8 Pengusaha Sukses Kuliner di Indonesia dengan Kisah Perjuanganya yang Inspiratif

Deretan pengusaha sukses kuliner di Indonesia yang akan kita bahas kali ini mungkin bisa memberikan motivasi dan inspirasi bagi banyak orang, bahwa kesuksesan sejatinya dapat diraih oleh siapapun.

Pariwara

Pastinya ada diantara kita yang ingin memulai bisnis namun masih bingung harus dari mana memulai.

Padahal sebenarnya, selama memiliki tekad dan keinginan yang kuat, siapapun bisa membangun bisnis, walaupun harus memulai dari awal dengan modal yang kecil.

(Baca Juga: 7 Ide Bisnis Kuliner Saat Tahun Baru)

Tahukah kamu? Deretan pengusaha sukses kuliner di Indonesia yang akan kita bahas kali ini bahkan ada lho yang memulainya hanya dari sebuah gerobak, namun sekarang justru sudah memiliki gerai hingga ke luar negeri.

Mau tahu siapa sajakah itu? Yuk kita simak saja deretan kisah inspiratif dari para pengusaha kuliner dari Indonesia yang sudah berhasil untuk menjadi sukses saat ini.

Pengusaha Sukses Kuliner di Indonesia

Kamu termasuk orang yang gemar berburu kuliner? Maka mungkin sudah tidak asing lagi dengan tempat-tempat kuliner terkenal yang akan kita bahas kali ini.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa pengusaha sukses kuliner di Indonesia yang bahkan memulainya dari modal kecil, yaitu adalah:

1. Rangga Umara

Untuk kamu yang berdomisili di Jabodetabek, pastinya sudah tidak asing lagi dengan kuliner Pecel Lele Lela, bukan?

Nah, kuliner satu ini ternyata didirikan oleh seorang pemuda yang baru berusia 31 tahun, Rangga Umara.

Pada awalnya, Rangga memulai usahanya karena di PHK dari perusahaan tempat ia sebelumnya bekerja di tahun 2006 silam.

Sementara ia tetap harus menafkahi keluarga kecilnya, maka Rangga pun memutuskan untuk mulai menekuni bisnis kuliner, melihat bidang satu ini memiliki peluang yang sangat bagus untuk berkembang.

Namun untuk menjadi sukses, tentu perjalanan Rangga tidak selalu mulus. Ditambah lagi ia hanya memiliki modal kecil untuk bisnisnya tersebut.

Di dalam langkah awal bisnisnya, Rangga membuka rumah makan seafood. Akan tetapi karena sepi pembeli, akhirnya ia pun menutup restoran tersebut dan memutuskan untuk beralih jenis makanan, yaitu menjadi salah satu menu favorit nya ketika masih duduk di bangku kuliah, yaitu pecel lele.

Hanya saja, ketika itu bisnis tetap tidak berjalan semulus yang ia bayangkan. Karena makanan olahan lele itu sendiri belum sepopuler ayam.

Sepi pembeli dan hampir bangkrut karena kekurangan modal, hal tersebut tidak membuat Rangga patah semangat.

Ia pun mulai berinovasi dengan membuat beberapa menu pecel lele yang tidak biasa sehingga menimbulkan rasa penasaran di kalangan masyarakat.

Hasilnya? Saat ini Rangga justru masuk ke dalam deretan pengusaha sukses kuliner di Indonesia dengan telah memiliki lebih dari 50 gerai Pecel Lele Lela yang sudah tersebar di Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, cabangnya pun bahkan sudah mencapai ke luar negeri lho, seperti Malaysia dan Singapura.

2. Martalinda Basuki

Pengusaha sukses kuliner di Indonesia selanjutnya adalah Martalinda Basuki, yang sudah memulai bisnisnya sejak di bangku kuliah.

Mendirikan cafe kekinian yang diberi nama Cokelat Klasik, Martalinda bahkan terpaksa harus menjual sepeda motor dan laptopnya sebagai modal awal lho.

Tak hanya itu, wanita kelahiran tahun 1991 ini juga memberanikan diri untuk mencari pinjaman agar rencana bisnisnya dapat terealisasikan.

Bermula dari membuka cafe di kawasan Kampung Inggris, Pare, Kediri, kini wanita yang akrab disapa Lala ini telah memiliki lebih dari 270 outlet yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesa dan menjadi bos dari ratusan pekerjanya. Wah, sungguh inspiratif sekali ya!

3. Santoni

Jika kamu sering mencari makan di mall, khususnya di mall-mall besar di Jakarta, pasti kamu sering melihat restoran Bumbu Desa berdiri begitu megahnya, bukan?

Nah, restoran yang mengusung tema makanan khas dari tanah Sunda di Jawa Barat ini didirikan oleh Santoni, yang memulai bisnis kulinernya pada tahun 2004 dengan hanya menggunakan modal awal sebesar Rp8 juta saja.

Hingga saat ini, restoran Bumbu Desa itu sendiri telah memiliki lebih dari 50 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dengan omset yang juga sudah mencapai miliaran Rupiah per bulannya.

Bahkan, Santoni telah melebarkan sayapnya hingga ke negeri Singapura dan Malaysia, dan sedang berencana untuk menginjakan kaki di kota-kota yang ada di Amerika, yaitu Vancouver dan Seattle hingga ke Kanada.

4. Charina Prinandita

Pengusaha sukses kuliner di Indonesia yang akan kita bahas selanjutnya adalah Charina Prinandita, yang mendirikan brand Eatlah bersama dengan teman-temannya.

Dengan memilih segmentasi anak muda masa kini, Eatlah yang telah didirikan sejak tahun 2016 ini memang begitu identik dengan kemasannya yang ramah lingkungan, yakni menggunakan kemasan box bebas plastik untuk setiap menu yang disajikan.

Menggiring pelanggan untuk menggunakan jasa aplikasi online untuk bisa menikmati, Eatlah juga sudah memiliki beberapa outlet dengan nilai transaksi yang berlipat-lipat lho.

5. Sukyatno Nugroho

Pengusaha sukses kuliner di Indonesia selanjutnya adalah Sukyatno Nugroho, yang merupakan pendiri dari restoran Es Teler 77 yang begitu terkenal.

Hanya mengandalkan kemampuan memasak sang ibu mertua, Sukyanti pun berhasil mendirikan restoran yang menjual beragam makanan tradisional khas Indonesia dan berkembang dengan sangat pesat.

Berawal dari hanya warung makan biasa, saat ini Es Teler 77 bahkan sudah berhasil masuk ke dalam mall-mall besar di Indonesia dengan gerai yang sudah tersebar di hampir seluruh Indonesia.

Dengan mendapatkan bantuan dari kedua mertuanya beserta istrinya, Sukyatno berhasil membuat Es Teler 77 menjadi salah satu usaha tempat makan dengan jumlah cabang waralaba terbesar.

6. Victor Giovan Raihan

Victor Giovan Raihan merupakan salah satu pengusaha sukses kuliner Indonesia yang telah mendirikan bisnis bahkan sejak ia masih duduk di bangku SMA.

Memberanikan diri untuk membuka usaha kuliner dengan menggunakan bahan dasar teh, Giovan pun berhasil sukses membangun bisnisnya yang diberi nama Teh Kempot.

Teh Kempot (teh yogurt) yang ditawarkan ini terbuat dari teh, susu, cincau, buah, dan sinom (daun asam muda).

Dengan hanya menggunakan bahan-bahan alami, maka Teh Kempot bukan hanya memiliki rasa yang lezat, namun juga menyehatkan.

Kini, Giovan berhasil mengumpulkan omzet hingga mencapai puluhan juta rupiah per bulan dengan cabangnya yang sudah mencapai lebih dari 30 outlet, yang sebagian besar dipegang oleh mitra kerjanya.

7. Rizka Wahyu Romadhona

Pengusaha sukses kuliner di Indonesia selanjutnya adalah Rizka Wahyu Romadhona, yang merupakan pendiri dari Lapis Bogor Sangkuriang.

Sebelumnya, ia merupakan karyawan dari salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Namun, karena merasa tidak cocok bekerja di bawah naungan perusahaan, Rizka pun memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dan membangun bisnis.

Pada awalnya, ia membangun bisnis bakso. Akan tetapi, karena tidak berjalan mulus, ia pun mulai beralih ke jenis kuliner lainnya, yaitu dengan menggunakan bahan dasar talas.

Dengan modal yang tidak besar, Rizka memulai bisnisnya hanya dari rumahan saja. Namun, dengan usaha keras dan dukungan dari sang suami, Lapis Bogor Sangkurian mulai berkembang pesat dan membuka cabang di berbagai kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Saat ini, Lapis Bogor Sangkuriang bahkan seringkali dijadikan sebagai oleh-oleh atau buah tangan bagi siapapun yang tengah berkunjung ke bogor.

8. Eugenie Patricia

Nah, pengusaha sukses kuliner di Indonesia yang akan kita bahas terakhir adalah Eugenie Patricia, yang merupakan pendiri dari Puyo Dessert.

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dong dengan makan ringan satu ini. Puyo Dessert memiliki cita rasa yang manis dan lembut, sehingga dengan mudah membuat siapapun menjadi jatuh cinta pada gigitan pertama.

Eugenie tak melakukannya sendiri, melainkan juga bersama saudara kandungnya, Adrian Christopher Agus.

Ketika memulai usaha ini, keduanya masih di usia yang sangat muda. Puyo mulai diperkenalkan kepada publik melalui bazar dan media sosial.

Hingga pada akhirnya di tahun 2013 lalu, Puyo Dessert berhasil mendirikan outlet pertamanya di Mal Living World Alam Sutera, Tangerang.

Kini, bisnisnya bahkan sudah berkembang pesat dan telah memiliki kurang lebih 43 outlet yang tersebar di Bandung, Karawang, dan Jabodetabek.

Jadi, itulah beberapa pengusaha sukses kuliner di Indonesia dengan kisahnya yang begitu inspiratif.

(Baca Juga: 9 Bisnis Kuliner yang Viral Saat Pandemi)

Melihat hal tersebut, maka dapat diketahui bahwa membangun bisnis tidak melulu membutuhkan modal yang besar.

Selama kita memiliki tekad dan keinginan yang kuat, siapapun bisa menjadi sukses. Meski begitu, modal, sekecil apapun itu, memang sangat penting untuk dimiliki bagi kamu yang ingin membangun bisnis.

Nah, apabila saat ini kamu tengan berencana ingin membangun bisnis namun belum memiliki modal yang cukup, tak perlu khawatir! Sebab, di CekAja.com, kamu bisa mengajukan pinjaman untuk modal usaha dengan begitu mudah dan cepatnya.

Selain kamu bisa mengajukan pinjaman dengan besaran dana yang disesuaikan dengan kebutuhan, disini kamu bahkan juga bisa memilih tenor dan jumlah cicilan per bulan yang dapat disesuaikan dengan kemampuan lho.

Sehingga, kamu tak perlu khawatir lagi dalam membayar cicilan. Yuk, segera wujudkan keinginan kamu dalam membangun bisnis dengan mengajukan pinjaman modal usaha hanya di CekAja.com.

Pariwara