sop Buah

Sebelum membahas lebih jauh tentang tips bangun bisnis sop buah modal Rp2 juta, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu peluang bisnis sop buah itu sendiri.

Yang mana, dii awal pembahasan sebenarnya sudah disinggung, kalau peluang bisnis sop buah sangat menjanjikan. Hal tersebut karena, sop buah menjadi panganan yang banyak dicari masyarakat.

Terlebih saat bulan Ramadhan, permintaan sop buah terbilang sangat meningkat, karena dijadikan sebagai takjil untuk berbuka puasa.

Sop buah sendiri merupakan minuman yang terbuat dari berbagai macam buah, yang dicampur dengan susu dan es, sehingga memiliki rasa yang menyegarkan. Benar-benar sangat mudah dibuat, bukan?

Maka dari itu, tak jarang bagi mereka para pebisnis pemula, akan mengawali bisnisnya dengan berjualan sop buah.

Karena selain modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, bahan-bahan yang dibutuhkan mudah ditemukan, proses pembuatan yang sederhana, target pasar sop buah pun sangat luas, karena bisa menjangkau semua kalangan.

Oleh karena itu, tak heran jika peluang bisnis sop buah ini sangat menjanjikan. Dan apabila dijalankan dengan tekun, maka kamu bisa meraup keuntungan yang besar.

(Baca Juga: Tips Bisnis Modal Kecil)

Tips Bangun Bisnis Sop Buah Modal Rp2 Juta

Setelah mengetahui peluang bisnis sop buah, maka kini saatnya untuk kamu mengetahui sejumlah tips bangun bisnis sop buah modal Rp2 juta.

Bagi sebagian orang yang memiliki rencana besar, mungkin modal Rp2 juta rasanya tidak cukup untuk bisa menjalankan bisnis sop buah.

Sebab untuk bisa menjalankan bisnis ini, setidaknya dibutuhkan gerobak atau etalase. Selain itu, kamu pun harus membeli sejumlah peralatan seperti pisau, mangkok plastik, sendok plastik, berbagai jenis buah-buahan dan peralatan lainnya yang dibutuhkan.

Jika dana yang dimiliki untuk modal bisnis hanya Rp2 juta, apakah bisa mencukupi semua kebutuhan untuk membangun bisnis sop buah?

Eits, jangan khawatir! Dana tersebut bisa mencukupi semua kebutuhan bisnis sop buah, apabila kamu mengetahui sejumlah tipsnya.

Lantas, apa saja tips bangun bisnis sop buah modal Rp2 juta? Yuk, cari tahu bersama-sama jawabannya di pembahasan berikut ini!

1. Pilih lokasi yang strategis

Tips bangun bisnis sop buah modal Rp2 juta yang pertama, yaitu memilih lokasi yang strategis. Seperti yang diketahui, lokasi menjadi salah satu faktor penentu ramai tidaknya usaha yang kamu jalankan.

Maksudnya begini, jika lokasi tempat kamu berjualan adalah lokasi yang strategis, dalam arti lokasimu mudah dijangkau dan banyak dilalui orang, maka kemungkinan usahamu akan dilirik dan dikunjungi konsumen semakin besar.

Maka dari itu, sebelum memulai bisnis sop buah, ada baiknya kamu lakukan riset lokasi terlebih dahulu, untuk bisa menemukan lokasi terbaik dan strategis untuk berjualan, agar risiko sepi pengunjung dapat dihindari.

2. Menentukan target pasar yang tepat

Setelah memilih lokasi yang strategis, selanjutnya kamu perlu menentukan target pasar yang tepat. Memang, target pasar bisnis sop buah sangat luas, namun tetap saja kamu perlu menyesuaikannya dengan lokasi bisnis.

Seperti misalnya kamu berjualan di area yang dekat sekolah, maka bisa dibilang target pasarmu adalah anak-anak sekolah yang uang jajannya tidak besar.

Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan porsi dan harga yang sesuai dengan kantong anak-anak sekolah.

Namun apabila kamu ingin memiliki pasar yang lebih luas, maka kamu bisa berjualan di area komplek perumahan.

Di mana, target pasarmu tidak hanya anak-anak, melainkan ibu rumah tangga dan juga lansia yang ingin hidup sehat.

Dengan demikian, kamu bisa menghadirkan variasi porsi dan harga, yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan setiap konsumennya nanti.

3. Aktif melakukan promosi

Salah satu tips bangun bisnis sop buah modal Rp2 juta yang tak boleh dilewatkan, yaitu aktif melakukan promosi. Pasalnya, dengan melakukan promosi kamu bisa meraih lebih banyak pelanggan.

Kegiatan promosi ini, bisa kamu lakukan secara konvensional maupun digital. Untuk cara konvensional sendiri, kamu bisa melakukannya dengan menyebarkan pamflet, dan lain sebagainya.

Sementara untuk cara digital, bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan media sosial. Karena dengan cara ini, kamu jadi bisa memiliki pangsa pasar yang jauh lebih luas.

Selain itu, kamu pun tidak perlu mengeluarkan dana yang besar, layaknya cara konvensional yang harus cetak pamflet dan lain sebagainya.

Maka dari itu, buat kamu yang tidak memiliki banyak waktu, promosi secara digital ini bisa menjadi cara yang tepat dan efektif untuk dilakukan.

Di samping itu, kamu pun harus aktif memberikan promosi yang menarik. Sesekali adakan promo seperti buy one get one di hari tertentu, atau diskon untuk varian rasa tertentu.

Dijamin, dengan diadakannya promo tersebut, maka kamu bisa menarik banyak perhatian masyarakat.

Tetapi ingat, promo ini harus diberikan dengan syarat dan ketentuan berlaku. Sehingga, hanya orang-orang yang memenuhi syarat saja yang bisa mendapatkan promo tersebut.

4. Rajin berinovasi

Tips bangun bisnis sop buah modal Rp2 juta yang keempat, yaitu rajin berinovasi. Dalam hal ini, inovasi yang dimaksud adalah inovasi rasa.

Mungkin untuk bahan dasarnya, yaitu buah-buahan tidak bisa kamu inovasikan atau ganti dengan bahan lainnya. Karena, buah-buahan merupakan ciri khas dari sop buah itu sendiri.

Tetapi, kamu bisa berinovasi dari kuahnya. Yang mana, kamu bisa inovasikan menjadi kuah susu, atau kuah smoothies yang mengenyangkan.

Dengan begitu, kamu memiliki beragam varian rasa, yang nantinya bisa dipilih oleh konsumen sesuai keinginan dan seleranya.

5. Jaga kebersihan peralatan dan kesegaran bahan baku

Di urutan kelima ada menjaga kebersihan peralatan dan kesegaran bahan baku. Ini juga menjadi salah satu tips bangun bisnis sop buah modal Rp2 juta, yang tak boleh luput dari perhatian.

Hal itu karena, kebersihan peralatan yang digunakan, serta kesegaran bahan baku yang dipakai, merupakan faktor utama penentu kualitas bisnis kamu jalankan.

Apabila buah-buahan yang digunakan sudah tidak segar, maka rasa yang dihasilkan pun tidak begitu lezat dan segar.

Alhasil, konsumen kecewa dengan produk yang kamu jual, dan tidak akan membeli sop buah di tempatmu lagi.

Nah, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kamu perlu tahu sejak awal kalau menjaga kebersihan peralatan dan kesegaran bahan baku sangat penting.

Perhatikan aspek kebersihan dari segala sisi, mulai dari penggunaan pisau, piring bahkan cup untuk wadah sop buah.

Pastikan semuanya bersih dan rapi. Selain itu, untuk buah-buahannya sendiri, kamu juga perlu pastikan kalau buah-buahan yang dipakai masih segar, sehingga rasa sop buah yang dihasilkan nantinya lezat.

6. Memanfaatkan layanan pesan antar

Tips bangun bisnis sop buah modal Rp2 juta yang terakhir, yaitu memanfaatkan layanan pesan antar.
Jika bisnis sop buahmu sudah berkembang, dan sudah mendapat kepercayaan dari banyak konsumen, maka tidak ada salahnya jika kamu memanfaatkan layanan pesan antar, untuk memudahkan proses pemesanan sop buah.

Seperti yang diketahui, kini sudah ada layanan GoFood dan GrabFood yang bisa kamu manfaatkan. Di mana, kamu bisa mendaftarkan bisnis sop buahmu di aplikasi ini.

Jadi, ketika ada konsumen yang ingin memesan sop buah, namun tidak bisa berkunjung ke lokasi jualanmu, mereka bisa langsung memesannya melalui aplikasi tersebut.

Dengan begitu, transaksi jual beli akan semakin mudah, dan pangsa pasarmu pun akan semakin luas, jika menggunakan layanan pesan antar ini.

(Baca Juga: Ide Bisnis Menjelang Ramadhan)

Itulah sejumlah tips bangun bisnis sop buah modal Rp2 juta, yang sudah kamu ketahui informasinya secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua tips ini bisa kamu pahami dengan baik dan coba aplikasikan, jika memang berencana ingin menjalankan bisnis sop buah.

Namun, dana yang kamu miliki tentu harus ada lebih dulu, setidaknya sebesar Rp2 juta. Jika dana yang kamu miliki belum mencapai angka tersebut, maka kamu bisa mengumpulkannya terlebih dahulu, atau mengajukan pinjaman dana tunai melalui CekAja.com.

Karena di sana, kamu bisa mengajukan pinjaman dana, dengan nominal sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Setelah itu, nanti CekAja.com akan merekomendasikan layanan pinjaman dana terbaik, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu.

Apalagi, proses pengajuan pinjaman dana melalui CekAja.com pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan pinjaman dana untuk bangun bisnis sop buah sekarang juga!