7 Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan, Mental Terjaga dan Emosi Lebih Stabil

Sudah tak diragukan lagi jika manfaat bangun pagi bagi kesehatan itu sangat baik dan banyak. Jadi buat kamu yang masih suka enak enakan di kasur sampai matahari terbit dan panas, buruan deh ubah kebiasaan buruk itu sebelum menyesal.

Mari kita jujur. Bagi kebanyakan orang, tidak mudah untuk bangun pagi-pagi sekali, terutama saat hari masih gelap. Tetapi banyak orang sukses berkata, “Jika kamu menang di pagi hari, kamu menang hari itu.”

Bagi beberapa orang lainnya ada yang bisa bangun pagi tanpa berusaha sama sekali. Nah kalau kalian termasuk yang tanpa berusaha sudah bisa bangun pagi maka bersyukurlah.

Karena ada begitu banyak manfaat bangun pagi bagi kesehatan, mulai dari performa yang lebih baik di sekolah hingga lebih mampu menjalankan hari-hari kita.

(Baca Juga: Manfaat Bermain Catur Bagi Kesehatan Mental dan Otak)

Manfaat bangun pagi bagi kesehatan tidak hanya untuk fisik kita saja tapi juga untuk kesehatan mental kita. Di artikel ini kita akan membahas detail tentang manfaat bangun pagi bagi kesehatan jadi jangan lewatkan ya!

Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan

Manfaat bangun pagi bagi kesehatan yang harus kita tahu antara lain:

1. Lebih Banyak Energi

Manfaat bangun pagi bagi kesehatan yang pertama adalah kita memiliki lebih banyak energy. Memiliki waktu istirahat yang lebih berkualitas akan lebih banyak menyimpan energi untuk memulai hari kita.

Biasanya orang yang bangun pagi memiliki waktu tidur yang lebih teratur dibandingkan orang yang suka begadang.  Banyak hal terjadi ketika tubuh kita akhirnya rileks dalam tidur, dan semua itu bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental jangka panjang kita.

Saat kita berada dalam fase tidur yang terdalam, maka tekanan darah menurun, suhu tubuh menurun juga, otot menjadi lebih rileks.  Ini menghasilkan perbaikan jaringan dan tulang, serta koreksi sel. Di saat inilah hormon pertumbuhan yang penting untuk sel dilepaskan.

2. Pandangan Positif

Umumnya jika kita adalah seorang yang aktif di malam hari, orang-orang yang bangun pagi itu sering dianggap mengganggu. Sedangkan mereka yang bangun pagi adalah orang orang ceria yang penuh semangat.

Orang yang biasanya bangun pagi akan tidur malam lebih awal sehingga mereka tidur paling tidak 7-9 jam dan itu adalah waktu tidur yang dianjurkan bagi orang dewasa.

Karena tidur dalam jumlah penuh yang dibutuhkan untuk tubuh dan pikiran yang lebih sehat, masuk akal bahwa kepositifan pagi mereka berhubungan langsung dengan istirahat mereka. Sehingga manfaat bangun pagi bagi kesehatan ini lebih kepada kesehatan mental kita.

3. Membantu Kulit Terlihat Sehat

Setelah tidur nyenyak semalaman, kulit kita akan menjadi lebih baik di pagi hari. Ini menjadi salah satu manfaat bangun pagi bagi kesehatan terutama kulit karena kita mempunyai waktu untuk lebih memperhatikan perawatan di pagi hari.

Orang yang bangun pagi juga cenderung memiliki kebiasaan tidur yang teratur (tidak seperti night owl yang membuat jadwal tidur tidak menentu). Memiliki rutinitas tidur yang dapat diprediksi memastikan bahwa kulit kita mendapat waktu yang tepat untuk melakukan proses peremajaan.

4. Lebih Banyak Waktu untuk Berolahraga

Manfaat bangun pagi bagi kesehatan selanjutnya adalah kita mempunyai lebih banyak waktu untuk berolahraga. Memulai hari dengan berolahraga tidak hanya menghilangkan rasa lelah di sore hari, tetapi juga sangat sehat!

Ini membakar lebih banyak kalori dan bisa membantu kita tidur lebih nyenyak di malam hari. Olahraga juga melepaskan endorfin, area mana yang merasakan hormon yang baik membuat kita memulai hari dengan suasana hati yang baik juga.

5. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat bangun pagi bagi kesehatan selanjutnya adalah biasa meningkatkan konsentrasi. Memulai hari lebih awal akan meningkatkan konsentrasi kita.

Selain dapat fokus pada tujuan dan daftar tugas tanpa diganggu oleh anggota keluarga atau rekan kerja, bangun pagi berarti bahwa pada saat kita tiba di kantor atau sekolah, kita memiliki waktu berjam-jam untuk menyesuaikan diri dengan baik hari itu. 

6. Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Kebiasaan bangun di pagi hari tidak hanya untuk kesehatan fisik saja. Fungsi otak yang lebih baik, kurangnya ketegangan fisik dan stres, dan tidur teratur adalah semua komponen yang menghasilkan kemampuan kita untuk melepaskan kecemasan akan datangnya hari itu.

Tidak mengherankan, para ahli kesehatan mental mengaitkan manajemen waktu dan pengaturan yang baik dikombinasikan dengan istirahat malam yang nyenyak menjadi pikiran yang lebih sehat.

Terlalu banyak tidur dan tidur non-produktif menyebabkan lebih tingginya insiden depresi dan penyakit psikologis.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Menjaga tubuh kita pada rutinitas tidur akan membuat kita lebih mudah untuk tidur dan bangun secara alami pada waktu yang sama setiap malam.

Ini penting untuk jam biologis tubuh kita. Orang yang bangun pagi secara alami akan lebih mengantuk ketika itu adalah waktu “normal” untuk tidur.

Dan melakukan rutinitas yang dapat diprediksi akan membantu kita tidur lebih nyenyak setiap malam dan bangun dengan istirahat dan segar.

Nah itu dia 7 manfaat bangun pagi bagi kesehatan baik fisik maupun mental yang perlu kita tahu. Semoga dengan pembahasan ini bisa membuat kita tidak malas lagi bangun pagi ya.

Manfaat kesehatan memang tak perlu disangkal lagi. Karena istirahat yang cukup dan tepat adalah kunci utama tubuh yang sehat.

(Baca Juga: Asuransi Kesehatan Terbaik yang Pernah Ada)

Untuk mendukung kesehatan kamu agar lebih fit, pastikan kamu melakukan cek kesehatan secara rutin. Dan kemungkinan saat ini kita sangat perlu memiliki asuransi kesehatan.

Karena dengan adanya asuransi kesehatan, kita akan lebih dimudahkan dalam mengakses layanan kesehatan. Selain itu, memiliki asuransi terbaik yang memiliki akses ke banyak rumah sakit pun layak menjadi pilihan utama.

Untuk mendapatkan asuransi kesehatan, kita bisa membuatnya si CekAja.com. Sebagai salah satu laman yang bekerja sama langsung dengan berbagai asuransi terbaik.

Melalui CekAja.com kita bisa mendapatkan asuransi terbaik yang premi nya cukup terjangkau. Tentu saja ini akan membuatmu merasa lebih aman.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk daftar asuransi kesehatan terbaik melalui CekAja.com.