Whatsapp Marketing: Definisi, Metode, dan Contoh Kalimat Promosi

Whatsapp Marketing Definisi Metode dan Contoh Kalimat Promosi

Aplikasi Whatsapp sering digunakan para pebisnis agar bisa mempermudah pemasaran produknya.

Hanya dengan menggunakan kalimat promosi di Whatsapp yang menarik, Anda bisa memperluas penjualan produk ke pembeli. Artikel ini akan membahas mengenai informasi lengkap Whatsapp yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan bisnis Anda.

Definisi

Whatsapp adalah aplikasi gratis yang menyediakan fasilitas pesan atau texting menggunakan koneksi internet. Selain pesan text, aplikasi ini memungkinkan pengiriman foto, video, suara serta menyediakan fitur panggilan audio maupun video. Oleh karena itu, tidak heran aplikasi ini sangat disukai oleh orang-orang karena bisa melakukan segala kebutuhan komunikasi jarak jauh hanya menggunakan jaringan internet saja yang tentunya lebih murah dibandingkan dengan biaya SMS dan telepon.

Aplikasi yang disukai masyarakat ini hadir dengan berbagai pengembangan termasuk Whatsapp Business yang disediakan bagi para pebisnis yang ingin memudahkan kegiatan pemasaran produk-produk jualannya. Whatsapp jenis ini memiliki fitur yang cukup berbeda dengan aplikasi utamanya karena ditujukan pada penggunaan yang bertujuan memudahkan orang-orang dalam melakukan penjangkauan konsumen yang praktis dan hemat waktu.

Aplikasi ini sangat berguna bagi dunia marketing karena mampu membantu anda dalam mengorganisir pesan-pesan dari satu pelanggan agar tidak bercampur dengan pesan dari pelanggan lain. Aplikasi whatsapp business ini bisa digunakan di berbagai jenis perangkat smartphone baik android maupun iOS karena sudah dirancang untuk penggunaan secara umum dan bisa diperoleh dengan mendownload dari Google play store maupun app store tanpa biaya apapun.

Aplikasi whatsapp business ini sebaiknya anda manfaatkan secara optimal agar memberikan efek positif bagi usaha anda. Selain menginstall aplikasi ini, ada baiknya anda mempelajari bagaimana cara menjangkau konsumen dengan baik dan tepat agar produk yang anda jual cepat terdengar oleh pelanggan dan tertarik membelinya.

(Baca juga: 14 Strategi Instagram Marketing untuk Tingkatkan Penjualan Pada Bisnis)

Metode Penggunaan Whatsapp untuk Marketing

Penggunaan Whatsapp untuk marketing memberikan anda kesempatan dalam menjangkau konsumen dari berbagai kalangan. Salah satu metode yang dianggap penting dan berhasil dalam melakukan hal pemasaran adalah strategi yang tepat sasaran dan cara yang efektif dalam memperkenalkan produk. Strategi yang sering digunakan oleh pebisnis yang menggunakan whatsapp marketing adalah sebagai berikut:

1. Mengumpulkan dan menyimpan kontak para pelanggan

Kontak pelanggan merupakan sebuah aset penting dalam pengembangan bisnis melalui whatsapp marketing. Sebaiknya anda berusaha mengumpulkan kontak dari sejumlah calon pelanggan dari sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram, atau secara langsung dengan menemui orang-orang sekitar anda.

Anda juga bisa mendapatkan kontak para calon pelanggan dengan menggelar pameran produk dengan cara mengisi identitas diri untuk mendapatkan promo. Setelah mendapatkan kontaknya, anda bisa melakukan follow up untuk penjualan produk atau memampukan anda untuk menawarkan produk jualan yang berbeda di kemudian hari. Selain itu, anda bisa membuat grup chat yang berisi promosi produk dengan berbagai tawaran menarik yang bisa meningkatkan minat pembeli.

Menariknya lagi, apabila anda telah memiliki banyak kontak calon pelanggan anda bisa mengirimkan pesan broadcasting yang berisi informasi mengenai produk anda yang akan menjangkau mereka secara keseluruhan. Namun pesan broadcast ini juga harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar agar tidak mengganggu kenyamanan para calon pelanggan anda.

2. Meminta calon pembeli menyimpan nomor anda

Bila anda sudah mendapatkan sejumlah kontak pelanggan, anda bisa meminta mereka untuk menyimpan nomor anda agar pesan broadcast tersebut masuk ke whatsapp calon pelanggan anda. Alasannya, karena pesan broadcasting tidak akan masuk ke pelanggan bila mereka tidak menyimpan nomor whatsapp anda. Oleh karena itu, hal ini sangat penting anda lakukan sebagai akses pesan anda akan masuk  dan sesuai dengan tujuan broadcasting.

3. Membuat merek yang khas dan menarik

Anda bisa membuat merek dan cara yang khas untuk memikat para pembeli. Hal ini bisa menjadi signature anda agar produk yang anda tawarkan semakin melekat di ingatan para konsumen. Cara ini sangat efektif untuk promosi karena mampu membuat para konsumen semakin percaya terhadap produk-produk yang anda tawarkan.

4. Memilih target pasar yang sesuai

Pastikan anda mengetahui pasar yang tepat untuk produk yang anda jual. Anda bisa melakukan seleksi kontak terlebih dahulu untuk mengetahui orang-orang yang mungkin relevan dengan produk yang anda jual. Hal ini juga berkaitan dengan pesan broadcasting yang akan anda kirim secara berkala karena bisa saja kontak anda akan diblokir oleh konsumen yang merasa tidak membutuhkannya.

5. Membalas chat pelanggan dengan cepat

Salah satu hal yang bisa meningkatkan kenyamanan para pelanggan adalah mendapatkan balasan yang cepat dari penjual. Dengan membalas chat pelanggan dengan cepat, anda bisa menunjukkan dedikasi dan integritas yang tinggi terhadap produk yang anda jual. Oleh karena itu, jangan sampai anda membuat pelanggan menunggu dalam waktu yang lama.

Contoh Kalimat Promosi

Seorang penggiat business memiliki cara masing-masing untuk memikat calon pembeli serta meningkatkan nilai jual suatu produk baik barang maupun jasa yang ditawarkan. Penggunaan Whatsapp business memberikan peran yang tidak kalah menarik untuk membantu anda menarik sejumlah pelanggan dan membantu promosi agar produk yang anda jual bisa laku dipasaran. Sebaiknya anda membuat kalimat promosi yang menarik agar calon pelanggan anda terpikat untuk membeli produk yang sedang anda tawarkan.

Diskon atau Sale

Orang-orang sering tertarik dengan potongan-potongan harga karena memiliki mindset akan lebih hemat karena mendapatkan barang yang mereka inginkan dengan harga yang lebih murah. Anda bisa melakukan perhitungan-perhitungan terlebih dahulu untuk tetap mendapatkan untung dari hasil penjualan dengan metode diskon. Sebaiknya, anda memberikan diskon saat hari-hari besar atau liburan seperti hari raya, akhir tahun, dan lain-lain dimana orang-orang memiliki banyak kesempatan untuk berbelanja.

Contoh kalimat yang bisa anda gunakan antara lain: “Diskon 10% untuk seluruh item!”, “Spesial hari raya, hemat hingga 70%!”, “Kejar diskon produk sekarang juga!” dan masih banyak lagi.

(Baca juga: Mengenal Affiliate Marketing Secara Lengkap dalam Bisnis)

Free atau gratis

Kata ini merupakan salah satu kata promosi yang disukai para calon pelanggan. Anda bisa menggabungkan produk gratisan dengan produk yang akan anda jual. Anda bisa menggunakan kata-kata ini dengan trik-trik yang sudah teruji berhasil.

Contoh kalimat promosi menggunakan kata free atau gratis adalah: “Dapatkan gratis item A seharga 50 ribu untuk pembelian 100 ribu produk B”, “Buy 1 Get 1 Free”, “Free voucher diskon untuk pembelian 150 ml toner kosmetik A!”, dan lain-lain yang disukai oleh calon pelanggan.

Limited edition

Edisi terbatas sering menjadi incaran para pembeli karena ketersediaannya yang sedikit sehingga akan mendapatkan kebanggan tersendiri apabila berhasil memilikinya. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan cara ini untuk meraih pelanggan sebanyak-banyaknya untuk berbelanja produk yang anda tawarkan.

Contoh kalimat yang bisa anda pakai adalah: “Dapatkan sabun A edisi terbatas hanya dengan 100 ribu saja!”, “Beli minimal 100 ribu produk A, anda akan mendapatkan kaos edisi terbatas!” dan lain-lain. Informasi mengenai whatsapp marketing di atas bisa anda gunakan untuk meningkatkan usaha jualan produk yang anda miliki. Disamping itu, anda harus mempertahankan konsistensi dalam penjualan produk dan peningkatan kualitas layanan agar usaha anda bisa berkembang dengan pesat.