Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Alasan Penting Punya Asuransi Kesehatan Selagi Muda

by Tisyrin N. T on 28 Juni, 2018

Sudahkah Anda memiliki asuransi kesehatan? Bagi Anda yang sudah terbilang berumur, wajar saja bila sudah memiliki kesadaran untuk memiliki asuransi tersebut. Namun, bagaimana dengan Anda yang usianya masih muda?

asuransi kesehatan - CekAja.com

Asuransi kesehatan terbilang sebagai asuransi yang wajib dimiliki setiap orang. Asuransi kesehatan akan menanggung risiko ketika seseorang sakit. Dengan adanya asuransi kesehatan, beban finansial yang harus Anda tanggung ketika sakit akan jauh berkurang.

Usia yang masih muda seharusnya tidak menjadi halangan bagi seseorang untuk memiliki asuransi kesehatan. Ini dia 5 alasan penting mempunyai asuransi kesehatan selagi muda.

Premi lebih murah

Apa hubungannya premi asuransi kesehatan dengan usia? Premi asuransi kesehatan erat kaitannya dengan usia nasabah. Karena, semakin tua usia nasabah, risiko kesehatannya juga akan semakin besar. Dengan begitu, biasanya perusahaan asuransi akan mematok premi semakin mahal jika nasabah terbilang sudah tua.

Dengan kata lain, semakin tua nasabah, premi akan semakin mahal. Jadi, kebalikannya, semakin muda usia Anda, maka Anda berkesempatan mendapatkan premi yang lebih murah. Karena itu, jangan tunda untuk segera mendaftarkan diri Anda untuk memiliki asuransi kesehatan.

Faktor lain yang mempengaruhi besar kecilnya premi asuransi kesehatan yaitu dari segi gaya hidup. Seseorang yang obesitas atau merokok berpotensi membayar premi asuransi kesehatan lebih mahal.

(Baca juga: 5 Promo Kartu Kredit Pelengkap Nonton Piala Dunia)

Cegah bangkrut di usia muda

Dengan adanya asuransi kesehatan, maka Anda tak perlu terlalu mengkhawatirkan tingginya biaya berobat ke rumah sakit. Apalagi, kenaikan biaya kesehatan dapat mencapai 10 persen hingga 15 persen per tahunnya.

Serangan penyakit tak bisa Anda tebak kapan datangnya. Bahkan, penyakit yang berat tak hanya menyerang mereka yang sudah tua, tetapi juga bisa menyerang mereka yang masih muda, termasuk Anda.

Anda tentu tak mau bukan, uang tabungan yang sudah Anda kumpulkan bertahun-tahun dengan susah payah, habis dalam sekejap hanya untuk membayar tagihan rumah sakit? Nah, agar Anda terhindar dari kebangkrutan di usia muda karena membayar rumah sakit, daftarkan diri Anda ke asuransi kesehatan.

Selain terhindar dari kebangkrutan, Anda juga tidak akan merepotkan keluarga ketika jatuh sakit. Asuransi kesehatan lah yang akan meringankan beban finansial Anda.

Kebutuhan belum terlalu kompleks

Saat masih muda dan lajang, kebutuhan Anda belum terlalu kompleks. Dengan begitu, ketika mendapat tawaran untuk mendaftar ke asuransi kesehatan, seharusnya Anda juga akan lebih mudah dalam mengambil keputusan untuk mendaftar bukan?

Saat masih muda dan lajang, Anda akan lebih ringan dalam membayar premi asuransi kesehatan. Sehingga ketika sudah menikah nanti, Anda sudah merasa terbiasa melakukan kewajiban membayar premi.

Berbeda kondisinya ketika Anda mendapatkan informasi tentang asuransi kesehatan saat sudah menikah, Anda akan berat dalam mengambil keputusan untuk mendaftar karena kebutuhan yang sudah semakin banyak. Dengan begitu, Anda pun bisa menunda terus untuk membeli asuransi kesehatan.

Belajar investasi

Di usia yang masih muda, apakah Anda sudah terpikirkan untuk investasi secara rutin? Jika belum, Anda bisa mulai belajar untuk investasi. Lalu apa hubungannya investasi dengan asuransi?

Terdapat produk asuransi kesehatan unitlink, yaitu produk asuransi berbalut investasi. Artinya, premi yang Anda bayarkan akan terbagi dua, untuk perlindungan serta untuk investasi. Nantinya, Anda bisa menikmati hasil investasi tersebut.

Jadi, Anda bisa belajar untuk berinvestasi secara rutin dengan membeli asuransi kesehatan unitlink. Memang, hasil investasi yang akan Anda dapatkan tak akan semaksimal jika Anda berinvestasi melalui instrumen investasi yang sesungguhnya. Namun, setidaknya, Anda telah belajar untuk rutin berinvestasi.

Bebas dari pemeriksaan kesehatan

Karena usia yang masih muda, risiko terkena penyakit pun terbilang lebih kecil dari mereka yang sudah berumur. Nah, jika Anda mendaftar asuransi kesehatan saat masih muda, Anda pun bisa terbebas dari pemeriksaan kesehatan.

(Baca juga: Segera Tukarkan! Ini Uang Lama yang Bakal Ditarik dari Peredaran)

Sebelum terlambat, segera miliki asuransi kesehatan terbaik. CekAja.com sebagai e-commerce finansial nomor satu di Indonesia siap membantu Anda menemukan asuransi kesehatan terbaik. Anda pun bisa mengajukan asuransi kesehatan secara online untuk menghemat waktu dan tenaga.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami