Manfaat Investasi Jangka Panjang yang Perlu Kamu Ketahui!

Manfaat investasi jangka panjang yang paling terkenal adalah membuat keuangan di masa depan lebih terjamin. Padahal, manfaat ini masih banyak loh! Yuk, sama-sama kita simak!

Manfaat Investasi Jangka Panjang yang Perlu Kamu Ketahui!

Memberikan berbagai keuntungan keuangan, investasi saat ini sudah bukan hal yang asing lagi. Sebagian orang juga sudah mulai melakukan investasi sejak dini.

Berbagai instrumen investasi bisa kamu pilih, mulai dari saham, reksadana, obligasi, properti, dan lain sebagainya.

Selain instrumennya yang banyak pilihan, sebagai investor kamu juga bisa memilih ingin melakukan investasi jangka pendek atau jangka panjang.

Kedua investasi ini hanya dibedakan dari segi waktu penerimaan dana nantinya. Jika kamu memilih investasi jangka panjang, tentu hasil yang dinikmati perlu memerlukan waktu lebih.

Umumnya, investasi jangka panjang bisa dinikmati di hari tua, atau saat waktu-waktu tertentu. Meski waktunya panjang, ini setimpal dengan keuntungan yang akan kamu dapatkan nantinya.

Berbagai manfaat investasi jangka panjang juga bisa kamu rasakan nantinya. Kira-kira apa saja ya manfaat investasi jangka panjang tersebut?

Apa itu Investasi Jangka Panjang?

Sebelum mengetahui manfaat investasi jangka panjang, kamu perlu lebih dulu mengetahui apa investasi jangka panjang itu?

Investasi jangka panjang merupakan investasi yang dijalankan secara terus menerus, dan membutuhkan waktu lama untuk bisa dicairkan kembali uangnya.

Investasi jangka panjang juga sering disebut sebagai penanaman aset atau modal. Yang mana, keuntungan bisa dirasakan dalam jangka waktu tertentu.

Jangka waktu investasi jangka panjang cukup beragam, hal ini bisa kamu putuskan sendiri mau berapa lama melakukan investasi.

Waktu yang diperlukan dalam investasi jangka panjang umumnya minimal 1 tahun. Untuk maksimal, bisa disesuaikan pada tiap orangnya.

Meski memakan waktu yang lama, hal ini setimpal dengan keuntungan yang akan didapatkan nantinya. Oleh sebab itu, tidak jarang orang memilih investasi jangka panjang untuk mempersiapkan keuangan mereka.

Selain itu, berbagai manfaat investasi jangka panjang juga menjadi alasan banyaknya orang mulai melakukan investasi tersebut.

(Baca Juga: 5 Pilihan Investasi Terbaik di Masa Depan untuk Milenial)

5 Manfaat Investasi Jangka Panjang

Nah, setelah mengetahui secara singkat pengertian dari investasi jangka panjang, saat ini waktunya untuk kamu mengetahui beberapa manfaat yang diberikan dari investasi jangka panjang.

1. Mempersiapkan Keuangan Masa Depan yang Lebih Baik

Manfaat investasi jangka panjang pertama yaitu mampu membantu kamu mempersiapkan keuangan masa depan yang lebih baik.

Investasi ini bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan di masa depan. Mulai biaya pendidikan diri sendiri ataupun anak, biaya kesehatan, biaya untuk hari tua, dan lain sebagainya.

Dengan mengatur keuangan sejak dini, di masa depan kamu tentu tidak akan kebingungan dan menghadapi permasalahan keuangan yang besar.

Investasi juga dapat memberikan keuntungan, jadi, di masa depan ketika investasimu sedang naik tentu akan menguntungkan untuk kamu.

2. Menjaga Aset dari Inflasi

Seiring berjalannya waktu, nilai uang bisa berkurang akibat adanya inflasi. Bahkan dari tahun ke tahun, angka infasi ini cenderung mengalami kenaikan.

Meski kenaikan yang diberikan tidak selalu signifikan, tentu tetap berdampak pada aset yang kamu miliki.

Agar aset yang kamu miliki tidak habis akibat inflasi, investasi menjadi cara terbaik untuk menghindari hal tersebut.

Terlebih jika kamu melakukan manajemen investasi dengan baik. Pertumbuhan uang yang kamu miliki tentu bisa mengalahkan laju inflasi.

3. Sebagai Dana Pensiun

Manfaat investasi jangka panjang selanjutnya, bisa kamu nikmati dihari tua nanti. Dengan adanya investasi ini, kamu tidak perlu lagi bingung terkait keuangan di masa pensiun nanti.

Nilai investasi yang terus bertambah tinggi, membuat investasi ini bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan di masa tua.

Gen milenial terkadang ingin melakukan pensiun dini, dan menikmati hasil kerja kerasnya meskipun usia belum terlalu tua.

Jika dilakukan sejak dini, hal tersebut bukan lagi hal yang mustahil. Terlebih, jika investasi telah diperhitungkan secara matang, dan besaran investasi dapat menutupi segala kebutuhan.

4. Tidak Perlu Memantau Pergerakan Investasi dari Waktu ke Waktu

Karena dilakukan secara jangka panjang, investasi ini tidak lagi membuatmu repot dengan terus menerus mengecek pergerakan investasi.

Meski tidak perlu selalu dipantau, bukan berarti investasi jadi diabaikan ya. Hanya durasi pengecekan lebih jarang.

5. Mencapai Financial Freedom

Saat ini, siapa sih yang tidak ingin mencapai financial freedom? Impian banyak orang ini bisa didapatkan oleh banyak orang dengan berbagai upaya.

Salah satunya adalah melalui investasi jangka panjang. Dengan melakukan investasi, kamu bisa mendapatkan keuntungan di kemudian hari.

Terlebih, umumnya investasi terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Dengan besaran investasi yang dimiliki, dan dengan berbagai perhitungan, mungkin investasi ini bisa menjadi dana untuk memenuhi segala kebutuhan di masa depan.

Sesuai prinsipnya, financial freedom merupakan kondisi dimana seseorang sudah bisa memenuhi segala kebutuhannya sehari-hari, tanpa perlu bekerja.

Nah, dari kegiatan investasi ini, para investor akan lebih mudah untuk mencapai financial freedom nantinya.

(Baca Juga: 6 Manfaat Investasi Reksadana)

Setelah menyimak manfaat investasi jangka panjang di atas, tentu membuat kamu lebih tertarik lagi dalam melakukan investasi bukan?

Membuat keuangan lebih baik dan lebih terjamin di masa depan, tentu bukan lagi hal yang sulit jika sudah memiliki investasi.

Tetapi, sebelum memulai investasi, pastikan kamu sudah mengatur pengeluaran untuk segala kebutuhanmu saat ini ya.

Pastikan segala kebutuhan untuk sehari-hari telah dipenuhi, dan dana sisanya bisa kamu investasikan untuk masa depan.

Kamu juga bisa membuat pos-pos keuangan. Yang mana terdapat pos untuk kebutuhan sehari-hari, dan pos untuk investasi. Pastikan pos ini tersimpan dengan rapi dan tidak tercampur.

Agar lebih mudah dalam menyimpannya, kamu bisa menyiapkan tabungan khusus sebagai pemisahnya. Tabungan ini bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui CekAja.com.

Di sana, terdapat pilihan tabungan yang bisa kamu pilih. Proses pengajuannya pun cukup praktis, mudah, dan juga cepat. Jadi, tidak perlu waktu lama untuk kamu bisa mendapatkan tabungan tersebut.

Nah, tunggu apalagi? Yuk segera buka tabungan melalui CekAja.com!