Makanan Favorit Milenial dari Boba hingga Seblak, Beserta Nilai Gizinya

Dalam memperingati Hari Gizi dan Makanan Nasional, setiap tanggal 25 Januari, apakah kamu sudah yakin bahwa makanan yang kamu konsumsi bergizi? Nah, Khusus anak muda, mungkin akan lebih pilih makanan favorit milenial, yang bahkan mereka sendiri pun tidak tahu, apa isi kandungan dan nilai gizinya.

Mengapa? Bicara tentang gizi dan makanan, milenial termasuk kalangan yang malas untuk memperhatikan kesehatan makanannya.

Milenial Suka yang Praktis, Enak, Murah

Yang terpenting bagi mereka adalah, makanan enak, cepat, dan mereka favoritkan. Terlebih, kalangan milenial lebih suka membeli makanan, terutama melalui online, ketimbang makan di rumah atau memasak sendiri.

Dengan karakter yang seperti itu, generasi milenial cenderung ingin mencoba semua hal, yang mereka lihat di internet atau online.

Nah, dengan kecanggihan teknologi tersebut, tentu saja akan mengubah gaya hidup mereka.

Milenial jadi lebih sering jajan, bahkan deretan makanan favorit milenial pun, mereka sendiri tidak tahu bergizi atau tidak. Yang penting enak dan kenyang.

Memang, kira-kira apa saja sih makanan favorit milenial, yang sedang hype atau yang paling sering dipesan?

Yuk, buat kamu yang merasa milenial, intip deretan makanan favorit milenial berikut ini, beserta nilai gizinya, agar kalian tahu apakah makanan ini sudah mencukupi kebutuhan gizi kamu atau belum.

(Baca Juga: 10 Rekomendasi Es Kopi Literan Paling Hits di Bawah Rp100 Ribu)

Makanan Favorit Milenial Beserta Nilai Gizinya

1. Minuman Boba

Makanan favorit milenial yang pertama adalah minuman boba. Meski bukan makanan, namun boba yang terdapat pada minuman ini, terbuat dari tepung, yang bisa dimakan.

Boba sendiri, merupakan topping yang terbuat dari tepung tapioka, berwarna hitam serta memiliki tekstur yan kenyal, bak jelly.

Bahkan, kini boba juga tidak hanya menjadi topping minuman, melainkan juga menjadi topping cake, hingga nasi goreng.

Wah ada ada saja ya makanan favorit milenial, yang satu ini. Saking populernya, bahkan kini sudah banyak penjual minuman, yang menambahkan unsur boba, agar semakin menarik.

Tidak perlu datang langsung ke toko atau mall, minuman boba ini juga sudah bisa dipesan lewat online. Jadi, sangat mudah sekali untuk bisa mendapatkan minuman ini.

Bagaimana dengan kandungan gizinya? Karena boba ini terbuat dari tepung tapioka, maka minuman ini tentu memiliki kalori yang cukup tinggi, dengan minum vitamin, protein, dan serat.

Jika diracik dalam minuman bubble tea milk, maka satu porsi standar totalnya sekitar 475 ml. Dari total tersebut, mengandung sekitar 38 gram gula dan 350-500 kalori.

2. Kopi

Makanan favorit milenial yang kedua selain minuman boba, adalah kopi. Bagaimana tidak, mau kongko di mana pun, pasti menu minuman yang paling umum ada, adalah kopi.

Bahkan, kini tempat makan, didominasi leh kafe kopi. Meski kafe tersebut menyediakan menu lain, namun kopi menjadi minuman unggulan.

Apa lagi, kini kopi disediakan dengan berbagai varian rasa dan campuran rasa. Makin demen deh para generasi milenial.

Rasanya, sehari nggak minum kopi, ada kurang. Apalagi, jika suasana sedang hujan, gerimis, sambil WFH atau sekadar nongkrong.

Nah, lantas bagaimana dengan nilai gizi dari minuman kopi hits ini? Berhubung jenis minuman kopi banyak, yuk kita bahas satu-satu!

  • Es kopi Americano

Jenis kopi yang pertama adalah es kopi Americano. Nah, di dalam satu gelas es kopi Americano berukuran 6 fl oz (177,4 ml), setidaknya memiliki 4 kalori, 0,01 gram lemak, 0,67 gram karbohidrat dan 0,19 protein serta 57 mg potasium, jelas laman Fatsecret.

  • Kopi & Gula

Biasa dikonsumsi oleh para milenial laki-laki, kopi dan gula menjadi salah satu varian kopi, yang dianggap paling legendaris. Dalam satu gelas es kopi dengan gula berukuran 6 fl oz (177,4 ml), memiliki 29 kalori, 0,01 gram lemak, 7,12 gram karbohidrat dan 0,19 gram protein serta 55 mg potasium.

  • Kopi Susu

Untuk varian yang paling sering dipesan milenial, yakni kopi susu dengan ukuran 6 fl oz (177,4 ml), umumnya memiliki 6 kalori, 0,15 gram lemak, 0,84 gram karbohidrat, 0,33 gram protein dan 62 mg potasium.

  • Kopi Susu & Gula

Bagi suka dengan varian kopi susu manis, plus gula, dengan ukuran sama yakni 6 fl oz (177,4 ml), memiliki 30 kalori, 0,14 gram lemak, 7,14 gram karbohidrat, 0,31 gram protein serta 60 mg potasium.

  • Kopi & Whipped Cream

Untuk varian kopi yang memiliki topping whipped cream, biasanya dalam satu gelas berukuran 6 fl oz (177,4 ml), memiliki 26 kalori, 1,47 gram lemak, 2,91 gram karbohidrat, 0,39 gram protein dan 89 mg potassium.

  • Kopi Gula, & whipped Cream

Bagaimana jika ditambah gula? Maka dalam Satu gelas es kopi dengan krim dan gula berukuran 6 fl oz (177,4 ml) memiliki 50 kalori, 1,42 gram lemak, 9,14 gram karbohidrat, 0,38 gram protein dan 86 mg potasium.

3. Ayam Geprek

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan ayam geprek? Makanan favorit milenial yang satu ini, seperti sudah seperti makanan pokok, jika makan di luar rumah.

Ke kampus makan ayam geprek, kerja makan ayam geprek, ke mall menu yang dipilih ayam geprek.

Terlebih kini sudah banyak varian ayam geprek yang beragam, seperti sambel beraneka rasa, topping keju mozarella, ikan teri, pete, sampai ditambah lauk-lauk lainnya.

Bahkan, sepertinya saat ini rumah makan atau kafe apapun, pasti menyediakan menu ayam geprek. Meski tidak digeprek, namun intinya ada ayam goreng tepung, nasi, sambal dan lalapan.

Jadi, jika seorang milenial bingung mau makan apa, pasti jalan tengahnya adalah pesan ayam geprek.

Lantas, jika dilihat dari nilai gizi, menu ayam geprek ini, memiliki kandungan apa saja sih? Kira-kira bagaimana dengan kecukupan gizi yang dibutuhkan tubuh?

  • Nasi Putih: Dengan berat 100 gram (2-3 centong), sekiranya memiliki kandungan kalori berkisar 140 kalori.
  • Sayuran/Lalap: Seberat 100 gram, memiliki kandungan kalorinya berkisar 50 kalori.
  • 1 Porsi Ayam Geprek: Umumnya terkandung sekitar 258 kalori.

4. Sushi

Nah, buat anak milenial gaul, pasti tak asing dengan makanan asal Jepang yang satu ini. Ya! Sushi menjadi salah satu makanan favorit milenial yang, memiliki banyak jenis dan topping.

Jika ayam geprek, lauk utamanya adalah ayam, berbeda dengan sushi yang tidak hanya isi salmon!

Isian sushi sangat beragam, mulai dari ikan, udang, ayam, sayur, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, sushi sendiri juga ada yang matang dan ada yang mentah.

Kalau kamu, lebih suka yang matang atau mentah? Karena, makanan mentah dan matang, bisa menghasilkan nilai gizi yang berbeda loh.

Umumnya, pada setiap sajian 1 mangkuk nasi sushi, mengandung beberapa nilai nutrisi seperti:

  • 165,3 kalori, 0.2 gram lemak
  • 0 gram kolesterol
  • 545.3 milligram sodium
  • 37.9 gram karbohidrat
  • 0.3 gram serat
  • 2.2 gram protein.

5. Mie Instan

Nah, kalau makanan favorit milenial yang satu ini, bisa dibilang paling merakyat, karena selain enak, harganya murah. Jadi, pantas saja jika mie instan selalu jadi idola.

Tidak hanya merek mie lokal, seperti Indomie yang mendunia, kini juga sudah banyak varian mie, yang tak kalah digemari anak mileninal, yakni mie pedas seperti Samyang yang berasal dari Korea.

Bahkan, makanan enak dan murah ini, selalu menjadi makanan yang wajib ada di lemari dapur, apalagi bagi anak kost. Karena, mie bisa menjadi penolong kelaparan, di saat tanggal tua.

Cara buatnya pun praktis, tidak perlu menggunakan alat masak yang ribet. Mulai pakai panci dan kompor, teko listrik, rice cooker, dan masih banyak lagi. Lantas, bagaimana dengan gizinya? Bagaimana jika kamu mengkonsumsi mie setiap hari? Apakah aman? Berikut kandungan gizinya:

  • Kalori: 188
  • Karbohidrat: 27 gram
  • Total lemak: 7 gram
  • Lemak jenuh: 3 gram
  • Protein: 4 gram
  • Serat: 0,9 gram
  • Sodium: 861 mg
  • Tiamin: 43% dari RDI
  • Folat: 12% dari RDI
  • Mangan: 11% dari RDI
  • Besi: 10% dari RDI
  • Niasin: 9% dari RDI
  • Riboflavin: 7% dari RDI

Nah, dengan jumlah 188 kalori per sajian, ternyata mi instan memiliki kalori lebih rendah dari beberapa jenis pasta. Sebut saja seperti satu porsi lasagna kemasan, bisa mengandung 377 kalori, lalu satu porsi spaghetti kalengan. Bakso memiliki 257 kalori.

6. Seblak

Makanan favorit milenial asal Bandung yang satu ini, memang tidak ada duanya. Makanan yang terbuat dari kerupuk ini, memang menjadi salah satu makanan favorit, untuk camilan atau makanan berat.

Rasanya yang pedas, gurih, dan kenyal, membuat sensasinya jadi lebih mantap. Ditambah ada aroma kencur, yang bikin nafsu makan bertambah.

Tapi, kamu tahu nggak sih, nilai gizi yang terkandung dalam seblak? Yuk, intip nilai gizi makanan yang satu ini.

Dalam satu porsi seblak, terkandung Kal 262, Lemak 13,31g, Karb 31,15g, Prot 8,15g. Selain itu, terdapat pula 262 kalori dalam Seblak. Rincian Kalori: 43% lemak, 45% karbo, 12% protein.

(Baca Juga: Deretan Bisnis Kuliner Milik Artis)

Nah, itu dia beberapa informasi terkait makanan favorit milenial beserta nilai gizinya. Ayo, dari lima makanan favorit milenial di atas, makanan apa yang paling sering kamu beli?

Tidak ada salahnya untuk apresiasi lidah, demi kepuasan dengan mengkonsumsi makanan kesukaan kita.

Namun, perhatikan juga gizi yang ada di dalamnya. Jika salah satu kandungan ada yang kurang, maka kamu bisa kombinasikan dengan makanan lain, sehingga gizi yang masuk ke tubuh seimbang.

Terlebih, kini sudah banyak loh merchant yang menjual makanan sehat, dengan gizi yang seimbang. Jadi, jika bisa favoritkan makanan semacam itu.

Sebut saja seperti Saladstop, yang menjual aneka salad dan makanan organik pilihan. Memang, jika dari harga lebih mahal, tapi jika sehat makanan tersebut bisa menjadi pilihan tepat.

Jangan lupa, jika kamu ingin jajan hemat, pastikan gunakan kartu kredit, sebagai metode pembayarannya.

Dengan kartu kredit, kamu bisa berkesempatan mendapatkan diskon hingga cashback. Apalagi, milenial sangat gemar mencari diskon bukan?

Yuk, ajukan kartu kredit khusus milenial, jika kamu belum punya. Cara ajukannya juga gampang banget loh, yakni bisa secara online, melalui CekAja.com.

Ada banyak pilihan produk kartu kredit juga, yang disediakan CekAja.com, dari berbagai bank ternama Indonesia.

Yuk, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit khusus milenial terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com.