Apa Itu Saham Gorengan? Kenali bahayanya!

Apa itu saham gorengan? Istilah yang satu ini kian sering digunakan para trader veteran untuk memberikan penilaian terhadap suatu saham. Namun, apa sih bahaya dari saham gorengan?

Apa Itu Saham Gorengan?

Apabila anda ingin mencoba peruntungan di dunia saham baik dengan memanfaatkan dana dingin dalam tabungan atau mengembangkan profil investasimu, anda akan sering mendengar istilah-istilah trading yang unik.

Mudahnya akses informasi menyebabkan kini semua orang dapat berinvestasi. Namun tanpa pemahaman yang dalam, investor pemula dapat mudah terjebak dengan istilah yang membingungkan seperti saham gorengan

Istilah saham gorengan kerap terdengar di komunitas pemain saham yang mengindikasikan bahwa terjadi rekayasa pada saham tertentu untuk menaikkan keuntungan pihak tertentu tanpa pertanggungjawaban yang jelas.

Saham gorengan ini memiliki profil risiko yang tinggi karena kenaikan valuasi yang dialami tidak sesuai dengan keadaan perusahaan sesungguhnya melainkan permainan dari oknum trader.

Agar terhindar dari bahaya saham gorengan, berikut penjelasan jelas mengenai apa itu saham gorengan. Simak yuk!

Apa itu Saham Gorengan?

Saham gorengan adalah saham yang kurang bagus atau jelek. Dalam hal ini, kondisi keuangan pada perusahaan tersebut kurang bagus baik dan tersendat perkembangannya.

Namun sayangnya, ada oknum dengan sengaja manipulasi harga saham tersebut untuk mendapatkan keuntungan. Oknum tersebut akan membentuk opini investor retail untuk membeli saham tersebut.

Jika berhasil menarik perhatian di komunitas pemain saham, saham gorengan ini akan menjadi primadona dan segera diborong oleh trader lain yang tidak ingin kehilangan momen.

Meningkatnya pembelian secara drastis tentu semakin meningkatkan nilai saham tersebut yang kualitas sebenarnya tidak sebanding dengan reputasi rekayasanya.

Apabila harga saham gorengan tersebut berhasil naik, oknum tersebut akan melakukan aksi profit taking. Profit taking adalah mengambil keuntungan dari adanya keuntungan karena nilai saham yang meningkat secara tajam.

Apa Dampak dari Saham Gorengan?

Kalau sudah mengetahui apa itu saham gorengan, selanjutnya investor pemula perlu memahami dampak dari saham gorengan.

Adanya saham gorengan tentunya memiliki risiko yang besar terhadap investor retail, terutama investor pemula. Hal ini dikarenakan kondisi fundamental dari saham tersebut yang belum teruji dan cenderung tidak kuat fundamentalnya.

Ketika oknum tersebut berhasil mendapatkan keuntungan di harga tertinggi dan memutuskan untuk menjual saham tersebut, tidak menutup kemungkinan harga saham akan berbalik turun bahkan tidur.

Dengan adanya saham gorengan tersebut maka investor retail dan juga investor pemula akan mendapatkan kerugian yang besar dari menurunnya nilai saham yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Akibatnya, tidak sedikit dari investor terlebih lagi investor pemula yang kebingungan, stress, dan frustasi akibat dari kerugian yang ditimbulkan dari saham gorengan tersebut.

(Baca Juga: 7 Tips Trading Saham untuk Pemula)

Apa yang Bisa Dilakukan untuk Menghindari Saham Gorengan?

Setelah mengetahui apa itu saham gorengan, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengetahui ciri-ciri saham gorengan agar investor pemula dapat berhati-hati dalam berinvestasi.

Agar tidak salah beli investor terutama investor pemula perlu tahu ciri-ciri saham emiten yang nampak renyah, tetapi ternyata sedang digoreng. Berikut merupakan beberapa ciri ciri saham tersebut termasuk ke dalam saham gorengan.

1. Kapitalisasi Pasar Kecil

Umumnya saham gorengan merupakan saham lapisan kedua atau ketiga diluar dari saham blue chip di mana saham tersebut memiliki kapitalisasi yang renda sehingga  oknum bisa lebih mudah untuk mengendalikan harga pasar.

Namun, perlu diperhatikan kapitalisasi pasar yang kecil bukan berarti saham bisa dengan mudah disebut saham gorengan.

2. Volume Harian Tak Wajar

Untuk mengetahui apa itu saham gorengan, calon investor bisa menganalisis volume transaksi saham tersebut. Perlu diperhatikan ketika volume perdagangan sebuah saham tiba-tiba melonjak.

Oleh karena itu, investor perlu melihat histori volume transaksi sebelumnya atau bisa menunggu sampai volume tersebut membentuk pola yang teratur.

3. Volatilitas Harga Tidak Beraturan

Cara selanjutnya untuk mengetahui apa itu saham gorengan adalah dengan menganalisa pergerakan harga sama tersebut atau melihat volatilitasnya.

Saham yang sedang digoreng bisa naik tiba-tiba tapi bisa juga turun dengan tiba-tiba. Misalkan, saham ABCD bergerak naik ke Rp1000 dari sebelumnya di level Rp500. Namun, tidak menunggu lama saham ABCD turun bisa terjun ke Rp500.

4. Masuk dalam daftar unusual market activity (UMA)

Cara selanjutnya untuk mengetahui apa itu saham gorengan adalah untuk menilai apakah saham yang akan dibeli oleh mereka tersebut masuk ke dalam daftar unusual market activity (UMA)

Bursa Efek Indonesia (BEI) juga melakukan pengawasan terhadap saham-saham yang bergerak ekstrem lebih dari dua hari. Biasanya saham-saham tersebut akan disemprit oleh BEI.

Selain itu, investor juga perlu mengecek daftar emiten yang masuk dalam radar unusual market activity (UMA).

Emiten yang masuk dalam radar UMA bisa menjadi alarm dan peringatan bagi investor. Untuk menghindari peningkatan ataupun penurunan harga yang terlalu tajam,

BEI juga menetapkan kebijakan auto rejection dengan batas atas dan batas bawah. Oleh karena itu, dikenal istilah Auto Reject Atas (ARA) dan Auto Reject Bawah (ARB).

Sederhananya, auto rejection adalah aturan mengenai pembatasan kenaikan maksimum dan penurunan minimum harga saham selama satu hari perdagangan supaya perdagangan saham berjalan lancar.

(Baca Juga: 10 Aplikasi untuk Latihan Saham)

Berinvestasi memanglah bukan menjadi suatu hal yang mudah. Oleh karena itu anda perlu memahami dengan seksama mengenai hal fundamental saham tersebut.

Setelah pengetahuan yang anda miliki mengenai dunia saham sudah lengkap, baru anda dapat mencairkan tabungan anda untuk menjadi modal investasi selanjutnya,

Untuk memastikan dana yang anda simpan selama ini aman dan menguntungkan, cari produk tabungan yang sesuai dengan kondisi finansial dan kebutuhan anda hanya di CekAja.com.

Tidak hanya mendapatkan informasi mengenai berbagai jenis produk tabungan, anda juga bisa mengajukan tabungan online di CekAja.com.

Karena di CekAja.com anda dapat melakukan proses pengajuan dengan praktis, mudah, dan juga cepat. Terlebih CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi aman dan nyaman untuk anda gunakan.

Makin sukses dan cuan dengan ajukan pinjaman untuk modal usaha melalui CekAja.com!