Daftar Uang Kuno Paling Dicari oleh Kolektor, Kamu Miliki Salah Satunya?

Sudah jarang beredar, namun terdapat beberapa daftar uang kuno paling dicari oleh kolektor seperti berikut ini. Jika kamu punya salah satunya, harganya cukup lumayan loh!

Daftar Uang Kuno Paling Dicari oleh Kolektor, Kamu Miliki Salah Satunya?

Meski uang kuno sudah tidak bisa dibelanjakan di zaman sekarang, namun harga yang dibandrol untuk uang kuno ini cukup fenomenal.

Bukan tanpa alasan mengapa uang kuno dihargai cukup tinggi. Selain umurnya yang sudah tua, beberapa uang kuno tersebut memiliki sejarah tersendiri yang menjadi daya tarik bagi para kolektor.

Meski harga terhadang dibandrol dengan harga tinggi, para kolektor ini tetap rela merogoh kocek mereka.

Kira-kira, uang kuno apa saja ya di Indonesia yang paling dicari oleh para kolektor, dan berapa harga yang dibanderol? Yuk, simak bersama pada bahasan berikut ini!

10 Daftar Uang Kuno Paling Dicari di Indonesia oleh Kolektor

1. Uang Kertas 100

Uang kertas Rp100 yang dikeluarkan tahun 1948, dan bergambar Presiden Soekarno ini masuk kedalam daftar uang kuno paling dicari oleh kolektor.

Tidak tanggung-tanggung, uang kertas yang sudah berusia puluhan tahun ini diberi harga hingga Rp100 juta loh!

2. Uang Kertas Rp1.000 Gulden

Selanjutnya, ada uang kertas Rp1.000 gulden yang dikeluarkan pada tahun 1993 – 1939.  Jumlah uang ini cukup langka, sehingga tidak heran banyak kolektor yang semakin gencar mencarinya.

Uang ini dahulu menjadi mata uang yang sering dipakai saat zaman penjajahan. Dengan desain ciri khas Indonesia, yaitu gambar wayang ini dihargai sebesar Rp100 juta oleh para kolektor.

3. Uang Kertas Rp500 Gulden

Masih ditahun yang sama dengan uang kertas Rp1.000 gulden, uang kertas Rp500 gulden ini juga dikeluarkan dari tahun 1933 hingga 1939.

Didesain cantik dengan gambar wayang, uang ini menjadi salah satu uang yang masuk daftar uang kuno paling dicari.

Akibat kelangkaannya, uang kertas Rp500 gulden dihargai mencapai Rp30 juta per lembarnya oleh para kolektor.

4. Uang Kertas Rp5.000

Saat ini, uang kertas Rp5.000 masih banyak digunakan oleh sebagian orang. Namun, uang kertas Rp5.000 yang dimaksud pada tulisan ini berbeda ya dengan uang yang biasa kita gunakan.

Pasalnya, uang kertas Rp5.000 yang banyak dicari oleh kolektor adalah uang yang dikeluarkan pada tahun 1958.

Spesifiknya, uang tersebut memiliki desain berupa perempuan berkebaya yang sedang memegang padi. Untuk harga per lembarnya dihargai lebih dari Rp10 juta.

(Baca Juga: Peluang Bisnis Barang Antik, Untungnya Ciamik!)

5. Uang Kertas Rp500

Daftar uang kuno paling dicari oleh kolektor selanjutnya adalah uang kertas Rp500. Mungkin uang ini umurnya belum selama dengan uang kuno yang telah dibahas sebelumnya.

Uang kertas Rp500 ini dikeluarkan pada tahun 1992, dan memiliki gambar desain orang utan yang cukup ikonik.

Uang ini ditarik dari pasaran sekitar tahun 2006. Sebelum ditarik dari pasaran, kamu sudah pernah melihat uang ini?

Uang kuno satu ini memiliki harga yang cukup beragam di pasaran, mulai dari ribuan hingga Rp100 juta per lembarnya.

6. Uang Koin Rp25

Beralih ke uang koin, jenis mata uang Indonesia satu ini juga banyak diincar oleh para kolektor loh. Uang koin kuno pertama yang banyak dicari adalah uang koin Rp25.

Dikeluarkan tahun 1991, uang koin Rp25 ditarik peredarannya sejak tahun 2010. Saat ini, uang koin ini sudah jarang sekali ditemukan.

Meski sudah tidak diedarkan, namun beberapa kolektor masih mencarinya untuk dijadikan koleksi. Untuk 1 keping uang Rp25 bahkan dihargai hingga Rp100 juta.

7. Uang Koin Rp50

Hampir sama dengan uang koin Rp25 sebelumnya, uang koin Rp50 juga masuk kedalam daftar uang kuno paling dicari dan dibandrol dengan harga cukup tinggi.

Dikeluarkan tahun 1971, dan memiliki desain gambar burung cendrawasih ini diberi harga sekitar Rp100 juta per kepingnya.

8. Uang Koin 250

Daftar uang kuno paling dicari kolektor selanjutnya adalah uang koin Rp250. Uang koin satu ini sudah jarang ditemui di zaman sekarang. Bahkan, jumlah yang beredar hanya 5.000 keping saja loh.

Jumlahnya yang sedikit, membuat para kolektor harus mengocek kantong hingga Rp500 ribu untuk uang koin bergambar burung Garuda dan patung Manjusri ini.

9. Uang Koin Rp2.000

Selanjutnya, adapun uang koin Rp2.000 yang masuk kedalam daftar uang kuno paling dicari oleh para kolektor.

Diproduksi hanya sekitar 2970 keping, membuat uang koin kuno ini dibandrol dengan harga mencapai Rp2 juta rupiah.

Selain jumlahnya yang terbatas, uang koin Rp2.000 juga memiliki kadar emas sebesar 90%. Sehingga, tidak heran mengapa uang koin ini banyak diincar dan memiliki harga yang mahal.

10. Uang Koin Rp10.000

Terakhir, daftar uang kuno paling dicari oleh kolektor yang akan dibahas yaitu uang koin Rp10.000.  Uang koin satu ini diproduksi hanya 1.440 keping saja, dan juga mengandung emas sekitar 90%.

Sehingga, untuk para kolektor yang ingin memilikinya perlu merogoh kocek lebih. Pasalnya, uang koin ini dihargai sekitar Rp4 juta atau lebih, tergantung dari harga emas saat itu.

(Baca Juga: Seluk-Beluk Bisnis Menjual Koin Kuno)

Nah, itu dia beberapa daftar uang kuno paling dicari oleh para kolektor. Dari 10 daftar uang kuno tersebut, apa kamu punya salah satunya?

Jika kamu memilikinya, jangan dibuang atau disepelekan. Siapa tahu, uang kuno lain yang kamu miliki juga dihargai cukup tinggi.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan uang kuno ini  menjadi sebuah bisnis. Pasalnya, seperti yang telah di bahas di atas, uang kuno ini memiliki harga yang tinggi.

Meski harganya tinggi, para kolektor tetap mau merogoh koceknya, demi memiliki uang kuno keinginan mereka.

Untuk kamu yang tertarik dengan bisnis ini, kamu bisa mendapatkan tambahan modal melalui CekAja.com.

Di sana, terdapat beberapa produk pinjaman yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuanganmu.

Proses pengajuan pinjaman di CekAja.com juga cukup mudah dan cepat. Jadi, tidak perlu waktu lama untuk kamu bisa mendapatkan pinjaman modal tersebut.

Tunggu apalagi? Yuk, segera ajukan pinjaman melalui CekAja.com, untuk modal usahamu!