9 Buah dan Sayur Tinggi Kalori yang Gak Boleh Dikonsumsi Banyak saat Diet

Ada banyak sekali jenis buah dan sayur tinggi kalori untuk tubuh. Sayangnya, bagi yang diet, makanan tersebut justru gak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Kira-kira, kenapa ya? Yuk, cari tahu!

Berapa Kebutuhan Normalnya Kalori untuk Tubuh?

Bisa dibilang kalori adalah nilai yang menunjukkan seberapa banyak jumlah energi yang ada dalam tubuh.

Untuk memenuhi kalori yang tepat, kamu bisa memperolehnya dari buah, sayur, dan minuman yang mengandung aneka nutrisi seperti protein, gula, hingga lemak.

Kalori yang didapat dari sederet makanan dan minuman yang dikonsumsi nantinya, akan diubah menjadi energi. Nah, perubahannya inilah yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh.

Sebab, seperti yang kita tahu, energi sendiri diperlukan untuk membantu fungsi kerja organ tubuh agar lebih optimal, terutama saat beraktivitas.

Namun, kebanyakan mengonsumsi buah dan sayur tinggi kalori, justru tidak baik pula. Karena, sisa kalorinya malah berubah menjadi lemak dalam tubuh.

Untuk itu, sebelum mencicipi makanan dan minuman, ada baiknya kamu perhatikan lagi jumlah kalori yang terdapat di dalamnya.

Meskipun sebenarnya, kebutuhan kalori tiap orang itu berbeda-beda, tergantung dari usia, berat badan, tinggi badan, hingga jenis kelamin.

Normalnya, pada orang dewasa, kalori yang dibutuhkan untuk tubuh sekitar 2.0000 (khusus wanita), hingga 2.500 kalori per harinya (khusus pria).

(Baca Juga: 6 Jenis Buah Kaya Kolagen)

Lalu, Bagaimana dengan Orang yang Diet?

Rata-rata kebutuhan kalori di atas, hanya diperuntukkan bagi orang sehat dengan aktivitas fisik yang tergolong ringan.

Tetapi, lain ceritanya jika kamu sedang menjalani program diet. Saat program ini berjalan, sebaiknya kurangi asupan kalori, bila tak ingin berat badan terus bertambah.

Idealnya, saat diet, untuk pria dewasa, jumlah kalori yang dibutuhkan hanya sekitar 1.500 hingga 1.800 per harinya.

Sedangkan untuk wanita, kebutuhan kalorinya justru jauh lebih sedikit, kira-kira cuma 1.200- 1.500 kalori per hari saja.

Jenis Buah dan Sayur Tinggi Kalori

Biasanya, ketika diet, kita bakal lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur, bukan?

Memang sih, manfaatnya untuk turunkan berat badan sangat terasa, namun ternyata, ada beberapa buah dan sayur tinggi kalori, yang justru dapat menambah berat badan lho.

Nah, lewat artikel ini, CekAja akan memaparkan berbagai jenis buah dan sayur tinggi kalori, yang informasinya telah dihimpun dari banyak sumber. Yuk, simak

1. Alpukat

Banyak dari kita mungkin yang berpikiran bahwa alpukat sangat cocok untuk diet. Namun faktanya, alpukat termasuk salah satu buah tinggi kalori lho.

Untuk satu buah alpukat berukuran besar, kalorinya sekitar 332. Kalori ini tentu saja tergolong besar, sebab alpukat sendiri mengandung lemak tinggi, kira-kira mencapai lebih dari 15 gram.

Untuk itu, jika kamu tengah menjalankan program diet, ada baiknya agar tidak mengonsumsi alpukat secara berlebihan, seperti hampir setiap harinya. Karena yang ada justru program dietmu gagal total.

2. Pisang

Selain alpukat, buah tinggi kalori yang juga pantang untuk dikonsumsi banyak saat diet adalah pisang.

Untuk tiap pisang yang berukuran 100 gr, kandungan kalorinya dapat mencapai 89-100 kalori.

Kalorinya itu diperoleh dari karbohidrat, kalsium, hingga fosfor. Makanya, tak heran jika pisang dianggap sebagai sumber energi terbaik untuk tubuh karena kandungannya tersebut.

3. Anggur

Kamu suka makan anggur sebagai camilan saat diet? Boleh saja sih, tapi ingat, jangan kebanyakan ya. Karena, anggur pun termasuk buah tinggi kalori lho.

Buah ini mengandung sekitar 114 kalori, terutama untuk jenis anggur hijau tanpa biji, yakni buah Sultana. Tiap 28 gram-nya diketahui mengandung 91 kalori, cukup tinggi bukan?

Oleh karena itu, ketimbang mengonsumsi setiap hari, lebih baik diatur kembali waktunya dan idealnya sih hanya mengonsumsi anggur sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

4. Mangga

Buah tinggi kalori lainnya adalah mangga. Buah dengan rasa manis dan banyak difavoritkan ini, faktanya mengandung sekitar 99 kalori. Kalorinya diperolah dari jumlah karbohidrat yang juga tergolong besar.

Meski begitu, buah mangga tetap memiliki manfaat baik untuk kesehatan, diantaranya seperti memelihara kesehatan mata, mencegah risiko kanker, hingga efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Pir

Kaya akan kandungan lemak, pir justru juga termasuk jenis buah tinggi kalori. Terdapat sekitar 58 kalori yang ada dalam pir, untuk tiap 100 gram-nya.

Meski begitu, selama program diet, kamu juga masih bisa mengonsumsi pir selama batas wajar.

Karena sebenarnya, buah ini pun memberikan efek kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan banyak jadi berkurang.

Tidak hanya itu saja, dengan kandungan vitamin dan mineral pentingnya, pir juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, sekaligus mencegahnya dari risiko kanker maupun diabetes tipe 2.

6. Wortel

Beralih dari buah-buahan, berikutnya yang bakal kita bahas adalah jenis sayur tinggi kalori. Pertama, dalam daftar ini ada wortel yang ternyata mengandung 41 kalori untuk tiap 100 gram-nya.

Walau jumlahnya tidak sebesar buah-buahan di atas, namun tetap saja wortel dianggap tinggi kalori terutama jika dibandingkan dengan sayuran hijau seperti bayam.

(Baca Juga: 5 Bahaya Mengonsumsi Makanan Berminyak)

7. Jagung

Kaya akan kandungan tepung pati membuat jagung tergolong sayuran tinggi kalori. Bayangkan saja, dalam 100 gram-nya ternyata jagung mengandung 125 kalori, angka yang sangat tinggi bukan?

Apalagi nih, jika kamu mengonsumsi jagung dalam keadaan dibakar dengan tambahan mentega. Bisa jadi, program diet yang kamu jalani berujung sia-sia lho.

8. Kentang

Siapa yang suka makan kentang rebus atau goreng? Meski dapat menggantikan peranan nasi, tapi nyatanya tiap 100 gr kentang sudah terkandung 76,7 kalori.

Itu juga untuk jenis kentang yang direbus. Beda halnya kalau yang kamu konsumsi adalah kentang goreng. Sebab, kentang goreng mengandung sekitar 311 kalori.

Nah sumber kalorinya sendiri ternyata berasal dari karbohidrat. Karbohidrat yang terlalu banyak dan tidak terpakai dalam tubuh, justru dapat berubah menjadi lemak.

Itulah kenapa, orang-orang yang diet tidak dianjurkan bahkan pantang untuk makan kentang goreng.

9. Daun Pepaya

Terakhir, jenis sayur tinggi kalori adalah daun pepaya. Walau punya rasa yang pahit, daun pepaya tak jarang diolah menjadi sayur tumis pedas.

Tiap 100 gram-nya, diketahui mengandung 79 kalori. Jumlah yang tentunya tak jauh berbeda dengan mengonsumsi satu kentang rebus.

Nah, itu dia informasi mengenai jenis buah dan sayur tinggi kalori. Konsumsilah buah dan sayur tersebut hanya dalam batas wajar ya.

Sebab, dampaknya tak hanya membuat seseorang mengalami kelebihan berat badan, namun juga berisiko mengalami penyakit jantung hingga kanker.

Apabila kamu mulai merasakan berbagai keluhan pada tubuh, maka ada baiknya untuk segera berobat ke dokter, serta memiliki asuransi kesehatan.

Dengan asuransi kesehatan, segala risiko penyakit, kecelakaan, hingga risiko kerugian akibat ongkos medis jauh lebih ringan. Asuransi ini bisa kamu dapatkan di CekAja.com.

Kenapa CekAja? Soalnya, CekAja.com hadir untuk membantu masyarakat Indonesia untuk menentukan keputusan finansialnya terutama menyoal asuransi kesehatan.

Kamu dapat membeli polis ataupun membandingkan dulu seluruh produk asuransi kesehatan yang ada di CekAja. Sehingga nantinya asuransi yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan dan bujetmu.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung beli polis asuransi kesehatan di CekAja.com, dan dapatkan segala manfaatnya.