Tips Mengembangkan Usaha Desain Grafis Yang Kamu Jalani

Kamu punya skill desain grafis dan tidak tahu bagaimana cara mengembangkannya? Kalau begitu yuk simak beberapa tips yang akan saya bagikan ini. Karena usaha desain grafis adalah salah satu usaha yang bisa menghasilkan keuntungan banyak selama kamu tahu caranya. Usaha graphic design sendiri bisa dijadikan menjadi sebuah pekerjaan paruh waktu atau penuh waktu.

Tips Mengembangkan Usaha Desain Grafis Yang Kamu Jalani

Dengan menggeluti dunia desain kamu sebenarnya punya potensi untuk menjadi bos bagi diri kamu sendiri. Ada berbagai cara atau tips yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan usaha ini. Apalagi grafis desain adalah salah satu pekerjaan yang sangat dibutuhkan terutama di era digital seperti jaman sekarang. Kenapa? Karena semua hal yang berhubungan dengan gambar seperti poster, logo, spanduk dan lain sebagainya itu dibuat oleh seorang desainer. 

Lantas apa saja sih kiat-kiat yang bisa dilakukan untuk menghasilkan banyak yang dengan skill ini?

1. Bangun Portofolio

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebagai seorang desainer ialah kamu harus membangun portofolio kamu sendiri. Carnya dengan apa? Dengan membuat banyak desain dan mempostingnya di sosial media, salah satunya adalah instagram atau facebook. Kenapa harus di posting? Supaya orang-orang bisa tahu apa sih yang bisa kamu lakukan dengan skill desain grafis yang kamu miliki.

Sebelum membangun portofolio, kamu harus menentukan dulu kamu ingin fokus di bidang apa. Karena cabang desain grafis itu ada banyak sekali. Mulai dari mendesain logo, poster, spanduk, buat website dan lain sebagainya. Sebagai saran, silahkan bangun portofolio kategori logo. Caranya adalah kamu harus membuat banyak sekali model logo dari berbagai macam tema seperti bisnis properti, bisnis keuangan sampai bertema game.

Seperti logo esport, saran saya sih kamu harus bisa menguasai berbagai macam tema tetapi kalau tidak mampu bisa pilih salah satu tema saja seperti buat logo game, contohnya buat logo free fire dimana logo ini biasa digunakan oleh tim esport yang biasa main game ff. Dan tim semacam ini biasanya butuh gambar logo yang keren, contohnya kamu bisa lihat tim esport yang ada di indonesia seperti evos, aura ataupun rrq dan yang lainnya.

Jadi kalau ingin fokus di tema tentang game kamu bisa buat berbagai macam logo ff seperti logo ff keren 3d sampai logo ff dengan gambar yang lucu atau unik. Untuk gambar logo game ff kamu bisa cek namatin untuk menemukan beberapa inspirasi ide logo yang bisa kamu gunakan. Setelah punya portofolio apa sih yang selanjutnya harus kamu lakukan?

(Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Pinjaman KTA untuk Freelancer Termudah dan Cepat)

2. Banyak Belajar

Hal selanjutnya ialah kamu harus banyak sekali belajar karena dunia desain adalah dunia dinamis yang selalu mengalami perkembangan. Setidaknya hal yang paling perlu sekali dipelajari saat masuk ke dunia desain adalah masalah layout atau tata letak. Pemilihan font, penempatan elemen dan lain sebagainya. Karena ini adalah salah satu hal paling penting dalam membuat sebuah desain yang bagus. Termasuk membuat logo, cover hingga sebuah thumbnail di youtube atau media lainnya.

Selain itu ada juga beberapa tipe desain yang perlu kamu ketahui atau pelajari nanti kalau sudah paham kamu bisa memutuskan untuk terjun dimana. Seperi contoh, kalau kamu ingin jadi web designer nanti kamu harus belajar tentang bagaimana cara mendesain sebuah web yang bagus dan responsive atau kamu bisa jadi seorang font desainer. Tahukah kamu kalau coretan tangan kamu itu bisa terjual dengan harga yang mahal?

Tidak percaya? Berikut adalah salah satu screenshot penghasilan dari penjualan sebuah font seorang font desainer asal indonesia.

screenshot penghasilan dari penjualan sebuah font seorang font desainer asal indonesia

3. Promosi

Kalau kamu sudah merasa yakin dengan skill yang dimiliki serta sudah punya beberapa portofolio. Langkah selanjutnya dalah dengan promosi diri kamu. Caranya bagaimana? Yaitu bisa berjualan lapak di situs seperti fiverr untuk mencari calon klien. Disini kamu bisa membuat sebuah gig sesuai dengan keahlian.

berjualan lapak di situs seperti fiverr untuk mencari calon klien

Untuk gig yang bisa dibuat itu ada banyak sekali. Contohnya adalah seperti gig bua logo, atau gig buat ilustrasi NFT. Berikut adalah salah satu hasil dari jualan ilustrasi NFT di fiverr oleh salah seorang desainer indonesia.

hasil dari jualan ilustrasi NFT di fiverr oleh salah seorang desainer indonesia

Selain fiverr, cara lain adalah kamu bisa daftar di situs-situs freelance seperti 99design atau designcrowd bila lebih suka dengan kompetisi. Atau upwork kalau kamu mau mencari klien yang bisa memperkerjakan kamu sebagai salah satu karyawan di sebuah perusahaan yang ada di luar negeri. Serta masih banyak lagi cara lainnya yang bisa dilakukan.

4. Terus berusaha dan selalu memperbaiki diri

Sebuah kesukseskan tidak bisa diraih dengan mudah serta tidak bisa juga dicapai dalam satu malam. Sehingga apabila kamu merasa yang sudah kamu lakukan sudah maksimal tapi merasa tidak sesuai hasil. Silahkan intropeksi diri apa sih yang salah? Apa salah memasarkan? Apa salah menentukan harga dan lain sebagainya. Silahkan terus belajar dan perbaiki apa yang menurut kamu salah. Lalu yang terpenting adalah silahkan selalu terus berusaha hingga apa yang kamu inginkan tercapai.