8 Merek Mixer Terbaik yang Bisa Dijadikan Pilihan untuk Pemula

9 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Senang membuat kue atau berbagai jenis pastry? Maka mengetahui tentang merek mixer terbaik tak boleh dilupakan begitu saja.

Memang mixer itu sendiri merupakan salah satu alat dapur wajib punya yang berfungsi dalam mengaduk adonan roti ataupun kue.

Nah, mixer itu sendiri terdiri dari dua jenis yang paling umum, yaitu hand mixer dan standing mixer, dimana setiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

(Baca Juga: Oven Kue Terbaik untuk Pemula)

Banyaknya mixer yang dijual saat ini jelas terkadang membuat kamu bingung dalam memilih. Ditambah lagi bahwa setiap mixer biasanya memiliki fitur yang berbeda-beda lupa.

Oleh karena itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang merek mixer terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan. Yuk disimak bersama-sama.

Tips Memilih Merek Mixer Terbaik

Sebelum kita membahas tentang merek mixer terbaik, kamu juga sepertinya perlu mengetahui tentang tips memilih mixer yang tepat, agar tidak salah.

  • Jumlah Level Kecepatan Mixer

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika membeli merek mixer terbaik adalah jumlah level kecepatan mixer itu sendiri.

Harap diketahui bahwa setiap mixer memiliki tingkat kecepatan yang berbeda-beda.

Biasanya, untuk hand mixer hanya memiliki 3 level kecepatan, sementara stand mixer memiliki maksimal 10 level kecepatan.

Tingkat kecepatan mixer ini umumnya juga turut berpengaruh pada hasil akhir kue yang kamu buat nantinya.

Sebab, untuk membuat kue yang dapat mengembang sempurna maka membutuhkan level kecepatan yang tinggi.

Misalkan untuk mencampurkan telur dan gula, atau ketika memasukkan tepung terigu.

Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu memilih mixer dengan kecepatan yang sesuai dengan jenis kue yang ingin kamu buat.

  • Sesuaikan Daya Listrik di Rumah

Hal lainnya yang tak kalah penting adalah, pastikan bahwa mixer yang kamu pilih juga sesuai dengan kapasitas daya listrik di rumah.

Perlu diketahui bahwa biasanya, mixer dengan tingkat kecepatan yang tinggi juga membutuhkan daya listrik yang semakin besar.

Oleh sebab itu, memilih tingkat kecepatan mixer juga harus disertai dengan daya listrik yang memadai, guna mencegah terjadinya rumah padam di tengah pembuatan kue. Karena, hal tersebut juga bisa mempengaruhi tekstur kue pada nantinya.

  • Ukuran Wadah dan Compact yang Nyaman

Dalam memilih merek mixer terbaik, tingkat kenyamanan penggunaan juga perlu diperhatikan. Nah, salah satunya adalah dalam hal ukuran wadah dan compact.

Compact atau jenis mixer biasanya bisa mempengaruhi mood seseorang dalam memasak. Misalkan, membuat kue dalam jumlah banyak tentu akan membutuhkan standing mixer dengan ukuran besar, bukan? Agar tidak cepat lelah.

Karenanya, sebelum memilih mixer, ada baiknya jika kamu mempertimbangkan kebutuhan terlebih dahulu. Apakah kamu membeli mixer untuk keperluan bisnis, atau hanya penggunaan sehari-hari saja.

Jika kamu justru lebih sering membuat kue hanya untuk sebatas keluarga atau diri sendiri, maka memang lebih baik untuk membeli mixer dengan wadah yang kecil atau hand mixer, sehingga bisa mengaduk adonan dengan lebih cepat dan tercampur secara merata.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, jika ingin membeli hand mixer, maka usahakan untuk tidak lebih dari 20 menit penggunaan dengan jumlah adonan yang tidak lebih dari 1 Kg.

  • Pilih Beater Sesuai Kebutuhan

Nah, hal terakhir yang harus diperhatikan ketika membeli merek mixer terbaik yaitu beater, sebuah alat yang digunakan untuk mencampurkan semua bahan kue menjadi adonan.

Terdapat beberapa jenis beater yang bisa kamu sesuaikan dengan jenis kue yang ingin dibuat. Misalkan, jenis beater ramping akan membuat adonan kue menjadi tidak mudah menempel serta cocok untuk adonan butter cream.

Akan tetapi, ujungnya yang tajam justru berpotensi membuat wadah mixer menjadi lebih cepat rusak.

Sementara itu, beater ulir justru cocok untuk membuat adonan kue dalam jumlah besar dengan cepat.

Akan tetapi, hasilnya cenderung kurang halus dan terasa kasar, serta menyisakan tekstur adonan.

Selain memperhatikan bentuk beater ketika membeli mixer, pastikan pula bahwa beater tersebut tidak sulit untuk dilepas dan mudah untuk dibersihkan setelah digunakan.Â

Rekomendasi Merek Mixer Terbaik

Setelah membahas tentang tips membeli mixer, barulah sekarang kita membahas tentang beberapa rekomendasi merek mixer terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan. Apa sajakah itu?

1. Philips Stand Mixer HR 1559

Merek mixer terbaik yang akan kita bahas pertama adalah produk keluaran Phillips, yaitu Phillips Stand Mixer HR 1559.

Dengan atribut yang cukup lengkap serta kualitas yang tinggi, stand mixer satu ini bahkan diklaim mampu menyelesaikan adonan 30 persen lebih cepat lho.

Tak hanya itu, beater-nya yang berbentuk kerucut juga membuat adonan akan tercampur secara maksimal dengan hasil akhir yang lembut dan halus.

Wadahnya di desain untuk menyesuaikan bentuk beater. Sementara itu, terdapat pula perekat di dasar alat yang membantu mesin untuk menetap ketika digunakan, alias tidak mudah tergelincir atau licin.

Ketika bekerja, maka mangkuk atau wadah bisa berputar secara otomatis. Hal tersebut tak hanya membuat pengadukan adonan memberikan hasil yang sempurna, melainkan kamu juga bisa meninggalkan adonan yang tengah menyala sembari melakukan aktivitas lainnya.

Pada nantinya, di dalam paket pembelian kamu akan mendapatkan beater whisk dan dough hook, yang bisa membantu dalam mengolah adonan sehingga menjadi lebih kenyal, layaknya roti atau donat.

Tak hanya itu, terdapat pula kenop kecil yang berfungsi sebagai pengatur kecepatan dan untuk menyalakan mixer.

Total, terdapat lima tingkat kecepatan yang bisa kamu sesuaikan dengan jenis kue yang ingin dibuat. Mixer ini tersedia dalam tiga varian warna, yaitu merah-putih, hijau-putih, serta abu-abu dan putih, dengan daya listrik sebesar 170 watt.

2. Midea HM-51R Hand Mixer

Rekomendasi mixer terbaik selanjutnya adalah Midea HM-51R Hand Mixer. Karena berjenis hand mixer, maka sudah dapat dipastikan bahwa mixer satu ini hanya cocok digunakan untuk pembuatan kue dalam jumlah kecil.

Selain penggunaannya yang praktis, salah satu produk Midea ini juga memiliki harga yang sangat terjangkau lho, yaitu sebesar Rp269.000 saja.

Akan tetapi, meskipun bernilai ekonomis, mixer ini ternyata menyimpan performa yang unggul.

Sebab, apabila produk hand mixer lainnya yang menyediakan tiga tingkat kecepatan, maka Midea Hand Mixer justru menyediakan hingga 5 tingkat kecepatan, yang bisa kamu atur sesuai kebutuhan.

Sedangkan untuk penggunaan daya listrik, hand mixer satu ini membutuhkan kurang lebih 400 watt dalam hal penggunaannya.

3. Miyako Hand Mixer HM-620

Bagi kamu yang masih pemula dalam membuat kue, maka hand mixer ini bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan, karena penggunaannya yang sangat mudah dan praktis.

Memiliki 5 tingkat kecepatan dengan putaran pulse, daya listrik yang dibutuhkan tergolong cukup hemat lho, yaitu 190 watt, sehingga sangat cocok digunakan untuk pembuatan kue rumahan.

Tak hanya itu, beater dan kneader juga mudah dilepas dengan material food grade. Harga hand mixer keluaran Miyako sangat ramah kantong dan sangat sesuai untuk pembuatan adonan semi solid hingga semi liquid.

Tombol speed mudah digeser dan sangat praktis untuk melengkapi perlengkapan dapur minimalis. Bobotnya juga cukup ringan lho, yaitu 3 Kg saja, sehingga tidak membuat tangan pegal.

Akan tetapi, salah satu kekurangan dari hand mixer ini, adalah tidak terdapatnya wadah pada saat pembelian.

4. Maspion Stand Mixer MT 1140

Rekomendasi merek mixer terbaik selanjutnya adalah Maspion Stand Mixer MT 1140, yang sangat praktis dan mudah digunakan, sehingga cocok untuk para pemula.

Tak hanya itu, fiturnya juga terbilang lengkap dan berkualitas lho, meskipun dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Stand mixer keluaran Maspion ini turut dilengkapi dengan beater dan kneader berbahan chrome steel, sehingga bisa kamu gunakan untuk membuat berbagai jenis adonan.

Selain itu, bahannya juga sangat aman untuk makanan, karena telah mendapatkan sertifikasi food grade.

Tidak lupa juga dengan kelebihannya yang dapat dibersihkan dengan mudah, karena setiap bagiannya yang mudah dilepas.

Keunggulan lainnya dari jenis mixer ini adalah, ukurannya yang kecil, sehingga tidak akan memakan banyak tempat di dapur.

Ketika digunakan, wadah mixer juga akan berputar secara otomatis, membuat kamu bisa melakukan aktivitas lainnya sambil menunggu alat mengaduk adonan hingga selesai.

Soal keamanan, selain terdapat kunci di bagian beaternya, ada juga fitur thermostat yang berfungsi untuk mencegah terjadinya mesin panas akibat penggunaan yang terus-menerus.

Hanya membutuhkan 200 watt dalam hal daya listriknya, bobotnya pun juga tidak terlalu berat, yaitu hanya 4 Kg saja, sehingga akan mudah apabila ingin dipindahkan.

5. Oxone 833 Stand Mixer

Rekomendasi merek mixer terbaik lainnya dengan harga ekonomis adalah, Oxone 833 Stand Mixer.

Salah satu produk Oxone ini mampu beroperasi secara mandiri, sehingga kamu tidak perlu memegangnya dan dapat ditinggal untuk melakukan aktivitas lainnya.

Untuk mengaduk adonan kue bertekstur ringan hingga padat, maka mixer ini dijamin mampu memberikan performa yang memuaskan.

Selain itu, beater yang terbuat dari bahan stainless steel juga dipastikan mampu bekerja secara sempurna untuk mengolah berbagai macam adonan dalam wadah.

Memiliki wadah dengan diameter 19 cm disertai dengan ketinggian 13 cm, tentunya tergolong cukup besar untuk membuat adonan dalam skala kecil hingga sedang.

Merek mixer terbaik satu ini hadir dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan merah, yang mana masing-masing juga dibekali dengan 2 pengocok berbentuk spiral dan bulat.

Sementara itu, untuk daya listriknya adalah 170 watt dan dilengkapi dengan 3 tingkat kecepatan, yang dapat diatur sesuai kebutuhan.

6. Bosch Hand Mixer White MFQ4020

Hand mixer besutan Bosch ini juga tak kalah baiknya, sehingga patut dimasukkan ke dalam jajaran merek mixer terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan.

Menggunakan teknologi motor modern, hand mixer ini tidak akan mengeluarkan suara berisik ketika digunakan.

