Mobil Terlaris Di Indonesia Setelah Ada PPnBM, Penjualan Langsung Meroket

Toyota Vios, menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia setelah ada PPnBM. Ternyata subsidi PPnBM memang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan mobil baru saat ini.

Berlakunya kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang sudah dimulai dari Maret lalu membuat beberapa jenis mobil mengalami peningkatan penjualan.

Adanya PPnBM ini membuat harga mobil baru memang berkurang sangat banyak. Pajak 0% diberlakukan oleh Pemerintah kepada mobil-mobil baru yang kapasitas mesinnya di bawah 1500 cc, penggeraknya 4×2 atau sedan yang kapasitas mesinnya kurang dari 1500 cc.

Setelah hampir satu bulan relaksasi PPnBM berlaku bahkan ada satu model mobil yang menjadi mobil terlaris di Indonesia setelah ada PPnBM.

(Baca Juga: Kriteria Mobil yang Akan Mendapat PPnBM)

Jenis mobil-mobil ini paling banyak dicari karena diskonnya yang paling besar dan menjadi favorit.

Yuk kita simak model mobil terlaris di Indonesia setelah ada PPnBM apa saja! 

Mobil Terlaris Di Indonesia Setelah Ada PPnBM

Tujuan adanya PPnBM adalah untuk mengurangi beban masyarakat saat akan membeli mobil baru. Selain itu juga menggerakkan kembali geliat industri otomotif yang lesu karena dampak pandemi Covid-19.

Nah sebulan setelah diberlakukannya PPnBM 0%, industri otomotif perlahan mulai membaik diiringi dengan meningkatnya minat masyarakat untuk membeli mobil baru.

Mobil terlaris di Indonesia setelah ada PPnBM antara lain ada berbagai model seperti:

1.Toyota Vios

Toyota Vios menjadi mobil terlaris di Indonesia setelah ada PPnBM. Ini diduga karena ada diskon pajak yang paling besar.

Mobil baru Toyota Vios biasanya dikenai PPnBM sampai 30%. Sekarang setelah ada PPnBM 0% harga mobil ini mendapat diskon yang cukup besar yaitu sebanyak Rp 65,25 juta. Lumayan kan?

Model Toyota Vios ini bahkan meningkat penjualannya bukan hanya puluhan saja tapi ratusan unit. Padahal sebelumnya permintaan untuk mobil Toyota model Vios ini tidak banyak.

Sampai saat ini mobil Toyota Vios menjadi mobil terlaris di Indonesia setelah ada PPnBM selain model dari Toyota lainnya. Di awal Maret model seperti Avanza, Sienta, Yaris dan Rush pemesanannya juga meningkat secara signifikan.

Bahkan saat ini pihak produksi Toyota sedang berusaha memenuhi stok aman untuk mobil model lainnya walaupun tidak bisa dalam waktu yang singkat.

2. Daihatsu Xenia dan Terios

Mobil terlaris di Indonesia setelah ada PPnBM selanjutnya ada dari merk Daihatsu yaitu Daihatsu Xenia dan Daihatsu Terios.

Dampak 0% PPnBM ini juga dialami oleh mobil-mobil Daihatsu yang mendapat relaksasi PPnBM 0% seperti model Xenia, Terios, Luxio, dan Granmax Mini Bus.

Tapi yang paling banyak dipesan adalah Xenia dan Terios. Pesanan dua model mobil baru dari Daihatsu ini naik sebesar 40% pada minggu pertama Maret.

Ternyata bukan hanya itu saja yang mendapat relaksasi PPnBM 0% yang mengalami kenaikan penjualan. Model mobil Daihatsu yang tidak terdampak PPnBM 0% juga mengalami kenaikan 20%.

3. Honda HRV

Dari merk Honda ada Honda HRV yang menjadi mobil terlaris di Indonesia setelah ada PPnBM. Secara total Honda mengalami peningkatan penjualan sampai 40-50% di minggu pertama Maret.

Untuk model HRV 1.5 liter bahkan meningkat 60% dari periode yang sama di tahun lalu. Dengan larisnya penjualan Honda HRV sebagai mobil terlaris di Indonesia setelah ada PPnBM ini menandakan kalau masyarakat memanfaatkan dengan baik relaksasi Pajak yang diberikan oleh Pemerintah.

4. Suzuki Ertiga dan XL7

Suzuki Ertiga dan Suzuki XL7 menjadi salah satu mobil yang masuk jajaran mobil terlaris di Indonesia setelah ada PPnBM. Kenaikan pemesanan untuk mobil baru Suzuki bahkan mencapai 100% empat hari setelah diberlakukannya PPnBM 0%.

Suzuki Ertiga dan Suzuki XL7 menjadi yang paling banyak dicari karena memiliki diskon yang paling besar dan penjualannya meroket sebanyak 20% sendiri.

Kenaikan yang signifikan ini diharapkan masih akan terus berkembang sehingga bisa membantu perekonomian Indonesia.

5. Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross

Selanjutnya ada Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Xpander Cross yang menjadi mobil terlaris di Indonesia setelah ada PPnBM. Dua model dari Mitsubishi ini menjadi model yang sering dicari para konsumen.

Selain karena diskon yang cukup besar, beberapa orang lebih menyukai model dua mobil ini dibanding yang lainnya. Dealer-dealer Mitsubishi bahkan kebanjiran pesanan untuk mobil model ini.

Jika sebelum ada PPnBM 0% pemesanan paling hanya 5-6 unit per hari sekarang setelah ada relaksasi PPnBM 0% pemesanan mobil baru ini menjadi 25 unit per harinya. 

Nah itu dia beberapa merk mobil yang menjadi mobil terlaris di Indonesia setelah ada PPnBM 0% dari Pemerintah.

Dengan adanya peningkatan yang signifikan dari penjualan mobil baru setelah ada PPnBM menunjukkan bahwa masyarakat memiliki minat yang besar untuk mobil-mobil produksi dalam negeri yang tidak kalah bagus dari mobil produksi luar negeri.

Dari peningkatan penjualan ini diharapkan bisa mempercepat pemulihan perekonomian Indonesia. Kemenperin juga merasa puas atas hasil dari kebijakan tersebut.

Semoga dengan kebijakan PPnBM yang terus berlanjut sampai akhir tahun bisa membuat industri otomotif kembali seperti semula. Apalagi sekarang aturan PPnBM sudah merambah ke mobil dengan kapasitas diatas 1500 cc sampai 2500 cc. Jadi mau beli mobil baru merk apa nih di tengah diskon 0% PPnBM?

Pastinya, cek dulu tabungan kita yuk. Kira kira budget pembelian mobil baru masuk yang mana ya?

Mengingat mobil saat ini menjadi alat transportasi yang umum dan penting untuk dimiliki. Jadi banyak orang rela menabung demi memiliki mobil favorit.

Tak hanya itu saja, keberadaan mobil kini sangat membantu untuk mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Jadi, jika tabungan belum cukup, kita bisa menabung lagi untuk membeli mobil.

Ada banyak pilihan bank yang bisa dimanfaatkan untuk menabung, dan kita pun bisa memperoleh beragam fasilitas untuk memastikan tabungan kita aman.

(Baca Juga: Model Mobil Baru dengan Pajak 0%)

Misalnya saja agar tak tergoda untuk mengambil, kita bisa menabung sistem berjangka yang memastikan bahwa kita akan menyetorkan sejumlah uang secara teratur, dan baru dapat mengambilnya dalam jangka waktu tertentu.

Pembukaan rekening tabungan kini pun semakin mudah, kita bisa membuka melalui CekAja.com. Nanti kita akan diarahkan untuk pengisian formulir tabungan bank pilihan kita.

Di CekAja.com semua dilakukan dengan online dan cepat, jadi pasti akan memudahkanmu untuk membuka tabungan. Dan pastinya ini sangat aman, karena telah diawasi langsung oleh BI dan OJK.

Yuk, buka tabunganmu melalui CekAja.com.