6 Tips Mengelola Keuangan Akhir Tahun agar Tidak Boncos!

Tips mengelola keuangan akhir tahun perlu kamu terapkan. Sebab, akhir tahun kerap menjadi ajang untuk berburu promo, yang akhirnya membuat pengeluaran menjadi membengkak.

6 Tips Mengelola Keuangan Akhir Tahun agar Tidak Boncos!

Memasuki akhir tahun, tentu akan semakin banyak pengeluaran yang akan dihabiskan. Mulai dari berkumpul bersama keluarga, liburan, hingga menikmati diskon yang sedang berlangsung di berbagai tempat.

Agar tidak kehabisan biaya di akhir tahun, kamu perlu lebih cermat dalam mengelola keuangan. Sebab, berapapun pemasukan yang kamu miliki, jika tidak baik dalam mengelolanya tetap akan habis.

Mengelola keuangan memang bukan perkara yang mudah, apalagi jika tidak terbiasa. Oleh sebab itu, kamu bisa menyimak beberapa tips mengelola keuangan akhir tahun berikut ini!

6 Tips mengelola keuangan akhir tahun

1. Pisahkan Uang Kebutuhan dan Tabungan

Tips mengelola keuangan akhir tahun pertama yaitu memisahkan uang untuk membeli barang kebutuhan dengan uang untuk tabungan.

Dengan adanya pemisahan tersebut, kamu bisa membatasi penggunaan uang untuk kebutuhan sehari-hari, dan tidak mengganggu uang yang memang ditujukan untuk ditabung.

Sebab, jika tidak ada pemisahan uang ini, uang akan tercampur, dan bisa jadi tanpa sadar kamu memakai uang tabungan secara tidak sadar. Tiba-tiba uang tabungan habis tidak tersisa.

Saat ini jenis rekening tabungan sudah banyak tersedia di berbagai perbankan. Kamu bisa memanfaatkan rekening tersebut untuk menyimpan dana tabungan milikmu.

(Baca Juga: 6 Tips Mengatur Keuangan Bagi Sandwich Generation)

2. Menentukan Prioritas

Tips mengelola keuangan akhir tahun yang kedua adalah menentukan prioritas. Langkah ini dilakukan agar kamu tidak melakukan pembelian barang secara berlebih.

Setiap orang tentu memiliki prioritas yang berbeda-beda. Untuk langkah pertama kamu bisa memprioritaskan untuk kebutuhan bulanan, seperti membayar listrik dan air.

Selanjutnya kamu bisa memprioritaskan kebutuhan sehari-hari. Sebelum berbelanja kebutuhan sehari-hari, kamu bisa lakukan pencatatan terlebih dahulu.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui barang apa saja yang penting untuk dibeli, serta menghindari pemborosan.

3. Memanfaatkan Promo

Tips mengelola keuangan akhir tahun selanjutnya adalah berbelanja dengan memanfaatkan promo yang ada.

Akhir tahun menjadi ajang diskon besar-besaran di berbagai tempat. Agar lebih hemat, kamu bisa memanfaatkan promo tersebut ketika berbelanja.

Meski sedang promo, kamu tetap harus tahu batasan ketika berbelanja. Sebab, kamu tidak mau bukan jika keuanganmu tiba-tiba berkurang drastis?

4. Membuat catatan keuangan

Membuat catatan keuangan, seperti besaran pemasukan dan pengeluaran, memang sering kali diabaikan oleh sebagian orang.

Padahal, meski sering di cap merepotkan, hal ini cukup penting loh untuk dilakukan. Pasalnya, dengan membuat catatan keuangan, kamu jadi tahu kemana ‘aliran’ uang yang keluar.

Dengan mengetahui hal tersebut, kamu juga bisa mengantisipasi pengeluaran yang sisa-sia untuk kedepannya. Oleh sebab itu, membuat catatan keuangan menjadi tips mengelola keuangan akhir tahun yang perlu dilakukan.

5. Batasi Pemakaian Kartu Kredit

Menjelang akhir tahun, banyak tawaran-tawaran menarik terkait promo yang diberikan. Terlebih, bagi pemegang kartu kredit, promo bisa 2x lipat lebih banyak.

Meski banyak promo yang hadir, kamu tetap harus bijak dalam memakai kartu kredit. Gunakanlah kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan.

Jangan sampai, akibat termakan adanya promo menarik, kamu sampai melewati batas pemakaian kartu kredit.

Sebab, jika kartu kredit digunakan secara berlebihan, tagihan yang akan kamu bayar nantinya juga akan menjadi lebih tinggi, melebihi batas wajar.

Hal tersebut tentu akan mengganggu keuangan kamu nantinya. Oleh sebab itu, gunakanlah kartu kredit secara bijaksana.

6. Memiliki Dana Darurat

Tips mengelola keuangan akhir tahun terakhir yang bisa dilakukan adalah memiliki dana darurat. Pasalnya, dana darurat menjadi hal penting yang perlu dimiliki oleh setiap orang.

Kita tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak terduga di masa depan, dana darurat menjadi hal penting untuk dimiliki.

Misal, suatu saat tiba-tiba kamu kehilangan pekerjaan, jatuh sakit, atau terdapat hal-hal lain yang bersifat urgent, kamu tidak perlu khawatir lagi terkait keuangan.

Menyiapkan dana darurat memang tidak mudah, butuh kesabaran dan ketekunan dalam melakukannya.

(Baca Juga: 6 Produk Tabungan Terbaik untuk Bisnis)

Buka Tabungan agar Keuangan lebih Terkelola

Nah, itu dia beberapa tips mengelola keuangan akhir tahun yang bisa kamu simak dan ikuti. Agar lebih mudah mengelola keuangan, kamu bisa membuka tabungan.

Dengan membuka tabungan, kamu bisa menyisihkan sebagian dana yang nantinya berguna di masa depan.

Saat ini, memiliki tabungan sangatlah mudah. Sebab, sudah banyak perbankan yang menyediakan produk tabungan untuk kamu gunakan.

Banyaknya produk tabungan yang tersedia, membuat kamu perlu memilih jenis tabungan yang sesuai dengan kebutuhan dan keperluan kamu.

Untuk membuka tabungan, caranya sangat gampang. Kamu cukup mendatangi kantor cabang dari Bank yang diiginkan, dan sampaikan ingin mengajukan pembukaan tabungan.

Tetapi, cara tersebut seringkali di cap merepotkan. Jika tidak ingin repot, saat ini, kamu bisa membuka tabungan secara online. Sehingga bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, tanpa perlu keluar rumah.

Salah satu cara membuka tabungan secara online dan simple, yaitu melalui CekAja.com. Tidak hanya itu, pengajuan di CekAja.com juga terbilang cukup cepat.

Apalagi, CekAja.com sudah bisa dipastikan aman untuk digunakan. Sebab, sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera buka tabungan agar lebih mudah mengelola keuangan!