Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

10 Manfaat Minyak Ikan Bagi Pertumbuhan Anak, Paling Berpengaruh!

by Estrin Vanadianti Lestari on 2 September, 2020

Kaya dengan kandungan omega-3, sudah tahu manfaat minyak ikan bagi pertumbuhan anak, selain untuk kecerdasan otaknya? Yuk, kita bahas di sini!

10 Manfaat Minyak Ikan Bagi Pertumbuhan Anak, Paling Berpengaruh!

Sebenarnya, minyak ikan tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan anak saja, melainkan juga bermanfaat untuk orang dewasa, hingga ibu hamil.

Namun, dengan banyaknya manfaat minyak ikan untuk pertumbuhan anak, membuat minyak ikan menjadi salah satu suplemen tambahan, yang baik untuk masa pertumbuhan.

Apa Itu Minyak Ikan? Bagaimana Bentuknya?
Apa Itu Minyak Ikan

Buat kamu yang masih belum tahu, minyak ikan merupakan sumber makanan, berbentuk minyak yang mengandung asam lemak omega 3.

Bukan hanya satu, omega 3 yang terdapat dalam minyak ada dua jenis, yakni Docosahexaenoic Acid (DHA) dan Eicosapentaenoic acid (EPA).

Mengapa omega 3 sangat penting? Hal tersebut dikarenakan tubuh manusia tidak bisa memproduksi zat yang satu ini, sehingga asam lemak omega 3 hanya bisa didapat dari makanan, seperti minyak ikan.

(Baca Juga: 9 Suplemen Terbaik untuk Imunitas)
Asal Minyak Ikan

Asal Minyak Ikan

Dari mana asal minyak ikan yang mengandung banyak omega 3? Tentu saja diambil dari ikan pilihan dengan kandungan omega 3 terbaik.

Ikan dengan kandungan omega 3 terbaik tersebut di antaranya adalah ikan salmon, ikan kod, sarden (bukan yang sudah dikemas), dan ikan haring.

Minyak ikan sendiri dibuat dengan proses menggunakan alat modern, hingga menghasilkan minyak dan dibentuk seperti butiran suplemen bening, yang biasa kamu minum.

Adapun, beberapa minyak ikan juga ada yang dibuat sediaan emulsi, sehingga akan lebih mudah dikonsumsi bagi anak-anak, seperti produk Scott Emulsion yang dipadukan dengan rasa buah.

Rincian Kandungan Minyak Ikan

Rincian Kandungan Minyak Ikan

Setidaknya, dalam satu sendok teh atau setara dengan 4 ml minyak ikan, mengandung:

  • 40,6 kalori
  • 4,5 gram lemak
  • 1084 miligram asam lemak omega 3
  • 9,6 miligram asam lemak omega 6

Secara umum, minyak ikan sangat bermanfaat untuk kesehatan mata, perkembangan otak, meredakan peradangan dalam tubuh, hingga mencegah beberapa penyakit kronis.

Maka tak heran jika, banyak orang tua yang memberikan asupan omega 3 dalam bentuk minyak ikan, untuk anak mereka.

Terlebih, masa anak-anak memang paling tepat untuk mendapatkan asupan penting seperti omega 3, karena sedang masa pertumbuhan.

Lantas, kira-kira apa saja manfaat minyak ikan bagi pertumbuhan anak, selain untuk mencerdaskan otak? Yuk intip rangkumannya di bawah ini.

10 Manfaat Minyak Ikan Bagi Pertumbuhan Anak

Manfaat Minyak Ikan Bagi Pertumbuhan Anak

1. Menyehatkan otak

Manfaat minyak ikan bagi pertumbuhan anak yang pertama adalah bisa bantu menyehatkan otak anak.

Manfaat yang satu ini, sepertinya memang menjadi manfaat yang paling diincar, karena sangat baik untuk daya ingat, berpikir, mengasah otak dalam belajar, hingga dalam mempertimbangkan sesuatu.

Hal tersebut dikarenakan, minyak ikan mengandung DHA dan asam lemak omega 3, yang bisa membantu perkembangan otak anak menjadi sangat maksimal.

2. Memberi manfaat untuk anak ADHD

Manfaat minyak ikan bagi pertumbuhan anak selanjutnya adalah untuk memberikan kesehatan pada anak dengan gangguan ADHD.

ADHD sendiri adalah singkatan dari attention-deficit hyperactivity disorder, yang merupakan sebuah gangguan perkembangan saraf di masa anak-anak.

Adapun anak dengan kondisi ADHD berkemungkinan tubuhnya kekurangan level omega 3, pada kebutuhan normal tubuh mereka.

Sehingga, dengan mengkonsumsi minyak ikan yang kaya akan omega 3, dipercaya bisa meningkatkan kerja otak dan perilaku akan, dengan kondisi ADHD.

Anak ADHD yang mengkonsumsi minyak ikan dengan kandungan omega 3 tinggi, berkemungkinan bisa menimbulkan efek sebagai berikut:

  • Membantu mengubah perilaku
  • Membantu mengurangi hiperaktivitas
  • Membantu meningkatkan perhatian pada anak di bawah usia 12 tahun

Akan tetapi, hal tersebut harus tetap dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu, untuk informasi dosis dan manfaat lebih lanjut.

3. Bantu cegah gangguan kecemasan dan depresi pada anak

Dilansir dari hellosehat.com, sebuah studi yang berjudul Omega 3 Polyunsaturated Fatty Acid and the Treatment of Depression, menunjukkan bahwa, omega 3 sangat berperan dalam atasi kecemasan dan depresi.

Tidak hanya pada orang dewasa, penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa minyak ikan, juga bisa bermanfaat untuk mengurangi depresi pada anak dan plasebo.

Selain itu, minyak ikan juga bisa meningkatkan suasana hati. Namun, tentunya masih harus dibutuhkan penelitian tambahan terkait keyakinan ini.

4. Membuat tidur anak menjadi berkualitas

Manfaat minyak ikan bagi pertumbuhan anak berikutnya adalah bisa membuat tidur anak lebih berkualitas.

Terlebih, tidur yang cukup dan berkualitas bisa membantu pertumbuhan anak lebih baik, ketimbang dengan anak yang memiliki masalah kesulitan tidur.

Pasalnya, masalah sulit tidur tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, dan zat omega 3 bisa membantu atasi masalah ini.

Cobalah untuk mengkonsumsi minyak ikan dengan omega 3 tinggi, yang mampu mengurangi risiko gangguan tidur pada anak.

5. Bantu mengurasi risiko terkena penyakit asma

Minyak ikan ternyata juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit asma, pada anak.

Dengan kandungan DHA dan EPA, ternyata mampu mengurangi dampak dari asma, terutama pada jenis asma yang disebabkan oleh polusi udara.

Meski begitu, kebenaran ini juga masih perlu diteliti lebih lanjut, untuk mengetahui manfaat minyak ikan untuk anak yang satu ini.

6. Bantu mengurangi risiko antisosial dan perilaku agresif pada anak

Manfaat minyak ikan bagi pertumbuhan anak yang tak kalah baik adalah bisa bantu mengurangi risiko antisosial dan perilaku agresif pada anak.

Pasalnya, sebuah studi menemukan bahwa omega-3 yang ada di minyak ikan, mampu mengurangi masalah perilaku agresif dan antisosial pada anak.

Bahkan, efek tersebut ditemukan dan disebut dapat bertahan lama dan mempengaruhi perkembangan saraf.

7. Membantu mengurangi risiko terkena diabetes pada anak

Minyak ikan, disebut mampu membantu menjaga sel hippocampus dari kerusakan dan mengurangi stres oksidatif yang menjadi penyebab dari komplikasi diabetes tipe dua pada anak.

Komplikasi di sini, maksudnya adalah mikrovaskuler dan kardiovaskuler. Sehingga, dengan konsumsi minyak ikan, maka bisa mengurangi risiko anak mengalami diabetes.

8. Memiliki kandungan zat besi yang baik untuk darah

Selain omega 3 dan vitamin, minyak ikan biasanya juga dikombinasikan dengan kandungan zat besi, yang dikenal baik untuk produksi sel darah merah.

Dengan sel darah merah yang berkualitas dalam tubuh, maka bisa mengalirkan darah ke organ dan otot, sehingga tidak kekurangan oksigen.

Selain itu, minyak ikan juga bisa mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, karena bisa mengontrol kadar kolesterol jahat.

9. Bantu meningkatkan nafsu makan anak

Selain dikenal untuk kecerdasan otak, manfaat minyak ikan bagi pertumbuhan anak juga bisa bantu meningkatkan nafsu makan anak.

Dengan nafsu makan yang meningkat, maka tubuh anak jadi lebih sehat dan mampu menangkal berbagai macam penyakit.

(Baca Juga: Suplemen Zat Besi Untuk Bayi yang Aman)

Sehingga, memberikan suplemen minyak ikan secara rutin, juga bisa membuat anak jadi nggak mudah jatuh sakit.

10. Menjaga daya tahan tubuh anak

Manfaat minyak ikan bagi pertumbuhan anak yang terakhir adalah bisa membantu menjaga aya tahan tubuh anak.

Tidak hanya mengandung omega 3, minyak ikan yang dihasilkan dari ikan tertentu seperti ikan cod, mengandung banyak vitamin.

Kandungan vitamin serta omega 3, bisa membuat pertumbuhan anak lebih baik, dan bisa membantu menjaga daya tahan tubuhnya agar tetap sehat.

Nah, itu dia beberapa manfaat minyak ikan bagi pertumbuhan anak, yang sangat penting untuk diberikan, dan sayang untuk dilewatkan.

Nah, agar manfaat yang didapatkan lebih maksimal, berikut dosis minyak ikan yang pas untuk anak, seperti yang dilansir hellosehat.com dari National Institutes of Health.

  • Anak usia 0-12 bulan: 0,5 gram
  • Anak usia 1-3 tahun: 0,7 gram
  • Anak usia 4-8 tahun: 0,9 gram
  • Anak perempuan 9-13 tahun: 1 gram
  • Anak laki-laki 9-13 tahun: 1,2 gram
  • Anak perempuan 14-18 tahun: 1,1 gram
  • Anak laki-laki 14-18 tahun: 1,6 gram

Namun, agar anak bisa mendapatkan nutrisi yang seimbang, nyatanya tidak hanya bisa didapat dari minyak ikan saja.

Artinya, anak juga butuh nutrisi penting, yang bisa didapatkan dari makanan lainnya, seperti daging, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan lain-lain.

Kamu bisa membeli semua kebutuhan nutrisi si kecil dengan mudah di supermarket atau bahkan di toko online, terlebih kini penjual sayur, buah dan makanan lainnya bisa dilakukan via online.

Sebut saja seperti Sayurbox, Tanihub dan lain-lain. Selain mudah, cepat, dan praktis, berbelanja kebutuhan makanan di online juga lebih hemat, apalagi menggunakan kartu kredit.

Pasalnya, kamu bisa berkesempatan mendapatkan promo mulai dari diskon, cashback, hingga rewards, yang menguntungkan dan belanja jadi makin hemat.

Nah, buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, bisa segera ajukan dengan mudah dan cepat, melalui CekAja.com.

Pasalnya, CekAja,com menyediakan banyak produk kartu kredit dari berbagai bank ternama di Indonesia, sehingga kamu bisa dengan mudah membandingkannya.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu sekarang juga di CekAja.com, dan beli semua kebutuhan pangan hingga suplemen seperti minyak ikan terbaik!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk