6 Tips Menabung Ala Milenial, Bisa Kamu Coba!

Menabung menjadi hal yang penting untuk dilakukan sejak dini, untuk memulainya kamu bisa mengikuti tips menabung ala milenial berikut ini. Yuk simak apa saja tipsnya!

6 Tips Menabung Ala Milenial, Bisa Kamu Coba!

Menabung menjadi hal yang penting untuk mempersiapkan finansial di masa depan. Terlebih dengan adanya tabungan, kamu tidak perlu bingung jika terjadi hal urgent yang membutuhkan biaya.

Saat ini, mungkin sebagian milenial sudah mulai menabung untuk masa depannya. tetapi, untuk yang belum, belum terlambat jika ingin mulai menabung dari sekarang.

Salah satu hal yang penting untuk dilakukan saat menabung adalah disiplin. Kamu perlu menabung dengan rutin agar hasil tabungan sesuai dengan harapan.

Selain itu, terdapat beberpa tips agar kamu makin baik dalam menabung, seperti pada bahasan berikut ini!

6 Tips Menabung Ala Milenial

Menabung memang bukanlah hal yang sulit, tetapi seringkali orang lalai dalam menjalankannya. Sehingga, proses menabung terasa berat dan akhirnya gagal.

Nah, untuk kamu yang ingin lancar menabung, berikut ini tips menabung ala milenial yang bisa kamu ikuti.

1. Menyisihkan Sebagian Pendapatan

Menyisihkan sebagian pendapatan menjadi tips menabung ala milenial yang pertama yang bisa dilakukan.

Perlu kamu tahu, untuk melakukan tips ini, kamu perlu memiliki ketekunan dan konsisten dalam menabung setiap bulannya.

Kamu bebas menentukan besaran uang yang akan ditabung setiap bulannya. Tetapi, agar lebih mudah dalam mengatur uang tersebut, kamu juga bisa menerapkan sistem keuangan 50, 30, 20.

Maksud dari sistem tersebut adalah 50% pendapatan untuk keperluan sehari-hari, 30% untuk memenuhi kebutuhan, dan 20% untuk menabung atau investasi.

Jika dilihat, 20% memang bukanlah angka yang besar. Untuk perhitungannya, misal, katakan penghasilan bulanan kamu Rp3 juta, maka 20% dari penghasilan kamu yang perlu disisihkan untuk ditabung ialah Rp600 ribu

Meski jumlahnya kecil, tetapi jika dilakukan dengan rutin maka lama kelamaan akan semakin besar jumlah uangmu di tabungan.

2. Membuka Tabungan Khusus

Tips menabung ala milenial selanjutnya adalah dengan membuka tabungan khusus. Untuk tips berikut ini, kamu bisa membuat rekening tabungan khusus yang terpisah dari rekening utama.

Hal tersebut dilakukan, dengan tujuan agar uang tabungan tidak tercampur dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari.

Sebab, jika tercampur, bisa terjadi kemungkinan kamu memakai uang tabungan secara tidak sadar. Sehingga, tiba-tiba uang tabungan bisa habis tidak tersisa.

Untuk jenis rekening tabungan, saat ini sudah banyak perbankan yang mengeluarkan berbagai jenis produk tabungan.

Salah satunya adalah Bank Danamon. Di sana terdapat berbagai jenis produk tabungan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu.

3. Membuat List Pendapatan dan Pengeluaran

Agar lebih mudah dalam menabung, kamu bisa membuat list pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya.

Dengan membuat list pendapatan dan pengeluaran tersebut, kamu dapat lebih mudah dalam mengatur keuangan setiap bulannya.

Dari list tersebut juga, kamu bisa memberitahu kemana saja perginya uangmu dalam sebulan. Sehingga, kamu bisa membatasi pengeluaran yang tidak penting.

4. Batasi Pemakaian Kartu Kredit

Saat ini, sudah banyak orang yang menggunakan kartu kredit. Memberikan banyak kemudahan dan memanjakan nasabah, menyebabkan kartu kredit tersebut banyak diminati.

Meski memberikan banyak manfaat dan kemudahan, sebagai pemegang kartu kredit kamu harus bisa membatasi pemakaiannya,

Sebab, jika digunakan secara berlebihan, tagihan yang nantinya akan kamu bayar juga akan menjadi tinggi. Hal tersebut, tentu bisa mengganggu kondisi keuanganmu.

Oleh sebab itu, gunakanlah kartu kredit dengan bijak. Pakailah kartu kredit hanya untuk hal hal yang penting saja.

(Baca Juga: 7 Metode Menabung Unik)

5. Jangan Termakan Gengsi

Agar bisa lancar dalam menabung, tips selanjutnya adalah dengan tidak mengedepankan gengsi. Kamu bisa menyesuaikan gaya hidup dengan tidak berlebihan.

Sering mengikuti tren menjadi salah satu kelemahan generasi milenial. Padahal, jika diingat kembali, barang yang trend saat itu, suatu saat bisa menjadi barang biasa saja.

Jadi, dibandingkan mengikuti tren, lebih baik gunakan uangmu untuk membeli kebutuhan yang lebih penting.

Dengan begitu, keuangan kamu akan lebih terjaga, dan proses menabung akan berjalan sesuai rencana.

6. Mulai Berinvestasi

Tips menabung ala milenial terakhir adalah dengan investasi. Mungkin sebagian besar milenial sudah mulai menabung, tetapi masih jarang rasanya untuk memulai investasi.

Padahal, investasi memberikan banyak manfaat dan keuntungan di kemudian hari. Jumlah uang yang kamu miliki saat ini, suatu saat bisa bertambah jika diinvestasikan. 

Saat ini terdapat berbagai jenis investasi yang bisa kamu pilih. Mulai dari deposito, reksadana, saham, emas, hingga investasi properti. 

Kamu bisa memilih salah satu atau lebih jenis investasi tersebut yang ingin kamu jalankan. Tetapi, pastikan investasi tersebut telah kamu pahami dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

(Baca Juga: 6 Tips Mengatur Keuangan Bagi Sandwich Generation)

Menabung menggunakan tabungan Danamon, Banyak Untungnya!

Nah, itu dia beberapa tips menabung ala milenial yang bisa kamu ikuti. Tetapi, belum lengkap rasanya jika menabung tanpa membuka buku tabungan khusus untuk menabung.

Jenis rekening tabungan saat ini sudah banyak dikeluarkan oleh perusahaan perbankan. Salah satu bank yang telah menyediakan tabungan tersebut ialah Bank Danamon.

Tidak hanya satu, Bank Danamon bahkan menyediakan berbagai jenis tabungan hingga 8 jenis. Tujuan tabungan tersebut juga bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Beberapa jenis tabungan di Bank Danamon adalah Tabungan D-Save, Tabungan Danamon LEBIH, Tabungan FlexiMAX, Tabunganku, hingga Tabungan Primadolar.

Semua tabungan di bank danamon memberikan berbagai fasilitas yang akan memanjakan pemiliknya. Mulai dari bebas biaya admin, aplikasi mobile banking, hingga bunga kompetitif.

Untuk mendapatkan salah satu jenis tabungan tersebut, kamu bisa langsung mengajukan melalui kantor cabank Bank Danamon terdekat.

Tetapi, jika ingin lebih praktis, saat ini kamu bisa melakukan pengajuan secara online melalui situs resmi Bank Danamon, atau bisa juga melalui fintech CekAja.com.

Melalui CekAja.com, kamu bisa melakukan pengajuan tabungan Bank Danamon dengan cukup mudah. Selain itu, proses pengajuannya juga cukup cepat. Sehingga, kamu bisa segera memiliki tabungan tersebut.

CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi sudah bisa dipastikan layanannya aman untuk digunakan.

Nah, tunggu apalagi? Yuk segera buka tabungan di Bank Danamon melalui CekAja.com!