Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Zakat Fitrah Aman? Yuk Titip ke Lembaga-lembaga Ini!

by Miftahul Khoer on 14 Mei, 2019

Membayar zakat fitrah adalah kewajiban seorang muslim di akhir Ramadan atau sebelum Idul Fitri. Mana saja tempat tepercaya untuk menampung zakat?

Ada aturan tertentu terkait besaran berapa zakat yang dibayarkan. Menurut Zakatpedia, zakat fitrah wajib dikeluarkan seorang muslim sebesar 2,5 kilogram beras atau sekitar 3,5 liter beras. Bisa juga berupa uang setara harga beras 3,5 liter yang biasa dikonsumsi.

Nantinya, zakat akan dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Ada beberapa golongan orang yang berhak menerima zakat antara lain fakir, miskin, budak, orang yang punya utang, mualaf, fisabilillah, musafir dan panitia atau pengelola zakat.

Nah, berikut beberapa tempat terpercaya yang bisa menampung zakat dari para pembayar zakat. Yuk simak.

BAZNAS

Badan Amil Zakat Nasional atau BAZNAS merupakan satu-satunya lembaga bentukan pemerintah yang khusus menghimpun, mengelola dan menyalurkan zakat, infak, sedekah di tingkat nasional. Badan ini lahir melalui Undang-Undang No 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat. So, kamu dapat menyerahkan zakat fitrah ke BAZNAS ya!

Pada tahun ini, BAZNAS menargetkan bisa mengumpulkan zakat mencapai Rp9 triliun dari seluruh Indonesia. Di setiap wilayah, BAZNAS memiliki kantor guna menjaring zakat dari masyarakat dan perusahaan.

Saat ini, selain bisa menyerahkan zakat langsung ke kantor BAZNAS di masing-masing wilayah, ada juga skema pembayaran melalui digital. Kamu tinggal buka situs resmi di http://pusat.baznas.go.id. Setelah itu, di halaman utama pilih menu Layanan → Klik Jemput Zakat → Isi formulir penjemputan → Klik Simpan.

(Baca juga: 5 Penyebab Tubuh Lemas Saat Berpuasa yang Harus Kamu Hindari)
Dompet Dhuafa

Yayasan yang dikukuhkan pemerintah sebagai Lembaga Zakat Nasional pada Oktober 2001 ini telah menjadi lembaga yang dipercaya banyak masyarakat untuk mengelola zakat. Namun, sebelumnya sejak 1993, Dompet Dhuafa telah membagikan zakat dari masyarakat kepada yang membutuhkan. Selain zakat, Dompet Dhuafa juga menerima titipan sedekah, infak, wakaf dan dana lainnya.

Untuk menitipkan zakat ke Dompet Dhuafa, caranya gampang, kamu hanya tinggal datang ke kantor terdekat atau bisa datangi lokasi-lokasi tertentu. Saat ini, Dompet Dhuafa kerap jemput bola di berbagai lokasi strategis seperti mal dan pusat keramaian lain.

Kamu juga bisa menitipkan zakat melalui situs resminya. Caranya mudah, kamu hanya tinggal buka situs https://www.dompetdhuafa.org/ lalu pilih Donasi → Isi form donasi zakat → pilih metode pembayaran → Donasi Sekarang.

Saat ini, jumlah penerima manfaat Dompet Dhuafa sejak 1993 hingga 2018 sudah mencapai 19,13 juta jiwa. Pada tahun lalu, Dompet Dhuafa berhasil menghimpun dana Rp312,50 miliar. Adapun tahun ini Dompet Dhuafa menargetkan himpunan dana zakat Rp200 miliar.

Rumah Zakat

Kamu pun dapat menitipkan zakat fitrah ke Rumah Zakat. Lembaga zakat yang mulai berdiri pada 1998 ini perlahan sudah mulai berkembang. Di tahun 2018, Rumah Zakat sedikitnya menyalurkan manfaat kepada 2,9 juta masyarakat mulai dari program kesehatan, pendidikan, ekonomi dan lingkungan.

Pada 2017, Rumah Zakat berhasil menghimpun penerimaan titipan zakat dari masyarakat mencapai Rp70 miliar atau naik Rp10 miliar dari tahun 2016. Kantor pusat Rumah Zakat saat ini berada di Bandung dan memiliki perwakilan di beberapa wilayah. Dengan demikian kamu bisa menitipkan zakat ke Rumah Zakat yang ada di wilayah kamu.

Selain itu, kamu juga bisa membayarkan melalui aplikasi Rumah Zakat yang bisa diundah di Android dan iOS. Setelah instal aplikasi, kamu masuk menu utama dan tap REKENING DONASI → lakukan transfer terlebih dahulu ke rekening yang sudah disediakan → melakukan konfirmasi donasi dengan Tap KONFIRMASI DONASI → isi identitas kamu beserta upload bukti transferan dan Tap KIRIM.

(Baca juga: 8 Masalah Kesehatan yang Sering Nongol di Bulan Puasa)
Masjid

Selain tempat-tempat di atas, penitipan zakat yang biasa dipercaya masyarakat adalah di masjid-masjid yang ada di kawasan sekitar rumah kita. Biasanya, dewan keluarga masjid (DKM) di sekitar rumah membentuk panitia zakat buat menghimpun zakat yang dititipkan masyarakat

Titipkan saja zakat fitrah ke masjid jika kamu bingung untuk memberikannya kepada siapa. Zakat yang dibayarkan bisa berupa uang atau beras sesuai ketentuan yang telah dijelaskan di atas. Intinya, di mana pun kamu membayar zakat, yang penting kamu ikhlas dan rida.

Kalau sudah mengantongi THR, ingat ya untuk bayar zakat. Dan jangan lupa, ketika membayar zakat diusahakan sekaligus dengan membayar infak dan sedekahnya ya, biar pahalamu berlipat ganda. Tahu sendiri kan, banyak sedekah di bulan Ramadan bakal digandakan pahalanya. Nah, yuk siap-siap bayarkan zakatmu!

Selain bayar zakat, alokasikan juga pendapatanmu untuk investasi. Yuk cek pilihannya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.