10 Oleh-oleh Khas dari Berbagai Daerah di Indonesia Paling Populer

Seperti yang diketahui, Indonesia memang kaya akan keberagaman kulinernya, termasuk kuliner oleh-oleh khas dari berbagai daerah di Indonesia berikut ini. Karena, tidak afdol rasanya jika tidak membawa buah tangan, ketika mengunjungi suatu daerah.

Advertisement

Indonesia sendiri, memiliki banyak kota atau daerah penghasil kuliner yang lezat. Maka tak heran, jika kuliner tersebut banyak diburu warga non-lokal, yang singgah ke sana.

Terlebih, kuliner tersebut pasti akan lebih enak, lebih asli, lebih khas, jika dibeli langsung di daerahnya. Maka dari itu, banyak yang menjadikan beberapa makanan tersebut sebagai oleh-oleh.

Selain tidak mudah ditemukan di daerah lain, kecuali di daerah asalnya, oleh-oleh khas dari berbagai daerah di Indonesia ini, memiliki rasa yang lebih lezat.

Bahkan, beberapa produsen oleh-oleh khas daerah ini, enggan membuat cabang di daerah lain. Hal tersebut dilakukan, agar daerahnya selalu menjadi tujuan wisata warga non-lokal.

Jadi, kalau kamu rindu dengan oleh-oleh khas daerah tersebut, mau tidak mau kamu harus berkunjung ke daerah tersebut, untuk membeli oleh-oleh dan pastinya sekaligus berwisata.

Nah, kira-kira kuliner apa saja nih, yang biasa dijadikan oleh-oleh dari berbagai daerah di Indonesia, yang paling populer? Yuk simak informasinya berikut ini.

(Baca Juga: 11 Makanan Paling Enak di Dunia)

Oleh-oleh Khas dari Berbagai Daerah di Indonesia

1. Bika Ambon – Medan

Oleh-oleh khas dari berbagai daerah di Indonesia yang paling populer adalah Bika Ambon dari Medan. Meski banyak dijual di daerah lain, seperti di Jakarta, Bika Ambon asli Medan tentunya lebih enak.

Sehingga, jika kamu kebetulan sedang berkunjung ke Medan, jangan sampai lupa untuk membeli oleh-oleh Bika Ambon, yang super legit dan rasanya sangat berciri khas.

Namun, jangan sampai keliru dengan nama Bika Ambon, karena masih banyak yang mengira, kue ini berasal dari Ambon. Meski namanya Bika Ambon, kue ini bukan berasal dari Ambon ya, tapi dari Medan.

Kue berwarna kuning dan berongga ini, kini sudah dibuat dengan rasa yang bervariasi, yakni rasa pandan, mocca, hingga keju. Untuk soal harga, satu kotak kue Bika Ambon asli Medan, dibanderol mulai Rp35.000 sampai Rp79.000.

2. Pempek – Palembang

Oleh-oleh khas dari berbagai daerah di Indonesia yang berikutnya ini, adalah pempek. Kuliner yang satu ini, juga sangat mudah kita temui di daerah lain, bahkan di kota-kota di Pulau Jawa.

Namun, pempek asli Palembang, memiliki komposisi yang khas dan tidak mudah ditiru daerah lain. Hal tersebut bisa jadi, karena mereka memiliki resep rahasia, agar pempek asli Palembang tetap memiliki cita rasa yang tidak berubah.

Di Palembang sendiri, pempek tersedia dalam berbagai jenis, mulai dari yang basah, goreng, hingga panggang.

Biasanya, pempek disajikan dengan kuah cuka dan gula merah, lalu mie kuning, mentimun, serta sambal. Bahkan, pempek juga bisa dimodifikasi menjadi bentuk kuliner lain, yakni Tekwan dan Celimpungan.

3. Bakpia Pathok – Yogyakarta

Selanjutnya ada bakpia pathok, yang menjadi oleh-oleh khas dari berbagai daerah di Indonesia yang juga paling populer. Oleh-oleh khas Jogja ini, tidak boleh terlewat untuk dibeli, meskipun kamu sudah mencobanya berkali-kali.

Karen, kenikmatannya tidak bisa ditandingi, dari bakpia di daerah lain. Sudah dari zaman ke zaman, bakpia pathok selalu menjadi buah tangan khas dari Yogyakarta, meskipun kini sudah banyak jenis oleh-oleh Jogja yang rasanya lebih modern.

Tidak hanya memiliki satu rasa, bakpia pathok Jogja memiliki banyak rasa, mulai dari rasa original, rasa kacang hijau, coklat, hingga keju.

Selain itu, di Jogja sendiri juga banyak produsen bakpia pathok. Kamu bisa membedakan produsen satu dan lainya, dengan melihat nomor yang tertera di merk bakpia tersebut. Contohnya seperti Bakpia Pathok 25, Bakpia Pathok 75, dan lain-lain.

4. Pie Susu – Bali

Memiliki rasa yang khas, oleh-oleh khas dari berbagai daerah di Indonesia, khususnya dari Bali ini, adalah pie susu. Berbeda dengan pie lainnya, pie susu bali sangat khas dan populer, baik di daerahnya maupun di daerah lain.

Pie susu Bali, juga terdiri dari berbagai pilihan merek. Kamu bisa beli pie susu Bali merek apa saja, karena rata-rata memiliki komposisi dan rasa yang sama.

Pie susu Bali, dikenal memiliki rasa yang gurih dan renyah di kulitnya, dan berpadu dengan legitnya saus pie yang manis. Dijamin, semua orang akan suka dengan kue yang satu ini, jadi jangan lupa beli, kalau kamu sedang liburan ke Bali.

5. Roti Abon Gulung – Papua

Siapa bilang Papua hanya terkenal dengan koteka, dan tidak memiliki oleh-oleh khas daerah? Jika kamu bingung mau beli oleh-oleh apa, kamu bisa beli roti abon gulung, yang sangat populer di Papua.

Kamu bisa membeli oleh-oleh khas Papua tersebut, di kota Manokwari. Adapun di sini kamu akan menemukan roti abon gulung, yang rasa abonnya, gak main-main.

Selain itu, bahan dasar rotinya juga berbeda. Bedanya, adonan roti yang digunakan cenderung memiliki rasa gurih, karena isian abon yang tebal dan lezat.

6. Lumpia – Semarang

Jika kamu mampir ke Kota Semarang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas dari berbagai daera di Indonesia, yang juga terkenal populer ini, yakni lumpia Semarang.

Jangan khawatir lumpia akan mudah basi, karena kamu bisa membeli lumpia, yang belum digoreng.

Tapi, jika kamu ingin makan di tempat, kamu bisa beli lumpia matang, dan sajikan dengan sambal khasnya, dan juga acar.

Berbeda dengan lumpia yang ada di daerah lain, lumpia asli Semarang ini memiliki rasa yang khas. Isi dari lumpia Semarang ini adalah bambu muda yang diolah dan dibalut dengan kulit lumpia lalu digoreng.

7. Bolu Lapis – Surabaya

Oleh-oleh khas dari berbagai daerah di Indonesia, yang juga populer sampai ke daerah lain, adalah bolu lapis Surabaya. Bukan bolu lapis biasa, bolu ini memiliki cita cara yang khas, lembut dan enak.

Jika kamu mampir ke Surabaya, bolu lapis Surabaya bisa jadi pilihan oleh-oleh yang bisa kamu beli.

Uniknya juga, resep kue Lapis ini sudah digunakan secara turun temurun, dari zaman penjajahan Belanda. Maka, meski hanya sebuah bolu, namun hal ini membuatnya menjadi unik.

8. Keripik Buah – Malang

Terkenal dengan buah apelnya, Kota Malang juga punya oleh-oleh khas, berupa keripik buah apel, dan buah lainnya.

Pokoknya, aneka keripik buah bisa kamu temukan di Kota Malang. Namun, dari banyaknya keripik buah, yang paling terkenal adalah Kripik Buah Apel.

Hal tersebut, dikarenakan banyaknya pohon apel di Kota Malang, sehingga kota ini banyak menghasilkan olahan-olahan apel, dan salah satunya keripik apel.

9. Carica – Dieng

Kiri-kanan, kulihat saja banyak pohon carica. Loh kok, bukan pohon cemara? Ya, karena di Dieng kamu akan lebih banyak menemukan pohon carica, yang sekaligus menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Dieng.

Carica sendiri adalah buah yang mirip dengan pepaya, namun berukuran kecil dan jika dimakan langsung, memiliki rasa asam.

Namun, warga setempat mengolah buah carica ini, menjadi manisan yang enak dan segar. Rasanya, seperti manisan buah kaleng, dengan rasa carica yang khas.

10. Mochi – Sukabumi

Mungkin kamu bisa menemukan mochi di banyak daerah. Namun, mochi yang lezat dan asli hanya bisa kamu temukan di Sukabumi. Kue kenyal dan bertepung ini, memiliki rasa legit dengan isi yang bervariasi.

Mochi asli Sukabumi, memiliki banyak rasa mulai dari kacang, coklat, stroberi, duren, hingga rasa produk snack, seperti KitKat Matcha, Oreo, Ovomaltine, dan lain-lain.

Namun, ada yang perlu kamu ketahui bahwa, produsen mochi asli Sukabumi ini, tidak bisa kamu temui di daerah lain, karena mereka tidak membuka cabang dimanapun.

Jadi, kalau kamu rindu mochi, kamu wajib kunjungi Kota Sukabumi, sekaligus berwisata, dan beli mochi untuk dijadikan oleh-oleh.

(Baca Juga: Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik)

Nah, itu dia beberapa informasi terkait oleh-oleh khas dari berbagai daerah di Indonesia. Dari deretan oleh-oleh di atas, mana oleh-oleh yang belum pernah kamu coba?

Sebenarnya mungkin pernah coba, namun belum pernah coba kuliner tersebut di kota asalnya. Terlebih, beberapa oleh-oleh tersebut memang jauh dari Ibukota.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa langsung terbang menuju Medan untuk beli Bika Ambon, ke Palembang untuk beli Pempek, atau mungkin ke Papua untuk beli roti abon gulung, dengan menggunakan promo kartu kredit air miles!

Dengan kartu kredit air miles, kamu bisa menikmati banyak fasilitas di airport lounge, diskon tiket pesawat, hingga gratis terbang, dengan menukarkan poin miles.

Buat kamu yang belum punya kartu kredit air miles, jangan gelisah! Karena, kamu bisa langsung ajukan kartu kredit air miles terbaik, melalui CekAja.com!

Yuk, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit air miles dari bank pilihanmu, hanya di CekAja.com, dan beli oleh-oleh khas, yang belum pernah kamu beli! Sekalian liburan!

Advertisement