Tak hanya itu, perputarannya juga cukup bertenaga serta ringan digunakan. Material desain terbuat dari ergonomis dengan penggunaan plastik.

Memiliki 5 tingkat kecepatan dengan tambahan pulse serta pengaturan turbo. Jika kamu menggunakan kecepatan tertinggi, maka hand mixer satu ini akan membutuhkan daya listrik maksimal sebesar 450 watt.

Dilengkapi dengan beater fine creamer juga membuat adonan kue menjadi lebih cepat terolah. Beaternya itu sendiri terbuat dari stainless steel food grade, sehingga aman untuk digunakan.

Akan tetapi, pembelian hand mixer ini belum dilengkapi dengan wadah pengaduk serta harganya yang cukup menguras kantong.

7. Sharp Hand Mixer EMH-15L

Merek hand mixer terbaik selanjutnya adalah produk keluaran dari Sharp, yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Produk hand mixer satu ini memiliki bobot yang ringan dan gagang yang juga ramah ketika digenggam oleh tangan, sehingga tangan tidak akan mudah pegal.

Meskipun memiliki desain yang klasik layaknya mixer pada umumnya, produk ini juga memiliki tampilan bodi yang keren, dengan lekuk-lekuk yang dinamis.

Ketika membeli produk ini, maka kamu juga turut mendapatkan dua buah pengaduk, beater, dan hook, untuk menambah variasi dalam mengembangkan adonan.

Beater-nya bisa dilepas sehingga dapat dibersihkan dengan mudah, dan kuncinya yang kuat guna mencegah kemungkinan terlepas pada saat digunakan.

Memiliki 5 tingkat kecepatan, terdapat pula tombol turbo untuk memaksimalkan kecepatan putarannya. Meski begitu, konsumsi daya listrik yang dibutuhkan maksimal hanya 210 watt saja.

8. Panasonic MK-GB1 Stand Mixer

Produk keluaran panasonic tentu sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya, salah satunya seperti stand mixer series MK-GB1 ini, yang hadir untuk membantu kamu dalam menciptakan makanan kegemaran keluarga, seperti es krim dan brownies.

Terdapat motor penggerak pada bagian meja untuk penempatan wadahnya, membuat mangkuk dapat berputar secara otomatis, menjadikan adonan kue lebih cepat mengembang.

Tak hanya itu, terdapat pula kabel sepanjang 1,7 meter, yang memungkinkan kamu untuk menempatkan mixer di meja yang cukup jauh dari jangkauan sumber daya.

Dilengkapi dengan 5 tingkat kecepatan, stand mixer ini membutuhkan 200 watt daya listrik dalam hal penggunaannya.

Jadi, itulah sejumlah merek mixer terbaik yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan. Nah, agar pembelian menjadi lebih hemat, jangan lupa juga untuk menggunakan kartu kredit sebagai salah satu metode pembayarannya.

Sebab, saat ini sudah banyak lho kartu kredit yang menawarkan promo dan diskon menggiurkan yang bisa membuat pembelian menjadi lebih hemat.

Apalagi jika kamu melakukan pembeliannya melalui e-commerce atau toko online yang memiliki fasilitas pembayaran dalam kartu kredit.

(Baca Juga: Bisnis Kuliner yang Viral saat Pandemi)

Lalu, bagaimana jika belum memiliki kartu kredit? Janganlah khawatir! Sebab, CekAja hadir untuk membantumu.

Melalui CekAja.com, kamu dapat melakukan perbandingan terlebih dahulu untuk memilih jenis kartu kredit manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup.

Setelah itu, barulah ajukan. Seluruh pengajuan kartu kredit di CekAja juga dapat dilakukan sepenuhnya melalui online, sehingga lebih menghemat waktu tanpa perlu meluangkan waktu untuk ke luar rumah. Mudah banget kan!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit terbaikmu hanya di CekAja.com dan nikmatilah segudang manfaatnya.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha