4 Cara Menjernihkan Air Kotor secara Alami, Yuk Coba di Rumah!

Menjernihkan air cuma bisa dilakukan secara kimia saja? Enggak dong! Sebab ada cara alaminya lho. Nah, lewat artikel ini, CekAja bakal berbagi cara menjernihkan air kotor secara alami. Yuk, dicek.

Advertisement

Selamat Hari Air Sedunia, Ya!

Pembahasan mengenai cara menjernihkan air kotor secara alami ini, memang secara khusus CekAja rangkum guna memperingati Hari Air Sedunia, atau disebut pula World Water Day.

Hari Air Sedunia diperingati tepat hari ini (22/3), di mana tujuannya adalah untuk memperingatkan masyarakat global betapa pentingnya sumber air bersih bagi keseimbangan hidup.

Pasalnya, seperti yang kita tahu, ketersediaan air bersih belum dirasakan secara merata oleh masyarakat. Khususnya bagi mereka yang tinggal di negara terbelakang seperti Yaman, Ethiopia, dan India.

Untuk itulah, Hari Air Sedunia ada dan dianggap sebagai aksi nyata untuk menuntaskan krisis air secara global.

Di tahun ini, PBB secara khusus menggunakan tema Valuing Water atau menghargai air.

Tema tersebut dipilih sebab dinilai selaras dengan tujuan utama terciptanya Hari Air Sedunia.

Apalagi di tahun ini pula, dunia tengah diterpa masalah pandemi Covid-19, di mana semua orang selalu diwajibkan untuk mencuci tangan agar terhindar dari virus tersebut.

Alhasil, pasokan air bersih untuk mencegah penularan virus Covid-19 menjadi salah satu hal yang penting.

(Baca Juga: Ini Dia 11 Manfaat Air Zam Zam)

Kenapa Manusia Perlu Air Bersih?

Manfaat air dalam kehidupan manusia bisa dibilang kompleks. Karena, fungsinya enggak hanya untuk digunakan saat mandi ataupun mencuci saja.

Lebih dari itu, di beberapa negara, contohnya Singapura, pemakaian air ditujukan untuk memasak bahkan diminum.

Makanya, ketersediaan air bersih sangat diperlukan secara merata. Sebaliknya, menggunakan air yang tercemar tentu saja akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

Dalam air yang sudah tercemar biasanya banyak terkandung kotoran dan bakteri jahat, yang dapat mengakibatkan seseorang terserang penyakit.

Penyakit yang diderita pun beragam, bahkan efeknya sendiri bisa sangat berbahaya bagi tubuh, jika disepelekan.

Cara Menjernihkan Air secara Alami

1. Gunakan metode merebus air

Cara menjernihkan air kotor secara alami yang pertama adalah dengan merebus air tersebut. Cara ini termasuk yang paling tradisional, dan masih sering dilakukan oleh ibu rumah tangga.

Namun, teknik merebusnya juga enggak boleh sembarangan. Asal memasak air hingga mendidih saja enggak cukup lho.

Sebab, kamu mesti memperhatikan dengan jeli ketentuan merebus air yang benar, khususnya yang berasal dari aliran keran rumah.

Apabila ingin merebus air, pastikan dulu bahwa air tersebut benar-benar sudah bersih, alias tidak memiliki kotoran tertinggal seperti pasir atau batu.

Jika masih terdapat kotoran, kamu bisa menyaringnya terlebih dulu sampai bersih. Setelahnya, rebuslah air hingga mencapai suhu 100 derajat Celsius, dalam kurun waktu paling lama 10 menit.

Tujuan dilakukannya perebusan air pada suhu dan waktu tertentu tak lain adalah untuk membunuh berbagai kuman yang mungkin masih terdapat dalam air tersebut.

2. Menggunakan metode penyulingan

Selain dengan cara merebus air, kamu pun bisa mencoba cara menjernihkan air kotor secara alami yang berikut ini.

Dikenal dengan sebutan metode penyulingan, cara ini sebetulnya hampir serupa dengan metode merebus air.

Hanya saja, selama proses penyulingan dilakukan, yang diambil adalah uap air dari sisa rebusan air tersebut.

Uap airnya sendiri nanti akan dialirkan ke tempat minum yang bakal dikonsumsi. Nah, metode penyulingan umumnya dilakukan dengan dua pilihan cara, yakni cara tradisional dan cara modern.

Penyulingan dengan cara tradisional dianggap kurang efektif, karena jumlah energi yang dibutuhkan tergolong besar, alhasil biaya yang dikeluarkan pun mesti banyak.

Sebaliknya, penyulingan dengan cara modern dinilai lebih praktis dan efisien, sebab mengandalkan proses filterisasi maupun resin penuklar Ion.

3. Menggunakan metode gravitasi

Cara menjernihkan air kotor secara alami yang berikutnya adalah dengan menggunakan metode gravitasi.

Metode ini seringnya dilakukan oleh mereka yang gemar camping atau melakukan aktivitas di luar rumah.

Nah, untuk mencoba metode gravitasi, kamu dapat memanfaatkan potongan kain bersih.

Lalu, kain tersebut dicelupkan dalam wadah berisi air yang akan dijernihkan.

Letakkan wadah ke tempat yang jauh lebih tinggi, dan biarkan kain dalam posisi menjuntai dari dalam wadah untuk menampung air bersih di wadah lainnya.

4. Memanfaatkan batok kelapa

Cara menjernihkan air kotor secara alami yang lainnya ialah dengan memanfaatkan batok kelapa. Batok kelapa ini dapat kamu gunakan sebagai karbon aktif untuk penjernihan air.

Cara mengolah batok kelapa menjadi karbon aktif juga relatif mudah. Pertama adalah dengan menggunakan peralatan drum berpenutup.

Sementara alternatif lainnya melalui proses penggilingan arang tempurung hingga menghasilkan karbon aktif maupun serbuk arang.

Nah, itu dia beberapa cara menjernihkan air kotor secara alami. Informasi lainnya mengenai pemanfaatan air atau seputar lifestyle, juga bisa kamu temukan lewat laman CekAja.com.

(Baca Juga: Cara Cek Tagihan dan Pembayaran PDAM Online)

Mau Lebih Mudah Bayar PDAM? CekAja.com Solusinya!

Sebagai masyarakat yang taat, jangan lupa juga ya untuk membayar tagihan PDAM agar jumlahnya enggak menumpuk.

Kalau tak mau repot, kamu bisa lho membayar tagihan PDAM dengan menggunakan kartu kredit.

Pemakaian kartu kredit tentu saja akan memudahkan kamu membayar tagihan bulanan seperti PDAM, listrik, hingga berlangganan internet dan tv kabel.

Jika belum memiliki kartu kredit, kamu bisa lho mengajukannya lewat CekAja.com. Di CekAja tersedia lengkap jenis kartu kredit untuk berbagai kebutuhanmu.

Kartu kredit di CekAja sendiri merupakan produk dari mitra bank terbaik yang dimiliki.

Pengajuan kartu kreditnya dapat dilakukan secara online dengan menyertakan berbagai dokumen penunjang, seperti fotocopy KTP, NPWP, hingga slip gaji.

Untuk tahapannya, kamu bisa langsung klik tabel pengajuan kartu kredit CekAja di bawah ini, atau mengakses halaman utama situs CekAja.com terlebih dulu, untuk melalukan perbandingan maupun pengajuan.

Setelah membuka situs utama, langsung saja klik menu “Kartu Kredit – Semua Kartu Kredit”.

Lalu cek varian kartu kreditnya berdasarkan kategori, baik itu kartu kredit promosi, cashback, rewards, hingga kartu kredit wanita.

Kemudian langsung pilih kartu kredit yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan maupun bujetmu, dan ajukan secara online sesuai dengan instruksi yang diminta melalui laman CekAja.com.

Gimana, mudah bukan? Yuk, langsung saja cek produk kartu kredit dari CekAja, dan nikmati kemudahan membayar berbagai tagihan bulanan.

Advertisement