Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Kredit Mobil Bekas atau Mobil Baru Pertama Kali

by Rafly Aditia on 15 Februari, 2016

beli mobil - CekAja.com

Mau kredit mobil bekas atau mobil baru, ada beberapa daftar kesalahan yang sering dilakukan seseorang saat pertama kali beli kendaraan. Sayangnya, kesalahan yang sering dilakukan ini bisa menjadi penyebab kerugian finansial.

Beli mobil untuk pertama kalinya memang menyenangkan. Apalagi jika menggunakan fasilitas kredit kendaraan bunga murah, dengan adanya cicilan pengeluaran pun menjadi tidak begitu terasa. Walau begitu, sebenarnya ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat membeli mobil pertama kali. Pastinya kesalahan tersebut mendatangkan kerugian secara finansial, jangan-jangan kamu pernah melakukan kesalahan itu?

Memang, kesalahan dapat terjadi dan mungkin bisa ditolerir. Namun dengan membaca artikel ini, kamu pun bisa menghidari kesalahan-kesalahan tersebut. Apa saja kesalahan yang paling sering dilakukan, berikut adalah daftarnya;

Lupa cek harga pasaran

Kesalahan pertama yang paling sering dilakukan oleh orang saat membeli mobil perdana adalah lupa cek harga yang berlaku di pasaran dan lupa membandingkan harga antara showroom satu yang lainnnya.

Hal yang harus dilakukan pada saat membeli mobil adalah mengecek MSRP atau Manufacturer’s Suggested Retail Price. Maksudnya adalah harga ritel yang direkomendasikan oleh pihak produsen mobil tersebut. Jadi, apabila di showroom jauh lebih tinggi dari MSRP maka sebaiknya jangan membeli mobil di showroom tersebut. Jika yang dibeli adalah mobil bekas, cobalah cek harga pasaran untuk target mobil yang ingin dibeli. Saat ini, banyak forum diskusi dan portal online yang menyajian informasi harga mobil.

Ogah pilih mobil bekas hanya karena tren dan gengsi

Siapa sih yang gak mau punya mobil keluaran terbaru? Mengikuti tren dan merasakan kendaraan terkini serta membawanya di jalan raya memang memberikan kesenangan tersendiri. Tetapi, secara ekonomi membeli mobil baru akan bisa merugikan karena sebanrnya ada beberapa mobil bekas yang memiliki kualitas lebih baik dan harga yang lebih ramah kantong.

Walau begitu juga tidak dapat dipungkiri kalau membeli mobil bekas ada beberapa risiko. Namun jika kamu bisa pintar memilih dan memang mengerti betul tentang mobil maka membeli mobil bekas bisa lebih menguntungkan.

(Baca juga: Tips Agar Tidak Rugi Saat Beli Mobil Bekas)

Tidak berhitung cicilan

Saat membeli mobil secara kredit, biasanya orang akan lebih mudah terbuai dengan rayuan cicilan atua kredit murah. Karena cicilan murah tersebut, orang lebih memilih melakukan pembayaran mobil dengan jangka waktu kredit paling panjang agar cicilan per bulannya lebih murah.

Padahal, sebenarnya hal ini sangatlah merugikan karena harga total mobil tersebut pastinya jauh lebih besar. Misalnya, ketika kamu membelinya secara kredit selama 3 tahun cicilan per bulan Rp 3 juta, tapi kalau kamu beli dengan kredit selama 5 tahun hanya Rp 2,5 juta. Angka cicilan memang terlihat murah, namun total saat kamu menyicil selama tiga tahun hanya menghabiskan uang sebesar Rp 108 juta sementara kalau kredit selama 5 tahun total harganya menjadi Rp 150 juta atau lebih mahal 42 juta rupiah!

(Baca juga: Alasan Kenapa Kredit Sepeda Motor Bisa Bikin Miskin)

Tidak mempertimbangkan biaya sparepart, konsumsi bensin, dsb

Kesalahan lain yang sering dilakukan pada saat membeli mobil pertama adalah tidak mencari tahu terlebih dahulu harga pasar dari sparepart mobil tersebut, bagaimana konsumsi bensinnya, apa saja ‘penyakit’ yang sering menjadi masalah, dan sebagainya.

Mengapa hal ini harus dipikirkan? Karena kamu akan menggunakan mobil tersebut dalam jangka waktu yang panjang, jadi pikirkanlah mengenai biaya sehari-hari yang harus kamu keluarkan dengan menggunakan mobil tersebut, serta resiko pengeluaran saat mobil mengalami masalah nanti.

Tidak belajar dari pengalaman

Pengalaman adalah guru terbaik dalam hidup. Pepatah tersebut bahkan berlaku dalam urusan membeli mobil. Ya, tidak sedikit orang yang ogah mendengarkan pengalaman teman, keluarga, kerabat, atau ahlinya saat ingin membeli mobil pertama. Biasanya, hal ini terjadi karena telah terkecoh oleh tampilan luar mobil dan cicilan per bulan yang lebih murah.

(Baca juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Pilih Mobil LCGC Tahun Ini)

Padahal mendengarkan pengalaman orang mengenai mobil pilihan adalah sangat penting, sehingga ktidak ada penyesalan di kemudian hari ketika terjadi berbagai macam masalah yang terjadi dengan mobil kamu.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami