8 Handphone yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga, Harga Mulai Rp1 Juta-an

6 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Pilihan handphone yang cocok untuk ibu rumah tangga bisa menjadi barang yang tepat untuk dijadikan kado di Hari Ibu atau momen lainnya. Berikut rekomendasi handphone terbaik dan terjangkau untuk para ibu.

Di zaman sekarang, handphone ada benda yang dibutuhkan semua orang. Handphone memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan siapa saja, kapan saja, dan dimana saja.

Selain itu, handphone juga bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan sehari-hari. Mulai dari kebutuhan hiburan, pengetahuan, mempermudah pekerjaan, dan lain-lain.

Untuk ibu rumah tangga, handphone dibutuhkan untuk melakukan banyak hal.

Misalnya untuk berkomunikasi lewat saluran telepon, SMS, chat massanger, nonton video di aplikasi streaming, nonton TV online, mendengarkan musik, main medsos, cari resep masakan di aplikasi memasak, hingga bermain game.

Meskipun banyak hal yang bisa dilakukan, biasanya para ibu rumah tangga menginginkan handphone yang memiliki fitur yang mudah digunakan.

Maka dari itu, rekomendasi handphone yang cocok untuk ibu rumah tangga perlu diketahui, agar lebih mudah memilih.

Tips Memilih Handphone untuk Ibu Rumah Tangga

Sebelum membahas tentang daftar handphone yang cocok untuk ibu rumah tangga, ada baiknya kamu menyimak tips memilih handphone berikut ini.

Pilih sesuai kebutuhan

Tips yang pertama adalah menyesuaikan pilihan handphone dengan kebutuhan.

Jika ibu membutuhkan handphone untuk sekadar berkomunikasi dan menggunakan beberapa aplikasi tambahan saja, maka kamu bisa memilih handphone dengan kapasitas memori sedang yang harganya pun pasti lebih murah.

Selain memori, sesuaikan dengan model dan ukuran handphone, kualitas kamera, cara penggunaan (touchscreen atau handphone dengan tombol konvensional), perangkat tambahan (charger,earphone), dan lain-lain.

Perhatikan ketahanan baterai

Ketahanan baterai juga perlu kamu perhatikan dalam memilih handphone yang cocok untuk ibu rumah tangga.

Buat kamu yang terbilang malas untuk mengisi daya, maka pilih handphone dengan kapasitas baterai yang besar dan tahan lama.

Kapasitas dan ketahanan baterai ini nantinya tentu mempengaruhi harga handphone tersebut.

Andalkan fitur yang mudah digunakan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sebagian besar ibu rumah tangga cenderung membutuhkan handphone dengan fitur sederhana dan mudah digunakan.

Penggunaan keyboard non-qwerty mungkin lebih disarankan, dengan fitur pengamanan dan pengaturan handphone yang sederhana.

Pilih merk dengan jaringan service luas

Kemudian, kamu juga disarankan memilih handphone dengan merk ternama yang sudah memiliki jaringan layanan customer service yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jika handphone mengalami kerusakan, kamu lebih mudah mengklaim jaminan garansi atau men-servicenya di gerai resmi dengan suku cadang asli.

Sesuaikan dengan budget

Tips yang terakhir, tentu saja kamu harus menyesuaikan handphone dengan budget yang dimiliki. Sekarang, ada banyak pilihan handphone harga terjangkau dengan fitur canggih.

Jadi, kamu tak perlu mengeluarkan kocek besar untuk handphone yang dipakai sehari-hari.

(Baca Juga: Cara Melacak Handphone Android Hilang dengan Mudah)

Handphone yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Berikut ini daftar handphone yang cocok untuk ibu rumah tangga yang direkomendasikan untukmu.

1. OPPO A12

Harga: Rp1,9 juta

Untuk kategori handphone yang cocok untuk ibu rumah tangga dengan harga murah, kamu bisa memilih OPPO A12.

Ukuran handphone nyaman digenggam dan tidak terlalu tebal, dengan dimensi 15,59 cm x 7,55 cm dan ketebalan 0,83 cm.

RAM 3 GB, ROM 32 GB, kamera 13 MP + 2 MP + 5 MP dengan 6 kali digital zoom, kapasitas baterai 4230 mAh.

Dengan harga murah, kamu bisa mendapatkan handphone dengan fitur standar namun tetap nyaman digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

2. Nokia C3

Harga: Rp1,6 juta

Handphone yang cocok untuk ibu rumah tangga yang kedua adalah Nokia C3. Dengan harga terjangkau, kamu bisa mendapatkan handphone dengan desain minimalis.

Nokia dikenal sebagai merk handphone yang awet digunakan. Untuk tipe smartphone murah ini, kapasitas baterainya 3040 mAh dengan tipe baterai cabut (removeable).

Kemudian ukuran layarnya adalah 5,00 inci, dengan RAM 2 GB, kamera depan 5 MP, kamera belakang 8 MP. Tersedia dua pilihan warna yakni Sand dan Nordic Blue.

3. Samsung A01 Core 2

Harga: Rp1,1 juta

Dari merk Android ternama, ada Samsung A01 Core 2 yang menjadi handphone yang cocok untuk ibu rumah tangga. Varian ini baru saja dirilis sekitar Agustus 2020 lalu.

Dengan harga yang murah, tentu kamu tidak bisa berharap akan adanya fitur yang bermacam-macam. Namun yang pasti, kualitas handphone ini masih terbilang bagus dan cocok untuk pemakaian standar.

Handphone dengan warna hitam dan case plastic matte ini memiliki layar 5,3 inci HD infinity display, kamera depan 5 MP, kamera belakang 8 MP, prosesor Mediatek MT6739, RAM 2 GB, ROM, 32 GB, kapasitas baterai 3000 mAh.

4. Samsung A20s

Harga: Rp2,1 juta

Sedangkan untuk level mid-end dari merk Samsung, handphone yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah varian A20s dengan RAM 4 GB/ 64 GB.

Handphone ini dibekali prosesor Exynos 7884 Octa, layar HD 6,4 inci, kamera belakang 13 MP, kamera depan 8 MP, kapasitas baterai 4000 mAh, dan teknologi fast charging.

Pilihan warna yang tersedia adalah hitam, merah, dan hijau, dengan desain metalik yang modern.

5. Realme Narzo 20

Harga: Rp2,2 juta

Merk asal Tiongkok yang juga menjadi sub-merk OPPO ini menawarkan produk handphone murah dengan fitur terbaru.

Di antaranya kapasitas memori RAM dan ROM sebesar 4 GB + 64 GB, prosesor Helio G85 yang memungkinkan handphone bekerja maksimal saat dipakai gaming, triple camera 48 MP dengan kamera depan berkualitas HD 8 MP.

Untuk kapasitas baterai, Realme Narzo 20 memiliki 6000 mAh dengan disertai teknologi quick charge. Sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengisi daya.

Pilihan warna yang tersedia dari handphone yang cocok untuk ibu rumah tangga ini adalah silver sword dan blue blade.

6. Xiaomi Redmi Note 9

Harga: Rp2,1 juta

Produk Tiongkok yang satu ini memang dikenal menawarkan harga terjangkau untuk setiap handphone-nya.

Varian Redmi Note 9 dibekali dengan prosesor Helio G85, RAM 4 GB, ROM 64 GB/128 GB, kamera quad level hotspot 48 MP, layar DotDisplay 6,53 inci full HD, kapasitas baterai 5020 mAh.

Kemudian di bagian belakan body handphone dilapisi lapisan nano yang tahan percikan, sehingga aman dan lebih tahan dari risiko kerusakan. Serta ada tenologi sensor sidik jari di bagian belakang.

(Baca Juga: 4 Tips Kredit HP Pakai Pinjaman JULO yang Mudah Diajukan)

7. VIVO Y30

Harga: Rp2,7 juta – Rp2,95 juta

Handphone yang cocok untuk ibu rumah tangga yang selanjutnya adalah VIVO Y30 yang baru saja rilis pada Mei 2020 lalu.

Keunggulannya yakni layar lebar 6,47 inci dan layar full ke sisi atas. Resolusi HD+, dan terdapat fitur keren yakni reverse charging yang memungkinkan handphone VIVO untuk mengisi daya handphone lain.

RAM yang ditawarkan sebesar 4 GB/6 GB, ROM 128 GB, kapasitas baterai 5000 mAh, dan kualitas tiga kamera belakang 8 MP/13 MP + 8 MP + 2 MP, dan kamera depan 2 MP.

Dengan begitu, handphone ini sangat cocok dipakai untuk bermain medsos, berselfie ria, dan kebutuhan menonton konten video di layar handphone yang lebar, serta diisi dengan berbagai aplikasi.

VIVO Y30 tersedia dalam warna hitam dan biru muda.

8. OPPO A53

Harga: Rp3,1 juta

Di tingkat saingan VIVO Y30, ada OPPO A53 yang memiliki tampilan luar yang hampir sama. Handphone ini tersedia dalam warna putih, hitam, dan gradasi biru muda.

OPPO A53 menawarkan kualitas kamera yang tinggi, yakni 16 MP/13 MP + 2 MP + 2 MP, RAM 4 GB/6 GB, ROM 64 GB/128 GB, dan kapasitas baterai 5000 mAh, serta dilengkapi teknologi fast charging.

Itulah daftar handphone yang cocok untuk ibu rumah tangga. Memiliki handphone idaman kini bukan hal sulit, sebab kamu bisa menggunakan dana pinjaman online P2P Lending yang mudah diajukan.

Di CekAja.com, kamu bisa mencari tahu produk pinjaman online yang cair dengan cepat tanpa proses ribet.

Sistem canggih CekAja.com akan membandingkan berbagai produk yang sesuai dengan kebutuhan dan profil finansialmu.

Plafon yang ditawarkan beragam, mulai dari Rp500.000 sampai juta-an rupiah. Bunga dijamin terjangkau sehingga tidak memberatkanmu.

Syarat mudah hanya perlu mengajukan via CekAja.com, melengkapi data diri, dan dokumen seperti KTP dan foto selfie.

Semua transaksi dijamin aman, karena CekAja.com hanya menyediakan rekomendasi produk finansial yang sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yuk, cek segera produk pinjaman online terbaik untuk kebutuhan apa saja!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah