Jenis-jenis Diet Aman, Sehat, dan Populer yang Wajib Dicoba

Memiliki tubuh yang sehat, dengan berat badan yang ideal adalah impian semua orang. Untuk mendapatkannya, bisa dengan mencoba jenis-jenis diet yang sehat, dan pastinya aman untuk kesehatan.

Yuk Kenali Jenis-jenis Diet Populer Untuk Dapatkan Body Ideal

Setiap orang pasti memiliki impian mempunyai tubuh yang ideal, menarik dan langsing. Dan untuk mendapatkan badan yang ideal ada salah satu solusi yang banyak sekali digemari orang-orang yaitu diet. 

Sekarang ini ada banyak sekali jenis-jenis diet yang bisa diikuti mulai dari diet sehat sampai diet ala selebriti. Untuk melakukan diet memang sebaiknya mengikuti aturan yang ditetapkan oleh program diet itu. 

(Baca Juga: Asupan Makanan Kaya Manfaat Ini Sering Diabaikan)

Karena banyaknya jenis-jenis diet ini ada juga yang asal-asalan melakukan diet bahkan membahayakan kesehatan kita demi mendapatkan berat badan yang ideal.

Jadi, kali ini kita akan berikan informasi tentang jenis-jenis diet yang populer dan ampuh untuk mendapatkan berat badan ideal. 

Tapi harus diingat bahwa satu metode mungkin akan berhasil bagi kita sementara bagi orang lain belum tentu. Jadi baca terus tulisan ini sampai akhir untuk tahu diet mana yang paling cocok.

Jenis-jenis Diet

Berbagai macam jenis diet ini dibedakan biasanya dari unsur apa yang harus dikurangi misalnya karbohidrat, protein atau menggantinya dengan bahan lain. 

jenis-jenis diet populer mesti kita ketahui antara lain:

1. Diet Atkins

Dasar-dasar dari diet Atkins ini adalah diet low karbo. Diet ini memiliki rencana empat fase, diet dimulai dengan sangat membatasi konsumsi karbohidrat dan secara bertahap meningkatkan jumlah yang diperbolehkan.

Diet Atkins memiliki kelebihan yaitu lebih menekankan makanan kaya nutrisi. Karena sumber tenaga diambil dari lemak dan protein. Efektif untuk menurunkan berat badan. 

Melakukan diet ini berarti kita harus benar-benar menghitung karbohidrat yang masuk ke tubuh tidak boleh melebihi ketentuan maksimal. Diet Atkins ini cukup membatasi, terutama pada fase pertama.

Beberapa orang mungkin merasa diet ini sulit untuk diikuti dalam jangka panjang dan dapat kembali menaikkan berat badan saat mereka memperkenalkan kembali karbohidrat, yang berarti diet ini tidak akan berhasil untuk semua orang.

2. Diet Paleo

Diet Paleo ini adalah jenis diet yang fokus mengkonsumsi makanan seperti manusia zaman Paleolitikum. Mereka makan semua yang bisa diburu atau dipancing seperti ikan dan daging merah.

Diet ini juga membolehkan kita mengkonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, buah, sayur juga telur. Makanan yang sangat dianjurkan adalah makanan dengan protein yang tinggi dan karbohidrat rendah.

Diet Paleo ini sangat menghindari makanan yang diproses. Kita juga tidak bisa mengkonsumsi susu, gula, kacang polong. Diet ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan, mengontrol nafsu makan, menurunkan tekanan darah.

Akan tetapi dengan menghilangkan produk susu, biji-bijian, dan kacang-kacangan dapat mengurangi jumlah kalsium, serat, dan nutrisi lain yang dianggap penting untuk diet sehat.

3. Diet Mediterania

Jenis-jenis diet selanjutnya ada diet Mediterania yang dasarnya adalah dengan membatasi daging merah, perbanyak konsumsi ikan, gunakan lemak sehat seperti minyak zaitun. Diet ini ternyata terbukti efektif untuk kesehatan jantung.

Tidak ada penghitungan kalori atau pelacakan makanan. Diet Mediterania juga hanya menerapkan beberapa batasan saja.

Ini sebenarnya bukan diet untuk menurunkan berat badan, meski banyak yang bisa menurunkan berat badan jika mereka fokus pada makanan yang ditekankan pada diet daripada mengkonsumsi makanan olahan berkalori kosong dan minuman manis.

4. Diet Keto

Diet Keto adalah salah satu dari jenis-jenis diet yang populer sekarang ini. diet Keto fokus untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak, protein sedang, dan karbohidrat yang sangat rendah.

Diet keto menghilangkan makanan pokok olahan, kalori kosong seperti roti putih, nasi putih, dan minuman manis.

Banyak orang yang sudah melakukan diet Keto mengalami penurunan berat badan dengan cepat, tanpa harus menyerah pada makanan favorit seperti bacon dan mentega.

Tetapi ada yang mengkhawatirkan tentang diet ini yaitu menghilangkan banyak buah dan sayuran bergizi dengan jumlah karbohidrat tinggi. Makan terlalu banyak lemak atau terlalu banyak protein juga bisa berdampak buruk pada kesehatan secara keseluruhan.

Daftar makanan yang bisa kita makan dengan keto terbatas dan mengikuti diet membutuhkan pelacakan yang cermat setiap gigitan untuk menjaga rasio 5% karbohidrat / 10% protein / 75% lemak untuk menurunkan atau mempertahankan berat badan.

Meskipun mereka yang melakukan keto sering memuji cara makan ini dengan meningkatkan energi mereka, banyak yang menemukan bahwa kekurangan karbohidrat menyebabkan kelelahan, terutama pada minggu-minggu pertama peralihan ke diet.

5. Diet Vegan

Diet Vegan adalah salah satu dari jenis-jenis diet yang hanya makan dari makanan nabati, termasuk menghilangkan apapun yang berhubungan dengan hewan, termasuk telur, susu atau gelatin.

Mereka yang melakukan ini memiliki alasan yang berfokus pada keseimbangan lingkungan hidup serta menolak perlakuan buruk terhadap hewan. Studi menunjukkan diet dapat meningkatkan kolesterol, kadar glukosa darah dan menurunkan tekanan darah.

Jika kita melakukan diet vegan ini maka kita mungkin tidak mendapatkan tingkat zat besi, kalsium, vitamin B12, dan asam lemak omega-3 yang cukup yang dianggap penting untuk diet sehat.

Tetapi dikatakan bahwa mereka yang melakukan diet vegan ini memiliki harapan hidup yang lebih panjang bila dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi daging.

6. Diet Golongan Darah

Salah satu jenis-jenis diet yang populer adalah diet golongan darah. Diet ini pertama kali dikenalkan oleh Dr. Peter J. D’Adamo. diet ini menganggap bahwa makanan akan lebih mudah dicerna jika melakukan diet sesuai dengan golongan darah.

Jadi pantangan atau fokus untuk golongan darah A akan berbeda untuk golongan darah B dan seterusnya. Olahraga juga menjadi yang terpenting dalam diet golongan darah.

Tapi lagi-lagi olahraganya harus sesuai dengan golongan darah yang kita punya.

(Baca Juga: Pentingnya Olahraga Agar Tubuh Tetap Ideal)

7. Diet MyPlate

Diet ini adalah diet yang merekomendasikan porsi dalam lima kelompok makanan, berdasarkan berat badan dan tujuan kesehatan kita. Tidak ada makanan yang dibatasi, tetapi makanan kaya nutrisi ditekankan.

Grafik MyPlate yang membagi piring menjadi porsi kelompok makanan yang sehat sangat membantu orang yang mempelajari cara membuat diet seimbang,

Nah itu dia jenis-jenis diet yang populer dan juga ampuh untuk mendapatkan berat badan yang ideal serta sehat. Mau jenis apapun diet yang kita lakukan sebaiknya harus tetap konsisten serta diimbangi dengan olahraga yang teratur.

Setelah menjalani dan memilih jenis-jenis diet yang tepat untuk tubuh. Akan sangat baik jika kita juga memiliki asuransi kesehatan.

Namun jika merasa bahwa asuransi kesehatan prosesnya ribet, mulai dari pengajuan dan klaimnya. Kalian dapat mencoba apply melalui CekAja.com loh.

Karena melalui CekAja.com proses apply sangat mudah dan juga cepat. Yuk, tunggu apalagi. Apply asuransi kesehatan sekarang juga.