11 Manfaat Air Zam Zam untuk Kesehatan Tubuh, Halal dan Aman Dikonsumsi!

Bagi umat Islam, mereka pasti sudah tidak asing dengan banyaknya manfaat air zam zam yang diberikan. Pasalnya, air yang dipercaya sebagai air suci ini, diketahui mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Advertisement

Buat kamu yang belum tahu, air zam zam merupakan air yang selalu dijadikan sebagai buah tangan wajib, oleh mereka yang baru pulang beribadah haji maupun umrah dari Tanah Suci.

Air zam zam sendiri tidak hadir begitu saja, melainkan ada sejarah khusus, yang akhirnya membuat air ini dikenal sebagai air suci dengan segudang manfaat.

Jika kamu ingin tahu apa saja manfaat air zam zam beserta sejarah kehadirannya, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Asal Usul Air Zam Zam

Poin pertama yang akan diulas mengenai air zam zam, yaitu asal usulnya. Ya, sebelum kamu tahu lebih jauh mengenai manfaat air zam zam, ada baiknya ketahui terlebih dahulu sejarah kehadirannya.

Jadi, air zam zam sebenarnya muncul dalam kisah Siti Hajar. Yang mana pada masa itu, Siti Hajar sedang berusaha mencari makanan atau minuman untuk anaknya, yaitu Ismail AS.

Dalam upaya mencari makanan atau minuman, Siti Hajar berlari tujuh kali bolak balik dari Bukit Safa ke Bukit Marwah.

Namun sayangnya, selama berlari tujuh kali bolak balik, Siti Hajar tidak menemukan apapun yang bisa diminum oleh anaknya.

Lalu seketika, Nabi Ismail AS menghentakan kaki dan muncul mata air. Menariknya, mata air tersebut masih memancar sampai saat ini dan dikenal dengan sebutan air zam zam, yang artinya berkumpulah.

Zam zam adalah sebutan dari bahasa Arab yang berarti banyak atau melimpah. Maka dari itu, tidak heran apabila air zam zam keberadaannya hingga saat ini selalu melimpah, dan tidak pernah kekeringan meskipun sedang musim kemarau.

Hal itulah yang menjadi salah satu keistimewaan air zam zam, karena jumlahnya yang tak terbatas, meskipun sudah diambil jutaan orang setiap harinya dari seluruh dunia.

Sebagai informasi tambahan, air zam zam bersumber dari sumur zam zam, yang letaknya berjarak 38 hasta dari Kabah.

(Baca Juga: Manfaat Minum Air Putih 2 Liter Sehari)

Kandungan Air Zam Zam

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui asal usul hadirnya air zam zam, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui kandungan nutrisinya.

Hal tersebut karena, air zam zam dikenal memiliki segudang manfaat baik, termasuk untuk kesehatan tubuh. Sehingga, kandungan nutrisi yang dimiliki air zam zam pun sudah seharusnya sangat banyak.

Jika kamu ingin tahu secara lengkap apa saja kandungan nutrisi yang dimiliki air zam zam, yuk simak uraian berikut ini!

  • Antimony
  • Beryllium
  • Besi
  • Bismuth
  • Bromine
  • Bikarbonat
  • Flour
  • Iodine
  • Kalium
  • Kalsium
  • Kobalt
  • Kromium
  • Klorida
  • Magnesium
  • Mangan
  • Molybdenum
  • Natrium
  • Nitrat
  • Nitrit
  • Selenium
  • Sodium
  • Sulfat
  • Titanium
  • Zat organik
  • Zat padat terlarut.

Manfaat Air Zam Zam

Ini dia hal yang ditunggu-tunggu, yaitu pembahasan mengenai manfaat air zam zam. Seperti yang diketahui, manfaat air zam zam ada sangat banyak, khususnya untuk kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, di bawah ini CekAja.com telah merangkum 11 manfaat di antaranya, yang akan diulas secara lengkap sebagai berikut.

1. Sebagai sumber cairan yang baik

Manfaat air zam zam yang pertama, yaitu sebagai sumber cairan yang baik. Hal itu karena, air zam zam mengandung fluoride yang tinggi, sehingga menjadikannya sebagai air paling murni.

Tidak hanya itu, air zam zam pun mengandung bikarbonat yang sangat tinggi, bahkan melebihi kandungan bikarbonat dalam air dari Pegunungan Alpen Prancis.

Satu hal yang menarik dari air zam zam, yaitu bebas dari kuman, bakteri, maupun kontaminan berbahaya lainnya setelah dilihat dari hasil uji coba tes ultraviolet, seperti yang dilansir cnnindonesia.com.

2. Memperlancar sirkulasi darah

Buat kamu yang ingin memperlancar sirkulasi darah, kamu bisa loh coba mengonsumsi air zam zam secara rutin. Tentunya sesuai dengan kadar yang dibutuhkan tubuh, ya!

Pasalnya, sirkulasi darah biasanya terganggu akibat kebiasaan tidak sehat, seperti mengonsumsi banyak makanan berlemak tinggi, yang menyebabkan munculnya timbunan lemak dalam pembuluh darah.

Jika hal itu dibiarkan begitu saja, maka dapat berakibat fatal bagi tubuh, karena dapat menyebabkan kematian.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut, yaitu dengan mengonsumsi air zam zam secara rutin.

3. Mencegah osteoporosis

Selain dua manfaat di atas, air zam zam juga berguna dalam mencegah osteoporosis. Hal itu bisa terjadi, karena air zam zam mengandung mineral kalsium yang tinggi, yaitu sekitar 300 mg – 340 mg per liter.

Kandungan mineral kalsium itu pun, diketahui melebihi kandungan kalsium pada air mineral biasa, yang hanya berada di kisaran angka 28 mg – 32 mg per liter.

4. Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Di urutan keempat ada menjaga kesehatan mulut dan gigi. Sama seperti manfaat air zam zam lainnya, manfaat ini bisa didapat apabila air zam zam diminum secara rutin.

Adanya kandungan magnesium dan fluoride yang tinggi dalam air zam zam, terbukti berkhasiat dalam menjaga kesehatan mulut secara menyeluruh. Tidak hanya itu, kandungan fluoride pun ternyata mampu menekan risiko karies gigi.

5. Menutrisi janin

Manfaat air zam zam yang kelima, yaitu menutrisi janin. Ketika sedang mengandung, ibu hamil harus banyak mengonsumsi makanan dan minuman sehat bernutrisi.

Sebab, dalam perkembangannya janin membutuhkan karbohidrat, protein, vitamin dan asam folat. Itu semua tentunya bisa didapat janin dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sang ibu.

Oleh sebab itu, ibu hamil wajib mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, salah satunya yaitu air zam zam karena memberikan efek baik untuk janin.

6. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat berikutnya, yaitu menjaga kesehatan tulang. Tingginya kandungan kalsium yang dimiliki air zam zam, sangat baik untuk mencegah risiko tulang prematur.

Dengan begitu, mengonsumsi air zam zam secara rutin, dapat menjaga kesehatan tulang dengan baik.

Sebab, tulang mampu menyerap vitamin serta mengambil manfaatnya, untuk pertumbuhan yang semakin baik.

7. Meregenerasi sel kulit mati

Siapa sangka, kalau ternyata air zam zam juga memberikan khasiat dalam segi kecantikan.

Yang mana, air zam zam di sini mampu meregenerasi sel kulit mati, dan menggantinya dengan sel kulit baru.

Terjadinya pergantian sel kulit mati, ditujukan untuk mencerahkan kulit wajah. Cara yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan membersihkan wajah pakai air zam zam secara rutin.

Selain itu, jika persediaan air zam zam yang kamu miliki cukup banyak, maka kamu bisa menggunakannya sebagai air untuk berwudhu.

8. Meningkatkan energi dan metabolisme tubuh

Tak hanya meningkatkan energi, air zam zam juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Manfaat air zam zam ini bisa kamu dapatkan dan nikmati, karena air zam zam mengandung kalsium dan magnesium tinggi, yang mampu mengatasi rasa lelah.

Sehingga dengan mengonsumsi air zam zam, energi dalam tubuh menjadi bertambah, dan air zam zam pun secara tidak langsung “memberi makan” sel-sel dalam tubuh.

9. Mencegah risiko kanker

Sebagai salah satu penyakit paling berbahaya yang sangat dihindari, kanker nyatanya bisa diatasi dengan konsumsi air zam zam secara rutin.

Namun dalam hal ini, air zam zam berperan sebagai terapi untuk beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kolorektal dan ovarium.

Manfaat air zam zam sebagai terapi untuk kanker bisa terjadi, karena air zam zam bersifat basa (alkali) dan mengandung banyak mineral baik.

Untuk air alkali sendiri, ia diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang kuat serta efek antikanker.

Sehingga mampu melindungi DNA dari kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh, yang menjadi penyebab utama penyakit kanker.

Di samping itu, air zam zam juga memiliki ion kalsium dan magnesium, yang konsentrasinya hampir dua kali lipat dibandingkan konsentrasi dalam air mineral kemasan.

Cukupnya kandungan kalsium milik air zam zam, terbukti dapat mengurangi kanker usus dan payudara. Sedangkan kandungan magnesium dapat mencegah peluang penyebaran sel kanker.

10. Menurunkan kadar kolesterol

Tahukah kamu, kalau mengonsumsi air zam zam secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol.

Manfaat air zam zam yang satu ini terbukti dari penelitian yang dilakukan kepada hewan uji. Sebab setelah diberikan air zam zam, hewan uji tersebut mengalami penurunan kadar kolesterol yang cukup drastis.

Adapun penyebab turunnya kadar kolesterol tersebut, diperkirakan akibat banyak mineral yang terkandung dalam air zam zam, seperti fluoride, kalium, kalsium, klorida, magnesium dan sodium yang tinggi.

11. Merangsang sistem reproduksi

Manfaat air zam zam yang terakhir, yaitu merangsang sistem reproduksi wanita. Air zam zam pernah beberapa kali digunakan sebagai metode untuk mengatasi gagalnya implantasi sel telur.

Tidak hanya itu, air zam zam juga mampu merangsang berbagai komponen pada endometrium atau rahim, yang dibutuhkan untuk reproduksi.

Kedua hal itu tentunya bisa terjadi, karena air zam zam mengandung kalsium dan magnesium tinggi.

(Baca Juga: Manfaat Air Tajin Bagi Kesehatan)

Nah sejumlah manfaat air zam zam, kini sudah kamu ketahui secara lengkap informasinya di pembahasan sebelumnya.

Semua manfaat tersebut bisa kamu dapat, apabila air zam zam dikonsumsi secara rutin, namun tetap sesuai kadar yang dibutuhkan tubuh.

Dengan mengonsumsinya secara rutin, tubuh sudah pasti akan jauh lebih sehat, bugar dan terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya.

Meski begitu, kamu tidak bisa mengandalkan air zam zam untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada baiknya, kamu juga turut memaksimalkan perlindungan tubuh dengan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila nantinya terjadi sesuatu hal pada kesehatanmu, maka kamu bisa langsung memeriksakannya ke dokter, tanpa khawatir dengan besarnya biaya yang harus dibayarkan, karena sudah ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Untuk itu, buat kamu yang hingga saat ini belum memiliki asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga!

Advertisement