Daftar Saham Blue Chip Terbaik Tahun 2021, Jadi Bagian dari Perusahaan Besar di Indonesia

Beberapa daftar saham blue chip terbaik menjadi referensi calon investor untuk memulai investasi mereka. Jadi mau pilih mana nih, investasi saham blue chip atau cryptocurrency yang sedang trend?

Bagi para investor pemula pasti sering mendengar saham blue chip yang sering disarankan oleh para broker. Saham blue chip ini diklaim sangat bagus untuk investasi karena harganya yang sedang anjlok saat ini dari harga tertingginya.

Bila dibandingkan dengan cryptocurrency, saham blue chip lebih aman. Ada banyak daftar saham blue chip terbaik yang populer di Indonesia.

Saham ini populer karena berasal dari perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia yang mempunyai reputasi bagus serta gampang diperjualbelikan di bursa saham.

Peminat saham blue chip juga semakin banyak. Kali ini kita akan informasikan daftar saham blue chip terbaik di tahun 2021 agar para investor pemula paham mana yang terbaik.

Simak terus artikel daftar saham blue chip terbaik di 2021 ini ya!

(Baca Juga: Macam-macam Tabungan dan Investasi Jangka Pendek Terbaik)

Daftar Saham Blue Chip Terbaik

Sudah ada sekitar 600 saham blue chip yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia saat ini. Dari sekian banyak saham blue chip yang terdaftar bisa menjadi referensi untuk berinvestasi.

Dan pasti ada beberapa yang masuk dalam jajaran saham blue chip terbaik dan menguntungkan yang direkomendasikan untuk investor.

Berikut daftar saham blue chip terbaik di tahun 2021.

1. Bank Central Asia (BCA) – BBCA

Bank Central Asia BBCA - Saham Blue Chip Terbaik Tahun 2021

BCA adalah salah satu bank swasta paling besar di Indonesia dengan jaringan yang terbaik. Dengan jaringan yang bagus dan terluas ini nasabah BCA juga sangat banyak mencapai jutaan.

Perusahaan ini dikelola dengan baik dan efisien dan itu terlihat pada Return On Asset (ROA) yang paling tinggi diantara bank-bank lain serta tingkat kredit macetnya yang rendah. Kode saham Bank BCA adalah BBCA. 

2. Bank Rakyat Indonesia – BBRI

Bank Rakyat Indonesia BBRI - Saham Blue Chip Terbaik Tahun 2021

Daftar saham blue chip terbaik selanjutnya adalah saham Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang memiliki banyak peminat. Performa saham BRI juga sangat baik.

Per 31 maret, saham BRI memiliki kapitalisasi pasar yang fantastis senilai Rp 372,35 triliun. Jumlah saham BRI yang beredar di pasar sebanyak 123.345.810.000.

Performa saham BRI yang bagus tak lepas dari kinerjanya yang terus berkomitmen memberikan pinjaman kredit bagi UMKM. 

3. Unilever Indonesia – UNVR

Unilever Indonesia UNVR - Saham Blue Chip Terbaik Tahun 2021

Unilever Indonesia atau yang memiliki kode saham UNVR ini menjadi salah satu yang masuk daftar saham blue chip terbaik di 2021 ini.

Unilever adalah perusahaan consumer goods paling besar di Indonesia, dimana ada banyak sekali brand terkenal yang beredar di masyarakat.

Saham UNVR ini selalu memiliki Return Of Equity diatas 100% sejak 2014. Nilai angka diatas 100% ini artinya dari setiap 1 rupiah modal pemegang saham bisa mendapatkan profit lebih dari 1x modal.

Sebagai salah satu yang masuk daftar saham blue chip terbaik, saham UNVR dikatakan hampir tidak mempunyai utang bank karena pendapatan perusahaan sangat besar dibandingkan dengan asetnya. 

4. Telekomunikasi Indonesia – TLKM

Telekomunikasi Indonesia TLKM - Saham Blue Chip Terbaik Tahun 2021

Selanjutnya ada perusahaan jasa telekomunikasi terbesar di Indonesia yang masuk daftar saham blue chip terbaik di 2021.

Saham TLKM memiliki kapitalisasi pasar Rp 313,04 triliun per Maret 2020 dengan jumlah saham yang beredar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 99.062.216.600.

Meskipun dalam kondisi ekonomi yang bisa dibilang terpuruk, TLKM selalu konsisten berhasil mendapatkan keuntungan bersih setiap tahunnya.

TLKM memiliki ROE yang terus tumbuh mencapai angka 22,03 persen. Perusahaan Telekomunikasi Indonesia ini juga setiap tahunnya selalu membagikan dividennya kepada pemegang saham.

Ini mengindikasikan kalau perusahaan itu bekerja dengan baik. Dalam 10 tahun belakangan TLKM menjadi saham blue chip favorit karena sahamnya yang terus tumbuh dan konsisten.

5. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk – ICBP

PT Indofood ICBP- Saham Blue Chip Terbaik Tahun 2021

Perusahaan selanjutnya yang masuk daftar saham blue chip terbaik adalah PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dengan kode saham ICBP.

ICBP terkenal karena merupakan produk mie instan terpopuler di Indonesia yang dimiliki oleh Salim Group konglomerat terkenal di Indonesia.

PT Indofood ini mengalami pertumbuhan penghasilan yang konsisten dari tahun ke tahun. Kemampuan menghasilkan laba juga tinggi terhadap modal pemegang saham dengan nilai ROE 21 persen dan ROA 13.7 persen.

Nilai ini jauh diatas rata-rata pada saham industri makanan. Saham blue chip dari ICBP ini akan sangat aman mengingat ini adalah brand yang sudah terpercaya sejak lama.

6. Bank Mandiri (persero) Tbk – BMRI

Bank Mandiri BMRI - Saham Blue Chip Terbaik Tahun 2021

Perusahaan berikutnya yang masuk daftar saham blue chip terbaik adalah Bank Mandiri (persero) Tbk. Saham dari Bank Mandiri ini sangat stabil karena pertumbuhan laba bersih dan kreditnya seimbang. Tak heran saham Bank Mandiri menjadi salah satu saham blue chip favorit investor. 

Nah itulah dia rekomendasi daftar saham blue chip terbaik di tahun 2021 yang bisa dipilih oleh para investor pemula. Untuk investor pemula memang sebaiknya membeli saham blue chip ini karena tingkat risikonya bisa lebih terkendali dan returnnya cukup bagus.

Semoga dengan artikel ini bisa membantu memutuskan membeli saham blue chip perusahaan mana.

Dan yang pasti semua investasi saham memiliki risiko yang mengikutinya jadi pastikan bahwa risiko yang ditawarkan bisa dikendalikan seperti saham blue chip ini. Yuk coba berinvestasi!

(Baca Juga: Jenis-jenis Cryptocurrency yang Sedang Trend)

Hampir semua investasi memiliki risiko, untuk mengatasinya kita harus senantiasa memiliki tabungan, baik itu berupa tabungan biasa atau pun deposito.

Pengajuan pembuatan tabungan saat ini.bisa dilakukan dengan lebih mudah, bahkan bisa dilakukan dari rumah secara online.

Tetapkan pilihanmu, mau membuka tabungan di bank mana, dan kamu pun bisa registrasi melalui website yang tersedia. Atau alternatif lain yang tak kalah mudah adalah dengan membuat pengajuan pembukaan tabungan melalui CekAja.com.

Karena selain melalui website resmi bank pilihan kita, pengajuan pinjaman juga bisa dilakukan melalui website Cekaja.com.

Website ini nantinya akan membantu kita menghubungkan dengan pihak bank yang sudah bekerjasama, misalnya saja Amar Bank, OK Bank, Permata Bank, dan beberapa bank ternama lainnya.

Di Cekaja.com kita bisa pilih menu tabungan. Penuhi dokumen persyaratannya dan setelah itu Cekaja.com yang akan meneruskan ke pihak bank mengenai pengajuan pinjaman tanpa jaminan yang kita buat tersebut.

Jadi, tunggu apalagi? Buka tabungan untuk investasimu melalui CekAja.com.