12 Manfaat Plank Di Pagi Hari yang Sukses Usir Pegal-pegal!

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Buat kamu yang hobi berolahraga, kamu mungkin sudah tidak asing dengan olahraga plank, tapi apakah kamu tahu manfaat plank di pagi hari? Eits, kalau belum tahu jangan khawatir! Karena kali ini, CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu, loh!

Buat kamu yang belum tahu, plank merupakan salah satu jenis olahraga, yang mengharuskan setiap orang yang melakukannya untuk menempatkan kedua tangannya (termasuk siku) ke permukaan lantai.

Setelah itu, memposisikan tubuh layaknya sedang melakukan push-up. Maka dari itu, karena posisinya yang mirip seperti push-up, orang awam banyak yang menyebutnya sebagai push-up.

Namun sebenarnya, plank berbeda dengan push-up. Bahkan, jika dilihat dari manfaatnya saja, plank memberikan manfaat yang jauh lebih banyak dibandingkan push-up, apalagi jika dilakukan di pagi hari.

Perlu diketahui, manfaat plank di pagi hari tidak hanya mampu membentuk dan memperkuat otot perut saja, tetapi juga dapat memberikan manfaat lainnya, seperti meningkatkan vitalitas tubuh.

Semua manfaat tersebut tentunya bisa didapatkan, karena untuk melakukan plank dibutuhkan usaha dan tenaga ekstra.

Jika dilihat sekilas, mungkin olahraga ini terlihat biasa aja dan mudah dilakukan. Tetapi jika sudah dilakukan, olahraga ini dapat membuat perut terasa sedang tertekan suatu benda atau kram.

Rasa sakit dan tertekan yang dirasakan tersebut, menjadi tanda bahwa otot perut sedang bereaksi.

Sehingga, sangat wajar apabila banyak pelatih olahraga yang mengatakan, kalau plank merupakan olahraga sederhana yang praktis namun fungsional.

Bahkan efektivitas olahraga ini, jauh lebih tinggi dibandingkan olahraga perut lainnya, seperti sit-up atau crunches.

Manfaat Plank Di Pagi Hari

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, manfaat plank di pagi hari sangat banyak. Tidak hanya memperkuat otot perut, tetapi juga mampu meningkatkan vitalitas tubuh serta kesehatan tulang dan sendi.

Namun selain itu, masih banyak manfaat plank di pagi hari lainnya yang perlu kamu ketahui, dan bisa kamu dapatkan, yang di antaranya yaitu:

1. Mengurangi risiko cedera tulang punggung dan tulang belakang

Manfaat plank di pagi hari yang pertama, yaitu dapat mengurangi risiko cedera tulang punggung dan tulang belakang.

Manfaat yang satu ini bisa kamu dapatkan, karena sejatinya planking membantumu membentuk otot dengan cara yang sederhana.

Terlebih, gerakan planking pun tidak memaksa pinggumu untuk bekerja lebih keras dalam membentuk otot.

Sehingga, kemungkinan terjadinya cedera pada tulang punggung dan tulang belakang pun dapat diminimalisir.

American Council on Exercise pun mengatakan, kalau melakukan planking secara rutin di pagi hari, dapat memperkuat otot dan tulang punggung secara efektif.

(Baca Juga: Olahraga yang Aman saat Pandemi)

2. Memperbaiki postur tubuh

Buat kamu yang ingin memperbaiki postur tubuh, kamu juga bisa melakukan planking di pagi hari.

Caranya, yaitu dengan memperhatikan dan memperbaiki posisi plank, agar berada pada posisi yang tepat.

Karena sejatinya, inti dari olahraga plank yaitu untuk menjaga postur tubuh dalam waktu dan posisi tertentu, serta menjaga keseimbangan dan ketahanan.

Manfaat plank di pagi hari yang satu ini pun, wajib dirasakan oleh kamu yang sering beraktivitas di depan laptop atau komputer, untuk mengurangi rasa nyeri punggung dan pegal-pegal.

3. Membuat tubuh menjadi lebih seimbang

Selain dua hal di atas, kamu juga bisa melakukan planking untuk membuat tubuh menjadi lebih seimbang.

Manfaat plank di pagi hari yang satu ini bisa didapatkan, akibat dari gerakan isometrik yang dilakukan. Karena, gerakan isometrik sendiri dapat membuat tubuh menciptakan stabilitas yang lebih.

Dengan kata lain, gerakan olahraga plank dapat meningkatkan stabilitas, serta koordinasi seluruh bagian tubuh menjadi lebih baik.

4. Membantu menambah tinggi tubuh

Siapa sih di antara kamu yang tidak ingin memiliki tubuh tinggi? Rasanya tidak ada. Nah, untuk bisa membuat tubuh menjadi lebih tinggi, kamu bisa membiasakan diri untuk planking.

Pasalnya, manfaat plank di pagi hari dapat membantu menambah tinggi tubuh secara efektif. Dengan catatan, kamu yang rutin melakukan planking masih berada pada masa pertumbuhan.

5. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Di urutan kelima ada meningkatkan fleksibilitas tubuh. Manfaat plank di pagi hari ini, sejatinya sama seperti manfaat-manfaat plank sebelumnya, karena baru bisa didapatkan apabila dilakukan secara rutin.

Perlu diketahui, beberapa gerakan dalam olahraga plank dapat membantu membuat tubuh melakukan peregangan.

Dengan begitu, buat kamu yang ingin membuat tubuh menjadi lebih fleksibel atau elastis, kamu bisa rutin melakukan plank, khususnya di pagi hari setelah bangun tidur.

6. Meredakan stres dan meningkatkan rasa bahagia

Kamu pusing dengan segudang pekerjaan yang tidak ada habisnya? Eits, hati-hati!

Rasa pusing dan stres berlebihan yang tidak bisa dikeluarkan, nyatanya dapat memicu timbulnya berbagai jenis penyakit berbahaya, loh!

Sebaiknya, untuk mencegahnya kamu bisa mulai melakukan olahraga plank di pagi hari.

Karena, pada saat melakukan plank, tubuh secara tidak langsung akan melepaskan zat endorfin di otak, yang dikenal dapat meredakan stres dan memberikan tubuh rasa bahagia.

7. Meningkatkan vitalitas tubuh

Manfaat plank di pagi hari yang ketujuh, yaitu meningkatkan vitalitas tubuh. Bagaimana tidak, pada saat melakukan planking, semua otot perut dan otot inti tubuh akan terlatih secara sempurna.

Dengan demikian, semua otot perut dan inti tubuh pun akan menjadi lebih kuat dan tidak bisa disepelekan.

Hal itu tentunya dikarenakan, setiap otot tubuh memiliki peran penting dalam pembentukan postur tubuh.

8. Membantu mengecilkan perut

Lingkar perut yang besar, merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi wanita. Biasanya, mereka akan melakukan banyak cara untuk bisa mengecilkan lingkar perut yang besar, salah satunya yaitu plank.

Hal tersebut dikarenakan, plank mampu membakar lemak perut secara efektif. Sehingga, dengan rutin melakukan plank di pagi hari, maka lemak perut akan lebih cepat terbakar dan perut rata hanya dalam hitungan minggu.

Jadi bagaimana, sudah tertarik untuk ikut merasakan manfaat plank di pagi hari yang satu ini?

9. Mengurangi rasa nyeri tubuh

Selain membantu mengecilkan perut, plank juga dapat mengurangi rasa nyeri tubuh dan pegal-pegal apabila dilakukan di pagi hari.

Manfaat plank di pagi hari yang satu ini bisa dirasakan, jika kamu melakukannya setiap pagi secara rutin.

Dengan begitu, nantinya beberapa bagian tubuh yang sering terasa nyeri, seperti leher, pundak dan punggung, akan berkurang secara perlahan.

10. Membuat aktivitas sehari-hari menjadi lebih ringan

Sebagai manusia yang setiap harinya dituntut untuk melakukan aktivitas, kamu tentu ingin memiliki stamina, semangat dan ketahanan yang lebih untuk menjalani hari-hari.

Semua hal yang kamu inginkan tersebut, bisa kamu dapatkan dengan melakukan plank di pagi hari secara rutin.

Karena, hal itu tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat saja. Tetapi juga dapat membuat tubuh menjadi lebih kuat dan berstamina, serta terhindar dari berbagai risiko penyakit.

11. Membuat otot tubuh menjadi lebih kuat

Otot tubuh yang jadi lebih kuat, merupakan manfaat plank di pagi hari yang juga bisa kamu dapatkan.

Hanya saja, untuk bisa mendapatkan manfaat ini, kamu perlu mengimbanginya dengan beberapa aktivitas sehat lainnya, seperti kardio rutin, diet sehat hingga angkat beban.

Umumnya, semua hal tersebut dilakukan oleh pria yang ingin memiliki bentuk tubuh six pack.

Namun, jika kamu perempuan dan ingin melakukan hal-hal tersebut, kamu pun diperbolehkan untuk melakukannya.

12. Meningkatkan kesehatan tulang dan sendi

Manfaat plank di pagi hari yang terakhir, yaitu meningkatkan kesehatan tulang dan sendi. Manfaat ini bisa didapat, karena olahraga plank melatih tubuh dengan cara berkonsentrasi dalam menahan beban tubuh.

Melalui konsentrasi tersebut, tubuh pun akan meminimalisir gerakan yang tidak dibutuhkan. Dengan demikian, kesehatan tulang dan sendi pun akan semakin terjaga.

Lebih dari itu, melakukan plank secara rutin pun dapat membuat tubuh membentuk jaringan tulang baru, yang nantinya dapat menghasilkan tulang yang lebih sehat dan kuat.

Tips Melakukan Plank

Jika di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui 12 manfaat plank di pagi hari, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui tips melakukan plank.

Karena, untuk bisa mendapatkan semua manfaatnya, kamu harus melakukan plank dengan posisi dan gerakan yang benar.

Adapun tips atau langkah-langkah yang perlu kamu lakukan, di antaranya yaitu:

  • Langkah pertama, ambil posisi push-up lalu letakkan siku tepat di bawah bahu, dengan posisi siku menopang tubuh
  • Kemudian, libatkan otot perut untuk menekan pusar ke arah tulang belakang, sembari mempertahankan posisi punggung tetap berada seperti posisi push-up sempurna
  • Setelah itu, kuatkan otot paha dan otot gluteal, agar kaki semakin kuat saat menopang beban tubuh
  • Jauhkan posisi bahu dari telinga dengan cara menarik bahu, lalu posisikan tumit di atas bola kaki
  • Jika sudah, biarkan tubuh berada posisi tersebut untuk beberapa waktu, sampai tubuh tidak lagi bisa bertahan dalam posisi sempurna, atau tubuh sudah mulai gemetar dan otot-otot terasa mulai membakar.

(Baca Juga: 7 Aplikasi Fitness Terbaik)

Itulah 12 manfaat plank di pagi hari yang sudah kamu ketahui. Semua manfaat tersebut tentunya bisa didapatkan, apabila plank dilakukan secara rutin dengan posisi dan gerakan yang benar.

Selain mendapatkan bentuk yang bagus, tubuhmu juga akan jauh lebih sehat dari sebelumnya dan terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Tetapi, jika kamu juga ingin mendapatkan perlindungan kesehatan yang lebih, kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu pada kesehatan tubuh, kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan, karena sudah ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Maka dari itu, buat kamu yang tertarik dengan asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani