10 Cara Menabung Uang Jajan untuk Pelajar Agar Semakin Semangat!

Sebagian orang mungkin merasa menabung merupakan hal yang berat dan sulit untuk dilakukan, padahal kenyataannya tidak, berikut ini adalah cara menabung uang jajan bagi pelajar agar semakin semangat!

10 Cara Menabung Uang Jajan untuk Pelajar Agar Semakin Semangat!

Menabung merupakan hal yang sulit untuk sebagian orang. Pasalnya, banyak yang gagal menyimpan uangnya untuk dibelikan barang atau hal lain.

Agar tidak gagal, dan menjadi semakin semangat dalam menabung, kamu bisa mengikuti beberapa Cara menabung uang jajan bagi pelajar berikut ini!

10 Cara Menabung Uang Jajan Untuk Pelajar

1. Menentukan Target

Cara menabung uang jajan untuk pelajar yang pertama adalah menentukan target. Sebab, dengan adanya target, kamu akan semakin bersemangat dalam menabung.

Misal, kamu menargetkan dalam 1 bulan tabungan terisi Rp1 juta. Dengan adanya target ini, tentu kamu akan lebih semangat agar uang bisa cepat terkumpul sesuai dengan hari yang ditentukan.

Adapun target lain seperti untuk membeli handphone, video game, atau barang lainnya yang sudah kamu incar.

Dengan begitu, motivasi untuk menabung akan semakin tinggi, kamu juga tidak akan cepat goyah untuk menggunakan uang tabungan tersebut.

(Baca Juga: 6 Tips Menabung Ala Milenial)

2. Mengurangi jajan atau kegiatan nongkrong

Umumnya, pelajar paling suka jajan atau nongkrong ketika pulang sekolah atau saat akhir pekan. Perlu diketahui, kegiatan ini tentu akan menghabiskan uang kamu.

Terlebih, sebagai pelajar, tentu uang sakumu terbatas. Jika digunakan untuk jajan atau nongkrong secara terus menerus, tentu akan cepat habis dan kegiatan menabung tidak bisa dilakukan.

Namun, bukan berarti kamu tidak boleh jajan atau nongkrong bersama temanmu ya. Kamu hanya perlu mengurangi intensitas kegiatan tersebut.

Pastikan juga, kamu menyisihkan sebagian uangmu terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas tersebut.

3. Menyisihkan Uang Jajan

Menyisihkan uang jajan menjadi cara menabung uang jajan yang paling ampuh. Mungkin cara ini akan terasa sulit. Tetapi, meski sulit cobalah secara perlahan untuk menyisihkannya.

Kamu bisa memulai dengan nominal yang kecil terleih dahulu. Sebab, sedikit demi sedikit, lama-lama akan menjadi bukit.

Atau, kamu juga bisa menyisihkannya setiap minggu. Perhitungkan terlebih dahulu kebutuhanmu, kemudian sisa uang saku yang dimiliki bisa kamu tabung.

Agar lebih mudah, sisihkan uang jajan saat awal mendapatkan uang tersebut. Sebab, dengan begitu, uang tersebut tidak akan terpakai oleh kebutuhan yang tidak sengaja.  

4. Mengumpulkan Uang Receh

Uang receh kerap kali diabaikan oleh sebagian besar orang. Padahal, uang receh ini masih memiliki nilai. Bahkan, jika dikumpulkan sedikit demi sedikit, lama kelamaan nominalnya pun akan semakin besar.

Cara menabung satu ini sebenarnya cukup mudah. Kamu bisa menyimpan uang receh yang kamu miliki pada wadah khusus, atau dalam celengan.

Jika memungkinkan, kamu juga bisa memasukkan uang dengan nominal yang lebih besar. Jika dilakukan secara rutin, lama kelamaan tabunganmu tentu akan menghasilkan nominal yang besar.

5. Membawa Bekal

Membawa bekal menjadi salah satu cara menabung uang jajan yang bisa pelajar terapkan. Dengan membawa bekal, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang saku untuk membeli makanan.

Sehingga, uang saku yang telah diberikan oleh orang tua, bisa segera kamu tabungkan semuanya, dan tabungan akan lebih cepat banyak jumlahnya

Selain itu, biasanya bekal akan lebih sehat dibandingkan dengan membeli jajanan, yang belum pasti kesehatannya.

6. Menabung dengan Sistem Nominal Ditentukan

Cara menabung uang jajan yang saat ini sedang tren adalah dengan sistem nominal. Jadi, kamu akan menabung di sebuah celengan, dimana bagian luar celengan tersebut telah berisi sejumlah nominal yang perlu ditabung.

Misal, kamu memiliki target menabung Rp5 juta. Maka akan ada nominal uang yang perlu ditabung setiap waktunya.

Besaran nominal yang ditulis bisa bervariasi. Setelah menabung, kamu bisa mencoret bagian nominal yang ditabungkan.

Dengan begitu, kamu juga bisa melihat seberapa besar uang yang telah ditabung, dan berapa jumlah uang yang diperlukan agar tabungan mencapai target.

7. Memulai Bisnis

Sebagai pelajar, tentu keuanganmu akan terbatas. Sebab, sumber pendapatan yang kamu miliki adalah uang jajan yang diberikan orang tua.

Agar bisa menabung dan mendapatkan uang jajan lebih, kamu bisa memulai bisnis sejak dini. Mulai dari bisnis online, atau bekerja sebagai freelance.

8. Menabung dengan Investasi

Gen milenial saat ini sedang gempar-gemparnya melakukan investasi. Sebab, investasi mampu memberikan keuntungan di masa depan.

Dengan investasi, keuangan di masa depan menjadi lebih terjamin. Apalagi, kamu bisa mendapatkan keuntungan.

Investasi ini ada banyak jenisnya, mulai dari reksadana, obligasi, emas, saham, ataupun properti. Kamu juga bisa menabung deposito, yang memiliki risiko kerugian yang lebih kecil.

Sebab, perlu diketahui, dibalik keuntungan besar yang bisa dihasilkan dari investasi, risiko kerugian yang ditanggung cukup besar.

Sehingga, perlu teliti dan melakukan riset terlebih dahulu sebelum memulai investasi.

9. Arisan

Arisan menjadi cara menabung uang jajan yang paling sering dilakukan oleh para pelajar. Kegiatan ini juga cukup menyenangkan dan dapat menambah semangat kamu dalam menabung.

Dengan arisan, kamu diharuskan konsisten dalam menabung, sebab, setiap bulan atau minggunya kamu diharuskan menyerahkan sejumlah uang untuk membayar arisan.

Jumlah dana yang kamu terima juga akan besar nantinya. Misal setiap bulan kamu membayar uang arisan sebesar Rp100 ribu, dengan jumlah anggota arisan 20 orang.

Maka total dana yang akan di dapatkan nantinya sebesar Rp2 juta. Jumlah ini lumayan banyak untuk seorang pelajar.

10. Membuka Rekening Tabungan

Cara menabung uang jajan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuka rekening khusus untuk tabungan.

Dengan membuka rekening tabungan, maka kamu bisa memisahkan uang untuk jajan dan uang yang di khususkan untuk ditabung.

Dengan begitu, uang milikmu tidak akan bercampur. Sebab, jika tercampur, kamu bisa saja secara tidak sadar memakai uang tabungan untuk keperluan lainnya.

(Baca Juga: 5 Rekomendasi Bank yang Bagus untuk Menabung)

Jenis rekening tabungan saat ini sudah ada banyak pilihannya. Kamu bisa memilih jenis tabungan dengan setoran awal minim, dan biaya administrasi yang kecil agar meringankan proses menabung.

Agar lebih mudah dalam memilih jenis rekening tabungan, kamu bisa melakukan perbandingan antar rekening melalui CekAja.com

Kamu juga bisa mengajukan kepemilikan tabungan melalui CekAja.com. Sebab, proses pengajuan di sana terbilang cukup praktis, cepat, dan juga mudah.

Apalagi, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi pelayanan yang diberikan sudah pasti aman untuk kamu gunakan.

Nah, tunggu apalagi? Yuk, segera ajukan rekening tabungan dari sekarang!