9 Tips Memilih Hotel Untuk Staycation, Biar Hemat Tapi Tetap Asik

Melewati hari libur tapi tak bisa pergi liburan ke luar kota? Tentu saja staycation menjadi salah satu alternatif banyak keluarga. Berbagi tips memilih hotel untuk staycation pun wajib dilakukan agar liburan tipis tipis ini berlangsung dan berakhir dengan menyenangkan.

Advertisement

Pandemi menjadi salah satu alasan banyak aktivitas kita di luar rumah menjadi dibatasi. Pasti terasa bosan ya kalau kita hanya di rumah saja sepanjang waktu.

Kalau mau pergi liburan ke luar kota atau luar negeri juga pastinya takut. Nah solusi untuk kita yang ingin liburan tapi tak perlu takut adalah staycation.

Belakangan staycation menjadi salah satu trend di kalangan ibu ibu sosialita perkotaan. Untuk sekedar sharing moment di sosial media, atau memang untuk menikmati hari libur bersama keluarga.

Biasanya staycation bisa dilakukan di hotel yang dekat dengan rumah kita sehingga tidak butuh waktu banyak tapi bisa tetap mengasyikkan. Memilih hotel untuk staycation ini juga harus tahu tips dan triknya loh.

(Baca Juga: Staycation Hemat dengan Promo Kartu Kredit)

Tentu tak mau kan liburan singkat kita malah mengecewakan? Nah kali ini kita akan bahas tips memilih hotel untuk staycation biar hemat tapi tetap asik. Simak terus tulisan tips memilih hotel untuk staycation ini sampai akhir ya!

Tips Memilih Hotel Untuk Staycation

Menjadikan staycation sebagai pilihan liburan singkat adalah solusi yang tepat apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Dengan staycation kita bisa membuat pikiran kita lebih fresh dan beristirahat sejenak.

Yuk simak apa saja tips memilih hotel untuk staycation yang hemat tapi tetap asik.

1. Pilih Lokasi Hotel yang Strategis

Tips memilih hotel untuk staycation yang pertama adalah tentukan lokasi yang strategis. Biasanya kita akan melihat apakah ada tempat wisata dekat hotel atau paling tidak tempat-tempat berburu kuliner yang enak.

Nah kalau kita mau staycation sambil berburu kuliner maka cari hotel yang dekat dengan tempat kulinernya. Kalau kita ingin yang sedikit sepi bisa pilih yang jauh dari pusat keramaian.

Pilih tempat yang benar-benar terasa menyenangkan.

2. Cek Fasilitas Hotel

Tips memilih hotel untuk staycation kedua adalah dengan mengecek fasilitas apa saja yang disediakan oleh hotel tersebut. Misalnya saja kolam renang, layanan spa, atau pusat olahraga.

Untuk saat ini yang paling penting tentu saja layanan internetnya. Kalau kita memutuskan untuk benar-benar stay di hotel saja, fasilitas hotel yang lengkap bisa menjadi pilihan. 

3. Lakukan Review Hotel

Tips memilih hotel untuk staycation selanjutnya adalah melakukan review hotel. Karena terkadang apa yang ditampakkan di foto tidak sebagus aslinya.

Kita bisa cek review hotel di kolom ulasan pada website hotelnya untuk bisa mendapatkan pertimbangan dari tamu-tamu yang pernah datang ke hotel itu.

Apakah hotelnya benar-benar bagus atau ada yang kurang dari pelayanannya. Kalau review hotel dianggap cukup meyakinkan jangan ragu untuk pesan segera.

4. Alokasikan Budget yang Sesuai

Saat ini yang paling penting dari staycation adalah berapa budget yang kita miliki untuk staycation ini. Tips memilih hotel untuk staycation selalu berhubungan dengan alokasi budget yang kita miliki.

Pastikan apakah kita akan mengeluarkan biaya mahal untuk menikmati staycation di hotel mewah atau lebih baik mencari promo menarik agar bisa dapatkan hotel bagus tapi dengan harga yang pas dengan budget kita.

Kalau sudah menentukan bagaimana budget untuk hotel kita harus pesan hotelnya jauh-jauh hari karena pada akhir pekan biasanya hotel sudah terlanjur penuh.

5. Cari Promo Biar Hemat

Tips memilih hotel untuk staycation biar hemat adalah dengan mencari promo yang menarik. Biasanya kita bisa menemukan promo di situs hotelnya sendiri atau di situs penyedia jasa.

Promonya bisa seperti diskon untuk pemesanan di hari tertentu, pesan pakai kartu kredit tertentu, atau diskon cashback dengan pembayaran kartu tertentu.

Jadi kita harus selalu update nih promo apa saja yang sedang berlangsung.

6. Evaluasi Kelebihan dan Kekurangan Hotel

Dari sekian banyak penawaran hotel pasti membuat kita bingung akan memilih staycation dimana. Nah untuk itu lakukan evaluasi apa saja kelebihan dan kekurangan hotel-hotel itu.

Pilih yang mana yang cocok dengan kita. Jangan lupa juga dengan anggota keluarga lain yang akan kita ajak staycation. Membicarakan berbagai kelebihan dan kekurangan hotel yang akan dipilih dengan keluarga juga penting.

Jangan sampai salah satu anggota keluarga malah kecewa dengan pilihan kita.

7. Cek Apakah Dapat Sarapan

Tips memilih hotel untuk staycation selanjutnya adalah cek apakah di hotel itu menyediakan sarapan di pagi hari. Karena biasanya kalau hotel menyediakan sarapan tentu kita tak perlu repot-repot mencari sarapannya.

Terkadang hotel juga menyajikan sarapan dengan menu yang lezat loh. Tapi kalau mau hemat bisa pesan hotel tanpa sarapan karena biasanya harganya juga berbeda.

8. Pertimbangkan Pesan Online via Aplikasi

Tips memilih hotel untuk staycation selanjutnya adalah pertimbangkan untuk memesan hotel secara online. Di jaman sekarang bahkan pesan hotel saja bisa saat kita sedang bersantai di rumah.

Biasanya pemesanan hotel yang dilakukan secara online akan lebih menghemat waktu juga. 

9. Bawa Perlengkapan Secukupnya

Staycation adalah liburan singkat jadi jangan sampai kita membawa barang-barang yang tidak penting. Bawa perlengkapan secukupnya saja karena kita hanya 1-2 malam saja untuk staycation di hotel.

Kalau hotelnya lengkap tentu kita tak perlu bawa yang macam-macam kan? 

Nah itu dia tips memilih hotel untuk staycation biar hemat tapi tetap asyik. Dengan staycation di hotel kita bisa merasakan suasana yang berbeda dari biasanya apalagi kalau dilakukan bersama orang-orang tersayang.

(Baca Juga: Cara Mengajukan Pembuatan Kartu Kredit Standard Chartered)

Memiliki kartu kredit bisa memberikan kita kesempatan untuk menikmati promo beragam merchant setiap bulannya. Salah satunya kartu Standard Chartered yang memberi diskon 50% untuk staycation di hotel domestik.

Bagi yang belum memiliki kartu kredit, dan berniat untuk membuatnya, bisa langsung mengajukan pembuatan kartu kredit di CekAja.com. Fasilitas yang memudahkan kita untuk apply kartu kredit tanpa repot pergi ke bank.

Cukup perhatikan persyaratannya dan penuhi, jika sudah lengkap bisa langsung mengisi form pengajuan pembuatan kartu kredit. Proses yang cepat, mudah, dan pastinya aman.

CekAja.com bekerja sama secara resmi dan diawasi oleh OJK dan juga BI, jadi tak perlu ragu lagi ya. Yuk, ajukan kartu kredit pilihanmu dan nikmati beragam promo menarik.

Advertisement