5 Cara Cerdas Finansial di Era New Normal, Sudah Tahu?

Pandemi Covid-19 yang menimpa Indonesia mau tak mau membuat semua orang harus paham mengenai cara cerdas finansial yang tepat. Dan berikut ini ulasannya CekAja khususkan buat kamu.

Sekiranya sudah satu tahun dunia diterpa virus menular yang diberi nama virus Corona.

Akibatnya tak hanya menelan banyak korban jiwa saja, namun juga perekonomian Indonesia turut dilanda pemerosotan drastis.

Sejumlah bisnis rela tak rela harus gulung tikar, bahkan bisnis berskala besar seperti Airy sekalipun. Ini saja bisa dibilang baru sebagian dari dampak mengerikan pandemi Covid-19 yang melanda.

Belum lagi mengenai gelombang pemutusan hubungan kerja yang banyak dilakukan oleh perusahaan karena mengalami kerugian.

Alhasil, tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang merasakan dampak negatifnya terhadap kondisi finansial mereka.

Namun, selama satu tahun itu pulalah, perekonomian masyarakat nampaknya mulai berangsur baik.

Nah, jika kamu termasuk salah satu yang mengalami pemerosotan keuangan saat awal pandemi Covid-19, mungkin inilah waktu yang tepat untuk kamu berdiri kembali dan menerapkan beberapa cara cerdas finansial di era New Normal, berikut ini.

(Baca Juga: Ini Dia 7 Metode Menabung Unik)

Cara Cerdas Finansial di Era New Normal

1. Beli sesuai kebutuhan

Cara cerdas finansial yang pertama di era New Normal ini adalah dengan menjadi seorang konsumen pintar, yang tahu kapan harus membeli barang karena memang dibutuhkan. Ingat, ‘dibutuhkan’ bukan diinginkan.

Pasalnya, kebanyakan dari masyarakat terutama generasi milenial, biasanya hanya membeli suatu barang karena keinginan semata, tanpa tahu kegunaan dari barang tersebut.

Dengan klaim ‘hanya ingin tahu’, terkadang kita pun terlena untuk membelinya dan jika tak lagi digunakan justru berujung mubazir.

Maka dari itu, di masa sulit seperti sekarang, apalagi pasca pemerosotan drastis di sektor keuangan akibat pandemi Corona, ada baiknya kamu atur lagi mindset-mu sendiri, dengan menerapkan metode belanja yang efektif, yakni beli barang sesuai kebutuhan.

2. Jangan tumpuk hutang

Menumpuk hutang bukanlah bagian dari cara cerdas finansial yang tepat. Seseorang yang melek akan kondisi keuangannya sendiri, tentu saja enggak bakal melakukan hal tersebut.

Sebab berhutang justru hanya bisa menyengsarakan, karena kamu hanya akan hidup dalam kejaran para kreditur.

Kalaupun terpaksa berhutang, lebih baik hanya melakukannya pada lembaga terpercaya, dan memberikan sistem cicilan ringan dengan bunga rendah.

Usahakan untuk berhutang pada satu lembaga saja, dan tidak lebih. Begitupun saat kamu memiliki kartu kredit.

Ketika memiliki tagihan pada kartu kredit, ada baiknya untuk melunaskan tagihan tersebut tepat waktu sebelum berbunga.

Karena jika tidak, ditakutkan bunga tagihan itu akan semakin menumpuk dan pada akhirnya kamu kesulitan untuk membayar.

3. Sesuaikan gaya hidup dan finansial

Cara cerdas finansial yang berikutnya adalah dengan menyesuaikan gaya hidup dengan kondisi keuangan.

Banyak diantara generasi milenial yang tak sadar bahwa gaya hidupnya terlalu ‘ketinggian’, dan justru tak sesuai dengan kemampuan finansialnya.

Alhasil, mereka selalu merasa kesusahan di akhir bulan, karena terus menarik uang yang dimiliki saat awal bulan atau masa gajian tiba.

Untuk mengatasinya, yang perlu dilakukan sebenarnya sederhana, yakni hanya berhemat dan menyesuaikan saja dengan kondisi keuangan.

Malahan beberapa sumber mengatakan bahwa, ‘hiduplah di bawah standar kemampuan’, yang artinya ketika penghasilan bertambah atau mengalami promosi jabatan, jangan sekali-kali berpikir untuk menaikkan standar hidup.

4. Mulai berinvestasi

Berinvestasi selain menabung juga menjadi salah satu cara cerdas finansial bagi tiap orang, terutama di masa New Normal seperti sekarang.

Dengan berinvestasi, berarti keuanganmu bisa dibilang stabil atau bahkan lebih dari ekspektasi awal.

Dari investasi pula, kamu dapat menggunakannya saat kondisi darurat dialami, seperti jatuh sakit atau mengalami kebangkrutan bisnis.

Semakin awal kamu berinvestasi meski dalam jumlah kecil, maka akan semakin besar juga hasilnya yang akan didapat nanti.

Nah untuk berinvestasi, hal pertama yang mesti dipikirkan adalah periode penggunaannya.

Apabila menginginkan pendapatan yang besar dan teratur, ada baiknya untuk mengambil investasi jangka panjang.

Beberapa jenis investasi jangka panjang yang dianjurkan seperti investasi emas, investasi saham, hingga investasi reksa dana.

(Baca Juga: 6 Tips Mengelola Keuangan Milenial dan Gen Z)

5. Jadilah pembeli yang cerdas

Cara cerdas finansial yang terakhir di masa New Normal seperti sekarang adalah dengan menjadi seorang konsumen yang pintar dan bijak.

Konsumen cerdas adalah mereka yang pandai menyesuaikan harga barang dengan bujet yang dimiliki tanpa mengurangi kuantitas atau kualitas dari barang tersebut.

Misalnya, saat tengah berbelanja di supermarket, salah satu barang yang dibeli menawarkan potongan harga jika membeli dalam ukuran besar.

Sedangkan normalnya, barang tersebut dijual seharga tak jauh berbeda dengan harga diskon. Dalam kondisi seperti ini, ada baiknya kamu memilih barang yang sudah termasuk harga diskon.

Sebab, selain harganya jauh lebih murah, barang yang didapat pun jauh memiliki ukuran yang besar ketimbang normalnya, apalagi untuk kategori makanan ya.

Nah, itu dia kelima cara cerdas finansial yang tepat untuk kamu terapkan di era New Normal seperti sekarang.

Di momen sulit ini, memang salah satu alternatif yang bisa kamu pakai untuk bangkit dari keterpurukan adalah dengan menabung dan berinvestasi.

Keduanya punya manfaat yang luarbiasa untuk keuanganmu, terutama saat kondisi darurat dialami. Untuk menabung, salah satu tempat yang bisa kamu coba adalah CekAja.com.

Menabung di CekAja? Kenapa Tidak!

Sebagai portal perbandingan terbaik yang sudah melayani jutaan masyarakat Indonesia, CekAja siap membantu kamu memilih produk tabungan terbaik dari mitra bank yang pastinya terpercaya.

Layanan CekAja bisa dipastikan aman dan terdaftar OJK, jadi kamu enggak perlu ragu lagi akan kualitasnya.

Melalui CekAja, kamu dapat mengajukan pembukaan rekening tabungan dengan beragam keuntungan menariknya, seperti mendapat kartu kredit impian.

Tidak hanya itu saja, dengan mengajukan produk tabungan di CekAja, kamu pun enggak perlu repot lagi datang ke kantor cabang perbankan, karena seluruh prosesnya murni dilakukan secara online.

Jadi, kamu dapat ajukan kapan saja dan dimana saja sesukamu, ketika membutuhkannya.

Bahkan, di CekAja pula, kamu bisa mengecek ketersediaan produk finansial lainnya, seperti KTA, pinjaman P2P Lending, sampai asuransi.

Gimana, beragam bukan produk finansial yang dimiliki CekAja? Untuk tabungan, saat ini kami memiliki satu produk dari mitra Bank HSBC, yaitu HSBC Advance.

Agar lebih mengenal produk tersebut, yuk langsung saja klik pengajuan rekening tabungannya melalui tabel di bawah ini.