6 Bahaya Jas Hujan Ponco untuk Pengendara Motor

4 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Bahaya jas hujan ponco memang tak bisa dihindari. Pasalnya, jas hujan model ini seringkali jadi penyebab kecelakaan berkendara di mana pihak polisi pun sangat tidak menyarankannya.

Jas hujan jadi salah satu starter pack pengendara motor saat memasuki musim hujan. Namun tidak semua jenisnya direkomendasikan, contohnya saja jas hujan ponco.

Jas hujan model ponco sebaiknya dihindari, sebab bahayanya bukan hanya untuk yang menggunakan namun juga pengendara lainnya.

Pihak polisi pun bahkan sampai harus turun tangan untuk turut berulang kali mengimbau masyarakat agar tak mengenakan jas hujan ponco.

Salah Satu Dampak Penggunaan Jas Hujan Ponco

Berdasarkan informasi yang CekAja dapat dari sumber kredibel seperti Kompas.com, pada 2018 lalu terekam jelas dari bahaya jas hujan ponco.

Ya, di tahun tersebut masyarakat sempat dibuat geger karena video kecelakaan yang dialami oleh pengendara motor saat menggunakan jas hujan model ponco.

Dalam rekaman tersebut, tampak seorang wanita yang tengah dibonceng mengenakan jas hujan ponco.

Tak lama setelahnya, wanita tersebut terbalik dari jok motor dan terjatuh ke aspal.

Usut demi usut, yang membuat penumpang wanita itu terjatuh karena jas hujannya yang tersangkut masuk dalam jeruji sepeda motor.

Untungnya, banyak pengendara lain yang berhenti untuk membantu dan sepertinya pula wanita tersebut tidak terluka.

Peristiwa seperti itu sebetulnya tidak hanya terjadi satu kali saja, namun sudah berulang kali terjadi dengan situasi yang hampir serupa.

Bahaya Jas Hujan Ponco bagi Pengendara Motor

Berkaca dari kecelakaan tersebut, tentu kita sebagai pengendara motor harus lebih bijak dalam penggunaan jas hujan.

Sebab, bahaya jas hujan ponco sendiri memang sudah nyata adanya.

Nah untuk lebih meyakinkan kamu agar tidak lagi mengenakan jas hujan ponco yang umumnya menyerupai bentuk jubah ini, berikut CekAja paparkan beberapa bahaya jas hujan ponco khusus buat kamu.

1. Rentan tersangkut di ban ataupun rantai motor

Bahaya jas hujan ponco yang pertama sebetulnya masih berkaitan dengan peristiwa kecelakaan yang tadi sudah CekAja paparkan.

Karena bentuknya lebar dan panjang, jas hujan model ponco sangat rentan tersangkut di ban maupun rantai motor.

Kalau sampai hal itu terjadi, baik pengendara maupun orang yang dibonceng tentu akan terjatuh, terlebih jika si pengendara melaju dengan kecepatan di atas rata-rata.

(Baca Juga: 14 Tips Aman Terobos Genangan Air saat Berkendara)

2. Tidak sesuai standar keselamatan

Karena desainnya ini, bahaya jas hujan ponco kian nyata adanya. Sebab, jas hujan ponco sendiri dinilai tidak sesuai standar keselamatan.

Bahkan bukan cuma untuk yang mengenakannya saja namun juga bagi pengendara lainnya.

Sebagai contoh, saat digunakan untuk berkendara khususnya dalam kondisi hujan dan angin kencang. Jas hujan ponco biasanya mudah terhempas angin dan bisa-bisa menutupi bagian lampu belakang motor.

Kalau sudah begitu, pengendara lain tentunya bakal sulit untuk memahami arah tujuan dari pengendara yang mengenakan jas hujan ponco tersebut.

Jika tiba-tiba ia berbelok ke kiri sementara pengendara di belakangnya juga menerobos dari kiri, tahukan kamu apa yang bakal terjadi selanjutnya.

3. Mudah diterpa angin

Bahaya jas hujan ponco yang berikutnya juga masih berhubungan dengan pembahasan di poin kedua.

Selain desainnya yang tidak sesuai dengan standar keselamatan, jas hujan model ponco juga mudah sekali untuk diterpa angin.

Sehingga, pengendara akan lebih sulit untuk mengendarai kendaraannya, terlebih dalam kondisi hujan deras dan angin kencang.

4. Sulit terlihat saat hujan deras

Rata-rata jas hujan model ponco berwarna gelap. Karena hal inilah, polisi menyarankan agar masyarakat tidak mengenakan jas hujan model tersebut.

Sebaliknya, kamu bisa menggunakan jas hujan berwarna cerah, seperti kuning, orange, maupun merah.

Bukan untuk gaya-gayaan lho ya, namun jas hujan yang berwarna cerah justru lebih memudahkan pengendara lain untuk melihat kamu, terutama saat hujan deras.

5. Menyulitkan pengendara untuk atur keseimbangan

Bukan hanya mengganggu penglihatan dari pengendara lain saja, bahaya jas hujan juga diketahui dapat menyulitkan penggunanya untuk mengatur keseimbangan saat berkendara lho.

Walau terlihat praktis, pengendara yang memakai jas hujan model ponco pastinya bakal merasa sulit untuk berkendara, karena terpaan angin kencang yang sulit dihalau.

Ringannya bahan dari jas hujan inilah yang jadi faktor utama pengendara bakal kesulitan mengatur keseimbangannya.

6. Daya serap tidak maksimal

Siapa bilang jas hujan ponco maksimal dalam melindungi tubuh?

Justru jas hujan model inilah yang paling membuat pengendara basah kuyup, sebab daya serapnya yang kurang maksimal.

Bahkan karena bentuknya yang menyerupai jubah, bagian kaki justru tidak tertutupi sempurna sehingga kamu pun bakal tetap kedinginan, terlebih saat hujan lebat.

(Baca Juga: 5 Bahaya Mengganti Ban Motor Berukuran Besar)

Lalu, Model Jas Hujan Seperti Apa yang Cocok Digunakan?

Sudah tahukan apa saja bahaya jas hujan ponco untuk pengendara motor?

Nah, mulai dari sekarang cobalah beralih ke model jas hujan lainnya yang jelas aman dan sesuai dengan standar keselamatan berkendara.

Umumnya sih, model yang direkomendasikan untuk digunakan adalah jas hujan yang memiliki ciri-ciri, diantaranya:

  • Jas hujan yang memiliki ukuran dua kali lebih besar dari ukuran tubuh ataupun baju yang dipakai
  • Jas hujan berwarna terang
  • Jas hujan yang terbagi menjadi dua potong yakni celana dan bagian atasnya
  • Jas hujan yang sudah dilengkapi dengan material pemantul cahaya
  • Jas hujan yang minim jahitan agar air tidak mudah menembus ke dalamnya

Nah itu dia informasi mengenai bahaya jas hujan ponco hingga model jas hujannya yang paling direkomendasikan.

Selama berkendara tetaplah mematuhi aturan lalu lintas yang ada dan kalau bisa jangan melaju dari batas normalnya, terutama saat hujan.

Asuransi Kendaraan, Solusi Cerdas Aman Berkendara

Selain itu, usahakan untuk memiliki asuransi kendaraan, karena seperti yang kita tahu kondisi dan keadaan kendaraan tidak bisa ditebak, apalagi risiko kecelakaan yang terkadang datang tanpa diduga.

Untuk itu, asuransi kendaraan sangat tepat untuk dimiliki, guna mengurangi ketidakpastian risiko dan beban keuangan yang timbul akibat dari kerugian.

Nah menyoal pembelian polis asuransinya, kamu bisa mengandalkan CekAja.com.

Sebagai fintech besar yang sudah melayani jutaan masyarakat Indonesia, CekAja hadir untuk membantu kamu memilih asuransi kendaraan terbaik dari mitra yang dimiliki.

Sehingga nantinya, produk finansial yang kamu miliki ini sesuai dengan kebutuhan maupun bujetmu.

Tak perlu repot mendatangi kantor kami, kamu cukup menyertakan dokumen yang diminta dan lakukan apply secara online di sini.

Jadi, yuk langsung beli polis asuransi kendaraan di CekAja.com, dan nikmati diskon hingga 20 persen untuk tiap pengajuannya.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri