Serba-serbi Kartu Kredit untuk Pedagang yang Bisa Mempermudah Aktivitas Bisnismu

Untuk kamu yang berprofesi sebagai pedagang, kartu kredit untuk pedagang sepertinya perlu untuk diketahui.

Kartu Kredit untuk Pedagang

Sebagai seorang pedagang, tentu kamu sering dihadapkan dengan uang tunai yang menumpuk, apalagi jika sudah masuk ke awal bulan.

Dengan uang tunai tersebut, kamu kembali menggunakannya untuk berbelanja kebutuhan operasional dan produksi bisnis yang tengah berjalan. Membayangkannya saja, hal tersebut terkadang bisa membuat kamu bingung, bukan?

Dikarenakan hal itulah, kartu kredit untuk pedagang perlu dimiliki. Lantas, mengapa disebut sebagai kartu kredit untuk pedagang?

Perlu diketahui bahwa saat ini sudah banyak sekali jenis-jenis kartu kredit yang bermunculan dan bisa dijadikan sebagai pilihan.

(Baca Juga: 5 Kartu Kredit yang Cocok untuk Perjalanan Bisnis)

Akan tetapi, jenis-jenis kartu kredit tersebut juga masing-masing menawarkan manfaat dan keuntungan yang berbeda.

Sehingga, kamu perlu memilih kartu kredit yang memang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup.

Nah, kartu kredit untuk pedagang ini tentunya bisa memberikan sederet manfaat dan keuntungan yang tak hanya mempermudah kamu dalam menjalankan bisnis, melainkan juga membuat transaksi menjadi lebih hemat.

Untuk kamu yang tertarik untuk memiliki kartu kredit untuk pedagang, yuk simak dulu beberapa hal yang perlu kamu ketahui berikut ini.

Keuntungan Memiliki Kartu Kredit untuk Pedagang

Pertama, kita akan membahas tentang keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memiliki kartu kredit untuk pedagang. Dilansir dari cermati.com, berikut beberapa keuntungan, yaitu adalah:

  • Efisien dan Efektif

Bentuk kartu kredit yang kecil dan mudah dibawa kemanapun tentunya menjadi menjadi keunggulan tersendiri, dibandingkan melakukan transaksi menggunakan uang tunai.

Kamu tidak memerlukan wadah yang besar untuk membawa uang, namun seluruh kebutuhan bisnis dapat langsung terpenuhi tanpa ribet.

  • Transaksi yang Lebih Nyaman

Keuntungan selanjutnya yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan kartu kredit untuk pedagang adalah, proses pembayaran yang jauh lebih mudah dan cepat.

Tak hanya itu, sederet promo dan diskon yang ditawarkan oleh kartu kredit juga bisa membuat transaksi kamu menjadi lebih hemat.Tentu saja hal ini bisa memberikan keuntungan lebih untuk bisnis kamu, bukan?

  • Terhindar dari Transaksi Uang Palsu

Keuntungan selanjutnya yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan kartu kredit untuk pedagang adalah, kamu juga bisa mencegah terjadinya transaksi dengan uang palsu.

Ketika berhadapan dengan pembeli yang cukup banyak, tak menutup kemungkinan kamu merasa bingung dengan uang tunai yang menumpuk.

Walaupun saat ini sudah terdapat alat yang bisa digunakan untuk mengecek uang palsu di meja kasir, namun pastinya lebih baik mencegah, bukan?

Apalagi ketika kamu akan menggunakan uang tersebut untuk membeli kebutuhan bisnis, hadirnya uang palsu bisa menimbulkan kerugian.

Dikarenakan hal itulah, tentu akan lebih aman jika kamu menggunakan kartu kredit untuk pedagang dalam melakukan transaksi.

  • Jaringan yang Luas

Keuntungan terakhir yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan kartu kredit untuk pedagang adalah, jaringannya yang luas.

Sebab, kartu kredit tidak hanya diterima di merchant-merchant yang terdapat di Indonesia, melainkan juga di seluruh dunia.

Sehingga, dengan menggunakan kartu kredit kamu bisa membeli kebutuhan bisnis dimanapun dan kapanpun tanpa terhalang oleh jarak.

Bahkan, kamu juga bisa lho meningkatkan kualitas produk yang dijual dengan membeli kebutuhan bisnis dari toko-toko yang terdapat di luar negeri hanya dengan bermodalkan kartu untuk pedagang saja.

Tips Memilih Kartu Kredit untuk Pedagang

Setelah membahas tentang keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit untuk pedagang, maka selanjutnya kita akan membahas tentang tips memilih kartu kreditnya itu sendiri, yang bisa kamu lihat sebagaimana berikut ini:

  • Limit Kredit yang Besar

Kunci utama yang perlu kamu pertimbangkan ketika memilih kartu kredit untuk pedagang adalah limitnya yang besar, agar kedepannya bisa dimanfaatkan apabila sewaktu-waktu kamu membutuhkan modal tambahan.

Ketika menjalankan bisnis, kamu tidak akan pernah tahu kapan mengalami kekurangan modal, baik untuk kebutuhan operasional maupun membeli kebutuhan produksi.

Oleh karena itu, memiliki kartu kredit bisa juga dijadikan sebagai dana darurat dan menjadi sumber modal sementara.

  • Persentase Tarik Tunai yang Mencukupi

Meskipun melakukan transaksi menggunakan kartu kredit bisa membuat proses pembayaran menjadi lebih mudah dan cepat, tak dapat dipungkiri bahwa kehadiran uang tunai terkadang juga diperlukan.

Oleh karena itu, persentase tarik tunai yang mencukupi juga perlu dijadikan bahan pertimbangan ketika memilih kartu kredit untuk pedagang.

Meskipun ada beberapa bank yang memberikan persentase tarik tunai mencapai 50 persen, namun pada umumnya bank hanya memberikan persentase penarikan tunai sebesar 20 persen saja.

Dengan kata lain, jika kamu hanya memiliki persentase penarikan tunai sebesar 20 persen, maka dana yang bisa ditarik juga relatif kecil.

  • Memiliki Berbagai Fitur Menarik

Tips memilih kartu kredit untuk pedagang terakhir yang perlu kamu jadikan bahan pertimbangan adalah, fitur-fitur yang ditawarkan.

Sebagai pelaku usaha, pastinya kamu akan sangat memperhitungkan berbagai keuntungan yang bisa didapat dari memiliki kartu kredit, bukan?

Seperti yang sudah sempat sedikit disinggung sebelumnya, bahwa setiap jenis kartu kredit memiliki kelebihannya masing-masing.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika kamu memang memilih kartu kredit berdasarkan kebutuhan, agar kartu kredit tersebut bisa dimanfaatkan secara optimal.

Sebagai pelaku usaha, maka sebaiknya kamu memilih kartu kredit yang memiliki manfaat seperti cashback, cicilan 0 persen, dan point reward yang bisa ditukarkan dengan berbagai jenis barang atau hadiah.

Jenis Kartu Kredit untuk Pedagang yang Bisa Dijadikan Pilihan

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis kartu kredit untuk pedagang yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu adalah:

1. BCA Smartcash

Kartu Kredit untuk Pedagang - BCA Smartcash

Jenis kartu kredit untuk pedagang yang bisa kamu jadikan pilihan pertama datang dari Bank BCA, yaitu BCA Smartcash.

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kartu kredit ini adalah seperti adanya fasilitas kredit tanpa agunan, penggunaan yang fleksibel, tagihan bulanan dengan pembayaran minimal sebesar 10 persen dari total saldo tagihan baru setiap bulan, bunga yang kompetitif, serta kemudahan dalam melakukan transaksi di seluruh jaringan BCA.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan penarikan (cash advance) di seluruh ATM dan cabang BCA tanpa biaya tarik tunai dengan suku bunga cash advance dan suku bunga retail rendah sebesar 1.8 persen per bulan tanpa grace period.

Kamu juga bisa menggunakan kartu kredit untuk pedagang satu ini untuk membeli berbagai kebutuhan dengan lebih fleksibel lho, yaitu dengan melalui fitur Cicilan BCA.

Selain untuk berbelanja, Kartu Kredit BCA Smartcash juga bisa kamu gunakan untuk membayar berbagai tagihan melalui fasilitas Autopay BCA, seperti tagihan listrik, telepon, handphone, internet, asuransi, hingga TV berbayar.

2. Standard Chartered Visa Business Card Platinum

Kartu Kredit untuk Pedagang - Standard Chartered Visa Business Card Platinum

Jenis Kartu Kredit untuk pedagang selanjutnya adalah Standard Chartered Visa Business Card Platinum, yang sangat cocok bagi kamu yang sedang ingin mengembangkan bisnis.

Berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan diantaranya adalah fasilitas tarik tunai hingga mencapai 50 persen dari limit kredit, cashback sebesar 10 persen untuk setiap perjalanan bisnis yang dilakukan, dan triple point rewards untuk setiap kelipatan pembelanjaan senilai Rp10 ribu, dengan transaksi bulanan lebih dari Rp10 juta per bulan.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan gratis iuran tahunan pada satu tahun pertama lho, namun tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

3. Mandiri Distribution Card

Kartu Kredit untuk Pedagang - Mandiri Distribution Card

Nah, jenis kartu kredit untuk pedagang yang terakhir akan kita bahas adalah Mandiri Distribution Card, yang cocok untuk kamu yang memiliki bisnis di bidang retail.

Sebab, dengan fitur Visa Distribution yang ditawarkan oleh kartu kredit satu ini, kamu bisa terhubung dengan agen distributor di seluruh Asia, Amerika, dan beberapa negara lainnya.

Beberapa fitur utama dari kartu untuk pedagang satu ini adalah cicilan ringan dengan tenor mencapai 12 bulan dan bunga sebesar 0.99 persen per bulan, bisa mendapatkan double Mandiri Power Point untuk setiap transaksi senilai Rp2.500 untuk kamu sebagai seorang distributor atau reseller, dan masih banyak lagi.

(Baca Juga: 4 KTA Terbaik untuk Wirausaha)

Jadi, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai kartu kredit untuk pedagang. Jadi, apakah kamu saat ini sudah memiliki kartu kredit untuk menunjang aktivitas bisnismu Jika belum, segera ajukan saja di CekAja.com.

Di sini, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup.

Tak hanya itu, seluruh proses pengajuan juga dapat dilakukan secara online lho, yang membuat pendaftaran menjadi jauh lebih mudah dan cepat.

Yuk, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit untuk pedagang di CekAja.com dan nikmati aktivitas bisnis yang mudah dan cepat.