Fungsi Filter Kabin AC Mobil, Beserta Jenisnya!

Fungsi filter kabin AC mobil ternyata memiliki peran penting bagi pengendara, selain membuat interior ruangan mobil menjadi lebih nyaman juga memberikan perlindungan kesehatan bagi pemilik mobil.

Perawatan AC jangan dianggap sepele lho, sebab AC mobil yang terawat bisa mempengaruhi penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien dan tingkat emisi juga bisa ditekan.

AC mobil yang terawat dengan menggunakan filter kabin yang mampu menyaring partikel-partikel kecil dalam udara sehingga membuat udara di dalam mobil tidak mengganggu kesehatan pengendara.

(Baca Juga: Pelek Mobil Original Branded Terbaik)

Kenapa bisa mengganggu kesehatan? seperti yang kita tahu, ventilasi AC mobil bekerja menukar udara dari dalam kabin mobil ke bagian luar mobil, sehingga pastinya ada potensi masuknya debu dan partikel jahat yang berasal dari luar mobil.

Kenapa begitu? sebab udara yang berasal dari luar mobil atau area jalan raya mengandung CO dan NOx.

Gas polutan yang dihasilkan dari proses pembakaran mesin. Jika sampai terhisap oleh blower dan masuk ke dalam kabil mobil tentu akan terhisap oleh semua penumpang kendaraan, hingga keracunan.

Disinilah pentingnya penggunaan filter kabin AC mobil yang terawat.

Filter Kabin AC

Di Indonesia, tidak banyak yang mengetahui fungsi filter kabin AC mobil bahkan kehadirannya dalam mobil, sebab filter kabin AC mobil terletak di bawah dashboard dan tidak terlihat dari luar.

Pada beberapa jenis mobil terutama tahun produksi di bawah tahun 2005 bahkan belum mempunyai filter kabin AC ini.

Filter kabin AC merupakan sebuah saringan udara yang terletak di dalam mobil. Fungsi utamanya sendiri untuk mencegah debu agar tidak masuk ke evaporator.

Filter kabin AC mobil juga perlu adanya pemeliharaan dengan cara penggantian secara berkala setiap 6 bulan sekali agar udara yang dihasilkan tetap segar dan bersih.

Fungsi Filter Kabin AC Mobil

Fungsi filter kabin AC mobil beragam dan memiliki peran yang fatal terhadap performa AC sebab mencegah debu, bakteri, dan partikel lainnya masuk ke dalam evaporator.

Evaporator merupakan komponen yang menyerap udara panas lalu diteruskan ke bagian refrigerant atau freon untuk diolah menjadi udara yang lebih sejuk ke seluruh bagian kabin mobil.

Jika kamu memiliki alergi debu atau rentan sakit, pemasangan filter kabin AC ini bisa mencegah kamu dari gangguan kesehatan akibat udara kotor. Kamu bisa menggunakan jenis filter dengan bahan karbon untuk membunuh virus dan bakteri penyebab bau dan penyakit.

Pemasangan filter kabin AC ini membuat AC bisa bekerja secara optimal dan menghasilkan kualitas udara yang baik dan sejuk, membuat kamu tetap nyaman berkendara.

Fungsi filter kabin AC mobil pun bisa membuat evaporator pun lebih awet karena tidak terkontaminasi oleh debu, AC mobil terhindar dari bau-bau yang kurang sedap dan yang terpenting dari fungsi filter kabin AC mobil ini adalah kesehatan keluarga kamu terjaga, sebab menghirup udara segar setelah disaring oleh filter kabin.

Jenis Filter Kabin AC

Adapun dua jenis filter kabin atau filter AC yakni bahan Non Woven (fiber) dan Carbon Aktif (carbon)

1. Filter kabin Non-woven (fiber)

Jenis filter kabin yang berfungsi menyaring debu, serbuk, bakteri dan berbagai partikel kecil. Jenis filter kabin AC ini biasanya memiliki warna putih dengan material menggunakan serat fiber. Filter ini paling umum dipakai di mobil-mobil.

2. Filter kabin karbon aktif (karbon)

Jenis filter kabin mobil karbon aktif biasanya memiliki warna abu-abu kehitaman. Warna gelap ini dikarenakan adanya kandungan zeolite atau karbon aktif yang ditempatkan di kertas filter.

Fungsinya sama dengan filter kabin Non Woven tetapi dengan adanya bahan zeolite, maka mempunyai keunggulan lain yaitu bisa menghilangkan bau dan menyaring partikel – partikel yang dapat menimbulkan alergi.

Karena bahan utama dari filter kabin ini adalah kertas yang dapat dengan murah rusak seperti sobek dan koyak maka tidak dapat dibersihkan setelah penggunaan 10.000km. Sehingga jika filter kabin sudah kotor maka harus diganti dengan yang baru.

Kapan Filter Kabin AC Harus Diganti

Berikut ciri-ciri filter kabin AC mobil yang harus diganti:

  • Ada bau menyengat saat sistem AC dinyalakan (blower hidup)
  • Ada debu yang terbawa masuk kedalam kabin dari kisi-kisi AC
  • Hembusan angin dari lubang AC tidak sekencang biasanya.

Namun, jika ketiga ciri-ciri diatas muncul. kamu bisa membersihkan filter AC terlebih dahulu loh sebelum langsung menggantinya. Untuk membersihkannya, kamu hanya tinggal melepas filter ini pada box filter kabin. Letaknya biasanya ada dibalik laci dashboard sebelah kiri.

Kamu harus melepas dulu laci ini baru bisa melihat box filter kabin AC. Setelah filter terlepas, kamu bisa membersihkannya menggunakan kompresor angin atau disikat menggunakan busa lembut.

Jangan mencucinya karena akan merusak element filter yang akan mengurangi daya saring filter. Jangan pula menyikatnya dengan sikat kasar saat kotoran yang menempel itu membandel.

Sebab, bisa merusak element filter sehingga mempengaruhi fungsi filter kabin AC mobil bekerja tidak optimal.

Kalau kotoran itu membandel atau element filter sudah tidak standar, kamu bisa melakukan penggantian. Secara umum, filter ini diganti apabila kondisinya tidak memungkinkan entah itu baru mencapai 10 ribu KM atau sudah melebihi 30 ribu KM.

Namun, beberapa pabrikan menyarankan untuk melakukan penggantian filter AC dengan interval 20.000 sampai 25.000 KM.

20 ribu KM untuk kendaraan yang sering jalan pada area berdebu dan interval 25-30 ribu KM bisa dicapai untuk mobil-mobil yang jarang berjalan di area berdebu.

Dampak Jika Filter Kabin AC Mobil Rusak

Jika kamu tidak melakukan perawatan rutin pada filter kabin AC, maka komponen ini bisa mengalami kerusakan dan menimbulkan beberapa dampak sebagai berikut:

  • Udara di dalam mobil tidak sejuk dan kotor
  • Angin dari blower kurang terasa
  • Tercium bau tidak sedap di dalam mobil
  • Terjadinya kebocoran pada evaporator

Nah, itu dia ulasan mengenai fungsi filter kabin AC mobil dan pentingnya melakukan perawatan mobil sebelum risiko datang.

Lebih baik sedia payung sebelum hujan bukan? namun, akan lebih baik lagi jika kamu memiliki asuransi kendaraan. Guna menjamin proteksi kendaraan kesayangan kamu.

(Baca Juga: Ciri Asuransi Mobil All Risk Terbaik)

Tentu, kamu tidak bisa memprediksi kejadian tak terduga di masa mendatang kan? terutama menyangkut kondisi fisik mobil hingga risiko kecelakaan.

Saat ini mendapatkan asuransi mobil premi sangat mudah. Kamu bisa melakukan perbandingan berbagai penawaran produk asuransi kendaraan secara online, lewat layanan CekAja.com

Lewat CekAja.com kamu bisa melakukan pengajuan dengan mudah, cepat, dan aman.
Sebab, CekAja.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan mengedepankan kenyamanan pelanggan dengan menjaga keamanan data pelanggan.

Yuk, kunjungi laman CekAja.com untuk bandingkan dan ajukan pembelian produk asuransi mobil premi murah yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu untuk melindungi kendaraan kesayangan.