7 Bahan Alami Pewarna Kain Beserta Cara Buatnya

5 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Warna pada kain dan pakaian, memang membuatnya lebih menarik. Nah, buat kamu yang mau buat kain dengan warna alami, sebaiknya ketahui dulu bahan alami pewarna kain, dari berbagai tanaman ini, sekaligus cara membuatnya.

Pasalnya, warna kain yang biasa kita jumpai di pabrik, adalah jenis pewarna kain sintetis. Jika dilihat dari proses pengaplikasiannya, pewarna sintetis memang lebih mudah, daripada menggunakan pewarna alami.

Namun, hasil warna dari bahan alami pewarna kain, tentu jauh lebih cantik dan indah. Bahkan, bahan alami pewarna kain, juga lebih awet.

Bahan Alami Pewarna Kain Mulai Digandrungi, Pewarna Sintetis Mulai Ditinggalkan

Namanya juga sintetis, pasti memiliki dampak yang tidak baik, bagi kain itu sendiri dan juga pada lingkungan. Maka tak heran jika, penggunaan pewarna alami mulai ditinggalkan.

(Baca Juga: Cara Membuat Motif Tie Dye beserta Peluang Usahanya)

Sehingga, tak sedikit dari para industri kain, juga mulai beralih dari pewarna sintetis ke pewarna alami.

Bahan Alami Pewarna Kain Berasal dari Tumbuhan

Jangan heran, jika hasil warna dari bahan alami pewarna kain, sangat indah dan cantik. Pasalnya, warna-warna alami tersebut dihasilkan dari tumbuhan, mulai dari yang mudah ditemukan, hingga yang sudah langka.

Saking bagusnya, bahan alami pewarna kain dari tumbuhan ini, hasilnya tidak berbeda jauh, dari pewarna sintetis.

Adapun, kamu juga bisa mendapatkan beragam warna alami, dari tumbuhan. Seperti warna merah pekat, merah maroon, kuning, hijau, ungu, biru, dan masih banyak lagi.

Biasanya, penggunakan bahan alami pewarna kain ini, digunakan untuk membuat kain batik. Maka tak heran, jika harga batik dengan pewarna alami, harganya pasti lebih mahal.

Lantas, tumbuhan apa saja yang bisa menghasilkan warna alami pada kain? Yuk, langsung saja intip bahan alami pewarna kain, yang berasal dari tumbuhan berikut ini.

7 Bahan Alami Pewarna Kain dari Tumbuhan

1. Buah Pinang

Bahan alami pewarna kain yang pertama, bisa kamu buat dari buah pinang. Tidak sulit untuk menemukan buah ini, pinang merupakan salah satu tanaman yang banyak tersebar di berbagai daerah Indonesia.

Pinang memiliki warna alami, yang jika di ekstrak akan menghasilkan warna merah. Cara untuk mendapatkan warna tersebut, adalah dengan cara menumbuk halus biji buah pinang tua.

Untuk kamu yang belum pernah melihat buah pinang, buah ini memiliki bentuk seperti kelapa dengan ukuran yang kecil, bahkan hanya sekepalan tangan.

Pohonnya, mirip seperti pohon kelapa, namun lebih kurus dan tinggi. Batang pohonnya, biasa digunakan untuk bangunan, atau digunakan untuk lomba pinang, pada hari kemerdekaan.

2. Kunyit

Dikenal dengan warna kuningnya yang pekat dan cantik, kunyit menjadi bahan alami pewarna kain berikutnya. Sangat mudah untuk menemukan rempah yang satu ini, karena biasa digunakan untuk memasak.

Umbi kunyit sendiri, merupakan tanaman asli dari daerah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Nah, jika kamu membutuhkan warna kuning hingga jingga, untuk kain maka kunyit bisa dijadikan sebagai pewarna alami.

Cara untuk mendapatkan pewarna alami dari kunyit ini, caranya sangat mudah. Karena kamu hanya perlu memarut kunyit hingga halus, lalu direbus dan didiamkan hingga tidak panas.

Nah, air rebusan kunyit ini, bisa dijadikan pewarna alami. Jika kamu ingin membudidayakannya, kamu hanya tinggal tanam dengan cara di stek rimpang yang sudah tua.

3. Daun Suji

Sering dijadikan sebagai pewarna alami pada makanan, daun suji juga bisa dijadikan sebagai bahan alami pewarna kain loh. Daun suji ini akan menghasilkan warna hijau yang cantik.

Untuk bisa mendapatkan warna hijau pada daun suji, caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu menumbuk halus daun suji, lalu diberi air dan didiamkan selama semalam.

Keesokan harinya, air akan berubah berwarna hijau pekat, dan siap untuk dijadikan sebagai bahan alami pewarna kain.

4. Kulit Manggis

Sering dianggap tak memiliki manfaat, kulit manggis ternyata memiliki banyak fungsi. Selain bisa digunakan untuk pengobatan, kulit manggis juga bisa dijadikan sebagai bahan alami pewarna kain.

Buah manggis sendiri, merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara, tepatnya semenanjung Malaya.

Namun, kini manggis sudah banyak tumbuh, di banyak negara tropis, termasuk Indonesia. Manggis juga dikenal, karena memiliki rasa buah yang manis keasaman.

Untuk warna alami yang dihasilkan dari kulit manggis, adalah biru, ungu dan merah. Hasil warna, bisa berbeda-beda sesuai dengan kondisi kulit manggis, dan cara pengolahannya.

Cara mendapatkan warna alami tersebut, bisa diperoleh dengan cara menumbuk halus kulit manggis, lalu bubuk kulit manggis direndam menggunakan etanol dan dikeringkan.

5. Bunga Tarum/Indigo

Bunga tarum atau tom yang biasa disebut juga sebagai tanaman indigo ini, merupakan tanaman khas dari Indonesia bagian barat, yang bisa menghasilkan warna biru.

Warna biru tersebut, bisa kamu peroleh dari rendaman daun tarum, dan harus dalam jumlah yang banyak, selama semalam.

Setelah itu, air rendamannya direbus dan dikeringkan. Selanjutnya, barulah pewarna alami ini dapat digunakan sebagai pewarna kain.

6. Angsana

Jika pernah mendengar tanaman angsana, kamu bisa memanfaatkannya sebagai bahan alami pewarna kain, yang menghasilkan warna cokelat (daunnya), dan warna merah (batangnya/kayunya).

Bahkan, angsana juga disebut sebagai salah satu tanaman, penghasil kayu berkualitas baik.

Tanaman, ini banyak tumbuh di daerah hutan hujan tropika, namun kini keberadaannya sudah semakin menurun tajam.

Tidak hanya cantik, jika digunakan sebagai warna kain, kayu angsana juga sangat cantik jika dijadikan mebel. Hal tersebut dikarenakan motif serat kayunya yang indah dan kemerah-merahan.

7. Secang

Biasa dijadikan sebagai ramuan kesehatan, serutan kayu secang, ternyata juga bisa dijadikan bahan alami pewarna kain. Tanaman ini sendiri, berasal dari Asia Tenggara, dan banyak juga ditemukan di Indonesia.

Bahkan, hingga abad ke 17, serutan kayu secang menjadi perdagangan ekspor rempah-rempah yang cukup besar, ke berbagai negara di dunia.

(Baca Juga: Prediksi Tren Fashion 2021: Warna Monochrome dan Motif Minimalis)

Selain sehat untuk diminum, rebusan dari kayunya, bisa menghasilkan warna merah gading, dan banyak dimanfaatkan untuk pengecatan, bahan anyaman, pewarna makanan dan minuman serta tinta.

Nah, itu dia beberapa informasi terkait bahan alami pewarna kain, yang berasal dari tumbuhan. Terlebih, kini banyak tren fashion yang sudah mulai menggunakan pewarna alami, seperti pembuatan kain motif tie dye.

Nah, hal tersebut juga bisa dijadikan peluang usaha yang menjanjikan, di dunia fashion. Tidak hanya dijadikan baju, kamu juga bisa menggunakan kain dengan warna alami yang cantik sebagai shall, masker, hingga hijab.

Bagaimana? Mau coba memulai usaha pembuatan kain warna alami, yang selanjutnya bisa dijadikan berbagai produk bernilai?

Semua bisa dilakukan, dengan niat dan tentunya modal yang memadai. Jika masalah terbesarmu berada di modal usaha, tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengajukan pinjaman dana cepat, di CekAja.com secara online.

CekAja.com sendiri juga menyediakan banyak produk pinjaman dana cepat, dari berbagai perusahaan p2p ternama di Indonesia.

Selain itu, untuk keamanan kamu tidak perlu khawatir. Semua produk pinjaman dana cepat yang ada di CekAja.com, dijamin aman dan telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan pinjaman dana cepat terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com.