Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Waspada, 5 Penyakit Berbahaya Ini Sering Menyerang Ibu Hamil

by Rafly Aditia on 23 Desember, 2016

ibu hamil - CekAja.com

Selamat hari ibu untuk para ibu di dunia! Pengorbanan seorang ibu dalam menjalani kehidupan memang tidaklah mudah, apalagi ketika ibu mengandung dan melahirkan. Kamu semua harus menghargai segala pengorbanan yang dilakukan oleh ibu tercinta.

Nah, mengingat mengandung adalah proses yang pasti dijalani oleh setiap ibu dalam hidupnya, baik untuk diketahui bahwa ada beberapa penyakit berbahaya yang mengintai selama ibu mengalami kehamilan! Berikut 5 penyakit yang sering menyerang ibu hamil:

Anemia

Penyakit pertama yang sering terjadi ketika ibu hamil adalah Anemia. Anemia merupakan kondisi dimana ibu hamil memiliki Haemoglobin di bawah 11 gram. Biasanya ini terjadi karena saat kehamilan pola makan ibu hamil tidak teratur, sering muntah, serta kurangnya asupan zat besi pada makanan yang dikonsumsi.

Gejala anemia adalah pucat, lelah, lemah, mudah letih, merasa pusing dan sakit kepala serta mengurangnya nafsu makan.

(Baca juga: 20 Tempat Wisata Keren yang Wajib Jadi Resolusi Liburanmu)

promo kejutan 25 hari - CekAja.com

Toksoplasma

Penyakit satu ini merupakan penyakit yang sangat terkenal karena sering menyerang ibu hamil. Toksoplasma adalah parasit yang hidup di hewan seperti anjing dan kuncing. Nah, ibu hamil berisiko terinfeksi parasit ini karena pada saat hamil kondisi tubuh jadi lebih sensitif dan rentan.

Beberapa gejala toksoplasma antara lain demam, pembengkakan getah bening, penglihatan terganggu, bahkan sampai kejang-kejang.

Preeklamsia

Penyakit ini juga sering disebut sebagai darah tinggi pada ibu hamil serta kelebihan protein dalam urine. Karena tekanan darah yang tinggi, maka pembuluh darah pada uterus mengalami pembengkakan sehingga perkembangan bayi di rahim menjadi terhambat.

Maka dari itu, sebaiknya seorang ibu hamil diwajibkan memeriksa kandungan secara teratur minimal 3 kali selama 9 bulan yang terbagi dalam tiga semester.

Jantung melemah

Tidak jarang ibu hamil mengalami melemahnya fungsi jantung di tengah-tengah usia kehamilan. Ketika mengalami melemahnya fungsi jantung atau biasa disebut payah jantung, ibu hamil sering merasa jantung berdebar, sulit bernafas, dada terasa berat bahkan nyeri, hingga kaki bengkak.

cekaja-daftar-kartu-kredit-belanja-online-harbolnas-CekAja.com

Penyakit payah jantung ini cukup berbahaya karena dapat menyebabkan kelahiran prematur bahkan kematian bayi saat dilahirkan.

(Baca juga: 8 Alasan Travelling Lebih Menguntungkan Dibandingkan Pacaran)

Kencing Manis

Diabetes mellitus atau penyakit kencing manis adalah kondisi di mana kadar gula dalam tubuh lebih dari batas normal. Biasanya penyakit ini suka menyerang ibu hamil di semester kedua usia kehamilan dan sembuh dengan sendirinya pasca melahirkan.

Penyebabnya bermacam-macam, tetapi utamanya adalah ketidakmampuan pankreas untuk menghasilkan insulin yang cukup dalam menjaga kadar gula darah di batas normal.

Butuh kartu kredit yang berikan diskon belanja akhir tahun bahkan cash back hingga jutaan rupiah? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami