8 Metode Self Healing Paling Efektif untuk Dilakukan, Yuk Coba!

Ternyata, untuk bisa memaafkan dan menerima kejadian buruk di masa lalu, kamu perlu melakukan sejumlah metode self healing. Yang mana, metode self healing ini tidak semudah yang dibayangkan.

Untuk bisa berhasil melakukan metode self healing, dibutuhkan niat dan tekad yang kuat. Pasalnya, untuk bisa terlepas dari rasa takut, khawatir, dan “zona nyaman” lainnya sangat susah.

Apalagi, jika seseorang sudah jatuh terlalu dalam dengan pengalaman buruk tersebut. Seperti contohnya, pasangan yang berada dalam hubungan “toxic relationship”.

Pada beberapa kasus, pasangan yang menjalin hubungan tidak sehat, umumnya akan merugikan satu sama lain.

Karena pada dasarnya, toxic relationship adalah hubungan yang ditandai dengan perilaku buruk dan tidak sehat, baik itu secara emosional maupun dalam bentuk merusak secara fisik yang dilakukan pasangan atau diri sendiri.

Biasanya, dalam sebuah hubungan tidak sehat, yang menjadi korban adalah wanita. Namun, tidak menutup kemungkinan laki-laki pun menjadi korban, apabila wanitanya lebih dominan.

Tetapi apapun itu, menjalin hubungan yang tidak sehat sangat merugikan kedua belah pihak. Tentunya tidak hanya secara fisik saja, namun juga menciptakan trauma tersendiri secara psikis.

Oleh karena itu, orang yang berada dalam toxic relationship harus segera keluar dari hubungan tersebut, dan melakukan sejumlah metode self healing untuk bisa benar-benar lepas dari trauma masa lalunya.

Lantas, apa saja metode self healing tersebut dan bagaimana cara melakukannya? Pada artikel kali ini, semuanya akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Apa Itu Self Healing?

Sebelum membahas lebih jauh tentang metode self healing, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu informasi dasar seputar self healing itu sendiri.

Jadi, self healing merupakan sebuah proses pemulihan, yang biasanya dilakukan karena trauma, gangguan psikologis dan lain sebagainya, akibat luka batin yang terjadi di masa lalu, baik itu disebabkan oleh diri sendiri maupun orang lain.

Mudahnya, self healing adalah proses yang dilakukan untuk menyembuhkan diri dari luka batin yang terjadi di masa lalu.

Metode self healing biasanya ditempuh oleh seseorang yang masih menyimpan luka batin di masa lalu, dan mengganggu emosinya.

Karena, tujuan dari self healing sendiri yaitu untuk memahami diri sendiri, menerima kekurangan, serta membentuk pikiran positif dari apa yang telah terjadi di masa lalu.

Apabila metode self healing yang dilakukan berhasil, seseorang kedepannya akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih kuat dan tegar dan menghadapi kegagalan, kesulitan, maupun trauma masa lalu.

Selain itu, metode self healing juga secara tidak langsung membentuk pandangan seseorang, bahwa masalah yang terjadi dalam hidup adalah hal wajar.

Terlebih, masalah yang terjadi sebenarnya adalah pelajaran baru untuk proses pendewasaan suatu individu, yang tidak bisa didapat dan diajarkan oleh siapapun kecuali diri sendiri.

(Baca Juga: Meredakan Batuk Pilek dengan Metode Self Healing)

8 Metode Self Healing

Setelah informasi dasar seputar self healing sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya, maka kali ini kamu akan mengetahui sejumlah metode self healing, yang sudah dijanjikan sebelumnya.

Kamu mungkin pernah mendengar dari orang sekitar, baik itu kerabat, saudara, keluarga maupun rekan kerja mengenai cara self healing terbaik, yang menurutnya ampuh dilakukan.

Kamu mungkin percaya dengan perkataan mereka, dan tertarik untuk mencobanya. Namun, tahukah kamu kalau cara yang efektif dilakukan suatu individu, belum tentu efektif jika dilakukan oleh individu lain, meskipun metodenya sama.

Sebab, cara menginterpretasikan suatu hal yang dilakukan setiap orang berbeda-beda. Untuk itu, agar kamu bisa menginterpretasikan metode self healing yang benar, kamu harus terlebih dahulu mengetahui apa saja metodenya.

Setelah itu, mengetahui definisi dari setiap metode dengan baik, agar bisa memahami dan mengaplikasikannya dengan baik.

Oleh sebab itu, di bawah ini CekAja.com akan mengulas lengkap delapan metode self healing terbaik yang patut kamu coba, agar terlepas dari trauma masa lalu, di antaranya yaitu:

1. Meluangkan waktu untuk diri sendiri

Metode self healing pertama yang perlu kamu lakukan, yaitu meluangkan waktu untuk diri sendiri atau me time.

Bisa dibilang metode ini sangat penting, karena berguna untuk memberikan ruang buat kamu mengenal dirimu sendiri, menikmati rasa nyaman dengan diri sendiri, dan memberikan waktu sejenak untuk diri bernapas dan bahagia.

Kamu bisa melakukan beberapa hal yang kamu suka, sebagai aktivitas me time. Seperti misalnya melakukan hobi main game, bermain basket, futsal, nonton film, shopping, melakukan wisata kuliner dan lain sebagainya.

2. Melakukan komunikasi dengan diri sendiri

Metode berikutnya yang perlu kamu lakukan, yaitu berkomunikasi dengan diri sendiri. Mungkin terkesan aneh, namun ini sangat berpengaruh terhadap ketenangan diri sendiri.

Pasalnya, melakukan komunikasi dengan diri sendiri dapat membuatmu lebih jujur dengan perasaan yang kamu miliki saat ini, baik itu sedih, kecewa, marah dan lain sebagainya.

Dengan jujur, kamu setidaknya bisa mengetahui apa yang kamu rasakan dan kamu butuhkan. Selain itu, kamu pun bisa lebih paham dengan diri sendiri dan menjadi lebih bersyukur dengan apa yang kamu miliki saat ini dalam hidup.

3. Meningkatkan pemahaman diri

Meningkatkan pemahaman diri, atau self compassion merupakan bagian dari metode self healing yang tidak boleh dilewatkan.

Karena, self compassion dapat membuatmu bisa memaknai pengalaman yang kurang menyenangkan, dengan emosi yang berbeda.

Dengan kata lain, self compassion bisa membantumu melihat serta memaknai rasa ketidaknyamanan terhadap masa lalu, dengan sudut pandang dan cara yang positif.

Jika kamu berhasil meningkatkan self compassion, maka kamu akan lebih peduli dengan diri sendiri, serta bisa merespon peristiwa buruk dengan lebih tenang dan lapang dada.

4. Berpikir dengan kesadaran penuh

Metode keempat yang perlu kamu lakukan, yaitu berpikir dengan kesadaran penuh, atau mindfulness.

Ini menjadi hal yang tak kalah penting untuk dilakukan, karena dengan mengelola perasaan, pikiran serta lingkungan, kamu nantinya bisa lebih melihat dan memaknai setiap hal yang terjadi dengan lebih sehat.

Cara agar bisa selalu berpikir dengan kesadaran penuh pun ada banyak, salah satunya yang efektif yaitu memejamkan mata di tempat yang tenang dan damai.

5. Berdamai dengan keadaan

Percayalah, semakin kamu mengingat dan menyesali kejadian buruk di masa lalu, maka semakin sulit pula kamu memaafkan diri sendiri dan terlepas dari trauma masa lalu.

Marah dengan suatu kejadian buruk adalah hal yang sah dilakukan, namun bukan berarti itu boleh kamu lakukan secara terus-menerus.

Jika kamu ingin segera bebas dan keluar dari trauma masa lalu, cobalah untuk berdamai dengan keadaan.

Memang bukan hal yang mudah, namun jika kamu mencobanya dengan penuh tekad, maka trauma yang kamu miliki akan masa lalu perlahan akan berkurang.

Bahkan, saat kamu sudah dititik bisa menerima setiap kejadian buruk yang terjadi, kamu akan melihat hal tersebut sebagai guru terbaik dalam hidup, yang tidak bisa kamu dapat dari manapun.

6. Jadikan kesalahan di masa lalu sebagai kekuatan

Selain berdamai dengan keadaan, kamu juga perlu menjadikan kesalahan di masa lalu sebagai kekuatanmu saat ini.

Memang, ini adalah hal yang sulit dilakukan. Tetapi, coba lihat dari sudut pandang lain. Tempatkan sebuah kegagalan sebagai pembelajaran baru yang berharga, untuk dirimu saat ini.

Tanamkan selalu hal itu dalam pikiranmu. Dengan begitu, maka luka dalam hati perlahan akan sembuh. Kemudian, yang perlu kamu lakukan selanjutnya, yaitu fokus dengan apa yang sedang dilakukan saat ini, agar tidak kembali mengulang kesalahan di masa lalu.

7. Memaknai masa lalu dengan respon positif

Seperti yang diketahui, kalau kejadian di masa lalu tidak bisa diperbaiki di masa sekarang maupun yang akan datang.

Buat kamu yang memiliki kejadian buruk dan trauma masa lalu, ini mungkin adalah beban hidup yang tak akan pernah usai.

Tetapi, kejadian buruk itu bisa kamu coba terima dengan respon yang positif, agar tidak selalu menjadi beban hidup untukmu.

Ingat saja, kalau kejadian buruk di masa lalu adalah hal wajar, yang semua orang pasti memilikinya.

Jadikan saja masa lalu sebagai guru yang mendewasakan di masa sekarang dan masa yang akan datang.

Jika hal itu terus tertanam di dalam hati dan pikiran, maka proses penyembuhan luka hatimu akan semakin cepat dari yang seharusnya.

8. Membuat tulisan ekspresif

Metode self healing yang terakhir, yaitu membuat tulisan ekspresif. Dalam hal ini, maksudnya adalah kamu bisa mengutarakan apa yang kamu rasakan dan alami saat ini dengan bebas melalui tulisan.

Lupakan berbagai aturan menulis yang baik dan benar, seperti penggunaan tanda baca, ejaan, dan lain sebagainya.

Karena sesuai dengan namanya, yaitu tulisan ekspresif, kamu dipersilahkan menuangkan apapun yang ingin kamu tulis sebebas mungkin.

Tumpahkan semua perasaan dan pikiranmu yang kalut ke dalam tulisan, agar suasana hatimu berangsur membaik dari sebelumnya.

Setelah selesai menulis semua apa yang kamu rasa dan pikirkan, kemudian dirimu sudah tenang, maka selanjutnya kamu bisa membacanya kembali dan melihat masalah tersebut dari sudut pandang lain yang lebih positif.

(Baca Juga: Perbedaan Self-Love dan Selfish)

Nah, itulah sederet metode self healing yang sudah kamu ketahui informasinya secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua metode tersebut, merupakan metode self healing paling efektif, yang ampuh mengatasi rasa cemas, marah, kecewa bahkan takut akibat trauma masa lalu yang dimiliki seseorang.

Tetapi, apabila setelah melakukan semua metode itu tidak didapatkan hasil yang signifikan, maka sebaiknya kamu coba berkunjung ke profesional untuk mendapatkan pengobatan terbaik.

Mungkin kamu akan mengeluarkan biaya yang cukup besar, namun itu bukan suatu kendala apabila kamu memiliki asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila nantinya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada kesehatanmu, maka asuransi kesehatan akan menanggung semuanya, kamu tidak perlu lagi memikirkan besarnya biaya pengobatan yang harus dibayarkan.

Oleh karena itu, buat kamu yang hingga saat ini belum melindungi diri dengan asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga!