Daftar Kampus Akademi Keperawatan Terbaik di Indonesia

Selamat Hari Perawat Nasional! Tepat 17 Maret 2021 ini, secara khusus CekAja bakal berbagi informasi mengenai daftar kampus akademi keperawatan terbaik di Indonesia. Yuk, simak!

Advertisement

Bagi sebagian orang, menjadi seorang tenaga kesehatan merupakan pekerjaan dambaan. Makanya, enggak sedikit pula yang memilih akademi keperawatan selepas lulus SMA nanti.

Prospek kerja yang menjanjikan, mengingat Indonesia masih kekurangan tenaga kesehatan yang handal, menjadi salah satu alasan lulusan SMA memilih jurusan tersebut.

Enggak cuma itu saja sih alasannya, yang membuat sebagian orang memilih jurusan Keperawatan juga dikarenakan jurusan ini mengajarkan mahasiswanya mengenai ilmu farmasi, hingga manajemen rumah sakit.

Bahkan, ilmu-ilmu tersebut lebih banyak diterapkan secara praktik ketimbang teoritis. Sehingga dianggap lebih mengasyikan ketika proses belajar berlangsung.

Nah, untuk membahas lebih dalam mengenai jurusan Keperawatan dan mana saja kampus akademi keperawatan terbaik di Indonesia, yuk langsung kepoin aja pembahasan dari artikel CekAja di bawah ini.

Sekilas Tentang Jurusan Keperawatan

Sesuai namanya, jurusan Keperawatan banyak mengajarkan mahasiswanya untuk menjadi seorang tenaga kesehatan yang ahli, terutama dalam merawat pasien yang sakit, baik secara fisik, psikis, maupun sosial.

Dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari beberapa materi, diantaranya seperti:

  • Sains Kesehatan
  • Manajemen Rumah Sakit
  • Ilmu Dasar Keperawatan
  • Antropologi Kesehatan
  • Keperawatan Sistem Pencernaan, dll

Nantinya, lulusan jurusan Keperawatan akan sangat dibutuhkan di berbagai layanan kesehatan.

Apalagi, jika lulusan tersebut telah mengambil spesialisasi di suatu bidang, misalnya medical bedah.

Namun, untuk menjadi seorang perawat profesional, kamu mesti benar-benar mempelajari bidang tersebut.

Sebab, menjadi seorang perawat berarti kamu tidak boleh melakukan kesalahan sedikitpun, karena dampaknya akan langsung dialami oleh sang pasien.

7 Kampus Akademi Keperawatan Terbaik di Indonesia

Buat kamu yang kepengin menjadi seorang perawat nih, memilih kampus akademi keperawatan terbaik di Indonesia, merupakan hal utama yang wajib dilakukan.

Kampus akademi keperawatan yang bagus tentu saja akan membantu kamu mendapatkan ilmu yang pasti mengenai dunia keperawatan.

Nah, tanpa berlama-lama lagi, berikut ini CekAja rekomendasikan beberapa kampus akademi keperawatan terbaik di Indonesia:

1. AKPER Fatmawati

Alamat: Jalan H. Beden Nomor 25, Pd. Labu, Cilandak, Jakarta Selatan

Website: https://akperfatmawati.ac.id/web/home

Kampus akademi keperawatan terbaik di Indonesia yang pertama CekAja rekomendasikan adalah AKPER Fatmawati, yang berada di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Kampus ini resmi memulai proses belajar mengajar pada 1998 silam, dan telah menjadi institusi besar di bawah naungan Kemeristek Dikti sejak 2009 lalu.

AKPER Fatmawati termasuk salah satu kampus akademi keperawatan yang telah meluluskan sebanyak 1468 lulusan terbaik mereka, dan telah bekerja pula di berbagai layanan kesehatan masyarakat, baik yang bertaraf nasional maupun internasional.

AKPER Fatmawati sendiri juga telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional sekelas BAN-PT.

Tidak hanya itu saja, lembaga akreditasi mandiri seperti LAMPTKES juga memberikan predikat B terhadap kampus ini.

Mengenai fasilitas penunjang proses belajar mengajar, AKPER Fatmawati juga termasuk yang lengkap.

Di mana, kampus tersebut memiliki Lab Komunitas, lab keperawatan Jiwa, Lab Maternitas, Lab Keperawatan Medikal Bedah, Lab Keperawatan Anak, hingga perpusatakaan.

(Baca Juga: Segini Biaya Kuliah Jurusan Keperawatan di Indonesia)

2. AKPER Bina Insan

Alamat: Jalan Kramat Jaya Raya Nomor 22, Tugu Utara, Jakarta Utara

Website: https://www.akperbinainsan.ac.id/

Selain AKPER Fatmawati, ada pula AKPER Bina Insan yang termasuk sebagai salah satu kampus akademi keperawatan terbaik di Indonesia.

Mendapat predikat B dalam sistem akreditasi BAN-PT, institusi ini pun dikenal mampu meluluskan para lulusan terbaik di bidang kesehatan.

Bahkan, kampus yang telah berdisi sejak 20 tahun lamanya ini, termasuk yang berpengalaman dalam menyelenggarakan Diploma III Keperawatan di Indonesia.

Tak jarang pula kampus ini memberikan informasi melalui situs resmi mereka mengenai lowongan kerja untuk para lulusan.

Nah, sama halnya dengan kampus akademik keperawatan pada umumnya, AKPER Bina Insan pun punya beberapa fasilitas penunjang untuk proses belajar mengajar.

Diantaranya seperti ruang kelas full AC, ruang laboratorium, perpustakaan, ruang diskusi, ruang serbaguna, sampai ruang senat dan koperasi.

3. AKPER Pasar Rebo

Alamat: Jalan Tanah Merdeka Nomor 16, Ciracas, Jakarta Timur

Website: https://www.akperpasarrebo.ac.id/

Kampus akademi keperawatan terbaik di Indonesia yang berikutnya adalah AKPER Pasar Rebo.

Akademi keperawatan yang telah mengantongi akreditasi dari BAN-PT dan LAM-PTKES ini, mengusung metode pembelajaran berupa kuliah, diskusi seminar, praktek laboratorium, praktek klinik di layanan kesehatan yang termasuk daerah binaan.

Untuk program pendidikannya, AKPER Pasar Rebo menggunakan program pendidikan yang berlangsung selama 6 semester.

Di mana, kurikulum yang dipakai adalah berbasis kompetensi dengan muatan pelengkap berupa Bahasa Inggris, Keperawatan, dan Pengembangan Sikap Profesional.

4. AKPER Insan Huda Surakarta

Alamat: Jalan Letjen Sutoyo, Gg Jodhipati Nomor 10, Mojosongo, Surakarta

Website: https://www.akperinsada.ac.id/

Beralih dari Jakarta, kampus akademi keperawatan terbaik di Indonesia selanjutnya terletak di Surakarta, namanya AKPER Insan Husada.

Kampus ini telah ada sejak 23 April 1983 dengan nama kala itu ialah Sekolah Perawat Kesehatan.

Namun, seiring dengan perkembangannya, institusi tersebut dikonversi menjadi AKPER PPNI Surakarta pada 4 Februari 2000.

Setelah diterbitkan izin terakhir, melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, nama AKPER PPNI kembali mengalami perubahan menjadi Akademi Keperawatan Insan Husada, seperti yang dikenal hingga saat ini.

AKPER Insan Husada sendiri termasuk salah satu kampus yang sering memberikan beasiswa bagi calon mahasiswanya. Terbaru, kampus tersebut membuka beasiswa KIP Kuliah 2021.

Beasiswa itu diberikan khusus calon mahasiswa, yang mana keunggulannya sendiri berupa pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk PT, pembebasan biaya kuliah, serta memperoleh bantuan biaya hidup.

(Baca Juga: Segini Biaya Kuliah Kedokteran di Indonesia)

5. AKPER Antariksa

Alamat: Mayapada Hospital, Jalan Lebak Bulus I Kav 29, Cilandak, Jakarta Selatan

Website: http://antariksa.ac.id/

Kampus akademi keperawatan terbaik di Indonesia yang kelima dalam daftar ini adalah AKPER Antariksa Jakarta.

Kampus yang telah mendapatkan akreditasi dari BAN-PT ini, menawarkan berbagai keuntungan bagi mereka yang tertarik untuk berkuliah di sana, diantaranya seperti:

  • Diberikan mata kuliah Pengembangan Kepribadian
  • Diberikan Pelatihan Dasar Kepemimpinan atau LDK
  • Diberikan Pelatihan Kegawatdaruratan
  • Diberikan Pelatihan Kesehatan Penerbangan yang dibina oleh TNI AU Jakarta

Untuk program unggulannya sendiri, AKPER Antariksa Jakarta menawarkan sebuah program dalam bidang Keperawatan Medikal Bedah.

Pada akhir pendidikan dalam program tersebut, mahasiswa diharapkan mampu berkomunikasi dalam bahasa asing secara aktif.

6. STIKES Notokusumo Yogyakarta

Alamat: Jalan Masjid Nomor 5, Pakualaman, Kota Yogyakarta

Website: https://stikes-notokusumo.ac.id/

Di bawah naungan Yayasan Notokusumo, salah satu kampus akademi keperawatan terbaik di Indonesia ini, telah memiliki dua lembaga pendidikan tinggi, yaitu Akademi Administrasi Negara dan Akademi Keperawatan.

Untuk akademi keperawatan sendiri, Yayasan Notokusumo menawarkan program pendidikan Diploma III Perawatan.

Program pendidikan tersebut telah dilengkapi dengan fasilitas penunjang ditambah dengan adanya asuransi kecelakaan yang diberikan oleh pihak institusi.

7. AKPER Hermina Manggala Husada

Alamat: Jalan Jatinegara Barat Nomor 126, Jakarta Timur

Website: https://akperherminamanggalahusada.ac.id/akhm/

Kampus akademi keperawatan terbaik di Indonesia yang terakhir adalah AKPER Hermina Manggala Husada.

Institusi Pendidikan Keperawatan Swastayang satu ini telah ada sejak 1994, dan berada di bawah naungan Perguruan Tinggi Pemerintah SK Menkes No DL.02.02.1.1.497 tahun 1996.

Akreditasi yang diperoleh oleh AKPER Hermina Manggala Husada adalah B dari pihak akreditasi LAM-PTKes dan BAN-PT.

Kampus ini terdiri dari empat lantai dalam satu gedung, di mana pada lantai satu terdapat lapangan upacara dan ruang perpustakaan.

Sementara lantai 2, 3, dan 4 terdiri dari ruang ruang belajar, laboratorium, dan aula.

Nah, itu dia beberapa kampus akademi keperawatan terbaik di Indonesia, yang bisa dijadikan pilihan setelah lulus SMA nanti.

Guna mendukung tenaga kesehatan Indonesia, CekAja pun hadir untuk membantu kamu dan calon mahasiswa lainnya yang butuh tambahan dana pendidikan lewat produk KTA.

KTA di CekAja tersedia lengkap dari berbagai mitra perbankan terbaik. Sistem cicilan yang diberikan termasuk ringan, bahkan termasuk pula suku bunganya yakni sekitar 0,65 persen saja.

Yuk, langsung cek KTA di CekAja.com, dan ajukan kapan saja saat dibutuhkan untuk tambahan dana pendidikanmu.

Advertisement